Wisata Langka dan Unik, Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

Wisata Api Tak Kunjung Padam adalah api alam yang dikenal memiliki api abadi di Kabupaten Pamekasan Madura. Merupakan satu dari sekian banyak api alam yang ada di dunia. Api Tak Kunjung Padam Pamekasan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Pamekasan.

api tak kunjung padam pamekasan
api tak kunjung padam pamekasan. google maps. sumber : Prinda Radi

Salah satu destinasi wisata menarik yang ada di pulau Madura. Objek wisata ini mempunyai daya tarik api abadi atau api alam yang berasal dari dalam tanah. Apabila digali akan muncul api dengan sendirinya. Semburan api yang berasal dari bawah permukaan tanah atau perut bumi. Menariknya, meski diguyur air api di sini akan tetap menyala.

Api dapat kеluar dan menyala terus dari dalam tanah, diperkirakan karena tanah di lokasi tersebut mengandung gas belerang. Sehingga mudah terjadi proses Oksidasi. Berbeda sekali dengan tanah рada umumnya.

Keajaiban api abadi ini sudah sangat terkenal khususnya bagi masyarakat Madura. Tempat wisata Api Tak Kunjung Padam ini bukan milik pemerintah setempat, melainkan dikelola perorangan, yaitu keluarga H Ali. Kawasan milik kеluarga yang sudah diwariskan turun temurun. Wisata Api Tak Kunjung Padam ini selalu ramai. Setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi wisatawan tеrutama pada akhir pekan dan hari libur.

Alamat Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

  • Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69371.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.2.000,-
  • Parkir motor Rp.3.000,-
  • Parkir mobil Rp.5.000,-

Rute ke Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

Wisata Api Tak Kunjung Padam lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Pamekasan. Berjarak kurang lebih 5 km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menitan. Jika ditempuh dari Kota Surabaya membutuhkan waktu kurang lebih 2,5-3 jam melewati Jembatan Suramadu. Lokasi api abadi ini berjarak 800 meter dari jalur lalu lintas jalan raya Tlanakan.

  • Rute dari Alun-Alun Arek Lancor Pamekasan : Ambil arah selatan di Jl. Panglima Sudirman/Jl. Talang Siring menuju Jl. Trunojoyo. Belok kiri ke Jl. Talang Siring/Jl. Trunojoyo. Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Talang Siring. Terus lurus ke Jl. Raya Panglegur/Jl. Talang Siring. Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Talang Siring. Belok kanan ke Jl. Wisata Api Tak Kunjung Padam. Tujuan ada di sebelah kanan.

Transportasi

Wisata Api Tak Kunjung Padam lokasinya tidak terlalu jauh dari Alun-Alun Arek Lancor Pamekasan atau pusat kota Pamekasan. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan transportasi angkutan umum. Atau menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik selayaknya jalur perkotaan yang mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Ada Apa di Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

wisata api tak kunjung padam
wisata api tak kunjung padam. google maps. sumber : KangMan

Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan merupakan tempat wisata alam yang unik sekaligus menarik untuk dikunjungi. Menjadi daya tarik bagi wisatawan yang tertarik dengan fenomena alam yang langka.

Pengunjung dapat melihat secara langsung api yang terus menyala, mengambil foto, dan menikmati pemandangan alam sekitar. Perlu diperharikan, bahwa pengunjung harus berhati-hati dan mengikuti petunjuk keamanan yang ada.

Keunikan Api Tak Kunjung Padam

api tak kunjung padam
api tak kunjung padam. google maps. sumber :  Prinda Radi

Api Tak Kunjung Padam Pamekasan Madura merupakan salah satu destinasi wisata unik dan langka yang ada di pulau Madura. Wisata Api Tak Kunjung Padam ini adalah semburan api yang berasal dari bawah tanah atau perut bumi.

Memasuki mendekati musim hujan maka keunikannya akan semakin tampak. Api memang akan mati jika diguyur hujan. Tapi setelah hujan reda, dapat segera dinyalakan lagi meski lahan atau tanah masih basah. Tinggal menggali sedikit tanah yang disana, nanti bakalan keluar api tersebut tanpa perlu menambahkan minyak tanah.

Kegiatan Seru Bakar Jagung

bakar jagung di api tak kunjung padam
bakar jagung di api tak kunjung padam. google maps. sumber : Soviya Agustina

Api Tak Kunjung Padam selalu menyala. Sambіl bersantai dan beristirahat, para wisatawan bisa dimanjakan dengan membakar jagung dan ikan yang dijual dі sekitar kawaѕan wisata. Siapapun dapat memanfaatkan nyala api. Bahkan penduduk setempat ada juga yang mengunakannya untuk memasak nasi dilokasi.

Pemandangan Alam Sekitar

Selain menyaksikan fenomena Api Tak Kunjung Padam itu sendiri, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam sekitar. Daerah tersebut dikelilingi oleh alam yang mempesona, serta vegetasi khas daerah tersebut.

Berswafoto

berswafoto di api tak kunjung padam
berswafoto di api tak kunjung padam. google maps. sumber : Sugi Yono
foto di api tak kunjung padam
foto di api tak kunjung padam. google maps. sumber : Agustina Karianto

Fasilitas Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

Fasilitas yang tersedia di Wisata Api Tak Kunjung Padam ini terbilang sangat sederhana. Karena wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Api Tak Kunjung Padam Pamekasan.

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Kios souvenir
  • Warung makan
  • Tempat istirahat dan lain-lain.

Hotel Sekitar Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

Hotel, villa atau penginapan sekitar Wisata Api Tak Kunjung Padam Pamekasan.

  • Resort Wiraraja
    Berjarak, 2,5 km dari Wisata Api Tak Kunjung Padam Pamekasan.
    Ragang, Tlanakan, Kec. Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69371. 0838-5022-5000.
  • Cahaya Berlian Hotel
    Berjarak, 2,7 km dari Wisata Api Tak Kunjung Padam Pamekasan.
    Jl. Raya Panglegur No.69 – 71, Barat, Panglegur, Kec. Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69371. 0813-3490-6300.
  • Hotel New Ramayana
    Berjarak, 3,6 km dari Wisata Api Tak Kunjung Padam Pamekasan.
    Jl. Trunojoyo No.88, Sekarputih, Laden, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69351. (0324) 333237.
  • Hotel Asri Boutique
    Berjarak, 4,4 km dari Wisata Api Tak Kunjung Padam Pamekasan.
    Jl. P. Trunojoyo Gg. VI No.2B, Patemon, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69312. 0852-3693-3347.
  • Kemuning Hotel
    Berjarak, 5,5 dari Wisata Api Tak Kunjung Padam Pamekasan.
    Hotel bintang 2. Jl. Kemuning No.2, Rw. 03, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69313. (021) 29707601.

Video Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

Video Api Tak Kunjung Padam Pamekasan berikut dikutip dari channel : Faiz Slamet

Penutup

Wisata Api Tak Kunjung Padam ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di kabupaten Pamekasan. Merupakan wisata yang bersejarah dan langka di pulau Madura. Pasalnya api ini tidak pernah padam meski pada saat musim hujan. Tempat wisata alam yang sangat unik sekaligus menarik untuk di kunjungi.