Air Terjun Blangsinga, Wisata Air Terjun Baru di Bali

Di awal tahun 2019 ini, penggemar acara invotainment di ramaikan oleh berita sebuah pernikahan mewah di pulau Bali, yang dihadiri oleh berjibun nama nama terkenal ibu kota.


Uniknya pernikahan itu tidak diselenggarakan di lokasi yang selama ini terkenal sebagai lokasi pesta artis, seperti kuta, sanur, jimabaran atau nusa dua. Pernikahan mewah itu digelar di pedesaan, tepatnya di desa wisata Blangsinga.

Lokasi pedesaan ini saat ini memang  sedang dikembangkan menjadi salah satu desa wisata di Pulau Bali. Desa Blangsinga dengan air terjun Blangsinga -nya, setiap hari dipenuhi oleh pengunjung. Apalagi, tempat wisata tersebut masih tergolong baru, wisatawan menjadi penasaran ingin mengunjunginya.

Air terjun Blangsinga
Air terjun Blangsinga. Image via: @azwar.aslam

Baca juga: daftar tempat wisata populer di Bali

Desa Wisata Blangsinga keberadanya mungkin belum dikenal terlalu banyak oleh wisatawan domestik. Meskipun secara potensi lokasi ini memiliki modal besar, berupa  daya tarik wisata yang sangat indah yaitu Air terjun.

Saat ini desa Blangsinga mulai berbenah untuk mengundang para wisatawan baik mancanegara dan domestik untuk datang menikmati keindahan Desa.

Desa Wisata Blangsinga

Desa Wisata Blangsinga. Image via: @krisnaoleholehbali

Lokasi Air terjun Blangsinga Gianyar

Air Terjun Blangsinga terletak di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali.

Jaraknya kurang lebih 15 km dari pusat Kota Denpasar atau 25 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Simak juga: review Garuda Wisnu Kencana

Rute Menuju Air Terjun Blangsinga Bali

Anda bisa menuju lokasi dengan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4. Jika, dari arah Kota Denpasar, 200 meter sebelum Pasar Blahbatuh anda berbelok ke kanan menuju lokasi wisata. Kurang lebih 1 km, anda akan sampai di lokasi

Air Terjun Blangisnga berjarak sekitar 30 menit berkendara dari Ubud dan sekitar satu jam perjalanan dari Seminyak atau Canggu.

Kami sarankan untuk menyewa skuter, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp50.000 per hari, karena ini adalah pilihan termurah dan cukup mudah ditemukan dengan google maps.

Jika Anda tidak nyaman mengemudi dengan dua roda, maka kita bisa menyewa mobil lengkap dengan pengemudi dengan harga sekitar Rp 500.000 per hari.

idp
Indah Dewi Pertiwi nikmati dokar wisata. Image via: deskgram.net

Jam Buka Air Terjun Blangsinga GianyarWisatawan sudah bisa mulai datang dari pagi hingga sore hari.  Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata Blangsinga ini pada pagi atau sore hari.

Jam buka pengunjung setiap hari jam 0.630 sampai jam 18.30.

Tiket Masuk Air Terjun Blangsinga

Biaya masuk Air Terjun Blangsinga adalah 15.000 Rupiah per orang. Parkir untuk motor GRATIS dan hanya 5.000 Rupiah untuk mobil.

Untuk Turun di air terjun dikenakan biaya 10.000 Rupiah dan untuk fasilitas toilet dikenakan biaya 3.000 Rupiah.

Simak: info seputar Pura Lempuyang

Fasilitas Air Terjun Blangsinga Bali

Air terjun blangsinga dikelola dengan cukup baik. Saat ini sudah ada fasilitas penunjang seperti loker pakaian, toilet, dan ruang ganti. Setelah mandi di air terjun pengunjung juga bisa membilas badan di fasilitas pemandian umum yang airnya sangat jernih dengan bentuk berupa Pancuran.

Juga telah tersedia life guard, yang selalu waspada dan siap sedia mengawasi aspek keselamatan para pengunjung.

Aktivitas di Air Terjun Blangisnga Gianyar

Bagi pecinta wisata alam yang berhubungan dengan air tawar, Air terjun Blangsinga menjadi pilihan alternatif wisata di Bali. Berbagai aktivitas wisata menarik dan menyenangkan bisa dilakukan di air terjun ini. Berikut beberapa diantaranya.

Hiking Menuju Air Terjun

Hiking air terjun Blangsinga
Hiking air terjun Blangsinga. Image via: gknnews.com

Untuk mencapai lokasi air terjun Blangsinga, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri lembah dan jalan menurun cukup terjal. Wisatawan bisa melihat air terjun blangsinga ini dari gazebo paling atas yang berada di dekat parkiran.

Pemandangan alam dan pohon-pohon tropis menjadi teman sepanjang jalur perjalanan. Dimulai dari parkiran, wisatawan langsung disambut dengan ratusan anak tangga menuruni lembah.

Di dasar lembah, wisatawan akan menemukan pemandian dengan airnya yang jernih. Pemandian ini masih dipakai masyarakat setempat untuk mengambil air dan lokasinya dekat pura. Dari pemandian ini, wisatawan masih harus berjalan menyusuri sungai Petanu. Rasa lelah akan terbayar lunas ketika wisatawan sampai tepat di bawah air terjun.

