Pantai Slamaran Pekalongan, Antara Mitos, Spot Memancing, Hingga Anak Senja

|

Pantai Slamaran sebuah pantai yang berlokasi di Kota Pekalongan, tepatnya di Kecamatan Pekalongan Utara. Dan merupakan sebuah destinasi wisata pantai yang cukup diminati wisatawan.

Mungkin untuk sebagian orang, Pantai Slamaran memiliki cerita tersendiri mengingat kentalnya mitos dan juga cerita mistis yang menghiasi keindahan pantai ini.

Terlepas dari pada itu, Pantai Slamaran merupakan lokasi yang enak untuk menikmati senja ataupun mengajak serta anak-anak bermain pasir. Selalu ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan dan juga hari libur.

seru seruan di pantai slamaran
seru seruan di pantai slamaran. google maps. sumber: Abu Hasan

simak juga: curug bidadari talun

Berikut deskripsi dari Pantai Slamaran sebagai bahan referensi wisata pantai di Kota Pekalongan untuk kamu yang sedang berlibur di kota batik.

Lokasi Pantai Slamaran Pekalongan

  • Lokasi Pantai Slamaran berada di dalam kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan.
  • Alamatnya di Desa/Kelurahan Krapyak Lor, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pantai Slamaran Pekalongan

Jarak Pantai Slamaran Pekalongan cukup dekat dengan Alun Alun Kota Pekalongan, hingga membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Aksesnya pun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Rute yang dapat kamu ambil ialah dengan menuju Jalan KH. Wahid Hasyim untuk menuju Jl. H. Agus Salim, teruslah berada di jalan tersebut hingga akhirnya tiba di Krapyak Lor, Pekalongan Utara.

gardu pandang
gardu pandang. google maps. sumber: Abu Hasan

simak juga: pantai pasir kencana

Jam Buka Pantai Slamaran Pekalongan

  • Jam operasional dari Pantai Slamaran setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai buka pukul 06.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Pantai Slamaran Pekalongan

Harga tiket masuk Pantai Slamaran sangat murah dan terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 5.000,- saja.

Fasilitas Pantai Slamaran Pekalongan

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Slamaran diantaranya:

  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Mushola,
senja di pantai slamaran
senja di pantai slamaran. google maps. sumber: Mas Alie_ Kuncen UG

simak juga: mangrove park pekalongan

Sejarah Pantai Slamaran Pekalongan

Pantai Slamaran dipercaya merupakan tempat dimana Dewi Lanjar berada. Beliau dulunya bernama Dewi Rara Kuning, yang memiliki kisah tragis sesaat setelah menikah.

Yakni suaminya meninggal, dan membuat Dewi Rara Kuning menjadi seorang janda di usia muda. Dewi Lanjar merupakan julukan yang diberikan masyarakat, karena bisa dibilang beliau merupakan janda kembang.

Kepergian suaminya tersebut membuat Dewi Lanjar galau, hingga membawanya bertapa di Laut Selatan yang akhirnya bertemu dengan Sang Penguasa Pantai Selatan tersebut.

Singkat cerita Dewi Lanjar ditugaskan Ratu untuk mencegah usaha Raden Bahu membuka Hutan Gambiren, namun tugas tersebut gagal karena ternyata Raden Bahu bukan orang sembarangan.

Dewi Lanjar malu untuk kembali ke Pantai Selatan, hingga akhirnya meminta izin pada Raden Bahu untuk tetap berada di wilayah pesisir Pantai Pekalongan.

Hingga kini masyarakat sekitar percaya bahwa Dewi Lanjar memiliki tempat tersendiri dan membangun istananya di sekitar Pantai Slamaran ini.

Daya Tarik Pantai Slamaran Pekalongan

1. Mitos Pantai Slamaran

pantai slamaran
pantai slamaran. google maps. sumber: Rizq Cwool

simak juga: black canyon petungkriyono

Berdasarkan cerita di atas, akhirnya menimbulkan sebuah mitos bahwa Pantai Slamaran merupakan sebuah lokasi yang sering dimanfaatkan orang tak bertanggungjawab untuk mendapatkan kekayaan dengan cara instan. Yakni dengan melakukan pesugihan pada Dewi Lanjar dengan syarat yang sangat berat.

Salah satu mitos yang diyakini ialah jika ada seorang anak kecil yang hilang terbawa arus ombak dipercaya dibawa oleh Dewi Lanjar. Meski tak dapat dibuktikan secara ilmiah, hal tersebut cukup menarik wisatawan yang penasaran akan cerita sebenarnya.

2. Spot Memancing

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Slamaran yakni merupakan spot untuk memancing ikan laut, terlihat banyak pengunjung yang sedang memancing diantara derasnya ombak.

3. Menikmati Senja

Sebuah pantai identik dengan panorama senjanya, tak ketinggalan Pantai Slamaran pun memiliki keindahan senja hari yang layak untuk dinikmati. Kamu yang anak senja, wajib banget untuk datang ke sini.

kegiatan memancing
kegiatan memancing. google maps. sumber: Om Somad

simak juga: museum batik pekalongan

4. Jembatan menjorok ke laut

Jika dilihat dari atas, tampak sebuah jalan atau jembatan yang menjorok ke tengah lautan dan berada diantara derasnya deburan ombak Pantai Slamaran. Biasanya dimanfaatkan mereka yang hobi memancing.

Penutup

Segala sesuatu yang instan pasti tidak selamanya membawa kebahagiaan, so nikmati setiap proses kehidupan yang sedang dijalani. Salah satunya dengan menikmati keindahan alam di Pantai Slamaran Pekalongan.