Watu Rumpuk, Wisata Madiun Dengan Spirit Kebangkitan

Di balik sebuah peristiwa, terdapat hikmah besar yang dapat dipetik oleh setiap manusia. Mungkin, itulah ungkapan yang sangat tepat untuk menggambarkan objek wisata yang akan diulas saat ini.

Nama objek wisata tersebut adalah Watu Rumpuk, atau disebut juga dengan Watu Rumpuk Tapak Bimo. Objek wisata alam yang terletak di Madiun, Jawa Timur.

Watu Rumpuk Tapak Bimo
Watu Rumpuk Tapak Bimo. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Watu Rumpuk merupakan objek wisata favorit bagi masyarakat Jawa Timur. Hal tersebut dibuktikan dengan pernghargaan sebagai objek wisata terbaik Jawa Timur, menempati peringkat ke III.

Adapun kawasan tersebut mendapatkan perhargaan sebagai kawasan tangguh bencana nomor 1 di Jawa Timur. Namun, dari sederet penghargaan tersebut, ternyata terdapat kisah pilu sebelum kawasan tersebut berubah menjadi objek wisata di Madiun.

Watu Rumpuk Tapak Bimo Spirit Kebangkitan
Watu Rumpuk Tapak Bimo Spirit Kebangkitan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bagaimana sejarah terwujudnya wisata Watu Rumpuk Tapak Bimo? Inilah jawabannya!

Sejarah Watu Rumpuk

Desa Mendak adalah lokasi objek wisata Watu Rumpuk Tapak Bimo berada. Sebelum adanya objek wisata tersebut, kawasan Desa Mendak didominasi dengan perkebunan cengkeh.

Mayoritas masyarakat Mendak mengandalkan sumber penghasilan utamanya dari hasil panen pohon cengkeh. Luar biasa, bahkan keuntungan yang bisa diraih setiap kali panen bisa menembus angka 7 Miliar.

Hingga tiba suatu masa, ketika ujian datang. Kawasan Desa Mendak dilanda virus yang mematikan sebagian besar pohon cengkeh yang menjadi sumber penghasilan utama tersebut.

Hebatnya, masyarakat setempat tidak larut dalam kesedihan akan peristiwa itu. Mereka bangkit, dan mulai menanam pohon buah durian, dan manggis.

Potensi Wisata Desa Mendak
Potensi Wisata Desa Mendak. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selain itu, masyarakat Desa Mendak terus berupaya melihat potensi lokal yang bisa dipublikasikan ke masyarakat. Ternyata potensi lain yang dimiliki oleh Desa mendak adalah potensi wisata alam.

Hanya dengan modal awal sebesar 45 juta rupiah, dimulailah pembangunan objek wisata Watu Rumpuk Tapak Bimo. Kawasan yang awalnya hanya dipenuhi oleh rumput liar, dan tumpukan bongkahan batu besar, berubah menjadi lokasi yang nyaman, dan enak untuk dilihat.

Seiring perjalanan waktu, objek wisata Watu Rumpuk terus mengalami penataan. Hingga pada akhirnya, sejumlah prestasi di bidang wisata mampu diraih.

Spirit Kebangkitan Di Watu Rumpuk
Spirit Kebangkitan Di Watu Rumpuk. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dan kini, jalan menuju wisata Watu Rumpuk sudah nyaman dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, hingga sampai ke area parkiran.

Spirit kebangkitan tersebut kiranya patut dicontoh oleh semua orang, bahwa peristiwa pahit apapun, ternyata masih tersimpan hikmah positif yang bisa diambil.

Daya Tarik Watu Rumpuk Tapak Bimo Madiun

Daya tarik Watu Rumpuk terletak dari sajian tema wisata yang disuguhkan untuk para pengunjung. Diantaranya :

1. Wisata Alam

Objek wisata Watu Rumpuk Tapak Bimo, adalah objek wisata taman indah yang terletak di lereng Gunung Wilis. Hal tersebut menjadikan Watu Rumpuk menjadi lokasi wisata yang dipenuhi view alam sekitar yang sangat menawan, serta udara yang sangat sejuk.

Destinasi Wisata Alam Watu Rumpuk Tapak Bimo
Destinasi Wisata Alam Watu Rumpuk Tapak Bimo. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain taman, di lokasi tersebut terdapat sebuah spot di atas puncak bukit yang dipenuhi dengan spot selfie yang sangat instagramable. Lokasi tersebut dinamakan sebagai Tapak Bimo.

Tapak Bimo bisa dicapai melalui jalur yang sudah disediakan, tepatnya setelah lokasi taman, kemudian menyusuri jalur yang akan terus menanjak.

Jalan Menuju Tapak Bimo
Jalan Menuju Tapak Bimo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Spot Tapak Bimo sangat cocok bagi generasi milenial,namun kurang cocok bagi anak kecil. Karena merupakan lokasi yang ada di ketinggian, serta di beberapa titik belum ada pagar pembatas keamanan.

2. Wisata Keluarga

Watu Rumpuk merupakan objek wisata yang sangat tepat bagi destinasi wisata keluarga, terutama saat liburan tiba, atau di akhir pekan.

Lokasi yang tepat bagi keluarga berada di area tamannya. Taman Watu Rumpuk dipenuhi dengan bunga – bunga indah, spot selfie yang sangat banyak, jalur trekking, serta wahana yang ramah anak.

Wisata Keluarga Di Watu Rumpuk
Wisata Keluarga Di Watu Rumpuk. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Wisata Kekinian

Objek wisata Watu Rumpuk lahir di saat teknologi internet sedang mengalami perkembangan, khususnya media sosial.

Pada akhirnya, penataan di kawasan objek wisata Watu Rumpuk dipenuhi dengan spot kekinian, untuk menutupi dahaga eksistensi pengunjung di jagat media sosial.

Dan bagi mereka yang suka hunting konten, maka Watu Rumpuk Tapak Bimo adalah lokasi yang recommended banget untuk dieksplor.

Spot Selfie Di Watu Rumpuk
Spot Selfie Di Watu Rumpuk. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Watu Rumpuk

Watu Rumpuk berada di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Lokasi ini terletak di puncak Pegunungan Wilis. Wisata Watu Rumpuk sering digunakan untuk mereka yang sedang mencari spot foto menarik dengan latar belakang bukit dan pemandangan yang indah.

Rute Menuju Watu Rumpuk

Jarak tempuh dari Ibukota Kecamatan Dagangan ke Watu Rumpuk sekitar 15 Km dan ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Jika dari Ibukota Kabupaten Madiun yaitu menghabiskan jarak tempuh sekitar 40 Km dan waktu tempuh yang diraih 120 menit.

Rute yang ditempuh untuk dapat menjangkau Watu Rumpuk Dagangan Madiun dapat diakses melalui dua arah, yaitu melalui Dalopo, dan melalui Pagotan. Namun kami rekomendasikan untuk pengunjung yang akan berkunjung untuk melewati jalan melalui Dalopo. Karena medan jalan yang diberikan lebih mulus dari pada melalui Pagotan.

Jam Buka Watu Rumpuk

Mengenai Jam Buka Watu Rumpuk mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB pada hari senin – sabtu dan pukul 07.30 – 18.00 WIB pada hari minggu.

Tiket Watu Rumpuk

Harga tiket masuk wisata Watu Rumpuk:

  • untuk hari biasa Rp 6.000,
  • akhir pekan dan hari libur Rp 10.000,-.
  • Biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor
  • Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Watu Rumpuk

Fasilitas Gazebo Di Watu Rumpuk
Fasilitas Gazebo Di Watu Rumpuk. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola Watu Rumpuk adalah lahan parkir yang luas, toilet yang bersih, kuliner murah, taman bunga yang indah. Ada juga fasilitas wisata berupa spot foto yang dapat memanjakan pengunjung yang ingin mengabadikan momen di sana.


Leave a Comment