Wisata Bahari Lamongan, Liburan Lengkap Untuk Keluarga

Kota Lamongan yang terkenal akan batik ini ternyata menyimpan tempat wisata seru. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa Utara mampu dimanfaatkan dengan baik. Salah satu gebrakan yang populer yaitu Wisata Bahari Lamongan.


Sebagai obyek wisata dengan fasilitas lengkap dan harga tiket yang terjangkau. Sehingga saat ini WBL menjadi tujuan tempat wisata utama  di Lamongan.  Dengan luas lahan seluas 11 hektar, wisata bahari Lamongan memiliki puluhan wahana yang mengasyikkan.

Berwisata di Wisata Bahari Lamongan seakan masuk ke kantor perijinan satu atap. Mau ngurus ijin apa aja bisa di tempat itu. Demikian juga di lokasi wisata ini, mau main di wahana apa saja, ada di lokasi ini.

Space-Shattle-a
Wisata Bahari Lamongan. Image via: maharanizoo.com

Wahana wisata keluarga, wahana wisata adrenalin, wahana wisata berburu foto cantik, wahana imajinatif, wahana olahraga, pokoknya Palugada. Apa lo mau Gua Ada.

king donut boat
King Donat boat. Image via: @wisatabaharilamongan

Selain itu di Wisata bahari Lamongan juga terdapat play ground remaja, panggung gembira dan arena ketangkasan bagi anda yang suka nonton, di sini juga terdapat bioskop 3D yang akan memberikan sensasi menonton yang berbeda.

Jadi sangat lengkap. Bahkan jika dihitung-hitung mungkin di lokasi ini ada lebih dari 60-an wahana permainan.

Lokasi Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan dibangun di lokasi yang dahulu dikenal dengan nama Pantai Tanjung Kodok. Secara administratif lokasi wisata bahari Lamongan berlokasi di Kecamatan Paciran, Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Wisata Bahari Lamongan

Jika berangkat dari Surabaya, pengunjung dapat menuju ke Wisata bahari Lamongan melalui Jalan Tol Surabaya-Gresik ke arah Manyar. Setelah keluar dari Tol Manyar, ambil jalur ke arah kiri lalu ikuti jalur pantai utara menuju Sidayu, Panceng, kemudian Paciran. Setelah itu, kamu akan menemukan lokasi Wisata Bahari Lamongan.

Untuk pengguna sepeda motor, tidak perlu khawatir karena jalanan yang kamu tempuh tidak terlalu ekstrim dan tergolong aman, sehingga dapat menikmati perjalanan dengan santai.

rotary coaster
Rotary coaster. Image via: @wisatabaharilamongan

Tiket Masuk Wisata Bahari Lamongan

Untuk harga tiket masuk wisata bahari Lamongan tidak begitu mahal dibandingkan dengan fasilitas yang tersedia. Berikut rincian harganya :

  • Hari Senin – Kamis 60.000,00
  • Hari Sabtu dan Minggu 80.000,00

Jam Buka Wisata Bahari Lamongan

Jam buka wisata bahari Lamongan 08.30 – 16.30

Oh ya, jika tidak ingin terlalu ramai, usahakan jangan datang pada musim liburan Wisata Bahari Lamongan yaitu sekitar 18 Desember hingga 5 Januari.

Fasilitas Wisata Bahari Lamongan

Sama halnya dengan objek wisata pada umumnya, harga tiket Wisata Bahari Lamongan juga sudah termasuk hak untuk memanfaatkan fasilitas publik. Fasilitas publik yang bisa menunjang keseruan aktifitas  pengunjung selama menikmati puluhan wahana yang ada meliputi: Gazebo, Area bermain anak, Area kuliner, Mushola, Toilet umum, dan Ruang ganti

10 Wahana Paling Populer di Wisata Bahari Lamongan

Dari puluhan wahana wisata yang ada di Wisata Bahari Lamongan, mereka dikelompokkan dalam 2 golongan, Golongan gratis dan golongan berbayar.

playground pasir pantai
Playground pasir pantai. Image via: wisatabaharilamongan.com

Wahana golongan gratis, maksudnya untuk menikmati wahana ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan selain dari yang sudah dibayarkan saat membayar tiket masuk. Wahana kelompok ini ada: Rotary coaster rumah, sakit hantu, Wali Songo, kano, Waterboom, kolam renang, playground Pasir Pantai, permainan air, Goa insektarium, sarang bajak laut, galeri kapal dan kerang, rumah kucing, Mini bumper boat, bioskop 3 dimensi, paus dangdut, dropzone, crazy Car, Istana Boneka, Ranger, speed flip, dan log flume.

Untuk wahana berbayar, pengunjung mesti mengeluarkan biaya tambahan saat kana menikmati wahana ini. Biaya yang dikeluarkan berbeda beda sesuai dengan pilihan wahana dan lama waktu yang diinginkan. Wahana berbayar ini terdiri dari: Flying fox Rp 25.000, A TV Rp 15.000 untuk 2 lap, sepeda air Rp 10.000 untuk 5 menit, banana boat Rp 225.000, King Donut Boat Rp 200.000, long boat Rp 25.000 Aqua Shutle Boat Rp 225.000, Water Ball Rp 20.000 untuk 3 menit, Go Kart Rp 25.000 per lap, dan terakhir arena panahan Rp. 5.000.

1. Rumah Sakit Hantu

rumah sakit hantu
Rumah Sakit Hantu. Image via: @soli_saroso

Setiap harinya, banyak orang yang berkunjung ke Rumah Sakit Hantu itu untuk melihat penampakan hantu- hantu itu. Di rumah sakit hantu yang di bagian depan tampak pajangan boneka dokter dan perawat. T erdapat Ruangan -ruangan yang cukup panjang, luas dan lebar dengan cahaya lampu yang temaram.

Di dalamnya dipasang beraneka jenis hantu seperti Kuntilanak, Pocong, Genderuwo,  suster ngesot, mumi, zombie, Dracula dan sebagainya.

Hantu-hantu itu terbuat dari manekin yang dipoles sedemikian rupa sehingga wajah nya menyerupai hantu. Dengan  dilengkapi kostum dan berbagai  property dan ilustrasi ala dunia hantu yang menyeramkan seperti kuburan, keranda, kotak mayat, kamar jenazah dan sebagainya.

2. Anjungan Wali Songo

anjungan-wali-songo
Anjungan wali songo. Image via: www.pubinfo.id

Pada Anjungan Walisongo Wisata Bahari Lamongan dikenalkan situs-situs yang mengingatkan sejarah Walisongo dalam bentuk miniatur.

Replika situs bersejarah seperti Gapura Padhuraksa bersayap (Bukit Kapur Lamongan), Cungkup Makam Sunan Giri, Menara Kudus, Mushola Kasan Besari Tegalsari, dan makam-makam walisongo seperti Sunan Kalijaga, Sunan Ampel, Sunan Gunungjati juga ada di tempat itu, yang tentu dalam bentuk miniatur.

Replika miniatur juga dibuat persis untuk menggambarkan situasi yang sesungguhnya. Semisal pada miniature Masjid dan Makam Sunan Ampel. Di serambi masjid diletakkan beberapa replika miniatur orang-orang yang tengah berziarah. Masjid pun dibuat apik, di mana sirap (atap) juga dibuat sangat mirip dengan aslinya.

3. Water Boom

waterboom
Waterboom. Image via: wisatadunia.net

Terdiri berbagai model water slide dengan ketinggian hingga 20 meter, pengunjung bisa memilih terjun ke air dengan pose dan gaya sesuai mood yang sedang mewarnai suasana hati.

Wahana ini cocok untuk yang ingin santai-santai sambil menikmati suasana di dalam waterboom. Pengunjung juga bisa merasakan ditumpahi air berliter-liter dengan Water Bucket. Hanya tunggu dan berdiri tepat di bawah satu ember berisi puluhan liter air tumpah dan menghujam ke seluruh area kolam, mengguyur setiap pengunjung.

Memilih bersantai dengan suasana yang menyenangkan, Waterboom adalah pilihan yang tepat untuk kamu pecinta air. Jadi jangan lewatkan kesempatan mencoba Waterboom saat berkunjung ke lokasi ini.

4. Playground Pasir Pantai

Pasir pantai yang halus dan berwarna putih kecoklatan juga bisa digunakan untuk berbagai permainan maupun olahraga pantai. Di lokasi ini disediakan berbagai macam peralatan untuk mendukung kegiatan main pasir pantai.

Untuk pengunjung yang mengajak anak kecil, bermain pasir sangat bagus untuk mereka. Melalui bermain, secara bertahap dapat meningkatkan kreativitas si Kecil, termasuk saat mereka bermain pasir. Imajinasi si Kecil akan terlatih saat mereka bersemangat membuat gambar atau lukisan di pasir, membangun benteng atau bentuk lainnya.

5. Paus Dangdut

paus-dangdut-wahana-wisata-lamongan
Paus dangdut. Image via: mytrip123.com

Paus Dangdut adalah wahana permainan yang berbentuk ikan paus pembunuh (killer whale), dengan beberapa tempat duduk di atasnya. Anda akan dibawa bergoyang-goyang beberapa meter di atas tanah, layaknya sedang berada di atas seekor ikan paus yang sedang berenang di laut.

6. Crazy Car

Crazy Car adalah permainan mobil-mobilan yang berjalan di atas rel dengan jalur yang berkelok-kelok dan naik turun, layaknya arena roller coaster, gitu. Satu mobil-mobilan akan dinaiki oleh 2 orang.

Yang bikin adrenalin lebih mencuat lagi adalah, background dari Crazy Car ini adalah laut yang terbentang luas. Jadi saat berada pada puncak paling atas rel, yang kebetulan lajunya mengarah ke laut, kita berasa mau terjun bebas ke laut. Kalau kamu naik Crazy Car, yang merasa lebih lemah lebih baik ambil posisi belakang saja. Kalau ambil posisi di depan, persiapan nyali harus dua kali lipat lebih besar dari yang berada di posisi belakang.

7. Ranger

Ranger
Ranger. Image via: situstravelmurah.com

Pengunjung akan dibuat jungkir-balik, berputar 360° dari bawah ke atas juga sebaliknya. Dimulai dengan ayunan-ayunan pelan, dan perlahan ayunannya akan bertambah semakin cepat sampai pengunjung benar-benar merasa helpless, bunyi teriakan terdengar di antara degup jantung yang melaju semakin kencang.

Pengunjung dibuat terbalik balik  Seperti kelelawar, kakinya bergelantungan di atas dan kepala bebas menjulang ke arah tanah. Dalam keadaan yang tidak berdaya dan terpenjara di balik terali besi, pengunjung akan dibuat berputar-putar dengan arah berlawanan selama kurang lebih 3 menit dan sebanyak 3 kali putaran.

8. Speed Flip

Cara kerja Speed Flip ini nggak jauh beda sama Ranger. Bedanya kalau Ranger, pengunjung akan diarahkan untuk menaiki tempat yang dikelilingi oleh terali besi. Sedangkan Speed Flip ini akan mengarahkan pengunjung untuk menempati cabang-cabang ranting yang mengelilingi permainan tersebut tanpa penutup sama sekali.

Setelah semua pengunjung siap dan pasti aman, mulai perlahan badan mereka akan dibuat berputar-putar 360° sekaligus diaduk-aduk layaknya adonan kue di bawah kendali mixer. Kalau lagi mutar ke atas berasa mau nabrak atap, dan kalau lagi mutar ke bawah berasa mau nabrak lantai.

9. Flying Fox

Flying fox
Flying Fox atas laut. Image via @wisatabaharilamongan

Kalau biasanya Flying Fox itu bisa dinikmati di atas area pegunungan, bukit, sungai dan hutan, Flying Fox di Wisata Bahari Lamogan ini bisa kita nikmati di atas permukaan laut yang membentang luas dengan jarak kurang lebih 200 meter.  Titik start Flying Fox terletak di daratan, tapi lintasannya berada di atas laut.

Tidak ada yang terlalu dikhawatirkan dari permainan ini. Merasa senang malah, karena kita bisa menikmati pemandangan yang indah di sekitar Wisata Bahari Lamongan dengan pandangan lepas tanpa batas.

10. King Donut Boat

Melihat namanya saja pasti sudah dapat dibayangkan wahana macam apa King Donut Boat ini. Wahana ini berbentuk seperti donut yang dapat dinaiki bersama-sama. Anda akan dibawa mengapung di atas perairan.

Wahana ditarik dengan speed boat berkecepatan tinggi. Dan sengaja diliak liukan. Sehingga pengunjung akan terpental pental dan sampai terpelanting jatuh dari donut. Namun tidak berbahaya, justru di sana letak keseruan wahana ini.

gokart
Gokart. Image via: @wisatabaharilamongan

Objek Wisata Dekat Wisata Bahari Lamongan

Objek wisata ni berada di jalur pantai utara Surabaya-Tuban, serta berada di dekat sejumlah objek wisata andalan di Jawa Timur, di antaranya Gua Maharani, Makam dan Museum Sunan Drajat, Makam Sunan Sendang Duwur, dan Tanjung Kodok Resort.

Tidak jauh dari WBL, sekitar 5 kilometer ke arah timur, sudah dioperasikan kawasan berikat yang dikenal dengan Lamongan Shorebase (LS). Sekitar 6 kilometer arah barat terdapat Pelabuhan Perikanan Nusantara di Kecamatan Brondong dengan tempat pelelangan ikan yang sangat dikenal di Jawa Timur.

Sekian pembahasan nativeindonesia.com mengenai lokasi wisata tepi laut di Lamongan ini. Semoga bisa dijadikan penyemangat untuk segera mengunjungi lokasi ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment