Jelajah Pantai Selat Baru Bengkalis. Lokasi, Asal Nama, Dan Ragam Aktivitas

Pada tahun 2019, Provinsi Riau melejit ke tingkat nasional dan panen preastasi dengan merebut 5 juara atas penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 yang diadakan oleh konsultan pariwisata Ayo Jalan-Jalan dan didukung oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

5 objek wisata dan 1 kuliner tradisional menjadi wakil yang mengharumkan nama Provinsi Riau. Dengan demikian Riau menjadi kiblat baru destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Terdapat satu daerah di Riau yang menyandang status sebagai daerah terkaya karena kandungan minyak yang dihasilkan, daerah tersebut adalah Kabupaten Bengkalis.

Selain kaya akan minyak, ternyata Bengkalis juga menyimpan pesona alam yang akan menggaet hati para wisatawan, yaitu wisata pantai.

Salah-satu pantai yang sedang trend saat ini di Kabupaten Bengkalis adalah Pantai Selat Baru. Sebuah pantai eksotis dengan pasir yang lembut, serta ombak yang sangat bersahabat.

Pantai Selat Baru
Pantai Selat Baru Yang Lagi Trend Di Bengkalis. Sumber : riau-hijau.com

Pantai Selat Baru setiap harinya banyak dikunjungi para wisatawan, khususnya wisatawaan lokal. Tetapi jika libur tiba, banyak sekali wisatawan yang datang bukan hanya tingkat lokal, bahkan dari provinsi lainpun ingin menikmati keindahan pantai ini.

Objek wisata pantai sangat jarang sekali di Bengkalis, maka dengan kehadiran Pantai Selat Baru menjadi pelengkap kesempurnaan pesona kabupaten tersebut.

Nama Selat Baru diambil berdasarkan lokasi pantai tersebut yang berada di Desa Selat Baru. Dan selain pesonanya yang memukau, ada kelebihan lain yang dimiliki oleh Pantai Selat Baru, yaitu saat air laut surut, maka wisatawan dapat melihat Gunung Ledang negara Malaysia.

Keindahan Pantai Selat Baru
Keindahan Pantai Selat Baru. Sumber : bengkaliskab.go.id

Ragam Aktivitas Dan Wisata Pantai Selat Baru

Karena posisi hamparan pantai yang landai, pasirnya yang lembut, serta jarak dengan bibir pantai hanya 200 meter, maka banyak sekali ragam aktivitas yang dapat dilakukan saat berada di Pantai Selat Baru. Diantaranya :

1. Bermain Pasir Pantai

Berkunjung ke Pantai Selat Baru sangat cocok sekali sebagai ajang wisata keluarga. banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun sebuah kebersamaan serta kebahagiaan.

Salah-satunya saat berada di pasir pantai. Pasirnya yang lembut, ombak yang stabil dan bersahabat menjadikan lokasi bibir pantai sangat cocok bermain bersama keluarga.

Membuat istana pasir, bermain bola, kucing-kucingan, dan sesekali bermain ombak menjadi sebuah kenangan indah bersama keluarga yang tak tergantikan.

Bermain Di Pantai Selat Baru
Bermain Di Pantai Selat Baru. Sumber : bengkaliskab.go.id

2. Jelajah Pantai Dengan Perahu

Jangan cukup hanya berada di bibir pantai saja, lanjutkan penjelajahan di Pantai Selat Baru dengan menggunakan perahu.

Terdapat banyak perahu yang disediakan untuk mengantar para wisatawan menjelajahi pantai ini.

3. Berenang

Ombaknya yang bersahabat dan stabil menjadikan pantai ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas berenang. Tetapi dengan catatan harus tetap mematuhi sistem keamanan yang sudah ditetapkan di pantai tersebut ya…..

Ragam Aktivitas Di Pantai Selat Baru
Ragam Aktivitas Di Pantai Selat Baru. Sumber : id.wikipedia.org

4. Pagelaran Tahunan

Ada beberapa kemeriahan yang digelar di objek wisata Pantai Selat Baru. Namun festival ini tidak digelar setiap hari, hanya waktu-waktu tertentu saja.

