Mandalawangi Camping Ground, Camping Bersama Keluarga Lebih Seru

Pesatnya perkembangan jaman, baik di bidang teknologi,industrialisasi, maupun pembangunan kawasan perumahan, ternyata berdampak kepada kerinduan “manusia modern” terhadap alam terbuka, atau hidup di alam terbuka walaupun hanya satu hari.

Jika anda menyimak dengan seksama, ternyata lokasi camping ground kunjungannya selalu didominasi oleh orang-orang yang tinggal di kota besar.

Hal tersebut menjadi sebuah penegasan terhadap kerinduan tadi. Dan edisi kali ini, kita akan membahas sebuah objek wisata berupa kawasan camping, yang bernama Mandalawangi Camping Ground.

Mandalawangi Camping Ground
Mandalawangi Camping Ground. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Mandalawangi Camping Ground bukan sekedar area camping biasa. Serius deh, ini bukan hanya hiperbola dari sebuah penyajian tulisan.

Namun faktanya, Mandalawangi Camping Ground memang bukan sekedar wisata biasa. Nggak percaya? Inilah daya tarik Mandalawangi Camping Ground sebagai pembuktian akan hal tersebut.

Daya Tarik Mandalawangi Camping Ground

1. Akses Ke Lokasi Utama

Daya tarik yang pertama dari Mandalawangi Camping Ground terletak pada akses menuju lokasi utamanya yang mudah dijangkau.

Dan jarak dari area parkir menuju lokasi utamanya juga cukup dekat. Tidak hanya itu saja, perjalanan menuju lokasi utama sangat menyenangkan.

Trekking Menuju Lokasi Utama
Trekking Menuju Lokasi Utama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Karena para pengunjung seolah – olah sedang berjalan di taman yang sangat luas dan indah. Jalur trekkingnya juga sudah tertata secara baik.

Lokasi utama camping ground ada yang di bawah dan di atas. Dan lokasi yang pertama kali anda sampai, itu adalah lokasi yang di bawah.

Untuk menuju lokasi yang ada di atas, traveler harus masuk ke sebuah terowongan yang didesign seperti mulut hewan jaman purba.

2. Paket Camping Keluarga

Daya tarik selanjutnya dari Mandalawangi Camping Ground terletak pada kawasan wisatanya yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Tidak sedikit yang datang ke Mandalawangi Camping Ground beserta rombongan keluarga, bahkan anak–anak kecil ikut bersama melakukan aktivitas camping.

Paket Camping Keluarga
Paket Camping Keluarga. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Saat malam tiba, bangun suasana yang keceriaan dalam bentuk aktivitas api unggun. Aktivitas camping walaupun sehari, mampu memberi kesan mendalam bagi anak-anak tentang kehidupan di alam terbuka.

3. Destinasi Wisata Edukasi

Di Mandalawangi Camping Ground terdapat spot outbound, hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tambahan bagi objek wisata tersebut.

Spot outbound mampu memberikan nilai edukasi bagi para pengunjung, selain dari edukasi tentang alam sekitar. Pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan keamanan untuk spot outbound.

Salah Satu Spot Outbound
Salah Satu Spot Outbound. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Destinasi Wisata Alam

Lokasi Mandalawangi Camping Ground terletak di Desa Cimacan, Kabupaten Cianjur yang notabene memiliki iklim yang sangat sejuk, serta panorama alam pegunungan yang sangat indah.

Bukan hanya itu saja, di Mandalawangi Camping Ground terdapat sebuah air terjun dengan kondisi air yang sangat jernih.

Air Terjun Di Mandalawangi Camping Ground
Air Terjun Di Mandalawangi Camping Ground. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ditambah lagi, terdapat sebuah danau yang ada di tengah-tengah Mandalawangi Camping Ground, yang bernama Danau Mandalawangi.

Para pengunjung bisa menjelajah area danau tersebut dengan menggunakan kano, serta pengaman lainnya yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Berkano Di Danau Mandalawangi
Berkano Di Danau Mandalawangi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

5. Daya Tarik Lainnya di Mandalawangi Camping Ground

Daya tarik lainnya di Mandalawangi Camping Ground Cibodas terletak pada sajian fasilitasnya. Bagi pengunjung yang tidak memiliki tenda, maka di area tersebut sudah tersaji fasilitas penyewaan tenda sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Harga penyewaan tenda di Mandalawangi Camping Ground Cibodas cukup terjangkau. Dan bagi pengunjung yang datang ke area tersebut dengan membawa perlengkapan yang banyak, maka pihak pengelola sudah menyiapkan jasa pengangkut barang.

Tetapi, pihak pengelola tidak menyediakan perlengkapan memasak. Jadi, kalian harus mempersiapkannya dari rumah. Kecuali, mau membeli makanan siap saji yang ada di lokasi dekat parkiran.

Kolam Renang Di Mandalawangi Camping Ground
Kolam Renang Di Mandalawangi Camping Ground. Google Maps. Sumber :lh5.googleusercontent.com

Sebagai catatan tambahan, para pengunjung bisa juga datang ke Mandalawangi Camping Ground Cibodas meskipun tidak bertujuan untuk camping, atau hanya sebatas jalan-jalan, dan foto-foto saja.

Dan ada satu spot lagi sebagai daya tarik tambahan dari Mandalawangi Camping Ground Cibodas, yaitu area kolam renang.

Lokasi Mandalawangi Camping Ground

Kawasan wisata perkemahan ini terletak di sebelah kanan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Alamatnya Komplek Pasar Lapang Mandalawangi, Jl. Raya Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Berjarak sekitar 95 km dari Jakarta dan 85 km dari Bandung. Jika kondisi arus lalu lintas dalam keadaan normal (tidak macet), waktu tempuh menuju tempat camping di Cibodas ini berkisar 2-3 jam perjalanan.

Letak atau posisi bumi perkemahan ini berada di sebelah utara dari balai besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Letaknya berdampingan dengan Kebun Raya Cibodas dan Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas.

Jam Buka Mandalawangi Camping Ground

Lokasi wisata Mandalawangi Camping Ground merupakan bumi perkemahan. Karena itu lokasi ini terbuka 24 jam sehari, dari hari Senin – Hari Minggu tetap buka.

Harga Tiket Masuk Mandalawangi Camping Ground

Untuk Berkemah di Mandalawangi Camping Ground, pengunjung cukup membayar Rp. 18.500 per orang untuk satu malam berkemah.

Fasilitas Mandalawangi Camping Ground

Di Mandalawangi Camping Ground Cibodas,  fasilitasnya sudah cukup lengkap, terutama akses terhadap kebutuhan air, dan toilet.

Fasilitas yang sangat unik terletak pada bentuk mushola yang letaknya berada di atas sebuah danau. Akses menuju mushola tersebut harus melewati sebuah jembatan yang elok.

Fasilitas Di Mandalawangi Camping Ground
Fasilitas Di Mandalawangi Camping Ground. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Tinggalkan komentar