Bukit Khayangan, Wisata Khayangan Di Kota Sungai Penuh

Bukit Khayangan adalah solusi tepat bagi traveler yang ingin menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, sambil berburu foto yang keren.

Memang benar jika hasil jepretan kamera dari ketinggian, dengan objek foto alam terbuka, biasanya akan lebih indah hasil jepretannya, meskipun tidak sepenuhnya demikian.

bukit khayangan kota sungai penuh
bukit khayangan kota sungai penuh. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Objek wisata Bukit Khayangan memang bukan hanya sekedar rangkaian kata-kata saja untuk menegaskan keindahan yang tersaji di sana.

Pada tahun 2017, Bukit Khayangan mendapatkan gelar sebagai Dataran Tinggi Terpopuler yang ada di Indonesia. Tentu saja penghargaan tersebut melalui penilaian dari semua aspek.

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Anugerah Pesona Indonesia, atau lebih dikenal dengan singkatan API, yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Anugerah Pesona Indonesia merupakan ajang untuk memberikan apresiasi terhadap dunia wisata yang ada di Indonesia, dan menjadi ajang wisata terbesar di tingkat nasional.

bukit khayangan provinsi jambi
bukit khayangan provinsi jambi. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Oh iya, jika traveler bingung sebetulnya Bukit Khayangan yang berada di mana yang sedang di bahas ini? Karena nama bukit khayangan ada banyak. Seperti :

  • Bukit Khayangan Bogor atau Sentul
  • Bukit Khayangan Pati Jawa tengah

Objek wisata Bukit Khayangan yang mendapatkan penghargaan API, dan yang sedang kita bahas saat ini adalah Bukit Khayangan yang lokasinya berada di Provinsi Jambi.

Penasaran dengan keindahan Bukit Khayangan Jambi? Yuk kita simak review Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi !

view dari bukit khayangan
view dari bukit khayangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya Tarik Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi

Pesona keindahan Bukit Khayangan menjadikannya sebagai salah-satu objek wisata Kota Sungai Penuh yang populer di kalangan milenial.

Meskipun wisata Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi sangat recommended sebagai destinasi wisata keluarga. Dan inilah daya tarik Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi secara umum:

1. Wisata Alam Terbuka

destinasi wisata alam bukit khayangan
destinasi wisata alam bukit khayangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik yang pertama dari Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi adalah sensasi wisata khayangan, alias sensasi wisata di atas awan.

Bukit Khayangan memiliki ketinggian sekitar 2000 mdpl, serta lokasinya berbatasan langsung dengan Taman Nasinal Kerinci Seblat.

Ketinggian Bukit Khayangan berarti setengah dari ketinggian Gunung Kerinci Jambi. Dan sebagaimana diketahui, bahwa Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi yang ada di Sumatera.

ketinggian bukit khayangan 2000 mdpl
ketinggian bukit khayangan 2000 mdpl. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dengan demikian, lokasi Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi merupakan tempat yang sangat strategis untuk menikmati keindahan dari Khayangan.

Selain itu, ketinggian 2000 mdpl menjadikan lokasi Bukit Khayangan menjadi tempat yang diselimuti udara yang sejuk.

2. Wisata Keluarga

destinasi wisata keluarga bukit khayangan
destinasi wisata keluarga bukit khayangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Objek wisata Bukit Khayangan menjadi lokasi wisata yang sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk mengisi liburan di akhir pekan.

Selain karena panorama alamnya yang sangat elok, bernilai edukatif, namun di lokasi Bukit Khayangan dipenuhi dengan spot-spot untuk menikmati keindahan bersama keluarga. Seperti:

  • Gazebo
  • Wahana permainan anak
  • Kantin

Tetap utamakan keselamatan ya, terutama selalu fokus untuk mengawasi si buah hati. Dan abadikan mmen kebahagiaan anda bersama keluarga di Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi.

3. Wisata Instagramable

spot selfie favorit pengunjung
spot selfie favorit pengunjung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik yang membuat objek wisata Bukit Khayangan menjadi populer di kalangan milenial adalah dengan keberadaan spot instagramable.

Spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie di menara atau gardu pandang, yang berwarna – warni, sangat tinggi, serta memiliki latar alam yang sangat mempesona.

Sekali lagi, tetap prioritaskan keselamatan ya, jangan hanya karena sebuah konten, atau hanya untuk mendapatkan jepretan yang tidak biasa, rela mengabaikan protokol keamanan.

Karena sejatinya spot dan view yang tersaji di Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh Jambi sudah sangat bagus untuk kebutuhan posting di media sosial.

Simak juga: 10 lokasi wisata hits di Jambi

Sejarah Dan Misteri Bukit Khayangan

wisata khayangan
wisata khayangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat 2 versi terkait sejarah penamaan Bukit Khayangan, yaitu:

  • Diyakini sebagai tempat bidadari yang turun dari khayangan
  • Nama Khayangan terkait dengan view alam indah dari ketinggian, layaknya sebuah khayangan.

Adapun misteri yang sempat berkembang di Bukit Khayangan terkait dengan cerita Harimau Ghaib. Cerita misteri, maupun legenda, menjadi tambahan khazanah yang menarik dari sebuah objek wisata.

Lokasi Bukit Khayangan

Lokasi Bukit Khayangan terletak di perbatasan antara Taman Nasional Kerinci Seblat. Alamat Bukit Khayangan berada di Desa Renah Kayu Embum, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Rute Menuju Bukit Khayangan

akses jalan menuju bukit khayangan
akses jalan menuju bukit khayangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Akses jalan menuju Bukit Khayangan dari Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh hanya berjarak 8 kilometer saja, dengan total waktu tempuh hanya 20 menit saja.

Jalan menuju Bukit Khayangan sudah sangat bagus, namun berkelok, dan pas untuk 2 mobil kiri dan kanan. Jadi para pengunjung jangan terlalu bersemangat injak gas ya….

Nikmati saja pemandangan selama di perjalanan….

Jam Buka Bukit Khayangan

  • Jam buka Bukit Khayangan buka selama 24 jam
  • Bukit Khayangan buka setiap hari selama sepekan

Tiket Masuk Bukit Khayangan

Tiket masuk Bukit Khayangan dikenakan biaya sebesar:

  • Rp. 10.000 per motor.
  • Sedangkan untuk kendaraan mobil, dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 50.000.

Fasilitas Bukit Khayangan

fasilitas di bukit khayangan
fasilitas di bukit khayangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bukit Kayangan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti menyediakan toko-toko yang menjual berbagai jenis oleh-oleh khas Kerinci.

Adapun fasilitas lainnya di Bukit Khayangan adalah:

  • Area Parkir
  • Kantin
  • Toilet
  • Gazebo
  • Spot Selfie

Penginapan Di Bukit Khayangan

Bagi anda yang berniat mencari penginapan dekat dengan wisata Bukit Khayangan, maka lokasinya tidak jauh, apalagi jarak dengan pusat Kota Sungai Penuh cukup dekat.

Penutup

Demikian info lengkap wisata Bukit Khayangan, tetap patuhi protokol kesehatan, dan protokol kemanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, maupun pihak pengelola.


Tinggalkan komentar