Air Terjun Talang Kemulun Kerinci, Review Lengkap Trekking Dan Pesona Alam Yang Menenangkan Di Jambi

Jika kamu mendengar kata kerinci pasti yang terlintas dibenakmu adalah Gunung Kerinci. Namun ternyata di Kabupaten Kerinci bukan hanya Gunung Kerinci saja yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Masih banyak keindahan alam Kerinci lainnya yang harus kamu nikmati. Misalnya seperti Air terjun Talang Kemulun, yang lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Air Terjun Talang Kemulun memiliki keindahan alam yang masih sangat asri dan alami serta udara yang menyejukkan dan menyegarkan.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Air Terjun Talang Kemulun, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun berada di tengah hutan dengan keadaan yang masih alami, sehingga untuk menuju lokasi air terjun kamu harus melakukan trekking dengan berjalan kaki.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu akan memulai trekking dengan berjalan kaki. Menyusuri jalur yang masih berupa tanah dan batu, sepanjang perjalanan kamu hanya akan melihat hijaunya pepohonan.

Trekking Menuju Air Terjun Talang Kemulun
Trekking Menuju Air Terjun Talang Kemulun. Sumber: ksmtour.com

Trekking yang akan kamu lalui cukup menguras peluh dan tenaga, selain jalurnya yang masih alami tanjakanpun akan kamu lalui meski tak begitu curam. Kamu akan melewati pesawahan warga dan beberapa perkebunan.

Setelah berjalan kurang lebih 1 jam lamanya, kamu akan menemukan sebuah air terjun mini dimana air terjun tersebut merupakan hasil dari aliran Air Terjun Talang Kemulung.

Air Terjun Tingkat Kedua
Air Terjun Tingkat Kedua. Sumber: wisatakabkerinci.blogspot.com

Perjalananmu belum berakhir sampai disitu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan menapaki jalan setapak yang lebih sempit dan terjal.

Menapaki jalan diantara rindangnya pepohonan bahkan terkadang kamu akan bertemu dengan beberapa hewan liar. Udara sejuk dan menyegarkan semakin kamu rasakan, perjalanan kamu berakhir ketika melihat hamparan air terjun yang megah didepan mata.

Pesona Keindahan Air Terjun Talang Kemulung

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan taman nasional terbesar kedua yang ada di Indonesia dengan memiliki luas kurang lebih 1.3 juta hektar.

Taman Nasional Kerinci Seblat
Taman Nasional Kerinci Seblat. Sumber: palembang.tribunnews.com

Tak hanya itu kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini juga telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi Asean Heritage Site dan World Heritage Site dari Unesco pada tahun 2004 silam. Dan sekaligus sebagai The Tropical Rainforest Heritage Of Sumatera (TRHS) pada  tahun 2006.

Maka tak heran jika kawasan Taman Nasional kerinci Sebat memiliki udara yang sangat segar karena masih banyak ditumbuhi berbagai macam pepohonan yang dijaga dengan baik.

Menurut cerita yang tersebar di masyarakat Air Terjun Talang Kemulun mempunyai bentuk yang berundak dikarenakan gempa yang pernah mengguncang Jambi pada waktu lalu. Diakibatkan guncangan yang sangat hebat sehingga menjadikan Air Terjun Talang Kemulun berubah seperti itu.

Namun hal tersebut justru menghadirkan keindahan yang menakjubkan, yang membuat siapa pun yang melihatnya sulit untuk melupakannya.

Air Terjun Talang Kemulun
Air Terjun Talang Kemulun. Sumber: ksmtour.com

Air Terjun Talang Kemulun biasa disebut juga dengan Air Terjun Lembah Khayangan, karena banyak yang menyebutkan bahwa air terjun ini merupakan surga yang tersembunyi.

Bukanlah suatu hal yang berlebihan, melihat keindahan air terjun yang seperti ini ada didepan mata kita. Air Terjun Talang Kemulung memiliki karakteristik air terjun yang berundak-undak, airnya mengalir melewati bebatuan yang ditumbuhi tanaman yang merambat.

Air Terjun Talang Kemulung ini mempunyai 12 tingkatan, air yang mengalir menimbulkan suara yang sangat merdu. Melihat air yang jatuh dari berbagai sisi, disamping itu air yang dialirkan sangat putih dan bersih membuat lelah trekking yang dilakukan mulai meredup.

Hanya ketenangan dan kedamaian yang didapatkan, merasakan airnya menyentuh wajah membuat hilang seluruh peluh dalam diri. Hilanglah rasa lelah trekking yang telah kamu lalui.

Ragam wisata Di Air Terjun Talang Kemulun

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di area Air Terjun Talang Kemulun diantaranya:

1. Bermain Air

Air Terjun Talang Kemulun tidak memiliki kolam yang lebar, sehingga kamu tidak bisa melakukan aktivitas berenang disini.

Bermain Air Terjun Talang Kemulun
Bermain Air Terjun Talang Kemulun. Sumber: tfamanasek.com

Sebagai gantinya kamu dapat merasakan kesegaran airnya dengan membiarkan airnya mengenai tubuhmu, dan membiarkannya menghujam tubuhmu sedikit demi sedikit.

2. Menenangkan Diri

Dengan suasana yang tidak terlalu ramai, hanya suara deburan air terjun serta riuhnya suara hewan yang silih bersahutan membuat suasana sangat tepat untuk menenangkan diri.

Meresapi Keindahan Alam Air Terjun Talang Kemulun
Meresapi Keindahan Alam Air Terjun Talang Kemulun. Sumber: pesonaindonesia.kompas.com

Dengan duduk diatas sebuah batu yang berada tepat didepan Air Terjun Talang Kemulun, membiarkan semua penat hilang dalam diri terbang dibawa angin.

3. Berfoto

Menikmati keindahan alam yang disajikan Air Terjun Talang Kemulun haruslah diabadikan, spot foto terbaik tentu saja dengan berlatarkan keindahan dari air terjunnya. Namun keindahan alam disekitarnya juga tak kalah indahnya dan layak untuk kamu abadikan.

Berfoto Bersama Indahnya Air Terjun Talang Kemulun
Berfoto Bersama Indahnya Air Terjun Talang Kemulun. Sumber: indahpertiwi262.blogspot.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Talang Kemulun

Lokasi Air Terjun Talang Kemulun berada di kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) tepatnya berada di alamat Desa Kemulun Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Rute Menuju Air Terjun Talang Kemulun

Jika kamu bergerak dari Sungai Penuh kamu akan memakan waktu sekitar 15 menit diperjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 4 ataupun roda 2 untuk menuju Desa Kemulun.

Jika kamu belum pernah mengunjungi Air Terjun Talang Kemulun, lebih baik kamu sering bertanya pada warga sekitar yang kamu temui di sepanjang jalan.

Tiket Masuk Air Terjun Talang Kemulun

Tiket masuk menuju Air Terjun Talang Kemulun belum ditetapkan alias masih gratis. Jadi kamu masih bisa menikmati keindahannya dengan cuma-cuma.

Jam Operasional Air Terjun Talang Kemulun

Jam operasional Air Terjun Talang Kemulun dibuka setiap hari mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 18.00 WIB. Namun, mengingat trekking yang akan kamu lalui belum ada penerangan yang memadai dimalam hari jadi lebih baik jika datang berkunjung ketika matahari masih bersinar.

Fasilitas Air Terjun Talang Kemulun

Untuk fasilitas yang ada di area Air Terjun Talang Kemulun, belum tersedia apa-apa. Karena lokasinya masih sangat alami dan asri.

Penginapan

Penginapan di area Air Terjun Talang Kemulun memang belum ada, namun kamu dapat menemukan berbagai macam penginapan atau homestay di Kerinci.

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat menambah referensi kamu ketika hendak mengunjungi Air Terjun Talang Kemulun, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Siapkan kondisi fisik dan kendaraan kamu sebaik mungkin.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan jauh.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman sebagai bekal kamu ketika sedang berada di Air Terjun Talang Kemulun.
  • Berhati-hatilah saat melakukan trekking menuju Air Terjun Talang Kemulun.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian area Air Terjun Talang Kemulun.
  • Hidarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Air Terjun Talang Kemulun.

Penutup

Air Terjun Talang Kemulun memberikan kita keindahan air terjun yang berbeda dengan yang lainnya, tak berlebihan jika sering disebut sebagai sebuah surga yang tersembunyi.

Kesegaran serta ketenangan yang akan kamu dapatkan ketika berada di Air Terjun Talang Kemulun. Maka dari itu jadwalkan weekend ini untuk mengunjungi Ai Terjun Talang Kemulun dan rasakan sendiri keindahan alamnya.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Air Terjun Talang Kemulun, ya!

Baca juga:

Leave a Comment