Dira Park Ambulu Jember, Ragam Wahana dan Atraksi Wisata dalam Satu Lokasi

Dira Park Ambulu merupakan destinasi wisata keluarga populer di Jember, Jawa Timur. Tempat wisata di Jember yang menyediakan ragam wahana dan atraksi wisata di dalam satu lokasi. Wahana wisata utamanya memang berupa water-boom, tetapi wahana seru dan menarik lain juga tersedia. Sangat cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga, anak-anak, ataupun teman.

wisata dira park ambulu
wisata dira park ambulu. google maps. sumber : KOPIKO STUDIO

Sebuah taman rekreasi yang terjangkau dan cocok untuk semua lapisan masyarakat. Ditempat wisata ini pengunjung akan menemukan beragam wahana permainan seru dan menarik. Mulai dari wahana permainan air yang ramah anak, permainan outdoor, spot foto instagenic hingga wisata kuliner.

Dengan berbagai wahana yang tersedia, destinasi wisata ini senantiasa ramai di akhir pekan dan musim libur sekolah. Meskipun tengah ramai, pengunjung tetap bisa mendapat kenyamanan, karena area Dira Park ini cukup luas dan terbagi dalam beberapa zona.

Alamat Dira Park Ambulu

  • Jl. Kota Blater No.KM.4, Watukebo, Andongsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 07.30 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga Tiket Masuk : Rp.15.000,- / orang (Anak diatas 1 tahun dikenakan tiket masuk).

Rute ke Dira Park Ambulu

Wisata Dira Park dari Alun-alun Jember jaraknya sekitar 31 kilometer. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 55 menit berkendara. Jika ingin menuju ke tempat wisata ini dari pusat Jember, patokannya adalah ke Kantor Desa Pontang. Dari kantor tersebut, wisatawan tinggal berkendara saja ke arah selatan sejauh kurang lebih dua kilometer.

Transportasi

Lokasinya cukup strategis sehingga tidak sulit dijangkau dari berbagai penjuru kota. Untuk mencapai lokasi wisata Dira park Ambulu, dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Ada Apa di Dira Park Ambulu

dira park ambulu jember
dira park ambulu jember. google maps. sumber : Indra Harjaya

Dira park Ambulu menawarkan beragam wahana permainan seru dan menarik. Mulai dari wahana permainan air, permainan outdoor, spot foto instagenic hingga wisata kuliner. Di tempat wisata ini, kalian juga bisa nongkrong di spot cafenya yang tak kalah unik dan instagramable. Kafe ini mengusung tema cafe ala Korea dengan berbagai ornamen pelengkapnya. Berbagai menu makanan ala Korea pun tersedia di tempat ini.

Dira Park juga seringkali dijadikan sebagai lokasi kegiatan dan acara-acara besar. Seperti gathering, wedding, fun piknik, outbound, meeting, ulang tahun dan masih banyak lagi lainnya. Dira Park memiliki lokasi indoor maupun outdoor yang cukup luas.

Kolam Renang

kolam renang indoor
kolam renang indoor. google maps. sumber : Rozak Ardiansah

Dira Park Ambulu Jember, menyediakan beberapa jenis kolam renang yang bisa digunakan oleh anak-anak maupun remaja. Jenis kolam tersebut diantaranya kolam indoor, kolam outdoor, dan kolam busa.

kolam busa
kolam busa. google maps. sumber : Fita Furqoniyah

Kolam indoor adalah kolam renang yang bagian atasnya terlindungi oleh atap. Pengunjung bisa berenang meskipun cuaca sedang terik dan hujan. Kemudian di kolam outdoor, terdapat kolam renang air yang kedalamannya dangkal, dirancang khusus untuk anak-anak. Kolam tersebut juga dilengkapi beberapa fasilitas permainan air, seperti ember tumpah, air mancur, dan seluncuran. Untuk kolam busa, seperti namanya, di kolam ini terdapat busa yang lembut dan tidak membuat mata perih.

Wahana Permainan Air

wahana permainan air
wahana permainan air. google maps. sumber : Diah Ika Lusiana

Seperti water park pada umumnya, di Dira Park Jember juga terdapat beberapa wahana permainan. Di area kolam outdoor dilengkapi wahana water playground. Berupa perosotan, air pancur, dan atraksi ember tumpah. Kedalaman kolam ini hanya sedalam 20 cm, jadi anak-anak bisa aman bermain dan permainannya juga memang khusus dirancang untuk anak-anak.

wahana seluncuran
wahana seluncuran. google maps. sumber : rizki prakoso

Kolam lainnya yang menjadi primadona pecinta tantangan ialah wahana water slide. Terdapat beberapa pilihan perosotan dengan ketinggian yang berbeda. Menariknya, seluncuran tersebut pun dikelilingi pepohonan yang membuat lingkungan sekitarnya asri. Kolamnya juga cukup luas sehingga bisa untuk arena bermain air.

