Air Terjun Temam, Wisata Alam Lubuklinggau Yang Hits

Kota Lubuklinggau merupakan sebuah kota setingkat Kabupaten yang terletak paling barat dari wilayah Provinsi Sumatera Selatan, juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Di kota Lubuklinggau banyak sekali tempat wisata yang wajib kamu kunjungi, diantaranya Masjid Agung As-salam Musi Rawas, Air Terjun Takli, Air Terjun Curug Layang, waterVang Lubuklinggau, dan Air Terjun Temam.

Masjid Agung Lubuklinggau
Masjid Agung Lubuklinggau. Sumber: kataomed.com

Tempat wisata yang ada menghadirkan tema yang beragam, mulai dari yang bertema religi, pendidikan bahkan yang bertema alam, semuanya ada di Lubuklinggau.

Kali ini saya akan membahas salah satu air terjun yang ada di Lubuklinggau, yang bernama Air Terjun Temam. Cara untuk mencapai lokasi Air Terjun Temam tidaklah sulit, meskipun begitu Air Terjun Temam memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Yuk, simak lebih jauh ulasan mengenai Air Terjun Temam ini! Check this out!

Ragam wisata Air Terjun Temam

1. Menikmati Keindahan Air Terjun Temam

Air Terjun Temam mengalir berbeda dengan air terjun pada umumnya, jika air terjun senantiasa tinggi dengan lebar yang kecil tidak halnya dengan Air Terjun Temam. Keadaan air terjunnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 12 meter namun memiliki lebar sekitar 25 meter.

Banyak yang menyebut Air Terjun Temam ini sebagai Niagara kecil yang terdapat di Lubuk Linggau. Keindahan air terjunnya, mampu menyihir siapa saja yang melihatnya. Debit airnya akan deras jika sungai yang mengalir di atasnya debit airnya pun banyak.

Niagara Kecil dari Lubuklinggau
Niagara Kecil dari Lubuklinggau. Sumber: republika.co.id

Untuk kamu yang tidak bisa berenang jangan sekali-kali berenang di sekitar kolamnya, karena kolamnya memiliki kedalaman 4 meter selain itu jika aliran airnya deras sangat tidak aman untuk didekati.

Suasana asri dan sejuk akan kamu rasakan saat berada dekat Air Terjun Temam, ditambah dengan suara deburan air terjun yang menjadi pusat perhatian telinga kamu.

Menikmati Keindahan Air Terjun Temam
Menikmati Keindahan Air Terjun Temam. Sumber: www.potensilokal.com

Cipratan airnya dapat kamu rasakan dari tempat yang sudah disediakan, suasana alam dengan pepohonan yang rindang menghilangkan semua penat dalam diri.

Merasakan Keindahan Air Terjun Temam
Merasakan Keindahan Air Terjun Temam. Sumber: phinemo.com

Jika kamu berkunjung pada malam hari, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Dimana kamu akan melihat aliran Air Terjun temam menjadi warna-warni dengan bantuan pencahayaan yang baik, yang disediakan oleh pihak pengelola.

Keindahan Air Terjun Temam di Malam Hari
Keindahan Air Terjun Temam di Malam Hari. Sumber: travel.kompas.com

Kamu akan merasakan keadaan Air Terjun Temam yang berbeda dengan siang hari, pencahayaan yang indah ditambah keindahan air terjunnya, menimbulkan kesan yang romantis.

2. Spot Foto

Jika kamu berkunjung ke Air Terjun Temam jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam yang tercipta di sini. Ada beberapa spot foto yang dapat kamu abadikan, diantaranya:

  • Berfoto dengan latar belakang keindahan Air Terjun Temam
Berfoto Dengan Latar Air Terjun temam
Berfoto Dengan Latar Air Terjun temam. Sumber: duatiket.blogspot.com
  • Berfoto di atas jembatan gantung, yang berada 50 meter diatas Air Terjun temam.
  • Kamu bisa juga berfoto di sepanjang jalan setapak menuju lokasi Air Terjun Temam, karena sepanjang jalan dipenuhi pepohonan yang rindang.

Masih banyak spot foto lainnya yang dapat kamu abadikan saat berada di lokasi Air Terjun Temam, keindahan alam memang selalu menarik untuk dikunjungi dan diabadikan.

