Air Terjun Songgo Langit, Wisata Jepara Yang Berbalut Legenda Dan Misteri

Gunung Muria, sebuah gunung yang sangat terkenal di Jawa Tengah. Memiliki ketinggian 1,601 dari permukaan laut, serta tempat disemayamkannya salah – satu Wali Songo, yaitu Sunan Muria.

Keindahan Gunung Muria ternyata bukan hanya sebatas keindahan puncaknya saja, namun terdapat pesona alam yang terhampar sampai di lereng gunungnya.

Gunung Muria
Gunung Muria. Sumber: kejoramuria.com

Satu dari sekian banyak keindahannya yaitu terdapat sebuah air terjun yang sangat terkenal khususnya bagi masyarakat Jepara. Namanya Air Terjun Songgo Langit.

Bukan hanya sebatas keindahannya saja yang terkenal dari Air Terjun Songgo Langit, namun cerita legenda, dan mistis menjadi bagian tak terpisahkan darinya.

Air Terjun Songgo Langit
Air Terjun Songgo Langit. Sumber : gambarhdterbaik.blogspot.com

Maka inilah ulasan lengkap tentang pesona keindahan Air Terjun Songgo Langit yang berbalut legenda, dan cerita mistisnya. Yuk kita simak ulasannya!

Tracking Atau Jalan Ke Air Terjun Songgo Langit

Jalan ke Air Terjun Songgo Langit tidaklah sulit sebagaimana tracking menuju lokasi air terjun kebanyakan. Lokasi Air Terjun Songgo Langit terletak di samping jalan utama yang bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua.

Dari dari lokasi parkir, pengunjung langsung berada di sekitar lokasi utama air terjun. Sehingga tidak perlu bersusah payah melakukan tracking.

Dari gapura masuk Desa Bucu, para pengunjung yang hendak ke lokasi Air Terjun Songgo Langit sudah disuguhkan pemndangan alam berupa peswahan, perkebunan, serta pesona keindahan Gunung Muria yang ada di depan mata.

Meskipun jalannya banyak kelokan, namun kondisi jalannya sudah bagus dan bisa dilalui oleh mobil maupun motor. Udaranya juga sangat sejuk.

Bukan hanya itu, kehidupan masyarakat setempat yang melakukan aktivitas bertani, dan berkebun menjadi pemandangan sepanjang perjalanan.

Petani yang membawa karet, jerami, serta keramahan senyum penduduk sekitar menjadi pembuka sajian kunjungan ke Air Terjun Songgo Langit.

Setelah itu, kita masuk melalui gapura wisata Air Terjun Songgo Langit yang berjajar pepohonan besar yang memberikan keteduhan perjalanan.

Gapura Wisata Air Terjun Songgo Langit
Gapura Wisata Air Terjun Songgo Langit. Sumber : www.fathilmedia.com

Tidak lama kemudian kita akan sampai di loket pembayaran yang ada di sebelah kanan. Dari loket tersebut lanjutkan perjalanan, karena masih sedikit jauh.

Dari loket pembayaran, kondisi jalannya akan menurun dan berkelok. Sehingga bagi kalian harus berhati-hati saat memacu kendaraan, terutama mobil.

Dari turunan tersebut kita sudah melihat tingginya Air Terjun Songgo Langit yang ada di sebelah kanan. Dan setelah turunan, anda akan segera sampai di area parkir sekaligus lokasi utama air terjun.

Pesona Keindahan Air Terjun Songgo Langit Jepara

Air yang mengalir menuju Air Terjun Songgo Langit bukan berasal dari sumber mata air langsung, tetapi dari sungai yang ada di atasnya.

Di atas air terjun tersebut terhampar area pesawahan yang begitu luas. Dan di tengah – tengahnya terdapat sungai yang aliran airnya menuju Air Terjun Songgo Langit.

Dengan demikian, arus Air Terjun Songgo Langit sangat dipengaruhi musim, jika musim hujan tiba akan sangat deras, begitupun sebaliknya. Jika musim kemarau tiba, kondisi airnya tidak begitu besar.

Tinggi Air Terjun Songgo Langit sekitar 80 meter, dan lebar 2 meter. Sehingga menegaskan Air Terjun Songgo Langit menjadi air terjun terbesar yang ada di lereng Gunung Muria.

Landscape Air Terjun Songgo Langit
Landscape Air Terjun Songgo Langit. Sumber: explorewisata.com

Palung atau kolam utama tepat air terjun jatuh ke dasar kolam memiliki kedalaman sampai 8 meter, dengan pusaran air yang begitu kuat. Sehingga terdapat larangan berenang di lokasi tersebut.

Sudah beberapakali lokasi tersebut menelan korban jiwa karena kedalam serta kuatnya pusaran arusnya. Sehingga pada akhirnya pihak pengelola semakin memperketat aturan saat di lokasi air terjun.

Palung Air Terjun Songgo Langit
Palung Air Terjun Songgo Langit. Sumber : jatenglive.com

Terdapat banyak rambu – rambu peringatan dan larangan, sebagai bentuk peringatan kepada para pengunjung untuk selalu mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan dalam berwisata.

Rambu Larangan
Rambu Larangan. Sumber : docplayer.info

Sejarah nama Air Terjun Songgo Langit karena ketinggian air terjun tersebut mencapai 80 meter, seolah – olah menjadi penyangga langit.

Kata songgo dalam bahasa jawa berarti penyangga, dengan demikian kata Songgo Langit berarti penyangga langit.

Memang begitu adanya, pesona keindahan dan tingginya Air Terjun Songgo Langit seakan menjadi penyangga langit bumi Jepara.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Songgo Langit Jepara

Beberapa ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi Air Terjun Songgo Langit adalah sebagai berikut :

1. Bermain Air

Seperti yang telah diulas pada paragraf sebelumnya, bagi yang ingin bermain air jangan sampai di palung atau kolam utama, karena kedalamannya bisa mencapai 8 meter dengan arus pusaran yang kuat.

Bagi yang ingin bermain air, setelah kolam utama terdapat beberapa titik yang tidak terlalu dalam. Namun tetap saja pengunjung harus berhati – hati, apalagi saat arus air sedang deras sekali.

Bermain Air Terjun Songgo Langit
Bermain Air Terjun Songgo Langit. Sumber: dolanyok.com

Dan bagi para pengunjung diharapkan untuk tidak berbuat hal yang kebablasan, atau berlebihan sehingga menyebabkan resiko keselamatan yang tinggi.

Nikmati saja keindahan alam tang tersaji dalam koridorm atau dalam batas kewajaran. Sesungguhnya alam bukan ajang untuk dipermainkan.

Sudah seringkali saya tegaskan di beberapa artikel sebelumnya, bahwa alam memiiki kekuatan yang sangat besar, serta karakter yang sulit diterka.

Selalu menjaga kenyamanan dan keamanan dalam berwisata, itu kunci utamanya.

2. Hunting Foto

Terdapat beberapa spot selfie dengan latar pemandangan alam, serta latar Air Terjun Songgo Langit yang sangat layak untuk diabadikan dalam kamera anda.

Spot Foto Yang Lainnya
Spot Foto Yang Lainnya. Sumber: isjtv.com

Sebagai catatan, bagi spot selfie yang ada di atas, tepat di depan Air Terjun Songgo Langit, para pengunjung harus selalu berhati – hati karena belum terdapat pagar pembatas keamanan di belakangnya.

Salah Satu Spot Foto
Salah Satu Spot Foto. Sumber: www.wisatatempatku.com

Secara keseluruhan, sajian pemandangan yang ada di Air Terjun Songgo Langit sangat layak untuk diposting di media sosial anda.

3. Spot Santuy

Di sekitar lokasi Air Terjun Songgo Langit sudah tertata cukup baik. Apalagi terdapat beberapa spot, atau tempat duduk yang sangat nyaman sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Spot Santuy
Spot Santuy. Sumber: dolanyok.com

Kalau boleh, saya lebih senang menyebut spot tersebut dengan “Spot Santuy”.

Legenda Air Terjun Songgo Langit

Legenda Air Terjun Songgo Langit berkisah tentang sepasang suami istri yang menaiki sebuah pedati di tengah malam, kemudian salah jalan karena saking gelapnya.

Hingga pada akhirnya suami istri tersebut terperosok ke dalam jurang. Dan jurang tersebut kini bernama Air Terjun Songgo Langit.

Legenda Di Air terjun Songgo Langit
Legenda Di Air terjun Songgo Langit. Sumber : dolanyok.com

Misteri Air Terjun Songgo Langit

Misteri Air Terjun Songgo Langit yang beredar di masyarakat setempat, salah – satunya terkait korban jiwa di lokasi air terjun selalu saja orang yang belum menikah.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Songgo Langit

Lokasi Air Terjun Songgo Langit terletak di lereng Gunung Muria. Adapun alamat Air Terjun Songgo Langit berada di Dusun Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Songgo Langit

Rute atau jalan ke Air Terjun Songgo Langit dari Jepara bisa melalui arah Pati, kemudian masuk ke Kecamatan Kembang, hingga akhirnya ke Desa Bucu.

Jarak dari Jepara ke Air Terjun Songgo Langit sekitar 33 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit 2020

Harga tiket masuk Air Terjun Songgo Langit tahun 2020 / HTM adalah sebesar Rp. 5.000 per orang.

Penginapan Di Air Terjun Songgo Langit

Tidak ada penginapan di area wisata Air Terjun Songgo Langit.

Penutup

Demikian review tentang Air Terjun Songgo Langit, semoga bisa menjadi referensi awal untuk tujuan wisata anda di akhir pekan nanti.

Patuhi protokol kesehatan dan kemanan yang sudah ditetapkan ya…

Baca juga:

Leave a Comment