Bah Damanik, Pemandian Keluarga Raja yang Kini Merakyat

Pemandian Bah Damanik merupakan lokasi wisata air yang sangat unik dengan air yang jernih serta pasit putihnya. Selain merasakan kesegaran airnya yang jernih pengunjung juga akan disuguhkan dengan panorama alam indah yang terbentuk secara alami.

Pemandian Bah Damanik tidak hanya menawarkan air yang jernih dengan pasir yang putih dan juga segar. Tapi juga menawarkan keindahan alam yang alami
Bah damanik. Image via: idntimes.com

Pada zaman dulu lokasi pemandian ini merupakan tempat mandi raja Damanik beserta keluarganya. Sekarang, selain menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan, lokasi ini juga merupakan irigasi untuk pengairan persawahan warga.

Kemudian, pemandian ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan saking jernihnya sampai-sampai warga pun mengklaim bahwa air ini bisa langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. hal ini dikarenakan hingga saat ini pengelola area ini yang merupakan keturan raja Damanik senantiasa menjaga kelestarian wilayah ini.

Tempat ini bukan hanya cocok bagi orang dewasa saja tetapi juga cocok buat anak-anak bagi anda yang sudah memiliki keluarga dan membawa anak tidak masalah karena pemandian air manik tidaklah terlalu dalam dan juga airny sangat jernih.

Menikmati ketenangan alam di pemandian bah damanik.
Menikmati ketenangan. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Objek wisata di Simalungun

Lokasi Bah Damanik

Wisata pemandian Bah Damanik terletak di Desa Huta Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Lokasi pemandian Bah Damanik juga area yang berada di kawasan perkebunan teh PTPN Sidamanik.

Rute Menuju Bah Damanik

Bagi pengunjung yang memulai perjalanan dari Kota Medan melakukan perjalanan menuju Pematangsiatar lalu lanjutkan ke Sidamanik. Ikutilah jalur ini selama kurang lebih 30 menit hingga sampai di lapangan desa Huta Lama atau pasar SIdamanik.

Setelah itu, lanjutkan kembali perjalanan Simatahuting sejauh kurang lebih 700 meter hingga menemukan penunjuk arah menuju pemandian Bah Damanik.

Jam Buka Bah Damanik

Pemandian bah damanik buka setiap hari. Mulai pagi hari di jam 09.00 hingga tutup di sore hari pada jam 17.00.

Tiket Bah Damanik

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam di pemandian Bah damanik segan harga yang terjangkau. Biaya tiket masuk pemandian ini hanya sebesar Rp 7.000 saja.

Fasilitas Bah Damanik

Pemandian Bah Damanik menyediakan beberapa fasilitas yang mendukung. Seperti gazebo untuk beristirahat, kamar mandi, tempat berganti baju, dan juga cukup banyak warung yang menjajakan makanan atau minuman.

Di bah damanik tersedia semacam gubuk untuk tempat duduk-duduk bagi untuk para pengunjung serta tempat berteduh pada saat hujan turun. Di lokasi ini kira bisa melihat ukiran-ukiran gambar buatan sendiri pengelola air manik.

Daya Tarik Bah Damanik

  1. Wisata Menyegarkan

Pemandian bah damanik memiliki air yang sangat jernih
Bening. Image via: trisuci.com

Simak juga: Bersua Orang Utan di Tanjung putin Kalimantan

Kawasan wisata pemandaian Bah Damanik merupakan lokasi wisata yang asyik dan seru dengan pamandangan alamnya yang masih asri. Terlebih air kolam yang jernih akan nampak biru sehingga sebelum mencebur pengunjung bisa merasakan kesejukannya.

Selanjutnya, pepohonan rindang yang mengelilingi pemandian ini akan semakin membuat pengunjung merasa betah. Kesegaran air serta udaranya akan sangat terasa karena teriknya sinar matahari akan terhalang oleh pepohonan tadi.

Siapa sangka jika pada saat berendam di pemandian ini, pengunjung bisa sesekali menjumpai monyet-monyet yang sesekali menampakan dirinya. Monyet-monyet ini biasanya bergelantungan di pepohonan yang ada di pinggir pemandian.

Selain itu, objek wisata ini sudah dilengkapi dengan area kemah yang terdapat di ujung pemandian. Pengunjung bisa bersenang-senang sambil menyantap hidangan barbeque maupun ikan bakar. Terlebih pengunjung bisa menangkap ikan yang ada di ujung perairan ini.

Camping di Bah Damanik.
Camping di Damanik. Image via: sumut.idntimes.com

Walaupun disebut sungai sebenarnya tempat ini tidak begitu panjang. Tempat ini menyerupai sebuah kolam, karena air mengalir begitu sangat pelan, seperti bukan sungai biasanya. Jika dilihat dari kejauhan mirip sebuah kolam renang. Hal Inilah yang menjadi keunikan tersendiri yang menarik pengunjung.

  1. Sejarah Zaman Kerajaan

Sejarah Pemandian Aek Manik sebelum menjadi pemandian dan sebagai sumber irigasi sawah warga, tempat wisata pemandian Bah Damanik merupakan tempat pemandian raja Damanik dan keluarganya.

jalan menuju pemandianbah damanik melalui tangga
Tangga ke pemadian. Image via: yusufsitumorang7

Simak juga: Pantai Kasap, raja ampat di Pacitan

Oleh sebab itu mengapa hingga sekarang pemandian Aek Manik Simalungun Sumatra Utara masih terjaga kebersihan dan kelestariannya. Hingga saat ini kawasan pemandian masih dijaga dan dikelola oleh keturunan raja Damanik.

Makanya wisata ini disebut juga Bah Damanik, bila ditelaah makna Bah dan Aek berarti air dari bahasa Batak.

Terlihat dinding kolam seperti ada bebatuan alami ukiran relief menghiasi sisi dinding yang terlihat sudah kusam berlumut. Ada pancuran aliran air dari atas membawa air bersih dari pegunungan terlihat begitu segar.

Bahkan konon menurut warga setempat, Sangking bersihnya, air itu dapat diminum tanpa di masak terlebih dulu.

  1. Main Rakit

Salah satu yang menarik di tempat ini, tersedianya rakit untuk para pengunjung
Rakit. Image via: explorewisata.com

Salah satu yang menarik di tempat ini, tersedianya rakit untuk para pengunjung. Jika ingin, pengunjung bisa menerangkan kepada anak-anak arti pepatah “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian” dengan ‘alat peraga’ yang disediakan pengelola tempat ini.

Seperti terlihat umum dilakukan oleh pengunjung, mereka bersama teman-temannya mengunjungi pemandian Bah Damanik karena ada rakit yang bisa digunakan sambil mandi-mandi. Ada yang mengaku Sekali seminggu, sama kawan-kawan mandi-mandi ke lokasi ini.

Alasan mereka karena Airnya dari pancur mata air, sejuk.  Juga alasan lain adalah keberadaan rakit. Pengunjung mengakui, bahwa dengan adanya rakit, membuat tempat ini jadi khas. Untuk pemakaian tempat ganti pakaian, rakit, pelampung dari ban, tidak dipungut biaya lagi, alias gratis.

bermain rakit bersama teman teman di bah damanik
Dengan rakit. Image via: magazine.job-like.com

Simak juga: Danau Kaco yang imut nan cantik

Tips Mengunjungi Bah Damanik

Area wisata Bah Damanik hingga kini masih dalam tahap pengembangan sehingga kedai penjual makanan m=belum tersedia. Oleh karena itu bawalah bekala makanan pada saat berkunjung ke kawasan ini.

Selain itu, sebelum menikmati kesegaran air pemandian ini titipkanlah barang-barang berharga bawaan agar terjaga keamanannya kepada warga sekitar.

Lingkungan hijau merupakan ciri khas dari bah damanik
Lingkungan hijau. Image via: tripelaketoba.com

Simak juga: Perahu langit di Jurang Tembelan

Objek Wisata Dekat Bah Damanik

Selain pemandian Bah Damanik, Simalungun juga punya Umbul Manigom Nauli. Kejernihan air yang menyebul dari bebatuan dan kealamian Umbul Manigom sempat vira di media sosial. Aksesibilitas belum cukup memadai, jadi lebih baik menggunakan kenderaan roda dua.

Kalau mencari lokasi wisata yang dekat dengan Bah DAmanik, yang terdekat tentu Perkebunan Teh Sidamanik. Panorama bak permadani hijau diPerkebunan Teh Sidamanik teramat instagramable. Hebatnya lagi pengunjung tidak  dipungut retribusi.

Jadi kapan anda punya waktu buat menjajal sensasi berendam dia pemandian kerajaan di Sumatera Utara ini?

Pastikan pemandian Bah DAmanik,s ebagai objek yang di jajal, ketika berkunjung ke ProvinsiSumatera Utara.

Baca juga:

Leave a Comment