Danau Gunung Tujuh, Danau Elok Penuh Misteri Di Kerinci

Danau Gunung Tujuh merupakan satu dari sekian banyak danau eksotis yang ada di Indonesia. Pesona keindahannya menarik perhatian kaula muda untuk sampai di Danau Gunung Tujuh, meskipun harus bersusah payah.

Lokasi Danau Gunung Tujuh berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Provinsi Jambi. Sebagaimana diketahui bahwa Taman Nasional Kerinci Seblat adalah Taman Nasional terbesar yang ada di pulau Sumatera.

danau gunung tujuh jambi
danau gunung tujuh jambi. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bukan hanya itu saja, Taman Nasional Kerinci Seblat terkenal juga dengan gugusan Bukit Barisan. Sehingga tidak mengherankan jika Danau Gunung Tujuh memang danau yang dikelilingi oleh tujuh gunung.

Adapun 7 gunung yang mengelilingi daau tersebut adalah:

  • Gunung Tujuh
  • Gunung Jar Panggang
  • Gunung Selasih
  • Gunung Lumut
  • Gunung Madura Besi
  • Gunung Hulu Sangir
  • Gunung Hulu Tebo
danau elok yang dikelilingi gunung
danau elok yang dikelilingi gunung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lalu apa saja pesona keindahan Danau Gunung Tujuh tersebut? Mari kita mulai perjalanannya menuju Danau Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci!

Simak juga: 10 lokasi wisata HIts di Jambi

Trekking Menuju Danau Gunung Tujuh Kerinci, Provinsi Jambi

Jalan menuju Danau Gunung Tujuh dari pusat Kabupaten Kerinci sekitar 60 kilometer, dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan jenis roda dua maupun roda empat.

Kondisi jalanannya juga sduah sangat baik, dan do sepanjang jalan terhampar pemandangan alam yang sangat indah, dengan udara yang sejuk.

Setelah sampai di pos utama, maka para pengunjung harus melakukan pendakian ke Danau Gunung Tujuh, dengan kisaran waktu 2 sampai 3 jam perjalanan.

kondisi jalur pendakian menuju danau gunung tujuh
kondisi jalur pendakian menuju danau gunung tujuh. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kondisi badan para pengunjung harus dalam keadaan prima, serta membawa akomodsi sendiri. Dan disarankan pendakian tidak dilakukan di musim penghujan, karena jalurnya akan menjadi licin.

Kondisi jalur pendakian yang tertata hanya di awal perjalanan saja, selanjutnya keseruan perjalanan dimulai, menapaki jalur yang masih berupa tanah, serta menyususri hutan, hingga sampai di lokasi utama Danau Gunung Tujuh.

Ragam Aktivitas Dan Daya Tarik Danau Gunung Tujuh

Setelah lelah melakukan pendakian, maka para pengunjung akan tiba di sebuah danau yang eksotis, dengan air yang berwarna hijau toska di beberapa titik.

Danau Gunung Tujuh secara umum memeiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Panorama Danau

kondisi air danau gunung tujuh
kondisi air danau gunung tujuh. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Danau Gunung Tujuh memiliki :

  • ketinggian sekitar 1.950 mdpl,
  • luas 960 ha,
  • panjang 4,5 kilometer,
  • dan memiliki lebar 3 kilometer.
  • Adapun kedalaman Danau Gunung Tujuh maksimal 40 meter.

Ketinggian Danau Gunung Tujuh menobatkannya sebagai danau tertinggi yang ada di Asia Tenggara. Dan berdampak terhadap suhu danau yang menjadi sangat dingin.

Ekosistem di Danau Gunung Tujuh masih sangat terjaga, dan memiliki air yang tenang, namun dalam. Para pengunjung hanya diperkenankan berenang di tepian saja, di titik yang tidak dalam.

naik perahu di danau gunung tujuh
naik perahu di danau gunung tujuh. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu, Danau Gunung Tujuh sering dijadikan sebagi lokasi untuk menangkap ikan oleh warga sekitar, dengan menggunakan perahu.

Para pengunjung juga bisa ikut naik ke atas perahu tersebut untuk lebih merasakan keindahan Danau Gunung Tujuh tepat di tengah-tengah.

Tetap utamakan keselamatan ya……

2. Panorama Pegunungan

view gunung di sekitar danau
view gunung di sekitar danau. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona keindahan selanjutnya dari Danau Gunung Tujuh adalah kehadiran gunung – gunung yang mengelilinginya.

Gunung-gunung tersebut seakan menjadi penjaga setia dari danau Danau Gunung Tujuh. Paduan panorama gunung dan danau, menjadi sebuah latar foto yang sangat eksotis.

3. Area Camping

camping di danau gunung tujuh
camping di danau gunung tujuh. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tepian Danau Gunung Tujuh merupakan spot nyaman untuk melakukan aktivitas camping. Tetapi para pengunjung harus membawa peralata, dan akomodasi sendiri.

Selain itu, para pengunjung wajib membawa jaket, karena cuaca di Danau Gunung Tujuh saat sore sampai pagi akan semakin dingin.

Misteri Danau Gunung Tujuh

terdapat cerita misteri di danau gunung tujuh
terdapat cerita misteri di danau gunung tujuh. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat cerira – cerita misteri di Danau Gunung Tujuh yang berkembang di masyarakat sekitar, dan cukup beragam ceritanya. Seperti :

  • Cerita orang pendek yang selalu membawa makanan yang ada di luar tenda
  • Cuaca di Danau Gunung Tujuh terkadang tiba-tiba berubah, yang menyebabkan dedaunan di sekitar pohon menjadi menghilang

Lokasi Dan Alamat Danau Gunung Tujuh

Lokasi Danau Gunung Tujuh terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat. Adapun alamat Danau Gunung Tujuh berada di Desa Peompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Rute Menuju Danau Gunung Tujuh

Rute menuju Danau Gunung Tujuh jika dari pusat Kabupaten Kerinci hanya berjarak sekitar 60 kilometer, dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan jenis roda dua maupun roda empat.

Jarak tempuh dari pusat kota, sampai ke pos utama sekitar 2 jam perjalanan. Setelah sampai di pos utama, para pengunjung harus melakukan pendakian untuk sampai di Danau Gunung Tujuh.

Jam Buka Danau Gunung Tujuh

  • Jam buka Danau Gunung Tujuh 24 Jam
  • Danau Gunung Tujuh buka setiap hari

Harga Tiket Masuk Danau Gunung Tujuh

Harga tiket masuk Danau Gunung Tujuh gratis. Namun bagi pengunjung yang ingin naik perahu biasanya dikenakan biaya Rp. 50.000.

Penginapan Di Danau Gunung Tujuh

Tidak ada fasilitas penginapan di Danau Gunung Tujuh, karea para pengunjung sudah dipastikan untuk melakukan aktivitas camping.

Fasilitas Di Danau Gunung Tujuh

Fasilitas di lokasi utama Danau Gunung Tujuh tidaklah begitu lengkap. Oleh karena itu, segala kebutuhan wisata para pengunjung harus disiapkan sebelum pendakian.

Penutup

Itulah review Danau Gunung Tujuh, Kerinci, Jambi. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan selalu utamakan keselamatan dalam berwisata.

Jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment