Curug Bentang Padjajaran di Bandung, Review Lengkap Trekking, Tiket Dan Pesona Kemurnian Curugnya

Mendengar kata Bandung pasti langsung terlintas banyak tempat yang akan dikunjungi. Yap, karena memang Bandung memiliki banyak lokasi wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi.

Dari mulai tempat belanja yang murah namun berkualitas, tempat wisata edukasi, tempat wisata bernuansakan sejarah, hingga tempat wisata yang bertema alam.

Bandung masih memiliki bentangan alam yang indah, khususnya Bandung bagian Selatan. Keadaan alamnya masih sangat asri dan alami serta menyejukkan.

Alam Bandung Selatan
Alam Bandung Selatan. Sumber: travel.detik.com

Kali ini saya akan ulas mengenai salah satu tempat wisata air yang terbilang masih baru, lokasinya tak jauh dari Punceling Pass Ciwidey.

Curug Bentang Padjajaran namanya, dimana lokasi wisata air ini masih sangat alami. Keadaan curugnya nya pun masih perawan, belum banyak dijamah oleh para wisatawan.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Curug Bentang Padjajaran, check this out!

Trekking Menuju Curug Bentang Padjajaran

Saat kamu memasuki area Curug Bentang Padjajaran, hamparan keindahan alam tersaji didepan mata. Kamu akan mulai menapaki kaki dijalan yang sedikit berbatu namun tersusun dengan rapih.

Sejauh mata memandang sungguh menyejukkan, disebelah kirimu terlihat hamparan pohon pinus yang berjajar dengan rapih. Udara yang akan kamu hirup sepanjang jalan sungguh menyegarkan.

Trekking yang akan kamu lakukan tidak terlalu susah, kamu hanya terus berada dijalur jalan setapak tersebut sejauh 2 km. Dengan medan yang sedikit menanjak dan berkelok-kelok.

Sesekali kamu akan berjalan diatas permukaan jalan yang masih berupa tanah, karena memang lokasi wisata air ini masih dalam tahap perkembangan.

Namun, penataan yang telah dilakukan sudah bagus dan indah. Trekking yang kamu lakukan menjadi tidak terlalu berasa, dengan cantiknya penataan disepanjang perjalanan.

Mendekati area Curug Bentang, jalanan mulai menurun dengan jalur yang tidak rata. Deburan air curugnya sudah dapat kamu dengar. Kamu harus menuruni beberapa anak tangga untuk sampai menuju area Curug Bentang.

Landscape Curug Bentang Padjajaran
Landscape Curug Bentang Padjajaran. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika kamu merasa tidak mampu untuk berjalan sejauh itu, kamu bisa menggunakan jasa ojeg yang akan mengantarkanmu menuju Curug Bentang. Dengan membayar sekitar Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000 untuk per orangnya.

Babang ojeg akan mengantarkanmu selangkah lebih dekat dari Curug Bentang, kamu hanya perlu menuruni beberapa anak tangga saja.

Pesona Keindahan Curug Bentang Padjajaran

Curug Bentang merupakan sebuah kawasan wisata bekas peninggalan zaman kolonial Belanda, lokasinya yang masih sangat asri dengan aliran air curugnya yang sangat jernih dan bersih.

Masyarakat sekitar menyebut Curug Bentang ini dengan sebutan Curug Munding. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan tipe aliran air terjun yang menyebar keberbagai dinding tebingnya.

Curug Bentang Padjajaran
Curug Bentang Padjajaran. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika debit airnya sedang banyak akan terlihat sangat indah sekali. Area Curug Bentang memang tidak terlalu besar, lokasinya berada diantara tebing tinggi dengan kolam penampungan airnya yang tak terlalu besar.

Namun penataan yang dilakukan sangat baik sehingga membuat kamu betah berlama-lama berada disini. Ketenangan, kedamaian, serta kesejukan akan kamu dapatkan. Pas banget dijadikan tempat untuk mendinginkan fikiran yang sedang penat.

Deburan airnya mampu menjadi pengobat relaksasi yang terbaik, dengan kejernihan kolam penampungan airnya yang menyegarkan.

