Air Terjun Tirta Buana, Review Harga Tiket, Trekking, Dan Fasilitas Di Buleleng Bali

|

Air Terjun Tirta Buana merupakan satu dari sekian banyak air terjun yang populer, dan hits, di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Air Terjun Tirta Buana bisa menjadi alternatif pilihan tempat wisata keluarga. Baik di saat akhir pekan maupun hari libur nasional.

Hal tersebut dikarenakan jalur trekkingnya yang tidak terjal, tidak terlalu jauh, dan sudah tertata baik. Begitupun dengan kolam utamanya ada yang tidak terlalu dalam.

keren banget
keren banget. google maps. sumber: Idaayu Ketut istawati

Jika anda menyimak setiap artikel yang kami posting, maka tidak heran jika Kabupaten Buleleng memiliki berjuta potensi wisata, terutama air terjun.

Bahkan objek wisata air terjun , atau curug – curug tersebut sering juga dikunjungi oleh wisatawan asing. Dengan kata lain pesona keindahan yang ditawarkan sudah tidak diragukan lagi.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Tirta Buana Waterfall Bali? Maka inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda.

simak juga: banyu wana amertha waterfall

Lokasi Air Terjun Tirta Buana

Lokasi Air Terjun Tirta Buana, atau disebut juga dengan Tirta Buana Waterfall terletak di Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

trekking menuju air terjun
trekking menuju air terjun. google maps. sumber: Suartini Kadek

Rute Menuju Air Terjun Tirta Buana

Bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, maka alat transportasi yang populer di kalangan wisatawan saat di Bali adalah jasa rental mobil.

Nah untuk kondisi jalan menuju objek wisata Air Terjun Tirta Buana sudah bagus, dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkir.

Jarak dari Kota Denpasar Bali ke Air Terjun Tirta Buana sekitar 66 kilometer. Jika tidak ada hambatan, maka waktu tempuhnya hanya sekitar 1 jam 30 menit saja.

Adapun jarak dari Singaraja ke wisata Tirta Buana Waterfall sekitar 23 kilometer. Kurang dari 1 jam maka perjalanan anda sudah bisa sampai di area parkir utama Air Terjun Tirta Buana.

simak juga: tempat wisata di bali

Trekking Menuju Air Terjun Tirta Buana

Setelah sampai di area parkir, maka lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola.

Jalur trekkingnya sudah tertata baik, meskipun belum berbentuk cor – coran, atau semen. Jalur trekkingnya akan terus menurun, dan di saat musim hujan akan cenderung sedikit licin.

Kelebihan jalur trekking Air Terjun Tirta Buana Bali adalah jaraknya yang tidak terlalu jauh, sekitar 200 – 250 meter untuk bisa sampai di lokasi utama.

airnya sangat menyegarkan
airnya sangat menyegarkan. google maps. sumber: Alex Travels

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tirta Buana

  • Tiket masuk Air Terjun Tirta Buana Rp. 10.000 per orang.
  • Tiket parkir motor di Air Terjun Tirta Buana Rp. 2.000.
  • Tiket parkir mobil di Air Terjun Tirta Buana Rp. 5.000.
  • Sewa loker di Air Terjun Tirta Buana Rp. 5.000.

Jam Buka Air Terjun Tirta Buana

  • Wisata Air Terjun Tirta Buana buka dari pukul 08.00 – 18.00.
  • Objek wisata Tirta Buana beroperasional setiap hari.

simak juga: tempat wisata di ubud

Fasilitas Di Air Terjun Tirta Buana

Fasilitas wisata di Air Terjun Tirta Buana hampir semuanya terkonsentrasi di dekat area parkir, atau loket tiket. Fasilitas di area lokasi utama juga terdapat loker baju yang bisa disewa pengunjung.

Daya Tarik Air Terjun Tirta Buana

1. Bersumber Dari Mata Air Langsung

tirta bhuwana waterfall
tirta bhuwana waterfall. google maps. sumber: YUSA ARYADANA

Air Terjun Tirta Buana Bali memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan kondisi air bersumber dari mata air langsung yang ada di atasnya.

Hal tersebut menjadikan kondisi airnya sangat jernih, dingin, dan menyejukkan. Debit airnya juga cenderung stabil sekalipun di musim kemarau.

Oh iya, Tirta Buana Waterfall juga sangat lebar dengan air yang turun menyusuri bebatuan yang besar. Hal tersebut mampu menjadikan latar alam yang instagramable.

simak juga: pantai di bali

2. Terdapat 2 Kolam Utama

ragam wisata yang dapat dilakukan
ragam wisata yang dapat dilakukan. google maps. sumber: mas eka

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Tirta Buana adalah kolamnya yang dibagi menjadi 2. Terdapat jembatan sebagai pemisah antar kolam.

Para pengunjung juga bisa bermain air, ataupun berenang sepuasnya di kolam tersebut karena sangat lebar. Tetapi perhatikan juga aspek keselamatan ya….

Dan penulis juga wajib memberitahukan bahwa setiap pengunjung dilarang memakai sabun saat bermain air di area kolam utama.