Selanjutnya, ada wahana air ember tumpah yang berada di kolam anak-anak sedalam 20 cm. Jika berdiri di bawah ember tumpah tersebut, wisatawan akan diguyur air pada waktu-waktu tertentu.

Selain di area kolam, anak-anak bisa juga bermain di area air pancur. Area ini terdapat beraneka ragam instalasi permainan air. Ada air pancur yang keluar dari lantai, patung yang mengeluarkan pancuran air, hingga bentukan pipa melengkung yang menyemburkan air.

Wahana Sepeda Air

wahana sepeda air 1
wahana sepeda air. google maps. sumber : Danil Arifin

Wahana sepeda air juga tersedia kawasan wisata ini. Terdapat beberapa sepeda air dengan berbagai bentuk. Pengunjung cukup mengayuh sepeda air dan bisa berkeliling area kolam . Area kolam juga luas dan terdiri dari beberapa zona sehingga tidak akan membosankan.

Wahana Permainan Lain

Selain wahana permainan air, Dira Park Ambulu Jember juga menyediakan wahana lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh anak dan keluarga.

wahana permainan non air
wahana permainan non air. google maps. sumber : M. August N. Hidayatullah

Pertama, terdapat wahana mini train, kereta mini yang bisa dinaiki jika wisatawan ingin menikmati keindahan tempat wisata ini. Berikutnya ada komidi putar bernama flayer, dengan dua pilihan ketinggian. Lalu ada wahana bernama Columbus atau kora-kora, berbentuk kapal besar yang terayun ke dua arah.

wahana mini train
wahana mini train. google maps. sumber : usman amrul

Wahana lain yang tersedia di Dira Park di antaranya:

  • Rumah Balon
  • Stranger Berputar
  • Colombus
  • Flayer (Komidi Putar)
  • Mini Flayer
  • Mini Train
  • Ontang Anting
  • Rumah Balon
  • Stranger

Taman Bunga Dira Park

taman bunga dira park
taman bunga dira park. google maps. sumber : Diah Nurul

Selain menyajikan berbagai wahana seru, tersedia juga fasilitas baru bernama taman bunga Dira Park. Ditaman ini dilengkapi spot foto unik dan menarik. Bunga cantik dan rumah warna-warni, rumah ala Jepang, miniatur kincir angin dan lainnya.

Spot Foto di Dira Park Ambulu

berswafoto di dira park
berswafoto di dira park. google maps. sumber : SMPIT PERMATA PROBOLINGGO

Daya tarik lain di Dira Park Jember adalah spot foto. Salah satu spot menarik disini adalah replika bangunan ala Eropa yang dibuat menyerupai rumah di Eropa. Dekorasi tersebut menarik dengan tampilannya yang dicat warna-warni, kuning, merah muda, dan biru.

Terdapat juga dekorasi lainnya seperti patung berbentuk karakter anime. Patung tersebut juga memiliki warna-warna cerah, seperti kuning dan hijau.

spot foto dira park ambulu jember
spot foto dira park ambulu jember. google maps. sumber : Fuji Rahayu

Beberapa spot foto menarik lainnya adalah rumah balon, kincir angin Belanda. Kemudian ada bangunan ala Jepang dan menyewa kostum kimono untuk berfoto. Taman dengan berbagai jenis bunga serta mini kota Korea dan menyewa kostum ala ratu Korea.

Fasilitas Dira Park Ambulu

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Dira Park Ambulu Jember.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kamar bilas
  • Loker penyimpanan
  • Gazebo
  • Pusat kuliner
  • Mushola
  • Ruang ganti
  • Aula
  • Pujasera
  • Cafe dan lain sebagainya.

Hotel Sekitar Dira Park Ambulu

Hotel, villa atau penginapan sekitar Dira Park Ambulu Jember.

  • Bening Guest House
    Berjarak 2,3 km dari Wisata Dirak Park Ambulu.
    Langon, Ambulu, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. 0813-3086-5120.
  • Hotel Ambulu
    Berjarak 5,1 km dari Wisata Dirak Park Ambulu.
    Hotel bintang 3. Jl. Manggar No.200, Tegalsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. (0336) 884488.

Tempat Wisata Sekitar Dira Park Ambulu

Tempat wisata lain sekitar Dira Park Ambulu.

  • Pantai Payangan
  • Teluk Love
  • Bukit Samboja
  • Pantai Watu Ulo
  • Pantai Papuma

Video Dira Park Ambulu

Video Dira Park Ambulu berikut dikutip dari channel : DN_ AZ3

Penutup

Dira Park adalah tempat wisata berkonsep water park (taman wisata air) yang berlokasi di Kabupaten Jember. Menyajikan ragam wahana dan atraksi wisata di satu lokasi. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga, anak-anak, ataupun teman.

Sebuah taman rekreasi yang terjangkau dan cocok untuk semua lapisan masyarakat. Destinasi wisata ini senantiasa ramai di akhir pekan dan musim libur sekolah.