Pantai Way Hawang, Keindahan Yang Dibalut Misteri

Di Pulau Sumatera masih banyak daerah wisata bahari yang masih asri dan tentu saja indah untuk didatangi. Macam nya pun banyak, ada yang bertema pantai, laut, air terjun, danau bahkan arena bermain modern pun tersedia di Puau Sumatera.

Sekarang saya akan ulas mengenai salah satu daerah wisata bahari yang ada di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Bengkulu Desa Way Hawang.

Untuk kamu yang tinggal di Bengkulu pasti udah nggak asing lagi dengan wisata bahari yang terdapat di desa Way Hawang. Yup, namanya adalah Pantai Way Hawang. Bersyukurlah karena daerahmu memiliki tempat yang luar biasa indah.

Indahnya Pantai Way Hawang
Indahnya Pantai Way Hawang. Sumber : wisato.id

Pantai Way Hawang, pantai eksotik di Desa Way Hawang yang masih menyimpan misteri didalamnya. Misteri disini bukan berkaitan dengan hantu ya, kisah dibalik kemisterian ini nggak menyeramkan ko, malah akan membuat kamu semakin mencintai keindahan Pantai Way Hawang.

Pantai Way Hawang merupakan sebuah teluk sehingga memiliki keadaan air yang tenang, pas banget untuk kalian yang menenangkan diri meluapkan semua kepenatan rutinitas sehar-hari ditemani sayup-sayup angin yang seakan meninabobokan jiwa dan ragamu.

Pantai Indah Berbalut Misteri
Pantai Indah Berbalut Misteri. Sumber : www.bengkuluinteraktif.com

Siapa dari kalian yang suka camping? Mau nyobain ga camping dengan sensasi yang berbeda? Kamu ngga perlu repot-repot mendaki gunung lewati lembah untuk bermalam bersama alam.

Kata siapa camping Cuma boleh di gunung, di pantai kamu bisa ko melakukan aktivitas camping. Nggak percaya? Coba deh kamu datang ke Pantai Way Hawang, dan rasakan sensasi camping yang berbeda dari biasanya.

Puas-puasin deh memandangi hamparan Pantai Way Hawang yang seakan tak berujung. Rasakan lembutnya pasir putih sebagai alasnya. Dan nikmati keindahan langit yang bertabur bintang pada malam harinya. Tapi inget kita mesti tetap menjaga keindahan dan keasrian pantainya ya.

Ragam Wisata Di Pantai Way Hawang

Saat wisatawan berkunjung ke pantai indah berbalut misteri ini dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang dijamin membuat hati senang. Adapun suguhan saat berkunjung ke Pantai Way Hawang adalah sebagai berikut :

1. Pesona Pantai Way Hawang

Pantai Way Hawang terletak di Desa Way Hawang, sebuah desa yang masih asri belum banyak terjamah oleh kemajuan zaman.

Pantai ini mempunyai keadaan air yang relative tenang dan tidak terlalu bergelombang. Namun jika kamu memandang Pantai Way Hawang seakan tak berujung karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Keindahan Pantai Way Hawang
Keindahan Pantai Way Hawang. Sumber : travel.detik.com

Pasir putih nan bersih dan berkilau bak kristal jika terkena sinar sang mentari menambah keindahan pantai ini. Ya, Pantai Way Hawang mempunyai hamparan pasir putih yang menambah keindahan pantainya.

Jika kamu ngga suka dengan suasana laut atau pantai yang ramai dan penuh dengan hiruk pikuk manusia, cocok banget kalau kamu coba datangi Pantai Way Hawang di Desa Way Hawang.

Pantai ini masih belum banyak dijamah oleh orang banyak, maka dari itu masih sepi dan tidak terlalu banyak orang. Tapi bukan karena Pantai ini tidak indah ya. Sesekali wisatawan asing maupun lokal datang untuk mengeksplor keindahan Pantai Way Hawang.

Pesona Pantai Way Hawang
Pesona Pantai Way Hawang. Sumber : chirpstory.com

2. Misteri Batu Jung

Salah satu yang menarik di Pantai Way Hawang ini adalah, terdapatnya sebuah batu besar yang menyerupai sebuah perahu. Batu tersebut diberi nama Batu Jung, atau Batu Perahu. Dan ini terletak di tengah-tengah Pantai Way Hawang.

Legenda Batu Jung
Legenda Batu Jung. Sumber : www.bengkuluinteraktif.com

Banyak kisah yang tersebar mengenai asal mula keberadaan batu Jung ini. Ada dua kisah berbeda yang berkembang di masyarakat.

