Air Terjun Blangsinga, Ada Spot Kolam Renangnya Juga Loh

Air Terjun Blangsinga merupakan wisata pulau dewata Bali yang menawarkan keindahan selain pantai. Yups sebagaimana kita ketahui bahwa Bali identik banget dengan pesona keindahan pantai.

Sebetulnya, pembahasan tentan Air Terjun Blangsinga sudah pernah kami sajikan sebelumnya dalam artikel wisata bali, dengan judul Air Terjun Tegenungan.

Ya, Air Terjun Blangsinga memiliki nama lain yaitu Air Terjun Tegenungan, atau disebut juga dengan nama Tegenungan Waterfall. Atau Blangsinga Waterfall.

air terjun blangsinga
air terjun blangsinga. google maps. sumber: Indra Gunawan

Baca juga: Air Terjun Tegenungan Bali

Sengaja kami membahas kembali, karena saat ini terdapat beberapa perubahan, atau penambahan fasilitas di Air Terjun Blangsinga, terutama kolam pemandian anak.

Sangat sedikit sekali sebuah objek wisata air terjun di Indonesia yang memiliki faslitas kolam renang yang cocok sebagai wahana keluarga. Dan salah-satu yang membedakan Air Terjun Blangsinga dengan air terjun lainnya adalah fasilitas kolam renangnya.

Dengan demikian, Air Terjun Blangsinga, atau Air Terjun Tegenungan menjadi wisata Bali yang sangat cocok sebagai destinasi wisata di akhir pekan, atau saat liburan tiba.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Blangsinga

Lokasi Air Terjun Blangsinga terletak tidak jauh dari Gianyar, hanya berjarak sekitar 21 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan.

Alamat Air Terjun Blangsinga berada di Jalan Ir. Sutami, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali – Indonesia.

suasana alam yang sejuk
suasana alam yang sejuk. google maps. sumber: Dewi Suhendri

Rute Menuju Air Terjun Blangsinga

Rute atau akses untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Blangsinga, atau Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali sangatlah mudah, hanya saja tidak ada angkutan umum untuk mencapai lokasi wisata ini. Jadi kalian bisa menggunakan kendaraan prbadi atau rental yang sudaj banyak disediakan oleh warga lokal Bali.

Jarak dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai (DPS) ke Air Terjun Blangsinga, atau Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali hanya berjarak sekitar 32 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Blangsinga

Tiket masuk Air Terjun Blangsinga Rp. 20.000 per orang.

Jam Buka Air Terjun Blangsinga

  • Air Terjun Blangsinga buka dari pukul 06.30 – 18.30.
  • Air Terjun Blangsinga buka setiap hari, selama seminggu.

Jadwal bisa berubah saat kondisi pandemi, atau PPKM.

mencoba wahana ayunan
mencoba wahana ayunan. google maps. sumber: desa wisata blangsinga

Fasilitas Di Air Terjun Blangsinga

Fasilitas di Air Terjun Blangsinga sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Apalagi objek wisata Air Terjun Blangsinga sering juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Dan inilah fasilitas wisata di Air Terjun Blangsinga:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Rumah makan, atau cafe, resto.
  • Spot selfie,
  • Kolam renang,

Penginapan Di Air Terjun Blangsinga

Terdapat penginapan dekat kawasan objek wisata Air Terjun Blangsinga yang bervariatif, dari mulai harga, serta fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung.

Trekking Menuju Air Terjun Blangsinga

trekking menuju air terjun
trekking menuju air terjun. google maps. sumber: Indra Gunawan

Saat pengunjung sudah sampai di area parkir, maka lanjutkan perjalanan dengan cara trekking, atau berjalan kaki di alam terbuka menuju lokasi utama Air Terjun Blangsinga, Bali.

Jarak dari area parkiran tidak terlalu jauh banget, bahkan kondisi jalurnya sudah tertata dengan baik, berupa anak tangga dari tembok, serta pagar pembatas di pinggirannya.

Trekking menuju Air Terjun Blangsinga akan menurun, dan sebelum sampai di lokasi utamanya, para pengunjung akan melewati spot kolam renang.

Daya Tarik Air Terjun Blangsinga

1. Air Terjun

aliran airnya dipengaruhi musim
aliran airnya dipengaruhi musim. google masps. sumber: Juni Arti

Daya tarik yang pertama terletak pada keberadaan Air Terjun Blangsinga, atau Air Terjun Tegenungan, Bali. Air Terjun Blangsinga memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Debit air yang turun sangat dipengaruhi oleh musim. Dan di lokasi utama terdapat rambu-rambu yang harus dipatuhi pengunjung. Seperti:

  • Tidak boleh melewati tali pembatas di kolam Air Terjun Blangsinga.
  • Tidak boleh meloncat dari atas air terjun.

Hal tersebut tentu saja untuk memberikan kenyamanan, serta keamanan bagi para pengunjung yang datang. Serta jangan lupa tidak membuang sampah sembarangan ya…

2. Kolam Renang

area kolam
area kolam. google maps. sumber: Indra Gunawan

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan, bahwa salah-satu ciri Air Terjun Blangsinga adalah wahana kolam renangnya yang cocok sebagai wahana keluarga.

Suasananya juga sangat nyaman, airnya bersih, serta di sekitaranya terdapat beberapa fasilitas lain yang akan semakin memanjakan kunjungan wisata anda, seperti rumah makan yang menyajikan kuliner khas, yang lezat.


Tinggalkan komentar