Pengunjung yang ingin menyaksikan festival atau kemeriahan lainnya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jadwal pelaksanaanya. Jangan sampai datang ke lokasi tersebut di saat sepi pagelaran.

Adapun festival atau pagelaran yang biasa dilaksanakan adalah :

  • Lomba Perahu Jong
  • Permainan Gangsing Dan Layang-layang
  • Atraksi Kesenian Dan Budaya Tradisional
Festival Bahari Di Pantai Selat Baru
Festival Bahari Di Pantai Selat Baru. Sumber : www.medialaskar.com

5. Wisata Kuliner

Selain Sea Food dan kelapa muda, ada beberapa kuliner yang bisa dicoba oleh para wisatawan sebagai makanan khas Bengkalis. Sola rasa pokoknya enak di lidah dan bikin ketagihan. Diantaranya :

  • Kopi Bengkalis
  • Lontong Bengkalis
  • Lempok Durian
  • Mie Sagu Bengkalis
  • Sambal Terasi Bengkalis
Lempok Durian
Lempok Durian. Sumber : lifestyle.okezone.com

6. Spot Sefie Dan Cinderamata

Terdapat banyak sekali spot selfie dengan latar pesona alam yang memukau yang layak diposting di media sosial para pengunjung.

Apalagi bertepatan dengan festival yang diadakan di pantai tersebut, maka pengunjung harus siap-siap mengosongkan memori hp untuk selanjutnya diisi dengan banyaknya momen yang harus diabadikan.

Dan terakhir, jangan lupakan untuk membeli cinderamata khas Pantai Selat Baru sebagai bukti serta kenang-kenangan bahwa anda pernah berkunjung ke pantai yang dibangakan masyarak Bengkalis, yaitu Pantai Selat Baru.

Spot Selfie Di Pantai Selat Baru
Spot Selfie Di Pantai Selat Baru. Sumber : www.genpi.co

Alamat Dan Lokasi Pantai Selat Baru

Alamat dan lokasi Pantai Selat Baru berada di Desa Selat Baru Kecamatan Bantan Provinsi Riau

Rute

Rute untu mencapai Pantai Selat Baru dapat ditempuh melalui beberapa jalur, diantaranya :

1. Rute Darat.

Jika lokasi pemberangkatan pertama dari Pekanbaru, maka lokasi tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Sungai Pakning. Adapun waktu tempuh Pekanbaru menuju pelabuhan sekitar 4-5 jam perjalanan.

Setelah dari pelabuhan Sungai Pakning, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menaiki sebuah kapal besar yang bernama “Roro” menuju pelabuhan di Bengkalis dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Setelah itu, lanjut menuju Pantai Selat Baru menggunakan kendaraan sewaan atau pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

2. Rute Udara Dan Laut

Dari Pekanbaru anda tinggal naik pesawat menuju Dumai dengan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit. Setelah itu naik kendaraan laut menuju pelabuhan di Bengkalis.

Setelah sampai di pelabuhan, lanjut ke Pantai Selat Baru menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa.

Penginapan Di Objek Wisata Pantai selat Baru

Pantai Selat Baru adalah pantai kebanggan masyarakat Bengkalis. Dengan demikian penataan sekitar lokasi wisata sudah sangat memadai dari sisi fasilitas, termasuk penginapan atau hotel.

Harga hotel atau penginapan menyesuaikan dengan fasilitas yang diberikan kepada pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Selat Baru

Mulai tahun 2018 harga tiket masuk Pantai Selat Baru tidak lagi gratis, namun harga yang ditetapkan sangat bersahabat sekali, yaitu Rp. 5.000 / orang termasuk parkir.

Penutup

Banyak sekali objek wisata yang mulai menata diri untuk berlomba menarik hati para wisatawan. Sebuah hal positif yang harus disambut positif juga oleh semua pihak.

Dan salah satu sikap sebagai pengunjung adalah selalu menjaga apa yang telah tertata baik di lokasi objek wisata.

Selamat berlibur…….

Baca juga:

Leave a Comment