Pantai Bandengan, Keindahan Pasir Putih Lembut dari Kota Kartini

Pantai Bandengan merupakan Pantai di Kota Jepara yang memiliki pasir berwarna putih. Pasir pantai ini bertekstur halus. Kondisi pasir pantai ini menjadi pemandangan yang sangat indah yang dapat dinikmati oleh setiap mata yang memandang.


Pantai Bandengan
Pantai Bandengan. Image via: detik.com

Selain kehalusan pasir pantai, pantai ini juga memiliki garis Pantai yang cukup panjang.  Dengan pasir yang luas, pengunjung dapat beraktivitas di Pantai ini secara leluasa. Anak-anak dan remaja dapat bermain-main dengan bebas di luasnya pasir pantai ini.

Pada saat musim – musim liburan tiba, tempat wisata Pantai Bandengan ini  akan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing atau mancanegara.

Pantai Bandengan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata pantai. Banyak kegiatan pantai pada umumnya yang bisa dilakukan di pantai ini. Kegiatan itu seperti berenang, bermain perahu atau voli pantai. Pengunjung juga dapat sekedar bersepeda di pinggir pantai ini untuk menikmati keindahan dan suasana liburan Anda.

Ada hal lainnya yang dapat menarik untuk melakukan piknik atau liburan di Pantai Bandengan. Salah satunya adalah hamparan pohon – pohon yang sejuk dan rimbun. Hal itu menyebabkan suasana yang nyaman dan tidak kegerahan saat siang hari tiba. Semua itu menyebabkan pengunjung betah berada di pantai.

foto cantik
Spot Cantik di Pantai. Image via: jejakpiknik.com

Sejarah Nama Bandengan

Nama Bandengan dapat dirunut sampai pada cerita Sunan Nyamplungan yang merupakan anak Sunan Muria. Dahulu kala beliau diperintahkan memperdalam dan menyebarkan ajaran islam ke kepulauan yang nampak kremun-kremun dari Gunung Muria. Itulah Kepulauan Karimun Jawa.

Dalam perjalanan menuju pulau Karimun, Amir Hasan melewati Pantai dengan banyak ikan bandeng. Sehingga, desa pantai tersebut dinamakan Desa Bandengan. Karena desanya dinamakan demikian, Pantainyapun ikut dikenal dengan nama Pantai Bandengan.

Sebelum tahun 1987, pantai ini dinamakan Tirta Samudra yang dikelola oleh warga sekitar. Setelah tahun 1987 pengelolaannya berpindah ke Pemkab Jepara. Walau demikian tetap dengan melibatkan masyarakat setempat.

Lokasi Pantai Bandengan

Alamat pantai bandengan jepara berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Arahkan kendaraan menuju ke Jl. Jepara-Bangsri.

Pantai-Bandengan-Jepara
Pantai Bandengan Jepara. Image via: tempatwisataindonesia.id

Rute Menuju Pantai Bandengan

Rute Menuju Pantai Bandengan akan lebih dekat dan mudah diakses dari arah Semarang. Tepatnya melewati perempatan lalu lintas Trengguli. Dari situ wisatawan dapat langsung mengambil kearah kiri dan lurus saja hingga sampai ke Jepara, karena dari situ arah menuju Pantai Bandengan pun sudah dekat.

Masih ada banyak rute untuk menuju ke Pantai Bandengan ini, namun karena salah satu alternatif terdekatnya adalah melalui Kota Semarang, maka yang berasal dari luar kota dapat menuju Semarang terlebih dahulu.

Jam Buka Pantai Bandengan

Pantai ini dibuka untuk kunjungan mulai jam 06.00 sampai dengan jam 18.00.

Tiket Pantai Bandengan

Biaya tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung untuk dapat menikmati pemandangan indah pantai ini hanya sebesar Rp 5.000 pada hari biasa, Rp 7.000 pada akhir pekan dan hari libur.

Pasir putih dan halus
Pasir Pantai, putih dan lembut. Image via: hezaffleck

Fasilitas Pantai Bandengan Jepara

Pantai bandengan Jepara dikelola oleh pemerintah daerah, sehingga fasilitas yang terdapat di pantai cukup memadai. Memadai untuk menunjang kegiatan wisata pengunjung yang datang untuk berlibur di pantai ini.

Adapun fasilitas yang tersedia di pantai bandengan jepara antara lain: penginapan, parkir, rumah makan, pusat oleh-oleh, Mushola, dan Toilet dan tempat bilasan yang cukup banyak. Selain itu juga terdapat loker kotak penitipan barang.

Daya Tarik Pantai Bandengan

Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa diekplorasi selama berwisata di pantai Bandengan.

  1. Water Sport

Water Sport Bandengan Beach
Bandengan beach water sports. Image via: katalogpiknik

Salah satu daya tarik dari kawasan ini tersedianya persewaan fasilitas Watersport. Salah satu yang paling sederhana berupa penyewaan ban. Jadi, wisatawan yang berenang bisa menggunakan ban. Untuk wahana yang lebih menantang, pengunjung bisa menyewa permainan banana boat. Dengan wahana ini, adrenalin akan terpacu. Hal paling mendebarkan adalah saat banana memecah ombak dengan kecepatan tinggi.

Bagi yang suka olahraga jetski, disinilah tempat yang paling tepat untuk menyalurkan keinginan tersebut. Pihak pengelola menyewakan jetski dengan kondisi yang bisa dibilang sempurna. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar olahraga jetski dengan trainer-trainer yang sudah profesional.

Selain itu, ada juga penyewaan perahu kano dan ATV. Kedua fasilitas pantai bandengan ini tidak boleh dilewatkan.

  1. Gazebo Pantai

Gazebo Pantai Bandengan
Gazebo pantai Bandengan. Image via: mytrip123.com

Di sekitar pantai juga terdapat deretan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Jika anda tidak kebagian gazebo, beberapa orang biasanya akan menawarkan jasa penyewaan tikar dengan tarif Rp 10.000.

Gazebo dibangun menjorok ke arah laut. Gazebo ini dibuat terpisah satu sama lain sehingga saat menggunakannya tidak saling ganggu antar gazebo. Keberadaan gazebo ini menambah keindahan panorama alam yang memang sudah indah.  Banyak pengunjung yang tertarik berfoto mengambil beberapa pose di Gazebo tersebut. Hasil foto sangat menarik, dan cocok diposting di media sosial.

  1. Festival

Festival Lampion Pantai Bandengan
Festival Lampion Bandengan. Image via: beriatnusantara

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Pantai Bandengan ini adalah adanya festival kebudayaan. Pada waktu tertentu diselenggarakan beberapa festival yang mengasyikkan. Beberapa festival tersebut di antaranya adalah festival layang- layang, festival boat, dan festival motorcross.

Festival tersebut tentunya dapat dinikmati pengunjung. Kesempatan mengikuti festival akan menjadi pengalaman yang menarik untuk dikenang di Pantai ini.

Untuk tahun 2019 ada beberapa jadwal festival. Beberapa diantaranya:

  • Tanggal 17 Maret Lomba Burung Perkutut
  • Tanggal 28 April Lomba burung tingkat nasional
  • Tanggal 21 September Jepara Internasional Triathlon
  1. Kuliner dan Oleh-Oleh

Menikmati-kuliner-pinggir-pantai
Kuliner pantai. Image via: @wajah_kusam

Salah satu hal yang wajib di kawasan ini adalah menikmati sajian makanan yang sangat nikmat. Pengunjung bisa memilih berbagai macam menu ikan yang dijamin fresh. Pengunjung bisa mencoba menu khas kawasan ini yaitu bandeng.

Ada dua macam pilihan yang bisa dipilih saat memilih menu ikan. Ada pilihan bakar dan juga goreng

Dari segi harga jangan takut. Karena, harganya sangat ramah dengan kantong para backpacker. Jadi, tidak ada salahnya bila wisatawan untuk mencoba makan disini. Setelah kenyang, wisatawan bisa menikmati beberapa oleh-oleh yang bisa di beli disini.

Tips Mengunjungi Pantai Bandengan

Berikut beberapa tips kecil yang sebaiknya diperhatikan. Memperhatikan hal berikut dapat memaksimalkan sensasi saat berwisata di pantai ini.

  • Jika memungkinkan, datanglah di hari biasa dan agak sore. Hal ini untuk mendapat kesempatan melihat sunset tanpa banyak gangguan dari keramaian pengunjung.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor, terutama jika kamu ingin bermain pasir.
  • Saat berbelanja makanan, pastikan tanya harga dahulu. Sebab beberapa tahun lalu pernah ada kasus pengunjung yang setelah makan, kena tagihan sampai 2 juta lebih.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kelestarian alam di pantai ini
Senja di Pantai Bandengan
Senja di Bandengan. Image via: @trisnaindonesia

Objek Wisata Dekat Pantai Bandengan

Pantai Bandengan berdekatan dengan beberapa objek wisata lain. Beberapa diantaranya adalah Pantai Kartini dan Jepara Ourland Park.

Pantai Kartini berada dalam jarak 4 km dari pantai bandengan. Pantai Kartini Jepara adalah sebuah kawasan pantai yang namanya sudah dikenal oleh seluruh warga jepara. Bahkan, menjadi primadona yang selalu didatangi oleh para pengunjung di hari-hari libur. Biasanya, pengunjung yang datang ke kawasan ini adalah keluarga.

Jepara Ourland Park berada 1,5 km dari Pantai bandengan. Jepara Ourland Park disebut juga Jateng Park 1. Taman ini adalah taman wisata terpadu satu-satunya di Jawa Tengah. Berdiri di atas lahan 11 Ha pinggir Pantai Mororejo dengan konsep Timur Tengah-Eropa-India. Pengalaman yang ditawarkan adalah “Sport, Education, Entertaiment, Relaxation, Game”.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan mengenai Pantai Bandnegan. Selamat liburan dan dapatkan banyak pengalaman spesial hanya di Pantai Bandengan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment