Wisata Kera Plangon Cirebon, Berziarah Sambil Belajar Sejarah

Wisata Kera Plangon merupakan sebuah tempat wisata unik yang ada di Cirebon Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Sumber.

Cirebon merupakan kawasan kecil di perbatasan Jawa Barat yang menyajikan berbagai destinasi wisata yang unik dan sangat kental akan sejarah serta budayanya.

alamnya asri banget
alamnya asri banget. google maps. sumber: Ben service

Selain terkenal akan batiknya, Cirebon juga menyediakan banyak destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam yang bisa jadi pilihan kamu ketika berkunjung di Cirebon.

Kali ini nativeindonesia.com akan mengulas tentang tempat wisata unik dan konon katanya sangat kental akan suasana mistis.

Sejarah dan Mitos Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

Sejarah Wisata Kera Plangon berawal dari kawasan Plangon yang merupakan hutan belantara, dimana banyak sekali monyet-monyet yang berkeliaran.

Khususnya di sekitar makam kedua pangeran yang bernama Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan, jumlahnya pun tak pernah berubah yakni selalu 99 ekor.

Konon katanya Pangeran Kejaksan memiliki hewan peliharaan berupa monyet, dan tetap setia menemani sang majikan meski sudah meninggal. Hingga akhirnya jumlahnya banyak seperti sekarang ini.

Berdasarkan juru kunci Plangon, sedikitnya ada 6 kerajaan monyet dimana masing-masing kerajaan ini dipimpin oleh jawara monyet.

serbuan kawanan monyet
serbuan kawanan monyet. google maps. sumber: Hilman Firdaus Hasan

simak juga: pantai kejawan cirebon

Akhirnya terdapat sebuah mitos yang hingga saat ini masih dipercaya oleh penduduk setempat, yakni setiap tanggal 1 Muharram dan hari-hari tertentu, monyet-monyet ini tidak akan berkeliaran seperti biasanya.

Mereka akan diam saja di atas pohon, meski sudah kita pancing dengan cara menaburkan kacang-kacangan atau makanan lainnya.

Lokasi Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

Lokasi Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon berada di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Rute Menuju Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

Untuk menuju Wisata Kera Plangon, kamu akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu sekitar 30 menit, dan jarak yang haris dilalui kira-kira 12 km dari pusat kota Cirebon.

Akses Wisata Kera Plangon sangat jarang dilalui angkutan umum, sehingga sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat.

gowes ke wisata kera plangon
gowes ke wisata kera plangon. google maps. sumber: Irna Juniar

simak juga: masjid merah cirebon

Jam Buka Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

  • Jam operasional Wisata Kera Plangon setiap hari Senin hingga Minggu, dan buka selama 24 jam nonstop.
  • Waktu terbaik mengunjungi wisata unik Cirebon ini ialah di pagi hari.

Harga Tiket Masuk Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

Harga tiket masuk Wisata Kera Plangon ini murah banget, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 3.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Wisata Kera Plangon Cirebon ini diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Warung makanan dan minuman,
  • penginapan,
sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung
sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung. google maps. sumber: Firass. Tampan

simak juga: kawasan batik trusmi

Daya Tarik Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

1. Sambutan Ratusan Monyet Ekor Panjang

Sesuai namanya, daya tarik utama dari objek wisata di Cirebon yang satu ini berupa banyaknya monyet yang mendiami. Mereka akan selalu menyambut pengunjung yang datang, apalagi jika membawa makanan khususnya kacang.

Meski termasuk hewan liar, monyet-monyet yang ada di kawasan Wisata Kera Plangon cukup jinak kok. Anak-anak dapat memberi makan mereka, namun tetap harus diawasai orang dewasa.

wisata berdampingan dengan monyet
wisata berdampingan dengan monyet. google maps. sumber: Dwi Wibowo

simak juga: batu lawang cirebon

2. Wisata Ziarah

Seperti disebutkan di atas, objek Wisata Kera Plangon terdapat dua buah makam yang dikeramatkan. Yakni makam dari Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Pangeran Kejaksan atau Syekh Abdurakhim ialah putra yang sangat dinanti oleh Pangeran Cakrabuana, beliau merupakan jaksa yang baik budi pekertinya juga jujur dan adil dalam mengemban tugasnya. Namun naas sekali, beliau harus mati dibunuh di tangan seorang penjahat ketika hendak menangkapnya.

Selanjutnya ada Syekh Abdurakhman atau biasa disebut Pangeran Panjunan, bersama-sama dengan Pangeran Kejaksan beliau menyebarkan Islam di Cirebon.

Sebetulnya banyak sekali cerita yang berkembang tentang kedua pangeran tersebut, namun yang pasti di hari-hari tertentu selalu banyak pengunjung yang hendak berziarah pada dua makam tersebut.

wisata ziarah
wisata ziarah. google maps. sumber: Ben service

simak juga: keraton kasepuhan cirebon

Untuk menuju Situs Plangon, kamu harus menapaki beberapa anak tangga yang sudah tertata rapih dengan hiasan pepohonan rindang di berbagai sisinya serta sambutan dari monyet-monyet yang ada.

Penutup

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Wisata Kera Plangon ya, sehingga menambah koleksi list tempat wisata Cirebon yang pernah dikunjungi.


shopee