Pantai Bandengan, Pilihan Favorit Wisata Bahari Di Jepara

Pantai Bandengan terletak di Kota Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki hamparan pasir halus dan berwarna putih mengkilap.

Garis pantai yang dimilikinya cukup panjang, sehingga kamu dapat mengunjungi Pantai Bandengan dari berbagai daerah. Jika menginginkan kondisi pantai yang lebih Private, kamu dapat sambil menginap di beberapa penginapan atau resort yang banyak tersebar di sekitar pantai.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri. Apalagi jika weekend atau hari libur.

Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia Kota Jepara menutup semua objek wisata yang ada demi mencegah penyebaran virus tersebut.

Begitupun dengan Pantai Bandengan ini, yang sempat ditutup untuk beberapa bulan. Dan saat ini kamu dapat menikmati kembali keindahan pantainya, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah.

pantai bandengan
pantai bandengan. google maps. sumber: Fabian Singgih

Sejarah Nama Pantai Bandengan

Sejarah nama Bandengan tak terlepas dari kisah Amir Hasan yang merupakan anak dari Sunan Muria. Beliau diperintahkan untuk memperdalam dan menyebarkan ajaran Islam ke Kepulauan Karimun Jawa.

Dalam perjalanan menuju Kepulauan Karimun Jawa, beliau melewati sebuah pantai dengan banyaknya ikan bandeng yang dijajakan. Sehingga desa dan pantai itu pun kemudian diberi nama Pantai Bandengan.

Pantai ini pun pernah bernama Pantai Klein Scheveningen, kisahnya berawal dari R.A. Kartini dan adik-adiknya yang diajak berlibur ke pantai oleh Ny. Ovink Soer beserta suami.

Mereka menghabiskan waktu bersama di pantai, kemudian Ny. Ovink Soer bertanya pada R.A Kartini akan nama dari pantai tersebut, kemudian beliau menjawab Pantai Bandengan.

Ny. Ovink Soer lalu berkata bahwa di Holland pun ada pantai yang mirip dengan Pantai Bandengan, namanya Klein Scheveningen. Secara spontan R.A. Kartini mengatakan kalau begitu kita sebut saja pantai ini dengan nama Klein Scheveningen.

Sekitar tahun 1987-an pantai ini pun pernah bernama Tirta Samudra, yang kemudian dikelola oleh masyarakat sekitar untuk menjadi destinasi wisata.

Dan semenjak berada di tangan pemerintah Kabupaten Jepara, pantai ini pun kembali menggunakan nama Pantai Bandengan.

Lokasi & Alamat Pantai Bandengan

Alamat Pantai Bandengan berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya berada sekitar 7 km dari pusat kota.

menikmati keindahan pantai bandengan
menikmati keindahan pantai bandengan. google maps. sumber: Istii

Rute Menuju Pantai Bandengan

Rute menuju Pantai Bandengan bisa dibilang mudah, banyak rute yang dapat kamu tempuh untuk sampai di pantai ini. Jika berangkat dari pusat kota tinggal mengarahkan kendaraanmu menuju Jl. Jepara-Bangsri, hingga kamu tiba di Pantai Bandengan.

Dapat pula diakses dari arah Semarang, dengan melewati perempatan lalu lintas Trengguli. Kemudian kamu tinggal mengambil ke arah kiri dan lurus saja hingga tiba di Jepara. Kemudian tinggal mencari petunjuk arah menuju Pantai Bandengan.

sunset di pantai bandengan
sunset di pantai bandengan. google maps. sumber: Dimas Angga Pradipta

Jam Buka Pantai Bandengan

Jam operasional Pantai Bandengan dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Tiket Pantai Bandengan

Tiket masuk Pantai Bandengan tak perlu membayar biaya yang sangat besar, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000,- di hari biasa dan Rp. 7.000,- pada akhir pekan dan hari libur.

Fasilitas Pantai Bandengan

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Bandengan cukup lengkap, diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Penginapan
lebih private jika dari penginapan atau resort
lebih private jika dari penginapan atau resort. google maps. sumber: Gracelina Angel Natalie

Penginapan Pantai Bandengan

Pantai Bandengan memiliki banyak penginapan atau resort dengan fasilitas yang beragam, yakni:

  • Jepara Garden Resort
  • The Palm Beach Resort Jepara
  • Kampung Prau
  • Syailendra Hotel
  • Jepara Beach Hotel

Yang menjadi favorit pengunjung untuk menginap ialah The Palm Beach Resort Jepara, dimana kamu dapat menikmati Pantai Bandengan secara pribadi tanpa adanya keramaian.

Ragam Wisata Di Pantai Bandengan

Pantai Bandengan merupakan salah satu tujuan wisata bahari masyarakat, karena banyaknya ragam wisata yang dapat kamu lakukan. Diantaranya:

1. Bermain Air Dan Pasirnya Yang Halus

bermain seru
bermain seru. google maps. sumber: PakNoor Kudus

Pantai Bandengan memiliki deburan ombak yang relatif tenang, sehingga kamu dapat dengan tenang bermain air di sini. Bermain air merupakan kegiatan yang seru dan paling dinanti ketika mengunjungi wahana air seperti ini.

Apalagi anak-anak, mereka akan langsung nyebur dan seru-seruan bermain air. Di sekitar pantai banyak yang menyewakan ban pelampung, untuk kemanan anak-anak ketika berenang. Selain itu, kamu juga bisa bermain pasirnya yang halus.

Pantai Bandengan memiliki hamparan pasir yang cukup luas, dengan tekstur pasir yang lembut dan berwarna putih bersih. Banyak keseruan yang dapat dilakukan di hamparan pasirnya yang luas tersebut.

Yakni bermain ATV dan the one and only pastinya bermain pasir, mengembangkan imajinasi dengan membangun istana pasir atau yang lainnya.

2. Wahana Permainan Air Seru

selalu ramai dikunjungi wisatawan
selalu ramai dikunjungi wisatawan. google maps. sumber: birawa pro

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Bandengan ialah:

  • Menyewa perahu kano
  • Bermain Jetski
  • Banana Boat

Untuk dapat menikmati beberapa wahana permainan tersebut, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan.

3. Hunting Spot Foto

ayunan di atas air
ayunan di atas air. google maps. sumber: Nix Danie

Di sekitar Pantai Bandengan terdapat spot foto yang berbentuk love, dengan background pantai yang indah. Selain itu keindahan pantai di sisi yang lain pun tak luput dari icaran para pemburu fotografi.

Adapula beberapa ayunan yang dapat digunakan untuk berfoto dijamin hasilnya pasti bakal kece banget.

4. Penginapan Yang Comfortable

Penginapan yang ada di sekitar Pantai Bandengan memberikan kamu kenyamanan ketika berlibur, salah satunya ialah lokasinya yang berada tepat di depan pantai.

Kamu dapat menyaksikan matahari terbit atau matahari terbenam dengan menyantap secangkir kopi atau teh hangat di depan kamar.


Tinggalkan komentar