Pantai Kartini, Mengenal Dunia Bawah Laut nan Indah

Pantai Utara Jawa memiliki berbagai macam pantai yang memang tidak begitu terkenal seperti halnya pantai-pantai yang ada di kawasan selatan jawa. Hanya saja, diantara kawasan pantai utara ini ada satu lokasi yang kemungkinan besar dikenal oleh wisatawan. Karena, pantai ini adalah jalan utama menuju ke gerbang masuk Karimunjawa, dunia bawah lautnya jawa.

Pantai Kartini Jepara adalah sebuah kawasan pantai yang namanya sudah dikenal oleh seluruh warga jepara. Bahkan, menjadi primadona yang selalu didatangi oleh para pengunjung di hari-hari libur. Biasanya, pengunjung yang datang ke kawasan ini adalah keluarga.

Via Instagram halojepara
Image via: instagram.com/halojepara/

Sejarah Singkat Pantai Kartini

Ada yang masih mengenal sosok R.A Kartini? Sosok yang menginspirasi semua kaum perempuan di seluruh Indonesia ini lahir pada 21 April 1879. Berkat perjuangan beliau, kaum perempuan seperti terangkat derajatnya. Sehingga, tidak diremehkan dan terus mendapatkan tempat.

Untuk menghargai perjuangan R.A Kartini inilah, pantai yang menjadi unggulan dari kabupaten Jepara ini diberi nama Pantai Kartini. Di harapkan, semua Sobat Native yang berkunjung ke kawasan ini bisa mengenang jasa-jasa beliau.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, pantai kartini ini hanya sebuah pemandian yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti, gatal-gatal, rematik dan masih banyak lagi. Awalnya, pantai ini hanya dikunjungi oleh Sobat Native lokal yang berasal dari Jepara.

Kemudian, kawasan ini berkembang secara perlahan dan Sobat Native dari luar Jepara mulai berdatangan untuk menikmati tempat wisata ini. Akhirnya, pemerintah kabupaten Jepara pun mengembangkan kawasan ini dengan menambah berbagai macam fasilitas tambahan yang bisa dibilang kekinian.

Pantai Kartini ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Dimana pantai ini menjadi dermaga menuju ke pulau panjang. Pulau yang begitu eksotis dan tidak kalah indahnya dari Taman Nasional Karimun Jawa.

Baca Juga :  Wisata pasar malam hiburan rakyat
Pantai Kartini 1
Image via: instagram.com/jennifer_ziegner/

Wahana Pantai Kartini

Pantai Kartini memang tidak hanya menyajikan soal air pantai saja, melainkan berbagai macam wahana yang bisa menambah daya tarik dari kawasan wisata ini. Salah satunya adalah Kura-kura Ocean Park yang sekarang menjadi ikon dari pantai ini dan juga primadona bagi siapa pun Sobat Native yang datang

Ada apa saja di Kura-kura Ocean Park ini? Disini Sobat Native bisa menemukan sebuah edukasi tentang dunia bawah lautnya yang sempurna. Sobat Native bisa mengajarkan kepada anak-anak tentang ikan-ikan yang bergemolek kesana-kemari, menawarkan keindahan sisiknya yang begitu luar biasa.

Pantai Kartini Kura kura Ocean Park
Image via: instagram.com/jaladrone/

Kura-Kura Ocean Park ini memiliki 2 lantai. Dimana saat Sobat Native masuk ke dalam,Native akan disambut dengan kantor pengelola. Selain itu, ada beberapa stand yang siap memberikan segala kebutuhan oleh-oleh untuk Sobat Native. Seperti, souvenir-souvenir khas Jepara yang terkenal dengan furniturenya.

Souvenir-Souvenir ini begitu mengesankan. Sebagian besar yang dijual di stand-stand ini adalah hasil dari tangan warga jepara sendiri. Harga oleh-oleh ini pun bisa dibilang cukup bersahabat dengan kantong para backpacker yang berkunjung untuk melihat-lihat.

Selain itu, di lantai ini pun mempunyai taman laut yang terdiri dari sebuah kolam besar. Kolam ini akan mengingatkan Sobat Native seperti di kawasan Ancol. Akuarium besar ini juga memiliki sebuah lorong besar yang digunakan untuk Sobat Native berjalan dan melihat bagaimana kehidupan bawah laut yang menggemaskan.

Pantai Kartini Kura kura Ocean Park Kolam Utama
Image via: instagram.com/oktrinnindy/

Sebut saja ikan hiu, Angel Fish, Ikan Pari, Ikan Kakap, Ikan Kerapu dan masih banyak lagi bisa Sobat Native lihat dengan berjalan di lorong ini. Tingkah laku ikan-ikan ini memang menggemaskan. Selain itu, ada juga terumbu karang dan juga penyu.

Baca Juga :  Pantai Sundak, Konon Berasal Dari Pertarungan Asu Dan Landak

Selain aquarium yang besar ini ada aquarium dinding yang berjumlah 12 buah dan juga 4 buah aquarium portable. Disini Sobat Native, akan dihibur dengan berbagai macam ikan air laut dan ikan air tawar yang berada di kolam-kolam kecil.

Pantai Kartini Kura kura Ocean Park Kolam 1
Image via: instagram.com/aushiatanzia/

Lantai ini pula ada ikan air tawar dan juga kura-kura. Sobat Native pun juga diperbolehkan untuk menyentuh kura-kura ini. Mau coba fish spa? Sobat Native pun bisa merasakan kaki-kaki Sobat Native dikerumuni ikan Garra Rufa dari Turki.

Naik ke lantai 2. Sobat Native akan disajikan dengan Jepara Science Park. Disini ada Papan Kreatif, Air Mancur Melayang, Peraga Sensor Tepuk dan Sensor Gerak. Kipas Angin tanpa baling-baling. Ada pula Simulator pesawat terbang. Sobat Native pun juga bisa melihat pertunjukan spektakuler IMAX Deep Sea 3D.

Setelah puas masuk ke dalam kura-kura ini, saatnya Sobat Native menikmati pantainya. Dimana hamparan pasir putih menyambut Sobat Native. Masalah Ombak, pantai ini tidak terlalu ganas dan cenderung damai. Sehingga, aman bagi anak-anak untuk bermain air disini.

Sobat Native, bisa memanfaatkan beberapa gazebo untuk santai dan menikmati kawasan ini. Angin sepoi-sepoi khas pantai terasa begitu menyegarkan. Sobat Native pun bisa melihat pemandangan sunset yang begitu menggoda. Pemandangan ini sangat Instagramable jadi Sobat Native jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan foto ini.

Waktu yang paling tepat berkunjung adalah bulan Juli hingga September. Waktu pancaroba ini memang menjadi waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini. Karena, waktu ini Sobat Native akan menyaksikan pemandangan paling indah. Daripada, bulan yang lainnya.

Baca Juga :  Wisata Danau Singkarak, Tempat Indah Di Sumatera Barat

Selain pantai, Sobat Native pun juga bisa menikmati wahana yang lainnya seperti catur raksasa, panggung hiburan, kereta mini dan wahana permainan untuk anak-anak.

Pantai Kartini Jembatan
Image via: instagram.com/m.kaffana_rizqi/

Manfaatkan pula jembatan yang melitang yang menjadi spot foto favorit bagi Sobat Native. Spot ini selalu saja menjadi kunjungan pertama bagi siapa pun Sobat Native yang bekunjung ke sini.

Rute dan Alamat Pantai Kartini

Kawasan ini mempunyai jarak sekitar 2 – 3 km dari Kantor Bupati Jepara. Jarak yang memang dekat dengan wilayah kota sehingga menuju ke kawasan ini cukup mudah.

Apabila, Sobat Native ingin naik Transportasi umum, Sobat Native bisa menuju ke arah Terminal Jepara yang menjadi titik poin. Karena, Jepara tidak mempunyai jalur kereta api, Sobat Native hanya bisa menempuh kawasan ini dengan menggunakan bus. Setelah itu, berjalan kaki selama 15 menit atau naik ojek.

Pantai Kartini adalah sebuah kawasan yang tidak hanya menjajikan keindahan alam Jepara. Melainkan, wahana edukasi bahari yang sangat mengesankan. Sobat Native yang masih juga belum berkunjung ke tempat ini, bisa langsung pergi ke tempat ini. Dijamin puas dan senyum selalu terkembang.

Alamat : Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Jawa Tengah
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk :

  • Rp 5.000,- (Pantai Katini)
  • Rp 17.500,- (Kura-Kura Ocean)
  • Rp 5.000,- (Parkir Mobil)
  • Rp 3.000,- (Parkir Motor)
80%
Awesome
  • Keindahan
  • Fasilitas
  • Lokasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.