Wisata Pantai Pacar dengan Pemandangan Air Terjun di Tulungagung

Pantai Pacar menjadi salah satu wisata pantai menarik di Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini dulunya merupakan hutan yang tumbuh dengan tanaman pacar. Dulunya pepohonan dan tanaman pacar banyak dijumpai di tempat ini. Seiring berjalannya waktu, penebangan hutan telah menyebabkan pohon dan tanaman pacar hilang. Dari sinilah pantai ini diberi nama Pantai Pacar.

pantai pacar
pantai pacar. google maps. sumber : Arif Usman

Pantai Pacar juga terletak di antara dua pantai lain. Yaitu Pantai Molang dan Pantai Lumbung. Kedua pantai ini dapat dijangkau dalam waktu singkat oleh wisawatan untuk melengkapi liburan mereka.

Pantai Pacar menawarkan suasana yang tenang dan masih alami. Destinasi ini memang belum terlalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Area pantai pun masih tampak bersih.

Keunikan lainnya dari Pantai Pacar adalah keberadaan air terjun yang rasanya tawar. Air terjun yang mengalir deras saat musim hujan ini kerap digunakan pengunjung untuk membersihkan diri atau sebagai latar foto.

Alamat Pantai Pacar

  • Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 09.00 WIB – 17.00 WIB.
  • Sabtu – Minggu buka 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000,-
  • Parkir motor Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil Rp.5.000,-

Rute ke Pantai Pacar

Pantai Pacar lokasinya berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam berkendara. Untuk menuju Pantai Pacar, terdapat dua rute yang bisa dipilih, baik dari Blitar maupun dari Tulungagung.

  • Berangkat dari Blitar : Bisa melewati Kademangan. Ikuti jalan raya menuju Pantai Tambakrejo. Di perempatan Suruhwadang, belok kiri menuju Desa Kebonsari, Maron, dan Panggungduwet. Selanjutnya, berbelok hingga ke pertigaan Pasar Puser dan ikuti jalan ke Desa Pucanglaban. Lokasi Pantai Pacar terletak tidak jauh dari tambak udang.
  • Berangkat dari Tulungagung : Akses menuju Pantai Pacar dapat ditempuh dengan mengikuti jalur menuju Kecamatan Ngunut. Setelah mencapai Pasar Ngunut, Anda dapat mengikuti panduan arah ke Pasar Panjerejo, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Pucanglaban. Setibanya di Desa Pucanglaban, Anda hanya perlu mengikuti jalan yang menuju ke arah tambak udang. Pantai Pacar ini berlokasi bersebelahan dengan tambak udang.

Transportasi

Akses jalan ke Pantai Pacar mungkin agak sempit dan berkelok, untuk saat ini sudah beraspal dengan cukup baik. wisatawan tetap disarankan untuk berhati-hati saat berkendara. Untuk mencapai lokasi Pantai Pacar dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Namun, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima agar tetap aman.

Ada Apa di Pantai Pacar

pantai pacar tulungagung
pantai pacar tulungagung. google maps. sumber : Bro Jun

Pantai Pacar menawarkan berbagai aktivitas wisata yang seru dan menarik. Pantai Pacar menjadi tempat yang menarik untuk bersantai, menikmati alam, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman, keluarga, atau pasangan.

Air Terjun

air terjun di pantai pacar
air terjun di pantai pacar. google maps. sumber : Richard Suryajaya
air terjun mini di pantai pacar
air terjun mini di pantai pacar. google maps. sumber : Arif Usman

Keunikan dari Pantai Pacar adalah keberadaan air terjun yang rasanya tawar. Pada musim hujan, air terjun ini mengalir deras, dan pengunjung dapat mandi di sekitar air terjun. Air yang mengalir dari tebing langsung jatuh ke hamparan pasir. Air tersebut kemudian langsung menuju laut. Pemandangan air terjun juga kerap digunakan pengunjung untuk membersihkan diri atau sebagai latar foto.

Menikmati Keindahan Panorama Pantai

menikmati panorama pantai
menikmati panorama pantai. google maps. sumber : Arif Usman

Pasir di Pantai Pacar adalah pasir berwarna putih. Pengunjung bisa menikmati panorama hamparan pasir putih dan berjalan santai di atas pasir. Anda juga akan menjumpai bongkahan batu-batu karang mulai dari yang berukuran kecil hingga besar di sepanjang pesisir pantai.

Bermain Tepi di Pantai

bermain di tepi pantai pacar
bermain di tepi pantai pacar. google maps. sumber : U Azmi
bermain tepi pantai 1
bermain tepi pantai. google maps. sumber : Muhtar Muhtar

Wisatawan bisa berenang di pantai ini. Dengan pasir putih yang bersih bakal membuat kalian betah untuk bermain pasir di sini. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan batu karang yang memberikan pemandangan menarik. Namun, perlu berhati-hati terhadap ombak yang bisa cukup besar.

Sunset di Pantai Pacar

sunset di pantai pacar
sunset di pantai pacar. google maps. sumber : Ridho Agung Pamungkas

Salah satu momen terbaik untuk menikmati Pantai Pacar adalah saat senja. Menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Pacar adalah pengalaman yang menyenangkan.

Memancing

Bagi para pecinta memancing, Pantai Pacar adalah tempat yang sempurna untuk memancing. Aaktivitas memancing ini tentu saja anda harus memiliki dan membawa peralatan pancing sendiri. Pihak pengelola belum menyediakan jasa sewa alat pancing.

Hunting Foto

hunting foto di pantai pacar
hunting foto di pantai pacar. google maps. sumber : FAHANIM FAHANIM

Jangan lewatkan kegiatan berswafoto di Pantai Pacar. Pantai ini menawarkan latar belakang yang menarik, terutama dengan tebing batu kapur dan pemandangan alam yang indah. Wisatawan juga bisa berfoto dengan latar karang yang instagramable.

berfoto di pantai pacar
berfoto di pantai pacar. google maps. sumber : Hastono Isnain
berswafoto di pantai pacar
berswafoto di pantai pacar. google maps. sumber : Muhtar Muhtar

Terdapat juga spot-spot foto yang telah disiapkan oleh pengelola, seperti ayunan di atas bukit dan gardu pandang. Anda dapat berswafoto latar pemandangan alam yang indah yang tersaji di pantai ini.

Camping Tepi Pantai

camping di tepi pantai
camping di tepi pantai. google maps. sumber : Sugeng Widodo

Pantai Pacar juga menjadi tempat menarik untuk aktivitas berkemah. Anda bisa membawa peralatan sendiri atau menyewa tenda dan matras. Pantai ini menyediakan layanan penyewaan tenda dan matras untuk camping dengan harga bervariasi.

  • Sewa Tenda Kapasitas 6 orang Rp.35.000,-
  • Sewa Tenda Kapasitas 4 orang Rp.25.000,-
  • Sewa matras Rp.5.000,-

Kuliner Pantai

kuliner tepi pantai
kuliner tepi pantai. google maps. sumber : Dwi Asmoro Witjaksono

Selain menikmati keindahan alam, anda juga dapat menikmati kuliner khas pantai. Terdapat warung dan penjual makanan pinggir pantai menyajikan aneka hidangan lezat.

Fasilitas Pantai Pacar

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Molang. Area parkirToiletWarungGazebo Camping area dan lain-lain.

  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Warung makan
  • Persewaan tenda dan lain-lain.

Hotel Sekitar Pantai Pacar

Hotel, villa ata penginapan yang jarak dan lokasinya paling dekat dengan Wisata pantai Pacar Tulungagung.

  • Pama Hostel
    Berjarak 29,9 km dari Pantai Pacar Tulungagung.
    Jl. Panglima Sudirman Gg. 8 No.16, Kepatihan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66219. 0815-5479-9655.
  • Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto
    Berjarak 30 km dari Pantai Pacar Tulungagung.
    Jl. Panglima Sudirman No.61-63, RT.001/RW.005, Kepatihan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. 66212. 0852-8180-9991.
  • Alba Suites Home Stay
    Berjarak 30 km dari Pantai Pacar Tulungagung.
    Jl. Panglima Sudirman Gg. 8 No.3, Kepatihan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66219. (021) 29707601.
  • Lugano Hotel
    Berjarak 30 km dari Pantai Pacar Tulungagung.
    Hotel bintang 2. Karanggongso, Jalan Pantai, RT.34/RW.06, Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382. 0813-3557-0544.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Pacar

Objek wisata lain di Tulungagung yang lokasinya paling dekat dengan wisata Pantai Lumbung.

  • Pantai Lumbung
  • Pantai Molang
  • Pantai Kelinci
  • Pantai Kedung Tumpang

Video Pantai Pacar Tulungagung

Video Pantai Molang berikut dikutip dari channel : Hiling duLu

Penutup

Pantai Pacar terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Keindahan alamnya yang unik, termasuk tebing batu kapur, air terjun, pasir putih, matahari terbenam hingga berkemah.

Pantai Pacar di Tulungagung menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Pantai ini menjadi menawarkan pengalaman berlibur yang luar biasa bagi siapa pun yang berkunjung.