Sejuta Pesona Wisata di Pulau Mandangin Sampang Madura Jawa Timur

Pulau Mandangin adalah desa dan pulau yang letaknya berada di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Pulau Mandangin adalah salah satu tempat wisata di Sampang. Untuk mencapai pulau ini dapat dijangkau dengan perahu bermotor dari Pelabuhan Tanglok.

pulau mandangin
pulau mandangin. google maps. sumber : Wayan Mahmudy

Pulau Mandangin terkenal akan keindahan pasir putih dan terumbu karang. Kehidupan masyarakatnya mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Secara geografis, pulau ini dibagi menjadi tiga dusun. Yakni, Dusun Barat, Dusun Kramat, dan Dusun Candhin. Kondisi sosial masyarakat disini sangat ramah dan bersahabat.

Pulau Mandangin menawarkan tiga spot wisata. Pantai Pasir Putih di sisi barat pulau, Bangsacara wisata religi di sisi utara, dan Candhin wisata batu laut di sisi timur. Pulau dengan luas wilayah 90,4 hektare ini menyajikan sejuta keindahan yang siap memanjakan mata setiap pengunjungnya. Keindahan alam, budaya, situs religi dan nilai sejarah yang ada di pulau dengan jumlah penduduk sekitar 20 ribu orang itu sangat menarik diikuti.

Alamat Pulau Mandangin

  • Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, 69216. Terletak di tengah laut selatan Sampang.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Rute ke Pulau Mandangin

Akses menuju Pulau Mandangin terbilang sangat mudah. Jarak tempuh dari Kota Sampang hanya sekitar satu jam perjalanan. Satu-satunya dermaga yang melayani penyeberangan dari daratan Sampang menuju Pulau Mandangin adalah Pelabuhan Tanglok.

Untuk menuju Pulau Mandangin, umumnya naik perahu motor dengan dua mesin di Pelabuhan Tanglok, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang. Perahu ini bisa juga mengangkut sepeda motor.

Jadwal perahu hanya ada tiga waktu setiap harinya. Pagi sehabis subuh, pukul 06.00 WIB, dan siang pukul 10.00 WIB. Pelabuhan tersebut berada di wilayah Kota Sampang. Pelayanan penyeberangan tersedia sejak jam 7 pagi hingga jam 3 sore. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan laut yang eksotis.

Transportasi

transportasi menuju pulau mandangin
transportasi menuju pulau mandangin. google maps. sumber : Relasy Official

Lokasi obyek wisata alam Pulau Mandangin berada di Kecamatan, Sampang, Madura, Jawa Timur. Untuk mengunjungi objek wisata Pulau Mandangin, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum hingga sampai di Pelabuhan Tanglok. Selanjutnya anda harus menyeberang menggunakan perahu dari pelabuhan Tanglok menuju Pulau Mandangin. Perahu ini bisa juga mengangkut sepeda motor.

Ada Apa di Pulau Mandangin

Pulau Mandangin memiliki tiga spot wisata. Pantai Pasir Putih di sisi barat pulau, Bangsacara wisata religi di sisi utara, dan Candin wisata batu laut di sisi timur.

pulau mandangin sampang 1
pulau mandangin sampang. google maps. sumber : Imroatul Karimah

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa anda lakukan selama di Pulau Mandangin. Mulai dari menikmati keindahan pantai, pemandangan matahari terbit dan terbenam hingga mengenal kehidupan masyarakat yang tinggal di Pulau ini. Semua potensi dikembangkan dengan baik sehingga yang berkunjung ke Pulau Mandangin bisa menikmati suguhan pariwisata dari berbagai bidang.

Wisata Pantai & Panorama Alam

pantai di pulau mandangin
pantai di pulau mandangin. google maps. sumber :  Vinca R. Y.

Pulau Mandangin merupakan pulau kecil dengan luas wilayah 90,04 hektar. Saat mengunjungi pulau ini, anda akan disajikan dengan pemandangan pantai yang indah dan bersih. Air pantai yang tampak jernih dan bebas dari sampah.

pemandangan pantai di pulau mandangin
pemandangan pantai di pulau mandangin. google maps. sumber : cavin cavinazz

Pemandangan pantai yang khas dengan adanya deretan kapal yang terapung di sekitar pantai milik nelayan yang tinggal di pulau Mandangin. Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, pulau ini juga memiliki udara yang sejuk dengan pepohonan yang rindang dan asri tumbuh di sekitar pantai.

pemandangan bongkahan batu di pulau mandangin
pemandangan bongkahan batu di pulau mandangin. google maps. sumber : mohammad zaini

Wilayah timur pulau ini memiliki bongkahan batu yang mempesona. Ketika air laut sedang pasang, sekelilingnya dipenuhi air sehingga pemandangannya nampak seperti pulau kecil. Namun, ketika air laut surut, pengunjung bisa dengan mudah menjangkau bongkahan batu.

Berswafoto dan mengabadikan momen lainnya bersama keluarga dan kerabat. Bongakahan batu yang ditumbuhi pepohonan di dalamnya. Pada pagi hari, bongkahan batu itu terlihat sangat indah dengan latar belakang matahari terbit.

Sunset Menawan di Pulau Candin

sunset di pulau mandangin
sunset di pulau mandangin. google maps. sumber : Andi Rahman

Salah satu tempat favorit para wisatawan yaitu pulau Candin yang menawarkan keindahan pemandangan sunrise atau matahari terbit. Pemandangan sunrise di pantai ini tampak berbeda sehingga sayang untuk dilewatkan.

pesona sunset di pulau mandangin
pesona sunset di pulau mandangin. google maps. sumber : Azrul Mubarok

Selain pemandangan matahari terbit yang indah, momen matahari terbenam atau sunset di pulau ini juga tidak kalah indahnya. Namun untuk mendapatkan keindahan langit senja, anda harus mengunjungi Mandangin Barat.

Wisata Religi

Pulau Mandagin sangat erat dengan cerita rakyat. Tentang sepasang kekasih bernama Bangsacara dan Ragapatmi. Dua sejoli ini memiliki cinta sejati yang hanya bisa dipisahkan oleh maut.

Cerita legenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung ke Pulau Mandangin. Pusara keduanya bersama dua anjing peliharaannya masih ada dan dirawat oleh masyarakat setempat. Tidak sedikit wargadari luar pulau berkunjung hanya untuk keperluan ziarah ke pusara Bangsacara dan Ragapatmi.

Hunting Foto

berswafoto di pulau mandangin
berswafoto di pulau mandangin. google maps. sumber :  Fahril Tralala
hunting foto di pulau mandangin
hunting foto di pulau mandangin. google maps. sumber : Wira Setyawan

Fasilitas Pulau Mandangin

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di
Fasilitas yang ada di pulau ini sudah cukup memadai. Namun kebanyakan sarana dan prasarana yang ada di pulau mandangin tidak dibangun oleh pemerintah setempat melainkan oleh masyarakatnya sendiri.

  • Sewa perahu
  • Toilet / kamar mandi
  • Mesjid
  • Warung makan dan lain-lain.

Video Pulau Mandangin

Video Pulau Mandangin berikut dikutip dari channel : agok koya

Penutup

Pulau Mandangin sangat rekomenden bagi wisatawan yang akan menikmati liburan akhir pekan di kabupaten Sampang Madura. Pulau Mandangin Madura akan mengugah siapa saja yang datang. Sajian alam mendamaikan dengan suasana terbaik yang ditawarkan Pulau Mandangin Sampang Madura cocok untuk liburan dan rekreasi.