Simak; info seputar Waterbom Bali

Objek Foto Yang Indah

Pelangi di air terjun
Pelangi air terjun. Image via: @azwar.aslam

Wisatawan yang sudah sampai dibawah air terjun tentunya akan menemukan surga dunia. Air terjun Blangsinga memiliki debit air yang besar. Walaupun tidak tinggi, besarnya debit air menimbulkan percikan indah di dasar lembah.

Gemuruh suara air membawa pesan damai alam yang sering orang-orang cari. Ditambah dengan keindahan tebing-tebing batu di sekeliling menambah kesan alami tempat ini.

Keindahannya inilah yang menarik perhatian wisatawan yang hobi dengan fotografi untuk mengabadikannya. Banyak titik foto menarik yang bisa di eksplor oleh wisatawan di tempat ini. Seperti di atas air terjun, tebing tingkat ke dua, dan di bawah air terjun.

Di tingkat kedua tebing dengan latar air meluncur dari atas sering menjadi spot foto yang menarik. Begitu pun lokasi di bawah air terjun bisa menjadi kenangan manis untuk dibawa pulang.

Merasakan Kesejukan Air Terjun Blangsinga

main air
Main air. Image via: travellumy.com

Baca juga: review wisata Pantai Pandawa

Di bawah air terjun terdapat sebuah cekungan yang terbentuk akibat limpahan air. Cekungan ini menyerupai kolam dengan pancuran air berdebit sangat tinggi di belakangnya. Jernihnya air ini sering dijadikan wisatawan untuk mandi setelah letih berjalan mencapai tempat ini.

Namun jika musim hujan tiba, wisatawan tidak dianjurkan mandi karena debit air akan meningkat.

Wisatawan yang tidak ingin mengambil resiko bahaya di bawah air terjun bisa memanfaatkan pemandian. Pemandian sudah tersedia di sekitar air terjun Blangsinga. Pemandian yang ada di sini sudah disediakan pancuran untuk lebih memudahkan wisatawan mandi. Pemandian ini sering digunakan juga oleh masyarakat sekitar untuk mengambil air di pagi dan sore hari.

Bungee Jumping

Bungee-Jumping-Balangsia
Bungee Jumping. Image via: jadiberita.com

Jika wisatawan cukup memiliki nyali bisa mencoba untuk menikmati wahana Bungee Jumping. Nggak hanya wisatawan dari dalam negeri, banyak pula yang berasal dari mancanegara yang juga mencoba Bungee disini. Itu artinya, tempat ini beneran terkenal. Nah, yang buat nih Bungee harus lo coba adalah pemandangan yang ditawarkan.

Lokasi Bungee Jumping ini ada di dekat Air Terjun Blangsinga. Jadi ketika melompat pengunjung juga bisa melihat pemandangan air terjun ini.

Jika bungee jumping kebetulan sednag tutup, atau tidak cukup nyali unutk ketinggian besar, pengunjung bisa juga mencoba lompat tebing. Pengunjung bisa melompat dari tebing kedua dengan ketinggian sekitar 16 meter. Air di bawah tebing ini dalamnya 8 m sehingga secara teknis lompatan Ini aman untuk dilakukan

Lompat tebing
Lompat tebing. Image via: gotravelly.com

Menikmati Kuliner dan Berbelanja

Di sekitar air terjun sudah tersedia banyak warung bahkan restoran. Warung dan restoran ini menjajakan berbagai jenis makanan khas Bali khususnya daerah Blangsinga. Berbagai menu bisa dijumpai dan dinikmati di antaranya, Dadar Gulung, Sate khas Bali, Kue Ikan Bali, dan lain-lain. Beberapa Restoran bahkan memiliki pemandangan langsung ke air terjun blangsinga.

Wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh yang dijajakan di sepanjang jalan menuju ke air terjun. Oleh-oleh ini dijajakan di kios-kios yang berjajar. Di antara oleh-oleh yang dijajakan adalah barang-barang kerajinan hasil karya penduduk setempat.

Jika beruntung dan bisa menawar, wisatawan bisa membeli oleh-oleh dengan harga yang cukup murah.

Objek Wisata Dekat Air Terjun Blangsinga

Untuk kita yang belum terpuaskan niat jalan-jalannya walaupun telah Menikmati keindahan air terjun blangsinga, bisa melanjutkan perjalanan ke pasar seni Sukawati. Desain pasar seni Sukawati memang khas desain pasar tradisional tidak seperti art shop yang ada di kawasan Seminyak Kuta, yang lebih mirip Swalayan modern.

Hal ini sengaja dilakukan untuk mempertahankan ini sebagai pasar rakyat dan memberikan suasana Bali yang asli kepada para pengunjung. Dari sisi harga, barang sejenis di Pasar Sukawati harganya bisa kurang dari 50% dibandingkan dengan art shop di daerah Denpasar.

Demikian sedikit cerita soal jalan jalan di keindahan air terjun Blangisnga, yang memebut Hotman Paris terpesona. Ayo segera rencanakan perjalananmu ke lokasi eksotis ini. Siapa tahu beruntung, bisa ketemu Prince Syahrini yang sedang bulan madu di sini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment