Danau Kaco, Kilauan Danau Di Tengah Hutan

Danau Kaco merupakan danau yang sangat indah, apalagi jika kamu melihatnya ketika bulan purnama. Karena pada waktu itu, Danau Kaco akan memancarkan cahaya yang cukup terang.

Selain itu danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah, airnya yang berwarna biru jernih membuat siapa saja yang melihatnya tak sabar untuk segera mandi.

Danau Kaco hanya memiliki luas sekitar 90 meter persegi, meskipun tak terlalu luas namun keindahan danaunya dapat memukau siapa saja. Airnya sangat jernih sekali hingga kamu dapat melihat ke dasar kolamnya.

Lokasi wisata yang satu ini merupakan salah satu wisata favorite di Kerinci, yang datang mengunjungi Danau Kaco bukan hanya dari sekitar Kerinci saja loh.

Simak juga: 10 objek mempesona di Jambi

Menikmati Keindahan Danau Kaco
Menikmati Keindahan Danau Kaco. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak ulasan lengkap mengenai Danau Kaco berikut ini:

Lokasi Danau Kaco

Lokasi Danau Kaco berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), tepatnya berada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Rute Menuju Danau Kaco

Rute menuju Danau Kaco jika kamu mulai bergerak dari Kota Jambi, kamu akan melakukan perjalanan hampir 10 jam dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Sungai Penuh. Setelah itu lanjutkan perjalananmu untuk menuju Desa Lempur.

Perjalanan menuju Danau Kaco sebaiknya menggunakan sepeda motor karena jalannya yang tidak terlalu lebar, kamu akan melewati area pesawahan miliki warga.

Kilauan Indah Danau Kaco
Kilauan Indah Danau Kaco. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Trekking Ke Danau Kaco

Untuk dapat menikmati keindahan Danau Kaco, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Dengan menyusuri jalan setapak di tengah rindangnya pepohonan.

Jalan yang dilalui cukup berbatu dan agak sedikit menanjak, di sepanjang perjalanan yang terlihat hanyalah hijaunya pepohonan serta ada beberapa pohon yang tinggi.

Trekking yang dilalui cukup berat, kondisi jalan yang tidak rata dan akan berlumpur jika habis turun hujan. Untuk tiba di Danau Kaco kamu akan menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam. Namun hal tersebut tergantung pada kecepatan berjalan dan waktu istirahat yang digunakan.

Rasa lelah yang dirasakan akan terbayar lunas dengan keindahan Danau Kaco yang memanjakan mata, tak sia-sia peluhmu bercucuran.

Trekking Menuju Danau Kaco
Trekking Menuju Danau Kaco. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Panorama indah Jurang Tembelan Jogja

Jam Buka Danau Kaco

Jam operasional Danau Kaco dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam nonstop. Namun mengingat harus melalui hutan belantara yang belum disertai dengan lampu penerangan yang memadai, alangkah baiknya jika datang ketika matahari masih bersinar.

Tiket Danau Kaco

Tiket masuk Danau Kaco belum ditentukan alias gratis, kamu dapat mengeksplore keindahannya tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Mungkin, kamu hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan yang kamu bawa saja.

Fasilitas Danau Kaco

Fasilitas umum yang ada di Danau Kaco belum tersedia apa-apa, yang sudah ada hanyalah area parkir saja. Sedangkan untuk fasilitas lainnya belum ada, karena lokasi wisata yang satu ini berada di tengah hutan belantara.

Daya Tarik Danau Kaco

Meskipun untuk menuju Danau Kaco kita harus melakukan perjalanan yang tidak mudah, danau ini selalu saja dikunjungi oleh banyak wisatawan yang dari dari berbagai daerah bukan hanya dari Kerinci saja. Karena Danau Kaco memiliki daya tarik seperti:

1. Danau Unik Nan Indah

Jernihnya Air Danau Kaco
Jernihnya Air Danau Kaco. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika kamu melihat Danau Kaco untuk pertama kalinya, kamu akan merasa takjub akan keindahan serta kejernihan air dari danau tersebut.

Birunya air danau seakan menghipnotis kamu untuk segera menceburkan diri ke dalam air. Danau Kaco ditinggali oleh ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari dengan bebasnya.

Terdapat sebatang kayu yang cukup besar di samping danau, yang dapat kamu gunakan untuk sekedar duduk-duduk memandangi Danau kaco yang indah tersebut.

Danau Kaco memang terlalu besar namun jika kamu ingin berenang di danau tersebut, haruslah berhati-hati karena sampai saat ini belum diketahui berapa kedalamannya.

Panorama Alam Yang Tiada Duanya
Panorama Alam Yang Tiada Duanya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika ingin berenang atau sekedar bermain air, dapat kamu lakukan di area pinggir danaunya. Karena di sana tak terlalu dalam.

Selain memiliki keindahan yang luar biasa, ternyata Danau Kaco menyimpan hal unik lainnya. Yakni ketika bulan purnama atau setiap malam tanggal 15 penanggalan hijriyah, Danau Kaco dapat memancarkan cahaya terang.

2. Camping

Kemah di tepi danau Kaco memungkinkan untuk menikmati keindahan dengan lebih paripurna.
Kemah di tepi danau. Image via: @jejakpalala

Simak juga: Keindahan Curug Citambur

Jika kamu ingin menikmati keindahan Danau Kaco lebih lama atau bahkan ingin melihat cahaya indah yang memancar ketika bulan purnama tiba, kamu dapat melakukan kegiatan berkemah di sekitar Danau Kaco.

Kamu dapat mendirikan tenda di lokasi sekitar Danau Kaco, dan menghabiskan malam hanya dengan ditemani suara serangga yang silih bersahutan sepanjang malam.

Serta kamu dapat melihat keunikan Danau Kaco dengan mata kepala kamu sendiri. Hal tersebut merupakan pengalaman yang tak mungkin dapat kamu lupakan.

3. Hunting Foto

Mengabadikan Keindahan Danau Kaco
Mengabadikan Keindahan Danau Kaco. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kegiatan selanjutnya yang harus kamu lakukan ketika berada di Danau Kaco yakni hunting foto yang kece badai untuk kamu posting di berbagai media sosial yang dimiliki.

Banyak pengunjung yang berfoto bersama birunya Danau Kaco, dan kamu pun tak boleh melewatkan hal tersebut. Biarkan orang lain ikut menyaksikan keindahan dari Danau Kaco ini.

Legenda Atau Mitos Danau Kaco

Terdapat sebuah kisah haru dibalik keindahan dan kemilaunya Danau kaco. Pada zaman dahulu hiduplah seorang raja yang bernama Raja Gagak, raja tersebut mempunyai seorang anak yang sangat cantik jelita.

Putri tersebut bernama Putri Napal Melintang, kecantikan yang dimilikinya memikat setiap pangeran yang ada pada masa itu, sehingga para pangeran pun mencoba untuk mempersunting sang putri.

Pangeran-pangeran yang datang menitipkan sebuah upeti sebagai tanda ikatan janji, karena ketamakannya Raja Gagak pun menerima semua upeti yang diberikan oleh para pangeran yang datang.

Hingga suatu waktu Sang Raja bingung harus memilih untuk menerima yang mana, sampai akhirnya Sang Raja membawa lari putrinya ke tengah hutan. Kemudian semua upeti atau titipan yang diberikan disimpan di dasar Danau kaco.

Namun ada pula kisah yang menyebutkan, bahwa Sang Putri dibunuh oleh ayahnya sendiri yang ikut tergoda akan kecantikan putrinya tersebut. Kemudian sang putri ditenggelamkan bersama upeti dari para pangeran ke dasar Danau Kaco.

Konon itulah yang menyebabkan Danau Kaco memancarkan cahaya yang terang terutama pada saat bulan purnama.

Entahlah mana cerita atau legenda yang sebenarnya terjadi. Namun yang pasti Danau Kaco memang memiliki keindahan danau yang sungguh mempesona.

Ikan Ikan Yang Mendiami Danau Kaco
Ikan Ikan Yang Mendiami Danau Kaco. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pesona Dataran Tinggi di Posong Temanggung

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Danau Kaco, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan. Karena kondisi trekking akan lebih menantang jika hujan tiba.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup, karena tidak adanya akses warung makanan maupun minuman.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking di jalan yang berlumpur, sebaiknya gunakan sepatu gunung yang kedap air.
  • Lebih baik minta diantar menuju lokasi Danau Kaco, karena akses menuju lokasi minim petunjuk jalan.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian Danau Kaco.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Danau Kaco.

Simak juga: Mengenal Orang Utan di Rammang-Rammang

Penutup

Alam memang selalu menyimpan misteri akan kisah dibalik keindahannya, kita yang datang dengan maksud untuk menikmatinya sebaiknya tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Saksikanlah birunya Danau Kaco yang indah dan rasakanlah kesegaran airnya!

Leave a Comment