Sejarah Keberadaan Air Terjun Temam

Air Terjun Temam merupakan aliran dari Sungai Temam, itulah mengapa dinamakan demikian. Air terjun Temam mulai dikenalkan oleh orang-orang Belanda pada tahun 1920 silam, karena lokasi tersebut merupakan lokasi tempat berliburnya mereka pada saat itu.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Temam

Lokasi dan alamat Air Terjun Temam berada di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Rute Menuju Air Terjun Temam

Rute menuju Air Terjun Temam, jika kamu bergerak dari pusat Kota Lubuk Linggau maka kamu akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 11 kilometer, atau selama kurang lebih 35 menit saja. Sedangkan dari arah Bengkulu hanya memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

Jika kamu bergerak dari Palembang kamu akan melakukan perjalanan selama 6,5 jam. Rute menuju Air Terjun jalanannya sudah sangat nyaman untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Saat kamu tiba di area Air Terjun Temam, kamu akan melihat penataan lokasi yang bersih dan tertata dengan baik. Saatnya untuk kamu menyusuri jalan setapak dengan menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitar 100 anak tangga.

Namun, trekking yang akan kamu lalui tidak seperti lokasi air terjun pada umumnya, untuk mencapai kesini kamu ngga perlu bersusah payah. Kamu hanya akan diajak untuk menyusuri sebuah taman yang dikelilingi pepohonan yang rindang. Suara deburan Air Terjun Temam sudah dapat kamu dengar ketika menyusuri jalan setapak.

Tiket Masuk dan Tiket Parkir Air Terjun Temam

  • Tiket masuk Air Terjun Temam sangat terjangkau, yakni cukup membayar Rp. 10.000,- saja per orangnya.
  • Sedangkan untuk tiket parkir, kamu harus membayar Rp. 10.000,- untuk motor dan Rp. 15.000,- untuk mobil.

Jam Operasional Air Terjun Temam

Jam operasional Air Terjun Temam yakni dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu mulai Pukul 07.00 WIB sampai Pukul 23.00 WIB

Fasilitas Air Terjun Temam

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Air Terjun Temam sudah memadai, dimulai dari tersedianya :

  • Area parkir
  • Toilet
  • Tempat makan
  • Gazebo tempat kamu beristirahat

Penginapan

Penginapan di lokasi Air Terjun Temam, memang belum tersedia. Namun untuk kamu yang ingin bermalam di Lubuklinggau, beberapa penginapan berikut bisa jadi bahan referensi untuk kamu, diantaranya:

  • Green Palm Kostel, berada sejauh 3,3 kilometer dari Air Terjun Temam dengan kisaran harga Rp. 150.447,- per malamnya.
  • Sempurna Hotel berjarak sejauh 3,9 kilometer dari Air Terjun Temam dengan harga yang ditawarkan Rp. 149.713,- untuk per malamnya.
  • RedDoorz near Watervang Lubuk Linggau dari Air Terjun Temam berjarak 4 kilometer dengan kisaran harga Rp. 99.000,- per malamnya.
  • Sherren Guest House, dari Air Terjun Temam berada sejauh 4,5 kilometer dengan kisaran harga per malamnya Rp. 116.543,-

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Temam, yaitu:

  • Tidak usah membawa makanan atau minuman, karena sudah banyak tersedia warung-warung makanan di sekitar lokasi.
  • Jika ingin berenang di sekitar lokasi Air Terjun Temam harap hati-hati, karena kolamnya dalam selain itu aliran airnya cukup deras.
  • Jagalah anak-anak saat kamu mengunjungi Air Terjun Temam.
  • Siapkan gawai kamu untuk mengabadikan keindahan Air Terjun Temam.
  • Selalu jaga kebersihan dan keindahan lokasi Air Terjun Temam.
  • Menikmati Air Terjun Temam pada malam hari akan jauh lebih indah.

Penutup

Keindahan alam yang sudah Tuhan berikan jika diimbangi dengan kepedulian kita untuk tetap menjaga dan mengembangkannya akan menghasilkan perpaduan yang luar biasa.

Air Terjun Temam pada dasarnya hanyalah sebuah aliran air yang berasal dari Sungai Temam, namun dengan keunikannya dan kepedulian kita sehingga membuat lokasi wisata ini menjadi tempat wisata favorit di Lubuk Linggau.

Untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Temam, selalu jaga keasrian, kebersihan, dan keindahan lokasinya ya! Jangan lupa siapkan foto terbaikmu, saat berada di Air Terjun Temam!

Baca juga:

Leave a Comment