Air Terjun Timbulun Painan, Pesona Elok Di Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat, adalah Taman Nasional terbesar yang ada di Sumatera. Cakupan kawasan ini meliputi 14 Kabupaten, 2 Kota, yang masuk dalam 4 Provinsi.

Beragam pesona tersaji di Taman Nasional tersebut, bahkan ada yang bertaraf internasional. Diantaranya : Danau Gunung Tujuh, sebagai Danau Kaldera tertinggi di Asia Tenggara.

Selain itu, terdapat juga pesona air terjun. Salah – satunya Air Terjun Timbulun Painan. Lokasi wisata Air Terjun Timbulun Painan sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat liburan tiba.

Air Terjun Timbulun Painan
Air Terjun Timbulun Painan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Langsung saja kita mulai perjalanan menuju Air Terjun Timbulun Painan!

Trekking Menuju Air Terjun Timbulun Painan

Karena bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat, mak sudah tentu view yang tersaji adalah panorama alam yang masih terjaga kelestariannya, serta memiliki pesona keindahan yang sangat menawan.

Objek wisata tersebut bisa diakses oleh jenis kendaraan roda dua, maupun roda empat. Dan jalur trekkingnya tidaklah curam, dan tidak banyak menguras energi.

Dengan demikian objek wisata Air Terjun Timbulun Painan bisa dikunjungi bersama keluarga anda. Bahkan terdapat nilai edukasi tentang alam selama di perjalanan.

Salah-Satu View Di Jalur Trekking
Salah-Satu View Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Setelah selesai memarkir kendaraan, maka seperti biasa para pengunjung harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi utama Air Terjun Timbulun Painan.

Trekkingnya tidak curam, bahkan sangat menyenangkan. Karena di sepanjang perjalanan, traveler bisa melihat pohon – pohon yang berjajar rapih.

Pohon – pohon tersebut berupa pohon durian, dan pohon cokelat. Serta di sisi lain terdapat sungai kecil, dengan kondisi air yang sangat jernih.

Kawasan hutan tersebut merupakan hutan adat, atau hutan masyarakat Timbulun. Kelebihan Air Terjun Timbulun Painan adalah jalurnya sebagian besar datar.

Trekking akan segera berakhir saat mata pengunjung melihat sebuag gazebo, dekat dengan tebing, serta hamparan bebatuan besar.

View Air Terjun Timbulun Painan Di Gazebo
View Air Terjun Timbulun Painan Di Gazebo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Di titik tersebut mata pengunjung hanya dapat melihat sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi, namun memiliki kolam yang cukup luas.

Namun jangan khawatir, karena sajian pesona keindahan Air Terjun Timbulun Painan belum berakhir sampai di situ. Lanjutkan langkah kaki, dan anda akan melihat pesona keindahan lainnya.

Hingga sampai di lokasi utama, traveler akan melihat air terjun lainnya yang sangat elok. Dan yang perlu anda ketahui bahw Air Terjun Timbulun Painan memiliki 7 tingkatan.

Air terjun yang pertama kali terlihat adalah Air Terjun Timbulun Painan tingkat pertama. Itulah tujuan utama perjalanan anda.

Lokasi Utama Air Terjun Timbulun Painan
Lokasi Utama Air Terjun Timbulun Painan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bersiaplah menikmati pesona keindahan yang tersaji di lokasi utama. Tetapi prioritaskan aspek kemanan, dan keselamatan ya….

Sejarah Penamaan, Dan Nama Lain Air Terjun Timbulun Painan

Seperti yang sering saya sampaikan, bahwa uniknya objek wisata yang ada di Indonesia selalu memiliki nama lain. Nama lain bisa merujuk kepada nama lokasi, sejarah, legenda, misteri, hingga pesona keindahan. Adapun Air Terjun Timbulun Painan merujuk kepada nama lokasinya.

Nama lain Air Terjun Timbulun Painan yaitu Pincuran Tujuh Tingkat. Hal tersebut merujuk kepada kondisi Air Terjun Timbulun Painan yang memiliki 7 tingkatan.

Pesona Keindahan Air Terjun Timbulun Painan

Secara garis besar, terdapat dua dayatarik utama dari objek wisata Air Terjun Timbulun Painan. Diantaranya :

1. Air Terjun

Pesona utamanya tentu saja Air Terjun Timbulun Painan. Air terjun tersebut memiliki 7 tingkatan dengan karakter yang berbeda – beda.