Ragam wisata Curug Bentang Padjajaran

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di area Curug Bentang diantaranya:

1. Bermain Air

Kegiatan pertama yang harus kamu lakukan saat berada di area Curug Bentang ialah dengan bermain air dan merasakan kesegaran aliran air yang mengalir.

Airnya sangat jernih dan bersih, kolamnya pun tidak terlalu dalam. Aliran air terjunnya juga ngga terlalu menimbulkan arus yang cukup besar.

Saking jernihnya air yang mengalir, kamu sampai dapat melihat ke dasar kolamnya. Dasar kolam alaminya dipenuhi dengan bebatuan kecil.

Kamu dapat memasukkan kaki sembari dudu-duduk dipinggir kolamnya, merasakan kesegaran airnya menyentuh kaki mu dan menghilangkan rasa lelah trekking yang telah dilalui.

2. Spot Foto

Dekat aliran air Curug Bentang terdapat sebuah gardu pandang yang berbentuk menyerupai sebuah perahu dengan dicat berwarna hijau, lengkap dengan jangkar yang terbuat dari kayu.

Dengan menaiki beberapa anak tangga kamu sudah berada di ujung perahu dan semakin dekat dengan aliran Curug Bentang.

Kunjungan Ketua DPRD Kab.Bandung
Kunjungan Ketua DPRD Kab.Bandung. Sumber: elshinta.com

Gardu pandang tersebut merupakan spot foto terbaik ketika hendak mengabadikan keindahan Curug Bentang menjadi sebuah foto atau video.

3. Camping

Lokasi Curug Bentang berada di kawasan Perhutani dan berdekatan dengan Punceling Pass Ciwidey yang merupakan lokasi camping favorit para pecinta alam.

Camping di Punceling Pass
Camping di Punceling Pass. Sumber: www.infociwidey.com

Dari kawasan Punceling Pass Ciwidey menuju gerbang Curug Bentang kurang lebih sekitar 500 meter jauhnya. Camping diantara keindahan hamparan pohon pinus merupakan pengalaman yang tak boleh kamu lewatkan.

Lokasi Dan Alamat Curug Bentang Padjajaran

Lokasi Curug Bentang berada di Hutan Tereptep, tepatnya berada di alamat Kampung Cibodas, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Bentang Padjajaran

Untuk menuju Curug Bentang Padjajaran kamu hanya perlu berada di Jalan Raya Ciwidey- Bandung. Setelah itu teruskan perjalananmu untuk menuju ke Rancabali.

Kemudian kamu akan memasuki area hutan yang masih asri yang akan membawamu menuju Curug Bentang Padjajaran.

Tiket Masuk Curug Bentang Padjajaran

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Bentang yang masih alami ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- saja per orangnya.

Jam Operasional Curug Bentang Padjajaran

Jam operasional Curug Bentang dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu . Jadi kamu bisa menikmati keindahan Curug Bentang kapan saja.

Fasilitas Curug Bentang Padjajaran

Karena masih dalam tahap perkembangan maka fasilitas yang ada pun baru berupa:

  • Area parkir
  • Warung makan dan minuman yang berada dekat dengan lokasi tiket masuk
  • Toilet umum

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang akan mengunjungi Curug Bentang Padjajaran ini, diantaranya yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan jauh.
  • Bawalah persediaan makanan atau minuman untuk bekal kamu diperjalanan.
  • Jika membawa serta anak-anak harap jaga dan awasi selalu.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Curug Bentang.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gawai kamu untuk mengabadikan setiap momen indah yang terjadi.

Penutup

Curug Bentang Padjajaran merupakan tempat wisata air yang masih baru di Kabupaten Bandung, namun karena lokasinya yang berdekatan dengan kawasan Punceling Pass membuatnya cepat ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain itu juga karena aliran Curugnya yang masih sangat alami, serta penataan kawasannya yang sungguh cantik menjadi daya tarik tersendiri.

Jika kamu ingin merasakan kesejukan yang alami, datanglah ke Curug Bentang Padjajaran. Jauhnya trekking akan terobati secara nyata.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Bentang Padjajaran, ya!

Baca juga:

Leave a Comment