Pemandian Air Panas Bayanan, Wisata Alam Seru Di Sragen

|

Pemandian Air Panas Bayanan merupakan tempat wisata Sragen yang menawarkan sensasi berendam di kolam air hangat dengan pemandangan yang asri dan sejuk.

Sejarah Pemandian Air Panas Bayanan dimulai sejak dulu, konon katanya pemandian di Sragen yang satu ini sudah ada sejak zaman kerajaan dan terjadi secara alami. Dan mulai diperuntukkan kegiatan wisata sejak tahun 1979.

Awalnya lokasi dari Pemandian Air Panas Bayanan memiliki kesan yang tidak baik, namun seiring dengan berjalannya waktu ditambah dengan proses renovasi yang terjadi 2 kali membuat pemandian air panas Sragen ini nyaman untuk dikunjungi.

foto bersama landmark bayanan
foto bersama landmark bayanan. google maps. sumber: Yulia Rahadjam

Penasaran dengan kondisinya saat ini? Berikut deskripsi lengkap tentang Pemandian Air Panas Bayanan, sebagai bahan referensi wisata kamu di akhir pekan ini!

Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan

  • Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan berada di lereng Gunung Prau
  • Secara administrasi alamatnya di Dukuh Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Bayanan

Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan cukup jauh jika beranjak dari Alun-Alun Sragen, estimasi waktunya sekitar 33 menit dengan jarak tempuh kira-kira 18 km.

Yakni dengan menuju Jl. Veteran lalu belok kiri ke Jl. Diponegoro, belok lagi untuk menuju Jl. RA. Kartini lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jl. Jambeyan. Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan berada di sebelah kiri jalan.

spot keren untuk berfoto
spot keren untuk berfoto. google maps. sumber: RideR SFU

Jam Buka Pemandian Air Panas Bayanan

  • Jam buka Pemandian Air Panas Bayanan setiap hari Senin sampai Minggu
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 15.00

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Bayanan

  • Tiket masuk Bayanan sebesar Rp. 5.000,- di weekdays
  • Tiket masuk Pemandian Air Panas Bayanan sebesar Rp. 6.000,- di weekend

Apabila membawa kendaraan sendiri, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar:

  • Rp. 2.000,- untuk motor
  • Rp. 3.000,- untuk mobil
arena bermain anak
arena bermain anak. google maps. sumber: RideR SFU

Fasilitas Pemandian Air Panas Bayanan

Fasilitas wisata yang ada di sekitar Pemandian Air Panas Bayanan sudah lengkap dan memadai, yakni dengan tersedianya:

  • Area parkir kendaraan yang luas,
  • Gazebo,
  • Panggung hiburan atau panggung kesenian,
  • Area playground,
  • Warung – warung makanan dan minuman,
  • Mushola,
  • Toilet,

Daya Tarik Pemandian Air Panas Bayanan

1. Area yang Luas

Setelah mengalami renovasi beberapa kali, Pemandian Air Panas Bayanan hadir tampak berbeda dari sebelumnya. Vibes nya lebih nyaman dan juga ramah anak.

Areanya cukup luas, hampir di setiap spot terdapat gazebo yang enak untuk dijadikan tempat bersantai. Apalagi lokasi di bagian atas, kamu dapat menyaksikan pemandangan Pemandian Air Panas Bayanan dari ketinggian.

area yang cukup luas
area yang cukup luas. google maps. sumber: RideR SFU

Pemandian Air Panas Bayanan didesign kekinian dengan menghadirkan berbagai ornamen keren yang dapat dijadikan lokasi untuk berfoto.

Selain itu, arena bermainnya juga luas dan memiliki banyak wahana permainan. Dijamin anak-anak happy banget deh, pepohonan di sekitarnya juga bikin adem.

2. Kolam Renang

Kehadiran kolam renang menjadi daya tarik selanjutnya, hanya sayangnya kolam renang di kawasan Pemandian Air Panas Bayanan ini airnya dingin.

Namun pemandangan di sekitarnya bikin adem, dengan dikelilingi pepohonan tinggi menjulang yang cukup banyak. Lokasinya juga cukup dekat dengan gazebo, hingga dimanfaatkan untuk orang tua bersantai sambil memperhatikan anaknya bermain.

kolam renang
kolam renang. google maps. sumber: Pemandian Air Panas Bayanan

3. Ciblon di Sungai

Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan berada di samping aliran sungai, kamu dapat melakukan keseruan ciblon di sungai tersebut. Memang cukup sepi, hal tersebut dikarenakan lokasinya yang cukup tersembunyi.

Aliran sungainya tak begitu deras, kamu dapat duduk-duduk di atas bebatuan sambil mencoba memasukkan kaki ke dalam aliran sungainya.

4. Kamar Rendam

Ini merupakan daya tarik utama dari Pemandian Air Panas Bayanan, dimana lokasi pemandian air panasnya dibuat berupa kamar perkamar.

Yang didalamnya terdapat sebuah bathtub, yang sangat nyaman untuk santuy dengan berendam air hangat. FYI, berendam air hangat dapat membuat badan kita rileks loh…..

kamar rendam
kamar rendam. google maps. sumber: ubaidillah muhammad

Selain itu, air panas yang dimiliki Pemandian Air Panas Bayanan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Akan tetap berendamnya jangan kelamaan ya, justru hal tersebut malah tidak baik untuk tubuh.