Air Terjun Putri Malu, Pesona Elok Sang Putri Di Kabupaten Way Kanan

Jangan heran jika di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung memiliki putri yang sangat terkenal khususnya bagi masyarakat sekitar.

Putri yang sangat terkenal tersebut adalah sebuah air terjun yang terletak di sebuah dataran tinggi, yang menyimpan berjuta pesona yang mampu memanjakan para wisatawan.

Nama air terjunnya adalah Air Terjun Putri Malu. Sebuah air terjun elok yang kental dengan cerita sejarah, dan cerita misteri yang terkandung di dalamnya.

Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Putri Malu terletak di Kabupaten way Kanan, sebagai salah-satu kabupaten terjauh dari pusat pemerintahan Provinsi Lampung.

Dengan demikian, para pengunjung yang mengawali perjalanan dari Lampung akan menempuh jarak sekitar 207 kilometer untuk sampai di kawasan wisata Air Terjun Putri Malu.

Langsung saja kita mulai perjalanan menuju Air Terjun Putri Malu Way Kanan.

Trekking Menuju Air Terjun Putri Malu

Pada dasarnya objek wisata Air Terjun Putri Malu bisa dijadikan destinasi wisata keluarga. Namun kondisi trekkingnya yang sangat jauh dari area parkiran, mengharuskan para orang tua berpikir 2 kali untuk membawa anak-anaknya ke lokasi tersebut.

Jarak trekking dari area parkiran menuju Air Terjun Putri Malu sekitar 7,5 kilometer. Sebetulnya jarak trekkingnya bisa dipangkas jika menggunakan kendaraan roda dua.

Kondisi Jalur Belum Optimal Menggunakan Kendaraan
Kondisi Jalur Belum Optimal Menggunakan Kendaraan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun karena kondisi jalannya masih belum optimal, maka rata-rata pengunjung akan rela melakukan trekking untuk bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Putri Malu.

Keunggulan trekking menuju Air Terjun Putri Malu adalah perjalanan menuju dataran tinggi, atau gunung, dengan kondisi jalur yang sangat lebar, namun akan terus menanjak.

Jalurnya tidak ekstrim, dengan demikian traveler dapat menikmati setiap jengkal keindahan alam yang tersaji di kawasan wisata tersebut.

Trekking Menuju Air Terjun Putri Malu
Trekking Menuju Air Terjun Putri Malu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Saat berada di dataran tinggi, kalian akan menyaksikan view alam yang sangat indah. Selalu ada sensasi yang luar biasa, saat menikmati view alam dari ketinggian.

Trekkingnya akan melewati beberapa jembatan. Luar biasanya, jembatan tersebut bukan hanya berfunsi sebagai media penyebrangan saja, namun berfungsi juga sebagai pos, atau tempat istirahat bagi para wisatawan.

Tidak sedikit para pengunjung yang melakukan selfie di spot tersebut. Tetapi terdapat sebuah jembatan bambu biasa, saat mulai mendekati lokasi utama Air Terjun Putri Malu.

Lokasi Air Terjun Putri Malu semakin dekat ditandai dengan sebuah jembatan bambu biasa, kemudian sebuah gazebo. Dari titik tersebut, view Air Terjun Putri Malu sudah dapat terlihat.

Trekking Terakhir Menuju Air Terjun Putri Malu
Trekking Terakhir Menuju Air Terjun Putri Malu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hanya tinggal beberapa langkah lagi, traveler akan menemukan sebuah tangga, dengan pagar pembatas yang terbuat dari besi, dan anak tangga yang terbuat dari tembok.

Tangga tersebut menjadi akses jalan untuk sampai di kolam utama Air Terjun Putri Malu. Saat kalian sudah sampai di titik tersebut, maka pesona keindahan Air Terjun Putri Malu akan tampak lebih jelas.

Pesona Keindahan Air Terjun Putri Malu

Inilah alasan kenapa para wisatawan rela bersusah payah untuk sampai di lokasi Air Terjun Putri Malu. Setidaknya terdapat dua alasan utama, diantaranya :

1. Pesona Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan arus air turun yang cukup deras. Panorama air yang turun menjadi view utama yang mampu memikat mata yang memandang.

Hal tersebut dikarenakan, Air Terjun Putri Malu bukan sebagai air terjun berundak. Sehingga arus airnya langsung turun ke kolam utama.

Air Terjun Putri Malu berada di antara tebing kokoh yang menjulang tinggi, serta sangat lebar, menjadi sebuah panorama yang kontras, namun mampu menjadi paduan kesempurnaan keindahan alam.