Kalian masih ingat tentang cerita si Malin Kundang? Kisah itu menceritakan tentang seorang anak yang pergi merantau kemudian di perantauan dia mendulang kesuksesan sampai akhirnya menikahi seorang putri raja.

Singkat cerita si Malin pulang ke kampung halamannya. Namun saat ibunya menghampiri si Malin, dia menghardik ibunya dan tidak mengakui beliau sebagai ibunya karena malu ibunya miskin.

Sang Ibu merasa sakit hati kemudian mengutuk si Malin menjadi batu. Nah, karena si Malin menjadi batu, konon katanya perahu yang dipakai si Malin pun berubah menjadi batu. Perahu yang berubah menjadi batu itu terdapat di Pantai Way Hawang yang diberi nama “Batu Jung”.

Kisah yang berkembang selanjutnya adalah tentang seorang saudagar yang kaya raya namun pelit lur biasa.

Suatu hari saudagar itu didatangi oleh seorang kakek tua yang meminta sedikit bantuan darinya, namun saudagar itu tidak mau membantu si kakek dan malah memarahinya.

Ternyata si kakek itu adalah si pahit lidah yang dating untuk mengujinya. Maka kemudian si kakek itu mengucapkan sebuah kutukan yang ditujukan kepada saudagar yang kaya namun pelit tersebut. Sampai akhirnya perahu saudagarkaya itu berubah menjadi batu, dan terdapat di Pantai Way Hawang.

Kedua kisah diatas memang penuh misteri namun tidak mengurangi keindahan dari Pantai Way Hawang. Bahkan banyak wisatawan yang dating ke Pantai Way Hawang untuk berfose dengan latar Batu Jung tersebut.

 

Indahnya Pantai Way Hawang
Selfie Pantai Way Hawang. Sumber : wisato.id

3. Pusat Penangkaran Penyu

Kawasan Pantai Way Hawang sering dikunjungi oleh dua spesies penyu yang hampir punah. Kedua jenis penyu itu adalah. Sehingga oleh Badan Konservasi Daerah (BKSDA) Provinsi Bengkulu, wilayah Pantai Way Hawang ditetapkan sebagai tempat Konservasi kedua penyu tersebut.

Penagkaran Penyu
Penagkaran Penyu. Sumber : www.goodnewsfromindonesia.id

Kuliner

Terdapat makanan yang sedang hits saat ini di Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, namanya Sate Gurita. Jika traveler bosan dengan sajian sea food yang itu-itu saja, cobain deh sate gurita yang pasti sangat enak di lidah.

Sate Gurita
Sate Gurita. Sumber : www.goodnewsfromindonesia.id

Lokasi Dan Alamat Pantai Way Hawang

Lokasi dan alamat Pantai Way Hawang berada di Desa Way Hawang Kecamatan Maje Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu

Rute Menuju Pantai Way Hawang

Rute menuju pantai Way Hawang hanya sekitar 30 menit dari pusat Kabupaten Kaur,karena jaraknya hanya 15 Kilometer.

Jika pemberangkatan pertama dari Kota Bengkulu maka total waktu jarak tempuh sekitar 5 jam perjalanan. Karena jaraknya sekitar 225 kilometer.

Jam Operasional Pantai Way Hawang

Pantai Way Hawang tetap beroperasi selama 24 jam, setiap hari dalam seminggu.

Penginapan Sekitar Pantai Way Hawang

Karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Kaur, maka wisatawan bisa menginap di hotel atau penginapan sesuai dengan fasilitas yang diberikan yang ada di Kaur.

Penutup

Tuhan menciptakan alam ini sungguh luar biasa, tidak ada yang bisa menandinginya. Keajaiban yang disajikan oleh alam wajib dan patut kita syukuri juga kita jaga sebagai warisan alam untuk anak cucu kita nanti.

Keindahan wisata bahari yang terdapat di Pantai Way Hawang sangat memanjakan jiwa dan raga. Keindahan pantai yang luar biasa, kemisterian dari asal mula keberadaan sebuah batu besar yang terdapat di tengah-tengah pantai yang diberi nama Batu Jung, keunikan perkembangbiakan penyu yang dapat kita lihat secara langsung, kekhasan makanan daerah setempat.

Semua itu rasanya belum lengkap untuk menggambarkan keindahan Pantai Way Hawang. Kamu harus datang dan rasakan sendiri keajaiban tangan Tuhan menciptakan alam semesta.

Baca juga:

Leave a Comment