Air Terjun Lematang, Wisata Palembang Yang Hanya Bisa dilihat, Namun Tidak Bisa Disentuh

Tanggal 3 Februari 2018, pernah dibahas 13 tempat wisata Plembang yang menarik untik dikunjungi. Bagi yang belum membacanya, bisa klik link berikut : www.nativeindonesia.com

Dari 13 tempat tersebut terdapat satu lokasi yang akan dikupas tuntas saat ini. nama objek wisatanya adalah Air Terjun Lematang.

Air Terjun Lematang
Air Terjun Lematang. Sumber : www.triptrus.com

Bagi masyarakat Lematang, dan Palembang, Air Terjun Lematang sudah dikenal dari dulu. Hal tersebut membuktikan bahw terdapat pesona alam yang mampu memikat mataa para pengunjungnya.

Langsung saja kita mulai perjalanannya!

Rute Menuju Air Terjun Lematang

Sebelum trekking, bagi yang belum tahu, bahwa Air Terjun Lematang lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Dan jika anda berangkat dari Pagaralam, jarak tempuhnya hanya sekitar 20 menit saja.

Perjalanan dari Pagaralam menuju Air Terjun Lematang, akan melewati objek wisata lainya. Yaitu Tman Bunga, salah -satu objek wisata alam dan wisata edukasi yang menjadi favorit destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

Saat memasuki daerah lematang, maka jalannya mulai berkelok – kelok, dan menurun. Maka, para pengunjung diharapkan pandai – pandai mengatur gas dan rem.

Pemandangan selama di perjalanan juga sangat indah. View yang tersaji berupa hamparan pohon – pohon, bukit, dan tebing batu yang memberikan nuansa keteduhan, dan kesejukan selama di perjalanan.

Jalan Pagaralam - Lematang
Jalan Pagaralam – Lematang. Sumber: koransn.com

Hingga pada akhirnya kendaraan anda akan sampai di sebuah jembatan, dan tampak air mengalir di sungai yang ada di bawahnya.

Maka parkirkan kendaraan anda di sudut jembatan tersebut untuk menuju Air Terjun Lematang. Dan setelah itu, lanjutkan dengan berjalan kaki atau trekking.

Trekking Menuju Air Terjun Lematang

Setelah selesai memarkir kendaraan, dan membayar tiket masuk, maka lanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki menyusuri anak tangga.

Objek wisata Air Terjun Lematang memang belum optimal penataan kawasannya. Namun hal tersebut tidak mengurungkan niat traveler untuk tetap datang ke lokasi tersebut.

Anak tangganya sudah berbentuk lapisan tembok, dan di beberapa titik sudah dilengkapi dengan pagar pembatas, atau pegangan.

Namun anak tangga tersebut memiliki kemiringan yang cukup menguras tenaga pada saat nanti pulang dari Air Terjun Lematang.

Trekking menuju Air Terjun Lematang akan terus menurun, dan akan mendatar saat semakin dekat dengan lokasi utama Air Terjun Lematang.

Di beberapa titik, kondisi jalur trekkingnya masih berupa lapisan tanah dan bebatuan. Seperti biasa, tanda kuat lokasi air terjun sudah dekat yaitu dengan kehadiran sebuah sungai.

Dan setelah menyusuri jalur di pinggiran sungai, maka anda akan melihat sebuah air terjun yang cukup berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Itulah Air Terjun Lematang. Letak perbedaanya pada air yang turun dari air terjun tersebut akan langsung menuju aliran sungai. Sehingga tidak ada kolam utama pada Air Terjun Lematang.

Lokasi Utama Air Terjun Lematang
Lokasi Utama Air Terjun Lematang. Sumber : www.indonesiakaya.com

Pesona Keindahan Air Terjun Lematang

Setidaknya terdapat beberapa daya tarik saat traveler berkunjung ke Air Terjun Lematang. yaitu :

1. Air Terjun

Letak atau lokasi Air Terjun Lematang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjungnya. Letaknya berada di tebing, tepat berada di jalur sungai yang besar, serta memiliki arus air yang sangat kuat jika di musim penghujan.

Bahkan, meskipun bukan di musim hujan, sangat susah untuk menggapai guyuran air dari Air Terjun Lematang. Karena aliran sungai tersebut tidak pernah surut.

Karena kondisi tersebutlah, maka artikel ini diberi judul objek wisata Palembang yang bisa dilihat, namun tidak bisa disentuh.

Pesona Keindahan Air Terjun Lematang
Pesona Keindahan Air Terjun Lematang. Sumber: m.tribunnews.com

Apakah para pengunjung kecewa dengan hal tersebut? Kekecewaan sudah pasti ada, namun itu hanya sebagian kecil saja.

Faktanya, kunjungan ke lokasi Air Terjun Lematang tidak pernah sepi. Baahkaan saaat musim liburan tiba. Hal tersebut menegaskan bahwa Air Terjun Lematang karena lokasinya berada di sisi aliran sungai, justru menjadi daya tarik tersendiri.

Air Terjun Lematang memiliki tinggi sekitar 40 meter, dengan arus turun yang sangat deras. Dn tidak ad kolam utama pada Air Terjun Lematang. Karena air yang turun langsung menyatu dengan aliran air sungai.

2. Pesona Alam Sekitar

Daya tarik yang ke dua adalah pesona alam sekitar. Alam sekitarnya masih tergolong asri, pohon – pohon besar, dan kehadiran sungai menjadi sebuah perpaduan keindahan yang mampu menarik perhatian para pengunjung.

Pesona Alam Sekitar
Pesona Alam Sekitar. Sumber : daerah.sindonews.com

Ragam Aktivitas Di Air Terjun Lematang

Saat traveler berada di objek wisata Air Terjun Lematang, maka terdapat beberapa ragam wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Diantaranya :

1. Bermain Air

Aktivitas pertama yaitu bermain air. Namun berbeda dengan mayoritas air terjun lainnya. Aktivitas bermain air hanya bisa dilakukan di tepian sungai saja.

Itupun saat arus air sungai tidak terlalu deras. Dan saat musim kemarau, anda bisa semakin dekat dengan Air Terjun Lematang.

Tetapi hanya sampai pada sebuah batu besar yang ada di depan Air Terjun Lematang. Tetap utamakan keselamatan, dan keamanan dalam berwisata ya…

2. Mancing

Aktivitas selanjutnya yaitu memancing. Karena lokasinya tersebut menjadi kelebihan bagi mereka yang suka dengan aktivitas memancing.

Namun alat-alat pancingnya harus bawa sendiri ya, karena di lokasi tersebut belum terdapat penyewaan alat pancing.

3. Hunting Foto

Trend kekinian menuntut eksis di media sosial. Sebuah objek wisata harus mampu menghadirkan sebuah spot yang akan dibanggakan oleh para pengunjungnya.

Spot terbaik untuk hunting foto adalah di tepian sungai dengan latar Air Terjun Lematang. Sekali lagi, tetap utamakan keselamatan, jangan sampai hanya karena konten, rela mempertaruhkan nyawa.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Lematang

Lokasi dan alamat Air Terjun Lematang berada di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan.

Akses Jalan Menuju Objek Wisata Air Terjun Lematang

Akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Lematang, jika dari Palembang akan menempuh jarak sekitar 280 kilometer, dengan total waktu tempuh 6,5 jam perjalanan.

Dari Kota Pagaralam, hanya berjarak 18 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 20 menit. Kondisi jalannya sudah sangat bagus, serta dengan sajian view alam sekitar yang sangat indah.

Tetap utamakan keselamatan, terutama saat berada di kelokan, dan turunan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lematang

Harga tiket masuk Air Terjun Lematang Rp. 4.000 per orang.

Jam Operasional Air Terjun Lematang

  • Jam operasional Air Terjun Lematang buka dari pukul 08.00 – 18.00
  • Air Terjun Lematang buka dari hari Senin – Minggu

Penginapan

Tidak ada penginapan di Air Terjun Lematang.

Nama Lain Air Terjun Lematang

Air Terjun Lematang mempunyai nama lain, seperti halnya objek wisata lain yang mempunyai nama lebih dari satu.

Nama lain Air Terjun Lematang adalah Air Terjun Lematang Indah.

Penutup

Itulah info lengkap Air Terjun Lematang. Semoga saja pengembangan, penataan, serta penyediaan falisitas bagi kenyamanan dan keamanan pengunjung dapat segera terealisasi.

Selalu saja sampah sebagai masalah utama objek wisata. Oleh karena itu, diharapkan kepada semua pihak untuk selalu sadar membuang sampah pada tempatnya. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment