Liburan Ke Lokasi Air Terjun Bah Biak, Jalan Menuju Keindahan Alam

Nama sebuah lokasi dimapun adanya syarat dengan nilai filosofis, sejarah, maupun karena letak geografisnya. Seperti nama sebuah desa di Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun.

Nama desa tersebut adalah Desa Bah Butong, menurut masyarakat sekitar kata “Bah” berarti air, dan kata “Butong” yang berarti banyak.

Nama tersebut disematkan karena lokasinya yang dikelilingi oleh sungai-sungai, dan sebuah air terjun yang sudah ada dari sejak zaman dahulu, namanya Air Terjun Bah Biak.

Air Terjun Bah Biak
Air Terjun Bah Biak. Sumber : samajanad.blogspot.com

Air Terjun Bah Biak terletak di kawasan Kebun Teh Bah Butong atau disebut juga Kebun Teh Sidamanik. Bagi sebagian orang tentu saja tidak akan menyangka bahwa di kawasan kebun teh tersebut terdapat sebuah terjun yang sangat elok.

Air Terjun Bah Biak Berada Di Kawasan Kebun Teh Bah Butong
Air Terjun Bah Biak Berada Di Kawasan Kebun Teh Bah Butong. Sumber : www.kompasiana.com

Hari – hari biasa saja banyak masyarakat yang berkunjung ke lokasi Air Terjun Bah Biak, apalagi pada saat hari libur. Penasaran kenapa air terjun ini begitu memikat mata para wisatawan? Yuk kita intip pesona keindahannya.

Pesona Keindahan Air Terjun Bah Biak

Letak Air Terjun Bah Biak di kawasan kebun teh dan perkebunan kopi, menjadikan lokasi wisata ini sangat cocok bagi mereka yang sudah penat dengan nuansa kota dan tumpukan pekerjaan yang tiada hentinya.

Udaranya sangat menyejukan, panorama pemandangan sekitar Air Terjun Bah Biak semakin memanjakan mata yang melihat.

Panorama Air Terjun Bah Biak Yang Memanjakan Mata
Panorama Air Terjun Bah Biak Yang Memanjakan Mata. Sumber : dolanyok.com

Lokasi Air Terjun Bah Biak tidak jauh dari lokasi parkiran. Dan jalur untuk menuju lokasi Air Terjun Bah Biak sudah tertata dengan baik.

Setelah dari lokasi parkiran, para wisatawan mulai menuruni tangga yang sudah berbentuk tembok, bukan tanah. Namun tetap saja harus berhati=hati.

Tangga Menuju Lokasi Air Terjun Bah Biak
Tangga Menuju Lokasi Air Terjun Bah Biak. Sumber : www.mozafir.com

Selama menyusuri jalur menuju Air Terjun Bah Biak, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan air yang mengalir deras nan jernih.

Di sisi lain, pepohonan dan hijaunya rerumputan menjadikan keteduhan bagi mereka yang sedang berjalan menuju lokasi utama.

Ketika anda melihat banyaknya warung yang berjajar menjual makan, minuman, kaos, celana, serta ban pelampung, maka itu sebuah pertanda bahwa anda sudah dekat dengan lokasi Air Terjun Bah Biak. Lokasi Air Terjun Bah Biak berada tepat di depan warung-warung tersebut.

Sebagai catatan tambahan, lokasi wisata Air Terjun Bah Biak sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, dan wisata edukasi.

Wisata keluarga Di Air Terjun Bah Biak
Wisata keluarga Di Air Terjun Bah Biak. Sumber : seputarkota.com

Ragam Aktivitas Di Air Terjun Bah Biak

Setelah sampai di lokasi wisata Air Terjun Bah Biak, maka ada beberapa ragam aktivitas yang bisa dilakukan dan dinikmati oleh para pengunjung. Diantaranya :

1. Bermain Air Dan Berenang

Kebanyakan anak-anak yang ikut ke lokasi wisata Air Terjun Bah Biak, rata-rata mereka tidak sabar untuk langsung mencoba kesegaran kolam renang yang ada di dekat lokasi air terjun.

Kolam tersebut sudah dilengkapi dengan perosotan yang langsung menuju ke kolam renang, layaknya di kolam renang biasa.

Ragam Wisata Di Air Terjun Bah Biak
Ragam Wisata Di Air Terjun Bah Biak. Sumber : www.youtube.com

Air kolam renang tersebut berasal dari Air Terjun Bah Biak yang jernih dan menyegarkan. Dan lihatlah raut muka anak anda akan takjub saat melihat pertama kali air terjun ini.

Di lokasi tersebut sudah ada tempat yang menyewakan ataupun menjual ban pelampung dengan bentuk yang unik.

2. Spot Foto

Selain bermain air, maka Air Terjun Bah Biak menjadi lokasi yang tepat untuk mengisi konten media sosial dengan hunting foto, dan vlog yang sangat instagrammable.

Spot Foto
Spot Foto. Sumber : wisatasumutterbaru.blogspot.com

Sejarah Singkat Kebun Teh Bah Butong

Karena letak Air Terjun Bah Biak berada di kawasan Kebun Teh Bah Butong atau disebut juga Kebun Teh Sidamanik, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai kebun teh ini.

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung terkait tangga dan air terjun yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dan itu benar adanya, karena lokasi kawasan Kebun Teh Sidamanik atau Kebun Teh Bah Butong juga sudah sangat berumur.

Pesona Keindahan Kebun Teh Bah Butong
Pesona Keindahan Kebun Teh Bah Butong. Sumber : kota-medan-sumut.blogspot.com

Kawasan Kebun Teh Bah Butong dibuka pada tahun 1917 oleh Nederland Hand Maskapai (NV.NHM). jadi kalau dihitung sampai sekarang, maka umur kebun teh ini 103 tahun.

Kemudian pada tahun 1927 didirikanlah pabrik pertama di lokasi ini, namun baru bisa beroperasi pertamakali di tahun 1931.

Kebun Teh Bah Butong Sejak 1917
Kebun Teh Bah Butong Sejak 1917. Sumber : www.youtube.com

Dan kini kawasan Kebun Teh Sidamanik ini di bawah pengelolaan PTPN IV dengan Hak Guna Usaha kebun ini sekitar 2.684 hektar.

Kualitas teh Sidamanik sangat nikmat dan sudah sangat terkenal ke beberapa negara. diantaranya : Jerman, Belanda, Irlandia, Inggris, Italia, Prancis, dan Spanyol.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Bah Biak

Lokasi dan alamat  Air Terjun Bah Biak berada di Desa Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara – Indonesia.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Bah Biak

Rute atau jalan menuju Air Terjun Bah Biak jika dari Pematang Siantar adalah :

Pematang Siantar, kemudian menuju simpang Sidamanik. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Desa Bah Butong sampai kepada Tugu Bah Butong.

Dari sana anda akan melihat papan penunjuk arah menuju Air Terjun Bah Biak, dan selanjutnya anda akan menyusuri jalur yang harus dilewati dengan jalan kaki menyusuri anak tangga.

Jarak dari Pematang Siantar menuju lokasi Air Terjun Bah Biak sekitar 15 kilometer. Dan letak Air Terjun Bah Biak berada di kawasan PTPN IV Bah Butong Sidamanik.

Jarak dari lokasi parkiran menuju lokasi Air Terjun Bah Biak sekitar 300 meter.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bah Biak

Harga tiket masuk Air Terjun Bah Biak adalah :

  • Tiket Masuk                : Rp. 2.000 per orang
  • Parkir Motor               : Rp. 5.000 per unit
  • Parkir Mobil                : Rp. 10.000 per unit

Jam Operasional Air Terjun Bah Biak

Jam operasional Air Terjun Bah Biak buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Bah Biak

Jika kalian hendak menginap dilokasi yang dekat dengan Air Terjun Bah Biak, maka lokasi penginapannya berada di dekat kawasan kebun teh milik warga sekitar.

Selain itu kalian juga bisa mendapatkannya di daerah Sidamanik. Ragam harga dan fasilitasnya tergantung kalian sendiri ya maunya yang mana…

Tips Wisata Menuju Air Terjun Bah Biak

Ada beberapa tips wisata bagi kalian yang berencana menghabiskan waktu liburan di lokasi Air Terjun Bah Biak, yaitu :

  • Baiknya berkunjung ke sana tidak di musim hujan, cuaca yang cerah akan sangat mendukung kalian untuk dapat menikmati ragam wisata yang ada di sana.
  • Bawalah baju ganti, karena di lokasi Air Terjun Bah Biak kalian akan tergoda untuk bermain air. tak lengkap rasanya jika ke Air Terjun Bah Biak tanpa bermain air.
  • Selalu awasi anak anda saat bermain air
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan protokol kesehatan yang telah diteapkan oleh pemerintah dan pihak pengelola.
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Jangan merusak lingkungan sekitar
  • Dan yang terakhir, selalu ciptakan kondisi yang nyaman dan bahagia selama di perjalanan dan di lokasi Air Terjun Bah Biak. Eit… itu kamera jangan lupa dibawa juga ya…

Penutup

Para leluhur kita sejak dahulu mengajarkan kita untuk menghormati kepada mereka yang lebih tua, dan menyayangi kepada yang usianya di bawah kita.

Begitu juga dengan alam, hormati dan sayangi alam sekitar kita. Karena alam hadir untuk menyempurnakan harmoni kehidupan umat manusia dan untuk menciptakan keseimbangan.

Selamat berlibur, dan tetaplah bersyukur….

Baca juga:

Leave a Comment