Air Terjun Wera Sigi, Nyanyian Alam Di Kawasan Wisata Wera Sulawesi Tengah

Kabupaten Sigi merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Sulawesi Tengah, ibukotanya ialah Bora. Di Kabupaten Sigi tepatnya di Desa Balumpewa terdapat lokasi wisata air yang menawan dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi wisata air tersebut bernama Air Terjun Wera yang berada di Kawasan Wisata Wera. Pemandangan yang disajikan sangat menakjubkan serta udaranya sangat menyejukkan.

Dijamin kamu akan dapat melepaskan semua penat yang ada digantikan dengan jiwa yang baru. Berikut ulasan lengkap mengenai Air Terjun Wera, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Wera

Ketika kamu tiba di Kawasan Wisata Wera untuk dapat menuju Air Terjun Wera kamu harus melanjutkan perjalanan dengan bejalan kaki.

Jalur trekking dimulai ketika kamu sudah memarkirkan kendaraan yang kamu bawa, kamu akan memasuki Kawasan Wisata Wera kemudian mengarahkan kaki kamu untuk melangkah menuju sebuah jembatan.

Jalur Trekking
Jalur Trekking. Sumber: pesonawisata.sultengprov.go.id

Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menapaki jalan yang sudah tersusun rapih, dengan pegangan disebelah kirinya. Awalnya jalur yang kamu lalui biasa saja, kemudian menjadi luar biasa dengan menaiki beberapa anak tangga dan jalur yang sedikit menanjak.

Disepanjang perjalanan kamu akan ditemani beberapa pepohonan yang berjejer menemanimu disebelah kanan jalan, kamupun mulai merasakan udara yang lebih sejuk.

Ditengah perjalanan kamu akan menemukan air terjun kecil yang merupakan aliran dari Air Terjun Wera yang berada di atasnya.

Aliran Air Yang Pertama
Aliran Air Yang Pertama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tak lama kemudian tibalah kamu di area Air Terjun Wera bagian bawah, dimana air terjun tersebut juga merupakan hasil dari aliran air terjun yang letaknya di paling puncak.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Wera yang berada diatasnya kamu harus menapaki jalan sempit diantara bebatuan yang sangat besar. Jalurnya sangat sulit dan licin sehingga kamu harus sangat berhati-hati.

Trekking Menuju Air Terjun Wera Yang Di Puncak
Trekking Menuju Air Terjun Yang Di Puncak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pengorbanan yang kamu lakukan sejauh 2 km berjalan kaki untuk sampai menikmati Air Terjun Wera tidaklah sia-sia, sebuah proses memang tidak akan pernah menghianati hasil.

Pesona Keindahan Air Terjun Wera

Air Terjun Wera memiliki dua tingkatan air terjun yang lokasinya tak berjauhan. Air yang mengalir di air terjun yang letaknya dibawah memiliki ketinggian sekitar 7 meter saja.

Aliran Air Terjun Yang Berada Di Bawah
Aliran Air Terjun Yang Berada Di Bawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sedangkan aliran air yang diatas jatuh dari ketinggian sekitar 80 meter. Meskipun memiliki tinggi yang berbeda namun kedua air terjun tersebut memiliki debit air yang cukup deras juga sangat jernih serta bersih.

Jika kamu berada di puncak Air Terjun Wera kamu akan merasakan cipratan airnya mengenai tubuhmu serta hembusan anginnya akan menyegarkan ragamu. Air yang dialirkan sangat jernih dan bersih sungguh sangat menyegarkan.

Deburan air, hembusan angin, rindangnya pepohonan, tebing tinggi yang mengapit aliran air terjun serta suara alam yang selalu mengiringi sempurnalah sudah yang kamu rasakan ketika berada di Air Terjun Wera.

Jika kamu sedang berada di Air Terjun Wera pastikan kondisi cuaca sedang cerah dan bagus, jangan sampai apa yang dialami oleh pengunjung pada bulan April lalu kamu alami.

Terjebak Karena Aliran Sungai Yang Berubah Deras
Terjebak Karena Aliran Sungai Yang Berubah Deras. Sumber: suarapalu.com

Peristiwa yang terjadi yakni terjebaknya para pengunjung selama 3 jam di area puncak Air Terjun Wera karena aliran sungainya berubah menjadi sangat deras akibat curah hujan yang sangat tinggi.

Ragam wisata Di Air Terjun Wera

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Air Terjun Wera diantaranya yakni:

1. Bermain Air

Bermain air merupakan hal yang paling menyenangkan ketika mengunjungi wisata air, apalagi keadaan alamnya yang sungguh sangat menakjubkan.

Menikmati Kesegaran Air Terjun Wera
Menikmati Kesegaran Air Terjun Wera. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Menikmati kesegaran air khas pegunungan yang menyejukkan, membiarkan tubuh kita basah diguyur deburan air terjunnya.

Hilanglah semua lelah yang ada dalam diri, bayangan tentang trekking yang baru saja dilalui sirna sudah. Digantikan dengan kesegaran air yang membasuh diri.

2. Menikmati Keindahan Alam

Alam yang dihadirkan sungguh sangat luar biasa, banyak sekali hiasan pepohonan yang mengelilingi Air Terjun Wera.

Deburan air yang mengalir menambah suasana semakin menenangkan, kamu dapat duduk-duduk disebuah batu besar sembari meresapi keindahan yang diberikan.

Menikmati Alam Yang Tersaji
Menikmati Alam Yang Tersaji. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Semakin bertambahlah rasa bersyukur dalam diri atas kebaikan Tuhan yang telah memberikan keindahan seperti ini.

3. Berfoto Selfie

Spot foto terbaik yang paling diincar oleh para pengunjung ialah keindahan Air Terjun Wera yang tiada duanya. Baik itu yang berada dibagian bawah maupun dibagian atasnya.

Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Wera
Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Wera. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahannya harus diabadikan dan biarkan semua orang melihat keindahan Air Terjun Wera.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Wera

Alamat Air Terjun Wera terletak di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Lokasinya berada di Kawasan Wisata Wera dan berada di lereng Gunung Watusidae.

Rute Menuju Air Terjun Wera

Rute menuju Air Terjun Wera tidaklah begitu sulit, selain itu jalan yang akan kamu lalui sudah beraspal. Dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika kamu berangkat dari Palu kamu akan melakukan perjalanan kira-kira sejauh 19 km dan memakan waktu sekitar 40-50 menit. Setelah tiba di Desa Balumpewa kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kira-kira sejauh 2 km.

Tiket Masuk dan Parkir Air Terjun Wera

Untuk memasuki Kawasan Wisata Wera kamu tidak dikenakan biaya masuk, cukup membayar tiket parkir saja.

  • Untuk kendaraan motor membayar Rp. 5.000,- per unitnya
  • Untuk kendaraan mobil membayar Rp. 10.000,- per unitnya

Jam Operasional Air Terjun Wera

Jam operasional Air Terjun Wera dibuka setiap hari, jika kamu ingin mengunjungi Air Terjun Wera lebih baik datang dipagi hari untuk menghindari kemalaman di jalan.

Karena akses jalan yang belum cukup penerangannya terlebih lagi membutuhkan waktu untuk sampai lokasi parkir. Sehingga kamu harus memperhatikan waktu kedatangan dan kepulanganmu.

Fasilitas Air Terjun Wera

Fasilitas yang ada di area Air Terjun Wera belum tersedia apa-apa karena lokasinya yang masih sangat alami dan berada di tengah hutan.

Penginapan Di Air Terjun Wera

Disekitar Air Terjun Wera belum terdapat penginapan ataupun homestay. Namun kamu dapat menemukan penginapan yang kamu inginkan dengan jarak lebih dari 10 km dari lokasi Air Terjun wera.

Tips Wisata

Beberapa tips wisata berikut saya sampaikan sebagai bahan referensi kamu ketika hendak menuju Air Terjun Wera, yakni diantaranya:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh dan berbatu.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman sebagai bekal ketika berada di area Air Terjun Wera.
  • Siapkan kondisi fisik kamu sebaik mungkin.
  • Berhati-hatilah saat menyusuri bebatuan ketika hendak menuju puncak Air Terjun Wera.
  • Jagalah kebersihan dan kealamian Air Terjun Wera.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta ketika berada di Air Terjun Wera.

Penutup

Keindahan dan kealamian hamparan alam selalu menjadi daya tarik tersendiri. Tempat yang tepat untuk kita mengadu semua gundah dalam diri.

Suara air yang bergemuruh membuat jiwa menjadi tenang, Air Terjun Wera memberikan semua ketenangan yang kamu butuhkan.

Luangkanlah waktumu untuk mengunjungi keindahan alam Air Terjun Wera, dan tentu saja jangan lupa siapkan foto terbaikmu ya!

Baca juga:

Leave a Comment