Air Terjun Coban Lawe Ponorogo, Wisata Alami dan Eksotis di Lereng Gunung Wilis

Air Terjun Coban Lawe menyuguhkan pesona alam yang masih asri di Ponorogo, Jawa Timur. Air Terjun Coban Lawe terletak di lereng Gunung Wilis tersembunyi di balik lebatnya area hutan lindung. Keindahan alam di sekitar area air terjun juga sangat indah dan masih sangat terjaga keasriannya.

wisata coban lawe ponorogo
wisata coban lawe ponorogo. google maps. sumber : hristian lie

Uniknya Air Terjun Coban Lawe ini memiliki 4 tingkatan air terjun, yang jaraknya tak begitu berjauhan. Airnya mengalir dengan cukup deras melalui tebing batu yang berwarna hitam. Secara umum Air Terjun Coban Lawe ini masih alami, keadaan airnya masih jernih. Semakin tinggi letak keberadaannya, semakin indah pula pemandangan air terjunnya.

Suasana alam hutan yang hening dan menenangkan akan dapat kamu rasakan ketika berada di Coban Lawe. Meskipun untuk mencapainya kamu harus melakukan perjalanan yang tak mudah.

Jalur akses menuju Coban Lawe dari jalan raya hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Kemudian kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki menembus hutan.

Alamat Coban Lawe

  • Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63482.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000,- / orang.

Rute ke Coban Lawe

Air Terjun Coban Lawe ini lokasinya berada di arah barat daya puncak Gunung Wilis. Atau di arah timur Kota Ponorogo. Dari Alun-alun Ponorogo air terjun ini berjarak sekitar 33 km. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam. Sedangkan dari Alun-alun Tulungagung jaraknya sekitar 51 km. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam berkendara.

Dari Kota Ponorogo anda harus berkendara menuju Desa Krisik.
Tiba di Krisik, bisa perhatikan papan petunjuk arah. Jika ragu bisa bertanya pada warga. Untuk menuju lokasi air terjun, anda akan memasuki sebuah jalan kecil (gang) yang lebarnya sekitar 4 meter. Dari sini jarak yang ditempuh masih tersisa sekitar 2 km lagi. Di sini Anda akan melewati perkebunan warga. dan hutan pinus.

Tiba di pintu masuk, masih harus berjalan kaki selama sekitar 10 menit untuk tiba di lokasi dengan melewati hutan belantara. Mungkin cukup melelahkan, namun akan terbayar dengan pesona keindahan dan sejuknya Air Terjun Coban Lawe.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun Coban Lawe. Wisatawan disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Air terjun ini letaknya berada didalam hutan di kaki Gunung Wilis. Untuk menuju lokasi air terjun, anda akan memasuki sebuah jalan kecil (gang) yang lebarnya sekitar 4 meter.

Ada Apa di Coban Lawe

coban lawe ponorogo
coban lawe ponorogo. google maps. sumber : ampatriagroup zainul

Air Terjun Coban Lawe adalah air terjun setinggi 7 meter dengan bebatuan yang berundak. Berada di lingkungan yang asri di kaki Gunung Wilis. Lokasinya cukup terpencil, menjadikan destinasi wisata alam ini masih terasa alami.

Treking Menuju Air Terjun

trekking menuju coban lawe
trekking menuju coban lawe. google maps. sumber : Didik Purwanto

Berada di lingkungan yang asri di kaki Gunung Wilis. Lokasinya cukup terpencil, menjadikan destinasi wisata alam ini masih terasa alami. Dari pintu masuk, masih harus berjalan kaki selama sekitar 10 menit dengan melewati hutan belantara. Mungkin cukup melelahkan, namun akan terbayar dengan pesona keindahan dan sejuknya Air Terjun Coban Lawe.

Menikmati Keindahan Air Terjun

wisata coban lawe
wisata coban lawe. google maps. sumber : Yhoggie Sryan Charisma

Uniknya Air Terjun Coban Lawe ini memiliki 4 tingkatan air terjun, yang jaraknya tak begitu berjauhan. Airnya mengalir jernih dengan cukup deras melalui tebing batu yang berwarna hitam. Kondisi secara keseluruhan Coban Lawe masih alami. Disekitar air terjun masih ditumbuhi berbagai macam tumbuhan liar.

berenang dan bermain air di coban lawe
berenang dan bermain air di coban lawe. google maps. sumber : Fathu Rohman

Air Terjun Coban Lawe 1 adalah yang paling rendah. Di sini kalian bisa mandi, bermain air, hingga berfoto ria dengan latar air terjun. Coban Lawe 1 dan 2 merupakan favorit pengunjung karena jaraknya cukup dekat. Jika ingin menikmati keindahan Coban Lawe 3 hingga 4 kalian harus berjalan kaki lebih jauh lagi.

Setelah puas menikmati Coban Lawe 1, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju coban lawe 2. Letaknya sekitar 2 km melalui jalan setapak melewati sela-sela pepohonan besar dan lebat. Jika di lokasi pertama terasa kesan lebih terbuka, di lokasi kedua akan terasa sedikit tertutup. Karena adanya tebing yang lebih tinggi.

Pengunjung harus lebih berhati-hati di Coban Lawe 2. Memiliki ketinggian sekitar 12 meter, aliran airnya pun terlihat lebih deras. Anda akan disuguhi suasana hutan belantara, hamparan rumput gajah, pohon bambu serta beraneka macam serangga unik. Di sini kondisi air terjunya lebih tinggi dan tanamanya lebat karena sangat jarang di kunjungi wisatawan dan penduduk sekitar.

Berswafoto

berfoto di coban lawe
berfoto di coban lawe. google maps. sumber : Rudi Kurniawan
air terjun coban lawe
air terjun coban lawe. google maps. sumber :Agung Cahyo

Hotel Sekitar Coban Lawe

Hotel, villa atau penginapan yang jaraknya paling dekat dengan Air Terjun Coban Lawe Ponorogo.

  • Hotel WILIS BARU
    Berjarak 10,8 km dari Alir Terjun Coban Lawe.
    Jl. Telaga, Dukuh Nglingi, Ngebel, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63493. 0857-3590-0000.
  • Penginapan Ngebel Indah
    Berjarak 10,8 km dari Alir Terjun Coban Lawe.
    Dukuh Nglingi, Ngebel, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63493. 0857-0822-5555.
  • Penginapan D’Jamus Resort
    Berjarak 11,8 km dari Alir Terjun Coban Lawe.
    Dekat, Keleng, Ngebel, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63493. 0857-7939-6405.

Video Coban Lawe

Video Coban Lawe berikut dikuti dari channel : Faazent

Penutup

Air Terjun Coban Lawe merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Ponorogo. Air terjun yang menawan ini memiliki 4 tingkatan yang jaraknya tak begitu berjauhan.

Suasana alam dan menenangkan akan dapat kamu rasakan ketika berada di Coban Lawe. Meskipun untuk mendapatkannya kamu harus melakukan perjalanan yang tak mudah.