Karakteristik air terjun berundak, atau air terjun bertingkat arus air turunnya tidak terlalu deras. Begitupun dengan Air Terjun Timbulun Painan.

Air Terjun Timbulun Painan, airnya mengalir melalui hamparan batu besar yang sedikit landai. Jernih, dan tidak deras. Dengan demikian, view yang tersaji akan sangat memukau mata yang memandang.

Pesona Keindahan Air Terjun Timbulun Painan
Pesona Keindahan Air Terjun Timbulun Painan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hamparan batuan besar tersebut menjadi akses jalan bagi traveler untuk naik ke setiap tingkatan Air Terjun Timbulun Painan.

Karakter Air Terjun Timbulun Painan tingkat pertama tidak tinggi, namun keunggulannya berada pada kolamnya yang sangat besar, airnya jernih, serta tidak terlalu dalam.

View Kolam Utama
View Kolam Utama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Timbulun Painan tingkat ke tiga mempunyai ketinggian sekitar 15 meter. Kolamnya cukup dalam, namun tidak sebesar kolam Air Terjun Timbulun Painan tingkat pertama.

Aliran air dari Air Terjun Timbulun Painan bermuara di Teluk Painan atau Samudera Indonesia.

2. Pesona Alam Sekitar

Pesona alam sekitarnya sanga eksotis. Apalagi saat melihat panorama kolam utama Air Terjun Timbulun Painan.

Viewnya didominasi oleh hamparan batu yang sangat besar, berpadu dengan view air terjun, dan kawasan hutan, menjadikan sebuah sajian yang akan memuaskan kunjungan para wisatawan.

Selain itu, di awal trekking view pohon durian, dan pohon cokelat menambah nilai asri, serta keteduhan, dan kesejukan saat berada di kawasan tersebut.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Timbulun Painan

Ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di objek wisata Air Terjun Timbulun Painan, adalah sebagai berikut :

1. Berenang

Berenang di kolam utama Air Terjun Timbulun Painan merupakan sensasi berenang di kolam yang sangat megah. Karena ornamennya terbentuk oleh lukisan alam.

Berenang Di Air Terjun Timbulun Painan
Berenang Di Air Terjun Timbulun Painan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kondisi kolam utamanya tidak terlalu dalam, dan airnya sangat jernih. dengan kondisi tersebut, aktivitas di spot tersebut menjadi sebuah keseruan yang luar biasa.

Salah-Satu Aktivitas Wisata Di Air Terjun Timbulun Painan
Salah-Satu Aktivitas Wisata Di Air Terjun Timbulun Painan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Hunting Foto

Sangat bisa dipastikan bahwa view alam yang tersaji, meskipun tanpa tambahan sentuhan kreasi tangan manusia, namun tetap menghasilkan foto yang sangat instagramable.

Hasil jepretan kamera tersebut sangat layak untuk diposting di media sosial kalian. Tetap utamakan keselamatan, dan keamanan saat mencari konten untuk media sosial di kawasan tersebut.

3. Wisata Edukasi

Kawasan Hutan Adat, atau kawasan Taman Nasional Kerici Seblat bisa dijadikan sebagai kawasan edukasi alam bagi anak – anak anda.

Jadikan mereka sebagai sebuah generasi yang cinta, serta mampu merawat kelestarian, serta keseimbangan alam.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Timbulun Painan

Lokasi Air Terjun Timbulun Painan terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Alamat Air Terjun Timbulun Painan berada di Kampung Painan Timur, Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Objek Wisata Air Terjun Timbulun Painan

Rute menuju objek wisata Air Terjun Timbulun Painan hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota Painan. Dan berjark 77 kilometer dari Padang.

Setelah sampai di area parkiran. Para pengunjung hanya tinggal melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki, atau trekking sejauh 500 meter menyusuri Sungai Batang Timbulun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Timbulun Painan

Harga tiket masuk Air Terjun Timbulun Painan Rp. 5.000 per orang.

Jam Operasional Air Terjun Timbulun Painan

Jam operasional Air Terjun Timbulun Painan belum diketahui dengan tepat jam berapa buka dan tutupnya. Namun rata-rata para pengunjung datang di pagi hari, dan pulang saat sore hari.

Penginapan

Tidak ada penginapan di Air Terjun Timbulun Painan.

Penutup

Demikian info lengkap Air Terjun Timbulun Painan. Patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan yang sudah ditetapkan.

Jangan membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment