Air Terjun Tunan, Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Cocok Untuk Libur Akhir Pekan

Bagi kalian yang bingung menentukan liburan di akhr pekan ini, khususnya bagi masyarakat Manado, ada baiknya untuk liburan di objek wisata alam terbuka, khususnya wisata air terjun.

Jika kalian berpikir bahwa trekking menuju lokasi utama air terjunnya akan sangat melelahkan, maka berbeda dengan air terjun yang satu ini.

Namanya Air Terjun Tunan, wisata air terjun yang terletak di Minahasa, menyajikan view keindahan alam, trekking yang mudah, serta spot instagrammable.

Air Terjun Tunan
Air Terjun Tunan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Banyak sekali manfaat wisata alam, terutama bagi kalian yang sudah penat dengan seabreg pekerjaan kantor yang tiada hentinya.

Salah-satu manfaatnya bisa mengembalikan semangat, serta fokus kalian dalam menjalani kehidupan. Maka dengan trekking yang tidak begitu jauh, Air Terjun Tunan sangat recommended menjadi lokasi utama di akhir pekan ini.

Trekking Menuju Air Terjun Tunan Sulawesi Utara

Akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Tunan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, maupun kendaraan roda dua.

Kondisi jalannya sudah cukup baik, serta di sepanjang jalan viewnya sangat indah. Dan area parkirannya cukup besar, serta sudah tertata cukup baik.

Area Parkir Air Terjun Tunan
Area Parkir Air Terjun Tunan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Tunan, maka dari area parkir, para pengunjung harus berjalan kaki, atau trekking menusuri jalur yang sudah disediakan.

Jarak dari lokasi parkir menuju Air Terjun Tunan tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 400 meter. selain itu trekkingnya tidaklah ekstrim, bahkan sangat menyenangkan. Seolah-olah berjalan menyusuri sebuah taman.

Jalurnya sudah tertata, bukan lapisan tanah, melainkan susunan batu muka, dengan kansteen di setiap jalur perjalanan. Sampah yang ada hanyalah dedaunan yang jatuh dari pohon yang ada di sekitarnya.

Trekking Menuju Air Terjun Tunan
Trekking Menuju Air Terjun Tunan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jalurnya juga tidaklah sempit, cukup lebar, sehingga para pejalan kaki akan sangat leluasa menikmati setiap jengkal keindahan yang tersaji saat melakukan trekking.

View yang tersaji selama trekking adalah tanaman – tanaman yang indah, pepohonan yang memberikan nuansa teduh saat berjalan kakimenuju Air Terjun Tunan.

View Lain Saat Trekking
View Lain Saat Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebetulnya, objek wisata Air Terjun Tunan cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga, serta wisata edukasi bagi anak-anak.

Namun, saat berada di kolam utamanya, para orang tua harus tetap waspada mengawasi setiap aktivitas anak-anaknya. Karena bagi anak-anak, kolam utamanya akan terasa cukup dalam.

Di tengah perjalanan, terdapat sebuah jembatan yang cocok sebagai spot selfie. Pagar pembatas di jembatan tersebut telah diberikan sentuhan warna-warni, sehingga menjadikan spot yang instagrammable.

Trekking akan segera berakhir saat anda sampai di sebuah gazebo yang sangat besar, kokoh, dan bagus. Dari spot tersebut dapat terlihat jelas sebuah air terjun yang sangat menawan.

Gazebo Di Trekking Terakhir
Gazebo Di Trekking Terakhir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Tunan Sulawesi Utara.

Pesona Keindahan Air Terjun Tunan

Terdapat beberapa pesona keindahan di objek wisata Air Terjun Tunan, diantaranya :

1. Air Terjun

Air Terjun Tunan memiliki ketinggian sekitar 86 meter. arus air yang turun cukup deras, serta kondisi airnya sangat jernih.

Air yang turun melalui sebuah tebing batu yang kokoh dan tinggi. View tebing tersebut seakan menjadi penyanga bagi Air Terjun Tunan.

Pesona Air Terjun Tunan
Pesona Air Terjun Tunan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bagi orang dewasa, kolam utamanya tidak terlalu dalam, hanya 1,5 meter. namun, bagi anak-anak kedalaman tersebut menjadi larangan untuk melakukan aktivitas di kolam utama.

Namun, bagi anak-anak terdapat titik air yang tidak terlalu dalam, lokasinya masih dekat dengan kolam utama. Tetapi para orang tua harus tetap ekstra hati-hati ya…

Kolam Utama Air Terjun Tunan
Kolam Utama Air Terjun Tunan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Gazebo

Terdapat sebuah gazebo besar, dedengan kondisi bangunan yang sangat kokoh, artistik, serta mampu memberikan nuansa kenyamanan bagi para pengunjungnya.

Tentu saja, karena dari spot tersebut, para pengunjung bisa melihat keindahan Air Terjun Tunan, sambil menikmati makan dan minuman, atau sambil rebahan.

Spot Gazebo
Spot Gazebo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Alam Sekitar

Pesona keindahan objek wisata air terjun sangat bergantung dengan pesona keindahan alam sekitarnya. Begitupun dengan Air Terjun Tunan.

Alam sekitarnya mampu menjadi pelengkap view keindahan yang memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Pohon-pohon yang besar, tanaman-tanaman indah, sungai kecil, bebatuan di sekita air terjun, serta kesejukan udara sekitar adalah perpaduan kenikmatan wisata saat berada di Air Terjun Tunan.

View Alam Sekitar
View Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tunan

Tentu saja akan ada pertanyaan dari kalian, apa saja yang bisa dilakukan saat berada di lokasi wisata Air Terjun Tunan? Maka inilah ragam aktivitas yang bisa kalian nikmati :

1. Berenang

Aktivitas wisata yang pertama adalah berenang. Tentu saja aktivitas ini bagi orang dewasa yang sudah bisa berenang.

Saat debit airnya naik, maka tidak jarang para pengunjung yang melakukan cliff jumping di kolam utamanya. Memang seru, tetapi harus tetap memperhitungkan aspek keamanan ya…

Berenang Di Air Terjun Tunan
Berenang Di Air Terjun Tunan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jika arus air yang turunnya tidak terlalu deras, maka para pengunjung bisa mandi di bawah guyuran Air Terjun Tunan. Airya sangat menyegarkan tubuh.

2. Hunting Foto

Trend media sosial menuntut setiap aktivitas yang dilakuakan harus mampu menarik ara followers, terutama bagi para pencari konten.

Banyak sekali spot foto yang layak diposting di media sosial kalian. Diantaranya :

  • Air Terjun Tunan
  • Gazebo
  • Jembatan
  • Jalur Trekking

Namun dari sekian banyak spot yang tersaji, lokasi utama Air Terjun Tunan menjadi spot favorit pengunjung untuk mengabadikan momen keindahan.

3. Wisata Edukasi

Keberadaan aneka tanaman, atau tumbuhan di sepanjang jalur trekking bisa menjadi nilai edukasi bagi anak-anak untuk mengenal alam terbuka.

Wisata Edukasi Di Air Terjun Tunan
Wisata Edukasi Di Air Terjun Tunan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Apalagi saat mereka melihat kehadrian Air Terjun Tunan. Sangat baik mengajak anak untuk melakukan wisata alam, di saat ancaman kecanduan gadget sedang mengancam anak-anak.

Jadilah orang tua yang bijak, mengenalkan anak untuk dapat berharmoni dengan alam, menjaga kelestariannya, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tunan

Lokasi dan alamat Air Terjun Tunan berada di Desa Talawan, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Rute Menuju Objek Wisata Air Terjun Tunan

Rute menuju objek wisata Air Terjun Tunan dari Manado hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dan jarak tempuh dari Desa Talawan hanya sekitar 15 menit saja.

Akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan jenis mobil maupun motor. Serta kondisi jalannya cukup baik untuk dilalui, sampai di area parkiran.

Setelah itu, lanjutkan dengan berjalan kaki, atau trekking.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tunan

Harga tiket masuk Air Terjun Tunan hanya Rp. 2.500 per orang.

Jam Operasional Air Terjun Tunan

  • Jam operasional Air Terjun Tunan buka dari pukul 07.15-18.00
  • Air Terjun Tunan buka dari hari Senin – Minggu

Penginapan Di Air Terjun Tunan

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Tunan. Namun tidak lebih dari 6 kilometer dari lokasi wisata tersebut, para pengunjung sudah dapat menemukan penginapan dengan harga terjangkau.

Harga yang ditawarkan tidak lebih dari Rp. 300.000 per malamnya.

Penutup

Demikian info lengkap Air Terjun Tunan. Semoga menjadi referensi awal bagi kalian yang sedang bingung menetukan jadwal liburan akhir pekan ini.

Patuhi protokol kemanan, dan kesehatan yang telah ditetapkan. Dan jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Leave a Comment