Air Terjun Lubuak Bulan, Fenomena Keajaiban Alam

Apa yang terlintas dibenak kamu ketika ada yang bertanya tentang keindahan alam? Pasti jawaban dari kalian berbeda-beda. Ada yang menjelaskan tentang Pantai, Laut, Gunung, Bukit, Sawah, Sungai, Danau, dan Air Terjun.

Tak akan ada habisnya kita bahas mengenai keindahan alam. Alam senantiasa menyuguhkan hal-hal diluar nalar manusia. Di Kabupaten Limapuluh kota Provinsi Sumatera Barat, terdapat sebuah air terjun yang mempunyai keunikan tersendiri yang bernama Air Terjun Lubuak bulan.

Ada alasanya kenapa air terjun tersebut diberi nama Air Terjun Lubuak Bulan. Lubuak artinya kolam, karena kolam tempat jatuhnya air berbentuk menyerupai bulan maka nama yang disematkan adalah Air Terjun Lubuak Bulan.

Air Terjun Lubuak Labuan
Air Terjun Lubuak bulan. Sumber: wisato.id

Air Terjun Lubuak Bulan memiliki ketinggian 30 meter, airnya jatuh lurus ke bawah dengan derasnya seakan-akan terlihat seperti selendang putih yang dikibaskan oleh angin.

Setiap air terjun biasanya memiliki aliran air yang mengalir ke sungai tetapi berbeda dengan Air Terjun Lubuak Bulan, air yang  mengalir jatuh masuk ke kolam yang berada dibawahnya lalu menghilang.

Menghilang? Ko bisa? Bukan sulap bukan sihir, air terjun yang dijatuhkan oleh Air Terjun Lubuak Bulan tidak mengalir melainkan masuk ke dalam gua yang tepat berada di bawah kolam.

Apalagi ya keindahan yang ada di Air Terjun Lubuak Bulan, check it dot!

Pesona Keindahan Yang Diberikan Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan memiliki keunikan tersendiri. Akses menuju ke lokasi sangatlah menguras banyak tenaga kita, namun dengan keindahan alam yang diberikan seakan mampu menghilangkan kepayahan yang kita rasakan.

Air terjun biasanya mempunyai aliran air yang mengalir di bawahnya yang akan bermuara ke sungai, beda halnya dengan Air Terjun Lubuak Bulan ini. Air yang sudah terjatuh dari atas seakan-akan menghilang di telan bumi. Kenapa bisa begitu?

Hal itu karena menurut kabar yang berkembang bahwa dibawah lubuak atau kolamnya ada sebuah goa yang memanjang ke bawah, sehingga aliran air yang jatuh dari atas langsung mengalir kesana.

Namun hal tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya, karena belum ada yang membuktikan bahwa hal tersebut benar atau tidak.

Air Terjun Yang Mengalir Ke Dasar Kolam
Air Terjun Yang Mengalir Ke Dasar Kolam. Sumber: www.wisatasumbar.net

Para wisatawan yang datang mengunjungi Air Terjun Lubuak Bulan tidak diperkenankan untuk berenang, karena ya itu adanya goa yang memanjang ke bawah dan dikhawatirkan pengunjung akan tersedot sampai ke bawah yang belum jelas dimana dasarnya.

Kita hanya diperbolehkan untuk menikmati percikan Air Terjun Lubuak Bulan, dan merasakan sejuknya udara di sekitarnya.

Keheningan yang ada membuat kita lupa akan hiruk pikuknya perkotaan. Tidak ada suara desingan motor atau klakson mobil, yang ada hanyalah suara rincikan air dan hewan lain yang menghuni hutan di sekitar Air Terjun Lubuak Bulan.

Menikmati Keheningan Alam Air Terjun Lubuak Bulan
Menikmati Keheningan Alam Air Terjun Lubuak Bulan. Sumber: wisato.id

Kondisi alam di Air Terjun Lubuak Bulan masih sangat asri, dan belum banyak dijamah orang. Terdapat banyak sekali batu-batu besar di sekitar lokasi Air Terjun Lubuak Bulan yang terlihat berlumut.

Di sekitar Air Terjun Lubuak Bulan dipasangi pagar, supaya pengunjung tidak terlalu mendekati ke arah air terjun. Namun, jika kamu ingin merasakan sensasi kesegaran air terjunnya, kamu dapat menaiki sebuah batu besar yang berada tepat di depan Air Terjun Lubuak Bulan.

Menikmati Percikan Air Terjun Lubuak bulan
Menikmati Percikan Air Terjun Lubuak bulan. Sumber: www.alber.id

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Lubuak Bulan

Lokasi dan Alamat Air Terjun Lubuak Bulan terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Air Terjun Lubuak Bulan

Rute menuju ke Air Terjun Lubuak Bulan jika kamu memulai perjalanan dari kota Payakumbuh menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam, teruslah bergerak ke arah Simpang Kapuak. Dari sini kamu akan menemukan jalur yang berat berupa pendakian bukit dan merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan motor.

Lebih tepatnya sih kamu harus pakai motor trail karena medannya berupa tanah liat. Setelah tiba di Perkampungan Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, kamu masih harus melakukan perjalanan 17 Km lagi atau kurang lebih sekitar 3 jam.

Kamu akan dibawa melewati jalan setapak, memasuki kawasan hutan yang masih asri, ladang gambir miliki warga, kemudian kamu akan menemukan belantara pepohonan lalu tebing curam yang menuju ke kaki lembah. Setelah semua itu terlewati sampailah kita pada Air Terjun Lubuak Bulan.

Tiket Masuk Air Terjun Lubuak Bulan

Untuk kamu yang mau mengunjungi Air Terjun Lubuak Bulan, kamu tidak usah mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Belum ada pembayaran mengenai tiket masuk menuju Air Terjun Lubuak Bulan ini.

Kuliner Khas Limapuluh Kota

Gulai Paluik adalah kuliner khas Limapuluh Kota yang menjadi primadona saat Bulan Ramadhan tiba. Gulai Paluik biasa disajikan sebagai menu pembuka puasa, disajikan dengan nasi hangat sungguh nikmat sekali.

Gulai Paluik sendiri berasal dari kata Gulai dan Paluik. Paluik artinya palut, sedangkan gulai adalah kuah bersantan yang berwarna kuning. Merupakan makanan yang paling dicari warga untuk menu berbuka puasa. Meskipun begitu kita dapat menjumpai makanan ini diselain Bulan Ramadhan, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Paluik berisikan campuran jengkol, telur, tepung dan parutan kelapa yang dihaluskan. Kemudian dibungkus dengan daun kacang atau daun labu, lalu dibungkus lagi dengan daun pisang sebelum direbus hingga matang. Setelah matang daun pisang dilepas dan dimasukkan ke kuah gulai bersantan yang sudah dimasak berbagai rempah.

Gulai Paluik, Makanan Khas Limapuluh Kota
Gulai Paluik, Makanan Khas Limapuluh Kota. Sumber: reseponline.info

Tips Wisata Saat Mengunjungi Air Terjun Lubuak Bulan

  • Kondisi kamu harus sangat fit, karena akan melakukan perjalanan yang fantastis.
  • Gunakan sepatu yang nyaman ya, jangan pakai sendal.
  • Bawalah perbekalan makanan dan minuman yang cukup, karena belum tersedianya warung-warung makanan disekitar Air Terjun Lubuak Bulan.
  • Lebih baik menggunakan motor trail saat menyusuri jalan menuju lokasi Air Terjun Lubuak Bulan, karena kondisi jalan yang terjal dan hanya bisa dilalui kendaraan beroda dua saja.
  • Bepergian bersama teman jauh lebih menyenangkan.
  • Tetap jaga kebersihan alam Air Terjun Lubuak Bulan dengan tidak membuan sampah sembarangan.
  • Jangan lupa siapkan gadget kamu untuk menangkap setiap momen yang tercipta di Air Terjun Lubuak Bulan.

Penutup

Jalur perjalanan yang terjal dan berliku tak menyulutkan kita untuk menikmati keindahan Air Terjun Lubuak Bulan. Kepayahan yang dirasakan dibayar lunas dengan keindahan alam yang diberikannya.

Fenomena apapun yang terdapat di alam biarlah menjadi misteri. Alam punya caranya sendiri untuk menyimpan rahasianya.

Nikmatilah keindahan dan kealamian alam yang disuguhkan Air Terjun Lubuak Bulan. Siapkan foto terbaikmu, ya!

 

 

Baca juga:

Leave a Comment