Pesona Keindahan Air Terjun Putri Malu
Pesona Keindahan Air Terjun Putri Malu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Meskipun Air Terjun Putri Malu tergolong sebagai air terjun yang tinggi, namun hal tersebut tidak berpengaruh terhadap kedalaman kolamnya.

Kolam utamanya tidak terlalu dalam, serta memiliki area kolam yang sangat lebar. View bebatuan mendominasi di spot tersebut.

Kolam Utama Air Terjun Putri Malu
Kolam Utama Air Terjun Putri Malu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Percikan dari Air Terjun Putri Malu bisa membasahi baju para pengunjung yang berada di sekitar kolam utama. Dan menurut beberapa pengunjung yang pernah ke sana mengatakan bahwa mereka takjub dengan kehadiran tebing yang berpadu dengan keindahan Air Terjun Putri Malu.

2. Pesona Alam Sekitar

Pesona alam sekitar sebetulnya sudah tersaji di saat pengunjung melakukan trekking dari awal. View alam pegunungan, perkebunan milik warga, seperti pohan jambu, serta kehadiran jembatan penyebrangan, adalah rangkaian keindahan selama di perjalanan.

Pesona Alam Sekitar Air Terjun Putri Malu
Pesona Alam Sekitar Air Terjun Putri Malu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Puncak keindahan alam sekitar adalah saat berada di lokasi utama Air Terjun Putri Malu. Kehadiran tebih kokoh yang sangat lebar, Air Terjun Putri Malu, kolam utama, serta aliran air yang menuju sungai adalah kolaborasi dari puncak keindahan.

Aktivitas Wisata Di Air Terjun Putri Malu

Ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di Air Terjun Putri Malu adalah sebagai berikut :

1. Mandi Atau Bermain Air

Aktivitas yang utama tentu saja bermain air, atau mandi di kolam utama Air Terjun Putri Malu. Meskipun kolam utamanya tidak dalam, namun pengunjung harus tetap berhati-hati.

Aktivitas Wisata Di Kolam Utama
Aktivitas Wisata Di Kolam Utama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Hunting Foto

Trend kekinian menuntut manusianya untuk eksis di media sosial. Maka lokasi Air Terjun Putri Malu adalah jawaban atas tuntuan tersebut.

Hasil jepretan kamera, dengan latar Air Terjun Putri Malu adalah spot favorit pengunjung.

Hunting Foto
Hunting Foto. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Makan Bersama

Yang perlu diketahui bahwa di lokasi Air Terjun Putri Malu tidak terdapat warung penajaja makanan, dan minuman. Tetapi hal tersebut menjadi sebuah keindahan bagi para pengunjung.

Traveler bisa makan bersama rombongan dari bekal yang dibawa dari rumah, di dekat kolam utama. Bahkan tidak sedikit kalangan milenial yang sengaja masak di dekat kolam utama.

Jangan lupa sisakan tenaga kalian, karena kalian harus pulang menempuh jarak yang cukup jauh.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Putri Malu

Lokasi Air Terjun Putri Malu terletak di kawasan Hutan Register 24. Alamat Air Terjun Putri Malu berada di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten way Kanan, Provinsi Lampung.

Rute Menuju Air Terjun Putri Malu

Rute menuju Air Terjun Putri Malu dari Kabupaten Way Kanan berjarak sekitar 46 kilometer. Dan tanda awal menuju lokasi tersebut melalui SMUN 1 Baratadu.

Dan jika mengawali perjalanan dari Lampung akan menempuh jarak sekitar 207 kilometer untuk sampai di kawasan wisata Air Terjun Putri Malu.

Adapun total waktu tempuh dari Lampung menuju Air Terjun Putri Malu sekitar 4 jam perjalanan. Setelah sampai di area parkir, maka lanjutkan dengan cara trekking menuju Air Terjun Putri Malu.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putri Malu

Harga tiket masuk Air Terjun Putri Malu Rp. 20.000 per orang.

Jam Operasional Air Terjun Putri Malu

  • Jam operasional Air Terjun Putri Malu buka dari pukul 08.00 – 18.00
  • Air Terjun Putri Malu buka dari hari Senin – Minggu

Penginapan

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Putri Malu

Penutup

Demikian review Air Terjun Putri Malu. Selalu patuhi protokol kesehatan serta protokol keselamatan, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Karena “Sampahmu, Adalah Dsamu”.

Leave a Comment