Mandalawangi Camping Ground, Mendekatkan Diri Dengan Alam di Tanah Kebaikan

Mandalawangi Camping Ground merupakan kawasan resort pegunungan yang cocok untuk kegiatan outdoor. Objek wisata ini berbentuk bumi perkemahan atau camping ground. Berada di kawasan wisata Cibodas yang sejuk, tempat ini juga cocok dikunjungi sekeluarga.

Mandalawangi Camping Ground merupakan kawasan resort pegunungan yang cocok untuk kegiatan outdoor. Objek wisata ini berbentuk bumi perkemahan atau camping ground.
Mandalawangi Camping Ground. Image via: gunung.id

Memilih lokasi ini sebagai tempat untuk berkemah memang lah sangat tepat karena area ini hampir mempunyai semua syarat untuk berkemah. Disini pengunjung dapat menemui sungai, danau, curug, dan pohon-pohon yang rindang.

Disini juga pengunjung dapat menikmati pemandangan danau mandalawangi yang berada ditengah area kemah. danau ini juga digunakan sebagai spot untuk permainan perahu dayaung dan juga outbond. Selain itu pengunjung juga dan berjalan-jalan dengan menjelajahi rindangnya pohon-pohon yang hijau.

Terdapat danau Mandalawangi di tengah-tengah kawasan camping yang sering digunakan untuk kegiatan permainan perahu dayung dan outbound.
Berperahu. Image via: medcom.id

Simak juga: 13 lokasi wisata di Cianjur

Lokasi Mandalawangi Camping Ground

Kawasan wisata perkemahan ini terletak di sebelah kanan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Alamatnya Komplek Pasar Lapang Mandalawangi, Jl. Raya Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Berjarak sekitar 95 km dari Jakarta dan 85 km dari Bandung. Jika kondisi arus lalu lintas dalam keadaan normal (tidak macet), waktu tempuh menuju tempat camping di Cibodas ini berkisar 2-3 jam perjalanan.

Letak atau posisi bumi perkemahan ini berada di sebelah utara dari balai besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Letaknya berdampingan dengan Kebun Raya Cibodas dan Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas.

Jam Buka Mandalawangi Camping Ground

Lokasi wisata Mandalawangi Camping Ground merupakan bumi perkemahan. Karena itu lokasi ini terbuka 24 jam sehari, sepanjang tahun.

Untuk Berkemah di Mandalawangi Camping Ground, pengunjung cukup membayar Rp. 27.500 per Orang untuk satu Malam berkemah
Di bawah rindang pinus. Image via: gomuslim.co.id

Tiket Mandalawangi Camping Ground

Untuk Berkemah di Mandalawangi Camping Ground, pengunjung cukup membayar Rp. 27.500 per Orang untuk satu Malam berkemah. Tiket itu pun sudah termasuk tiket kunjungan, tiket menginap untuk semalam, dan asuransi.

Bagi yang ingin jalan-jalan saja dan menikmati objek wisata yang ada di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas tanpa berkemah, cukup membayar  Rp. 13.500.

Fasilitas Mandalawangi Camping Ground

Di Mandalawangi Camping Ground Cibodas, pengunjung bisa dengan mudah menemukan air bersih untuk memasak. Air adalah salah satu fasilitas utama sebuah bumi perkemahan, dan disini tersedia melimpah ruah.

Terdapat papan petunjung arah yang bisa memandu pengunjung ketika berada di area ini. Kemudian toliet juga terdapat di berbagai area. Fasilitas lainnya adalah Musholla sebgai tembat ibadah bagi umat muslim juga terseduia di area ini.

salah satu fasilitas Mandalawangi Camping Ground, salah satunya Musholla di alam.

Musholla di alam. Image via: savannacamp.comSimak juga: Wisata Baleendah di Kampung Batu Malakasari

Daya Tarik Wahana Mandalawangi Camping Ground

  1. Camping

Area kemah di perkemahan Mandalawangi memiliki hampir seluruh aspek untuk dijadikan sebagai tempat kemah. Para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan-keindahan alam yang mempesona mulai dari sejuknya pohon-pohon hutan yang rindang hingga air dingin bening yang menyegarkan.

Bumi perkemahan mandalawangi memiliki berbagai macam area yang siap digunakan untuk berkemah

Pesona Malam. Image via: disparbud.jabarprov.go.idd

  1. Outbound

Kegiatan outbound memang sangat coock dengan objek wisata yang berbasis Alam. Termasuk tentu saja Mandalawangi Ccamping Aground ini. Selain dilakukan secara berkelompok, outbound di sini juga bisa dilakukan secara individu.

Kegiatan outbound memang sangat cocok dengan objek wisata yang berbasis Alam. Termasuk tentu saja Mandalawangi Camping Ground ini
Memupuk keberanian Image via: mandalawangicibodas

Simak juga: Jalan Jalan ke Korea di Kampung Korea Bandung

Salah satu kegiatan outbound indifidu yang paling menarik adalah menaiki flying fox yang ditempatkan di atas sungai. Sehingga pengunjung akan merasakan sensasi meluncur di atas aliran sungai berbatu.

Di area kemah ini pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana high rope challenge. Fasilitas tersebut diantaranya adalah flying fox, jembatan tali antar pohon dan lintas danau, serta spider net.  Selain itu pengunjung juga dapat menguji kekompakan tim bersama sahabat maupun rekan kerja dengan mencoba wahana paintball.

  1. Bermain Air

Ada berbagai spot yang berhubungan dengan air di lokasi perkemahan ini. Spot itu berupa danau, sungai dan air terjun.

Letak Air terjun cukup jauh tersembunyi di bagian utara perkemahan. Untuk sampai ke sana diperlukan usaha lebih harus berjalan menembus hutan. Oleh sebab itu, air terjun ini sering dijadikan sebagai area jelajah hutan.
Air terjun di Mandalawangi. Image via: @Mandalawangi

Untuk dapat menikmati keindahan danau secara langsung pengunjung dapat menyewa kano yang tersedia. Pengunjung dapat menjelajahi danau ini dengan kano tersebut. Selain itu pengunjung juga dapat melihat keindahan air terjun yang berada di dalam area kemah.

Untuk menuju ke tempat air terjun ini pengunjung terlebih dahulu harus melewati hutan dengan berjalan kaki. Meskipun jaraknya lumayan agak jauh namun pengalaman ini akan memberikan kesan seru karena pengunjung dapat sekaligus melakukan treking hutan.

Selanjutnya, sungai mengalir di antara bebatuan memiliki air yang being dan juga jernih. Pengunjung tidak perlu merasa khawatir ketika bermain di sungai ini karena pengelola memberikan pembatas tali sebagai tanda air yang arusnya deras.

Menyambut Fajar saat bangun dalam tenda di Mandalawangi Camping Ground.

Menyambut Fajar. Image via: traveloka.comSimak juga: Wisata Outbound dengan 25 wahana di Pelita Desa

Objek Wisata Dekat Mandalawangi Camping Ground

CIpanas, walau hanya sebuah kecamatan, namun sudah terkenal sejak dulu sebagai lokasi peristirahatan, Bahkan salah satu istana Kepresidenan juaga ada di Cipanas. Istana Kepresidenan yang berjarak hanya 6 km dari Mandalawangi Camping Ground ini, memiliki Luas lebih kurang 26 hektare.

Istana dipenuhi dengan tanaman dan kebun tanaman hias yang asri, kebun sayur dan tanaman lain yang ditata seperti hutan kecil.

Sedikit lebih jauh, berjarak 10 km dari Mandalawagi juga terdapat taman bunga Nusantara. Di taman ini disimpan berbagai tipe bunga dan tanaman, dalam hal ini terutama budi daya anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini. Di tempat ini terdapat juga fasilitas hiburan untuk anak-anak berupa minicar, restaurant dan juga permainan ketangkasan.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan Mandalawangi Camping Ground sangat memenuhi kebutuhan untuk perkemahan rekreasi. Fasilitas yang lengkap, suasana alam yang asri, dan keterjangkauan lokasi, merupakan unsur unsur yang pendukung kesimpulan itu.

Baca juga:

Leave a Comment