Alun – Alun Pati, Wajah Baru yang Bikin Ngiler

|

Saat berwisata ke luar kota, tempat ikonik yang enggak boleh dilewatkan adalah berkunjung ke Alun-Alunnya. Nah, begitupun saat kamu sedang berada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Seperti Alun-Alun pada umumnya, Alun-Alun Pati juga berfungsi sebagai pusat peradaban masyarakat, dimana kamu bisa menjumpai berbagai macam keunikan didalamnya.

landmark alun alun pati
landmark alun alun pati. google maps. sumber: debike astri

simak juga: hutan kota kalidoro

Tak hanya hari libur, hari-hari biasa pun Alun-Alun Pati sangat ramai dikunjungi wisatawan dengan berbagai macam kebutuhan dan keinginan.

Alun-Alun Pati juga sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya event-event meriah, apalagi di hari-hari peringatan besar. Salah satunya peringatan hari jadi Kabupaten Pati.

Dan yang paling penting, Alun-Alun Pati berada di tengah kota, dan dekat dengan berbagai tempat wisata yang ada di Pati.

Pastikan baterai ponsel dan kameramu penuh saat berkunjung ke Alun-Alun Pati ini, agar kamu bisa asik mengabadikan momen-momen seru. Berikut deskripsi dari Alun-Alun Pati:

Lokasi Alun-Alun Pati

Alun-Alun Pati berlokasi di Jalan  Tombronegoro, Pati Kidul, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

gapura di sebelah selatan
gapura di sebelah selatan. google maps. sumber: Alli Mhan

Rute Menuju Alun-Alun Pati

Jika titik keberangkatanmu dari Terminal Pati, kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 5 menit atau 1,4 km perjalanan untuk bisa sampai ke Alun-Alun Pati. Ambil arah timur di Jalan Terminal menuju Jalan H. Moenadi/Jalan Raya Pati-Gabus, lalu belok kiri setelah Titania Cell.

Setelah itu arahkan kendaraanmu ke Jalan Pemuda/Jalan Raya Pantura/Jalan Raya Pati/Jalan Raya Pati – Juwana/Jalan Raya Tuban – Semarang untuk sampai di Alun-Alun Pati.

simak juga: goa wareh

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Pati

  • Tidak ada biaya tiket khusus untuk masuk ke Alun-Alun Pati alias gratis.
  • Biaya parkir kendaraan roda dua Rp. 3.000,-
  • Kendaraan roda empat Rp. 5.000,- per kendaraan.

Jam Buka Alun-Alun Pati

Alun-Alun Pati terbuka 24 jam dari Senin hingga Minggu.

pohon yang sudah berusia ratusan taun
pohon yang sudah berusia ratusan taun. google maps. sumber: Nadya Rizky Amalia

Fasilitas Alun-Alun Pati

Fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berkunjung ke Alun-Alun Pati diantaranya:

  • Toilet,
  • Masjid,
  • Aneka Jajanan,
  • Jogging Track,
  • Bangku Taman,
  • Wahana Permainan Anak,
  • Spot Foto,
  • Area Parkir Kendaraan.

simak juga: grenjengan sewu

Daya Tarik Alun-Alun Pati

1. Wajah Baru Yang Instagramable

Setelah dilakukan revitalisasi, infrastuktur Alun-Alun Pati menjadi semakin keren dan modern. Tampak depan terdapat ikon tulisan Alun-Alun Pati yang besar,  jika malam tiba tulisan ini semakin cantik karena dihiasi lampu-lampu. Sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Di Alun-Alun Pati juga terdapat ikon gapura yang besar dengan design melengkung yang menjadi spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, Alun-Alun Pati juga kental dengan nuansa sejuk dan menyegarkan dari pohon-pohon rindang yang tumbuh sepanjang mata memandang.

Suasana yang asri di Alun-Alun Pati sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong santai bersama orang-orang spesial.

spot instagramable
spot instagramable. google maps. sumber: Marcos Nasution

2. Jogging Track Dan Spot Olahraga Lainnya

Saat ini, Alun-Alun Pati sudah dilengkapi dengan jogging track yang bisa digunakan pengunjung untuk berolahraga. Dapat dipastikan saat kamu berolahraga tidak akan terganggu dan mengganggu aktivitas pengunjung lain.

Selain itu, ada lapangan hijau di Alun-Alun Pati yang menjadi spot olahraga favorit para pecinta sepak bola. Area ini selalu dipadati anak-anak, remaja, atau pelajar laki-laki untuk bermain bola.

Tempatnya yang nyaman dan luas, sangat cocok juga untuk kamu yang hobi bersepeda. Tentunya jika bersepeda di area Alun-Alun akan lebih aman dan nyaman karena tidak ada lalu lalang kendaraan bermotor.

simak juga: amazon waterland

3. Wahana Permainan Anak

Ada beberapa wahana permainan seru yang bisa dicoba para pengunjung khususnya anak-anak. Kamu bisa mengajak anak-anakmu bermain komedi putar, mobil-mobilan, mewarnai, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di Alun-Alun Pati juga terdapat kereta mini yang bisa digunakan pengunjung dewasa juga lho. Kamu dapat mencoba naik kereta mini ini untuk berkeliling di Alun-Alun Pati dan sekitarnya agar tidak perlu lelah berkeliling dengan berjalan kaki.

taman yang bikin adem
taman yang bikin adem. google maps. sumber: Rijanta

Penutup

Setelah puas menghabiskan waktu di Alun-Alun Pati, kamu juga bisa eksplor sejumlah tempat wisata lainnya seperti Hutan Kota Kalidoro, Goa Wareh, Amazon Waterland, Air Terjun Grenjengan Sewu dan masih banyak yang lainnya.

Tunggu apalagi? Gaskuy merapat ke Alun-Alun Pati dan ajak orang-orang tersayang untuk menghabiskan waktu bersama.