Umbul Ponggok, Mata Air Indah Yang Populer Banget

Saat ini pariwisata Klaten memang sedang berkembang dengan pesat. Apalagi kota kecil di Jawa Tengah ini sedang banyak yang memperbincangkan tentang kawasannya. Keindahan mata air yang dijadikan sebagai objek wisata memang menghadrikan sebuah pesona tersendiri. Tidak hanya ada satu, tetapi lebih dari satu mata air yang tersedia di berbagai penjuru Klaten.

Salah satu yang ternama adalah Umbul Ponggok yang mempunyai pesona yang tidak akan pernah ada habisnya. Objek wisata yang bersumber dari sumber mata air ini menjadi kawasan terfavorit. Bahkan menurut sejarah, mata air yang ada di kawasan ini ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Penasaran dengan sumber mata air ini? Konon katanya tempat ini digunakan sebagai spot snorkeling terfavorit. Tidak hanya warga Klaten saja, melainkan warga luar Klaten pun banyak yang berdatangan ke tempat ini. Baiklah tidak perlu berlama-lama, mari kita jelajahi setiap sudut yang ada di bawah ini.

Umbul Ponggok Stage
Image via: www.instagram.com/umbul_ponggok

Tentang Umbul Ponggok

Perlu diakui jika mengunjungi kawasan ini memang wajib membawa baju ganti, lantaran berada di Umbul Ponggok wajib untuk basah. Tidak hanya itu saja, ke kawasan ini juga wajib untuk membawa kamera lantaran kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona mata.

Alangkah lebih baiknya jika sobat native memiliki kamera anti air, jadi aktifitas di bawah air bisa diabadikan dengan hasil yang tidak mengecewakan. Selain itu, dengan kamera anti air ini sobat native juga bisa melakukan kegiatan berfoto di dalam air yang pastinya membutuhkan banyak pose dan waktu.

Sejarah Umbul Ponggok

Sebelum kita menikmati keindahan dan pesona kawasan ini, alangkah baiknya kita menikmati terlebih dahulu sejarah kawasan ini. Pada tahun 1920, Ponggok adalah sebuah kawasan pabrik gula. Ada 4 sampai 5 pabrik gula yang ada di kawasan ini dan semuanya cukup besar serta menjadi pemasok utama untuk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Baca Juga :  Coban Talun, Air Terjun Indah di Kawasan Batu Malang

Di kawasan Ponggok ini tinggal beberapa karyawan yang mempunyai jabatan tinggi di pabrik. Mereka tinggal di bangunan dan rumah yang sangat megah nan klasik. Kebanyakan dari mereka memilih rumah loji sebagai tempat huni.

Fungsi utama dari Umbul Ponggok adalah sebagai pemasok utama air bagi beberapa pabrik terutama pabrik yang ada di dekat pabrik gula. Menariknya lagi sumber mata air ini tidak pernah kering, sehingga dipergunakan pula sebagai pengairan perkebunan tebu

Pada tahun 1930, kawasan pabrik tebu ini harus ditutup lantaran adanya krisis yang terjadi. Rakyat yang biasanya hanya menurut saja, berubah memberontak dan ingin segera merdeka. Setelah pabrik ini tutup, kawasan Umbul Ponggok digunakan sebagai pengairan irigasi untuk areal perkebunan dan pertanian yang ada di sekitar.

Umbul Ponggok Underwater Motor
Image via: www.instagram.com/cindyvaradilla

Spot Snorkeling Kece

Banyak yang bilang bila keindahan Umbul Ponggok melebihi keindahan dari Taman Laut Bunaken? Apakah benar? Ketika menyelam ke bawah, ternyata tidak hanya melebihi saja melainkan memiliki sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh berbagai macam tempat wisata yang memiliki spot snorkeling,

Airnya yang super jernih menjadi alasan utama mengapa harus pergi mengunjungi kawasan ini. Air ini tidak akan pernah kotor karena berasal langsung dari sumbernya. Kemudian bawah airnya berisi ikan-ikan kecil yang menggemaskan. Tidak ada terumbu karang memang, tetapi diganti dengan berbagai macam wahana.

Benda-benda seperti kursi, jemuran, sepeda motor dan masih banyak lagi sengaja “ditanam”. Menariknya lagi, dunia bawah air Umbul Ponggok mempunyai jajaran motor yang mengesankan. Jajaran motor ini memang sengaja digunakan untuk menarik minat sobat native untuk datang kesini.

Baca Juga :  Pesona Telaga Ngebel, Disini Ponorogo Bermula
Umbul Ponggok Prewed
Image via: www.instagram.com/umbulponggokklaten

Sobat native pun juga bisa memilih set mana yang akan dijadikan sebagai kawasan untuk foto. Ada berbagai macam set yang bisa dinikmati. Berarti ada beberapa macam pose foto yang ada. Jangan lewatkan semua kesempatan ini hanya di Umbul Ponggok.

Bagi sobat native yang tidak bisa melakukan aktifitas snorkeling. Di kawasan ini ada bimbingan snorkeling yang bisa diikuti hingga sobat native menjadi mahir. Dengan perlatan yang sudah memenuhi standar internasional membuat siapa pun yang bermain air di umbul ponggok menjadi tenang.

Umbul Ponggok Fish 1
Image via: www.instagram.com/gembel_traveller

Tidak mau basah-basahan? Sobat native bisa menyewa perahu yang ada di pinggir kolam. Dengan harga 10 ribu rupiah saja sobat native bisa mengelilingi kolam yang sebenarnya tidak terlalu besar, tetapi memberikan kesan yang sangat menyenangkan. Oleh karena itu, tidak salah bila tempat ini dijadikan sebagai taman rekreasi yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun.

Jangan lupa pula untuk menikmati berbagai macam menu kuliner yang nikmat dan lezat. Ada berbagai jajanan dan snack yang dijual dengan harga cukup murah. Dari segi kebersihan dan cita rasa, warung kuliner yang sengaja dihadirkan ini memiliki tingkat kehigienisan cukup tinggi. Jadi di jamin aman dan nikmat.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Jalan Delanggu Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polan Harjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Menuju ke kawasan ini sobat native harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada bus yang akan mengantar sobat native ke tempat ini.

Kecuali bila sobat native ingin sedikit susah dengan menggunakan bus dan turun di Terminal Penggung. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek dengan harga cukup mahal. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, sobat native yang berangkat dari arah Jogja bisa menuju kearah Klaten dan tiba di Gor Klaten.

Baca Juga :  Hutan Mangrove Kulon Progo, Wisata Baru Yang Lagi Hits

Ikuti saja jalan yang menuju ke Jalan Karanganom, dari sini sobat native akan bertemu dengan papan petunjuk yang akan memandu sobat native menuju ke objek wisata Umbul Ponggok. Jalan menuju ke Umbul Ponggok sangat baik dan lembut, jadi sobat native tidak perlu takut.

Umbul Ponggok Underwater Work
Image via: www.instagram.com/nialenitanathania

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk kawasan ini adalah 15 ribu rupiah. Harga yang tidak mahal untuk menikmati keindahan kawasan ini. Untuk menikmati fasilitas lain, sobat native diwajibkan membayar lagi. Seperti menyewa kamera underwater dan peralatan menyelam seharga 60 ribu rupiah untuk 30 menit.

Atau bisa juga rombongan 7 orang dengan harga 100 ribu rupiah. Untuk menambah set tambahan seperti sepeda, sobat native harus merogoh kocek 30 ribu rupiah. Set taman/laptop/tv sobat native harus membayar uang sebesar 100 ribu rupiah. dan masih banyak lagi dengan harga sewanya minimal 100 ribu rupiah.

Disini juga menyediakan tempat untuk prewedding. Harga prewed adalah 300 hingga 500 ribu rupiah, tergantung dengan set yang diinginkan oleh calon pengantin. Banyak yang bilang, hasil foto disini memang sangat bagus dan bisa dijadikan sebagai kenangan sepanjang hidup.

Umbul Ponggok adalah kawasan yang menyenangkan dan indah. Dengan sumber mata air alami membuat kawasan ini selalu diburu oleh wisatawan. Jangan lupa untuk mampir ke kawasan ini bila sobat native datang atau berkunjung ke Kota Klaten. Dijamin seru dan menyenangkan.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.