Kawah Di Garut, Keajaiban Alam Yang Indah

|

Kawah Di Garut terdapat lebih dari satu, sehingga Kabupaten Garut memiliki beberapa tempat wisata yang beragam untuk dijadikan lokasi liburan.

Selain itu alamnya juga indah dengan dikelilingi oleh beberapa gunung yakni:

  • Gunung Guntur,
  • Gunung Cikuray,
  • Gunung Papandayan,
  • Gunung Haruman,
  • Gunung Talaga Bodas,
  • Dan beberapa gunung lainnya.

wisata kawah di garut

Kehadiran gunung berapi di Garut membuat terbentuknya kawah yang akhirnya dapat menjadi tujuan wisata. Buat kamu yang belum tahu apa itu kawah, kawah ialah sebuah lubang yang cukup besar menyerupai cekungan yang terjadi akibat letusan gunung berapi.

Tentu saja terbentuknya kawah memerlukan waktu yang tidak sebentar, bisa mencapai ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Di Kabupaten Garut terdapat beberapa kawah yang dapat dijadikan destinasi wisata selanjutnya.

Kawah Yang Ada Di Garut

1. Kawah Talaga Bodas

Kawah talaga bodas Garut 2016 area kawah

Kawah Talaga Bodas berada di ketinggian sekitar 1.724 mdpl. FYI Taman Wisata Talaga Bodas sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan baru diresmikan sekitar tahun 1924.

Diberi nama Talaga Bodas disebabkan oleh air danaunya yang berwarna putih kehijauan, karena mengandung belerang yang cukup tinggi. Panorama di sekitar Kawah Talaga Bodas sangat indah, adem banget deh pokoknya.

Airnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan juga berbagai penyakit lainnya. Sambil berendam di kolam air hangat kamu dapat refreshing menikmati sajian alam yang sangat indah.

  • Lokasi: Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.
  • Jam buka: 07.00 sampai 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

2. Kawah Gunung Guntur

Gunung Guntur merupakan gunung berapi yang sudah lama tidak aktif, terakhir mengalami peningkatan aktivitas pada awal tahun 1887.

Gunung Guntur selalu menjadi tujuan para pendaki yang datang dari mana saja, apalagi ketinggian Gunung Guntur sekitar 2.249 mdpl.

Di sekitar Gunung Guntur terdapat sebuah kawah yang terjadi akibat letusan yang sangat dahsyat beberapa ratus tahun yang lalu. Yang membentuk dua buah kaldera yang besar dan juga dalam. Yakni Kaldera Pangkalan yang berada di sebelah timur dan Kaldera Gandapura yang berada di sebelah barat.

  • Lokasi: Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

3. Kawah Papandayan

Kawah Papandayan menjadi salah satu kawah yang paling sering dikunjungi, karena banyak ragam keseruan yang dapat dilakukan misalnya:

  • Camping
  • Eksplore padang edelweis,
  • Mengunjungi hutan mati,
  • Berenang di kolam air panas.

berfoto bersama kawah papandayan

Kawah Papandayan berada di kawasan wisata Gunung Papandayan, aksesnya cukup mudah untuk dilalui. Yakni dengan menapaki jalur yang sudah tersedia.

Pemandangan di sekitar kawah indah banget, anginnya cukup kencang, sehingga pastikan membawa pakaian hangat ya.

  • Lokasi: Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 20.000,-

4. Kawah Darajat

kawah darajat
kawah darajat. google maps. sumber: Wawan Oktariza

Kawah Darajat memiliki luas sekitar 40 hektar, kawasan ini merupakan kawasan industri yang dikelola oleh PT. Amoseas untuk dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) bekerjasama dengan Pertamina.

Di sekitar Kawah Darajat terdapat beberapa tempat pemandian air panas atau waterpark yang tak pernah sepi pengunjung, apalagi di akhir pekan juga hari-hari libur lainnya.

Selain berenang di air panasnya, kamu juga dapat menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata dengan berada di ketinggian sekitar 1.920 mdpl.

  • Lokasi: Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut.

5. Kawah Kamojang

Sama seperti Kawah Darajat, Kawah Kamojang juga dimanfaatkan sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Dimana kawahnya terbentuk akibat bekas pengeburan uap bumi dan berada di ketinggian sekitar 1.730 mdpl.

Udara yang dirasakan sangat sejuk bahkan terkesan dingin, sehingga kamu harus menyiapkan jaket untuk menghangatkan tubuh.

kawah manuk kawah kamojang garut

6. Kawah Manuk

Kawah Manuk merupakan bagian dari kawasan Kawah Kamojang, lokasinya berada sebelum gerbang masuk menuju Kawah Kamojang. Selain Kawah Manuk, di sekitar Kawah Kamojang juga terdapat Kawah Kereta Api, dan Kawah Hujan yang sering menjadi lokasi wisata para pengunjung.

7. Kawah Kereta Api

kawah kereta api - kawah kamojang

Kawah Kereta Api merupakan sebuah kawah unik karena dapat mengeluarkan suara yang mirip suara kereta api. Konon katanya kawah ini merupakan penggalian uap panas bumi pertama yang dibuat pada zaman kolonial Belanda.

Keseruan yang dapat dilakukan ialah dengan mencoba menyimpan pipa ke sisi sumur hingga mengeluarkan bunyi siulan bak suara kereta api.

8. Kawah Hujan

kawah hujan kawah kamojang

Di Kawah Hujan kamu dapat merasakan sensasi mandi uap ala-ala di ruang sauna. Jika biasanya hujan akan menurunkan air ke bumi, kalau Kawah Hujan akan mengeluarkan uap panas yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

9. Kawah Saat

kawah saat
kawah saat. google maps. sumber: Toto Sudarto 1567

Kawah Saat lokasinya masih tersembunyi, sehingga membuatnya belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hanya mereka para pecinta alam yang biasanya hulang-healing di kawasan ini sambil nge-camp bareng.

  • Lokasi: Sukahurip, Kecataman Pangatikan, Kabupaten Garut.