11 Tempat Wisata Ponorogo, Lokasi Liburan Yang Penuh Cerita

Ponorogo dikenal dengan julukan Kota Reog atau Bumi Reog karena memang merupakan daerah asal dari kesenian Reog yang menjadi ciri khasnya.

Selain itu dikenal juga dengan nama Kota Santri karena banyaknya pondok pesantren yang ada di Ponorogo, yang terkenal ialah Pondok Modern Darussalam Gontor.

Kabupaten Ponorogo masih menjunjung tinggi kesenian daerah yang telah lama ada, seperti Grebeg Suro yang selalu diselenggarakan setiap tahun pada Bulan Suro’. Dan selalu memancing wisatawan untuk ikut menyaksikannya.

Karena selalu menampilkan berbagai macam kesenian dan tradisi seperti Reog, Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka serta Larungan Risalah Do’a di Telaga Ngebel.

Untuk menuju Ponorogo jika kamu berangkat dari luar daerah bisa menggunakan pesawat terbang ataupun dengan menggunakan bis.

Jika berkesempatan mengunjungi Ponorogo, sempatkan untuk berlibur ke tempat-tempat berikut ini:

11 Tempat Wisata Ponorogo

1. Gunung Wilis

Pegunungan Wilis membentang diantara 6 kabupaten, yakni Kabupaten Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Trenggalek, dan Ponorogo.

Kamu para pecinta alam pasti akan merasa bersemangat untuk menjelajah Gunung Wilis, dan menaklukan puncaknya. Gunung ini memiliki tiga buah puncak utama yaitu Puncak Wilis, Liman dan Limas.

Untuk menuju Puncak Limas yang berada di ketinggian sekitar 2.300 mdpl dapat melalui Desa Bajulan, Nganjuk, Kediri. Sedangkan dari arah Ponorogo sendiri dapat menuju Puncak Ngiman yang berada di ketinggian sekitar 2.535 mdpl.

panorama alam pegunungan wilis
panorama alam pegunungan wilis. google maps. sumber: Mas Ari Front Pembela Hutan

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Yang terakhir ialah Puncak Wilis yang dapat ditempuh dari arah Besuki, Kediri atau Tulungagung serta Trenggalek. Puncak ini berada di ketinggian sekitar 2.563 mdpl.

Dalam pendakian menuju puncak, kamu akan banyak menemukan beragam flora dan fauna yang dilindungi karena keberadaannya yang sudah sangat langka.

Selain itu kamu juga akan dapat menemukan beberapa air terjun yang masih alami dan asri, dimana air yang dialirkannya sangat jernih, bersih dan menyegarkan.

Lokasi:  Banaran, Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

2. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan sebuah lokasi tempat dilakukannya Larungan Risalah Do’a. Telaga ini berada di kaki Gunung Wilis, dengan memiliki keliling sekitar 5 km.

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Telaga Ngebel, diantaranya mengelilingi telaga dengan menggunakan perahu motor, berkemah, flying fox, dan melakukan wana wisata air lainnya.

menikmati keindahan telaga ngebel
menikmati keindahan telaga ngebel. google maps. sumber: imsoftlensurabaya

Udara yang kamu rasakan ketika berada di Telaga Ngebel sangat sejuk dan menyegarkan, apalagi jika di pagi hari. Kamu juga bisa menantikan datangnya matahari atau sunrise di Telaga Ngebel.

Fasilitas umum yang ada di sekitar Telaga Ngebel pun sudah dilengkapi sedemikian rupa, sehingga kamu tak perlu khawatir ketika berkunjung kesana.

Lokasi: Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Tiket: Rp. 7.000,-
Jam Buka: 08.00-18.00

3. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri berada di perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur, tepatnya antara Ponorogo dan Wonogiri. Dan merupakan bukit dengan pemandangan terindah di Pulau Jawa.

Dengan berada di ketinggian 638 mdpl, kamu harus sedikit melakukan trekking mendaki bukit dengan jalur yang cukup terjal namun dapat dilalui oleh pendaki pemula.

bukit cumbri
bukit cumbri. google maps. sumber: Fendik Ari Wibowo

Simak JUga: 11 tempat wisata Lumajang

Dari area parkir kendaraan menuju puncak Bukit Cumbri memerlukan waktu sekitar 1 jam lamanya, namun hal tersebut tergantung pada kondisi fisik kamu sendiri.

Kunjungi Bukit Cumbri untuk menikmati indahnya pergantian hari baik itu Sunrise maupun Sunset yang sangat cantik.

Lokasi: Perbatasan Ponorogo-Wonogiri Jawa TImur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

4. Gunung Beruk

Gunung Beruk merupakan keindahan alam yang lain di Ponorogo, Jawa Timur. Disini kamu dapat memandangi panorama alam yang menyejukkan dari sebuah gardu pandang.

Selain itu juga terdapat gazebo untuk kamu bersantai sambill menghirup udaranya yang segar dan masih bersih. Terdapat sebuah rumah pohon yang dipasang di sebuah pohon pinus yang memiliki ketinggian sekitar 20 m.

gunung beruk
gunung beruk. google maps. sumber: Edy Winoto

Gunung Beruk merupakan sebuah lokasi wisata alam untuk kamu yang menyukai keindahan dan mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video.

Lokasi: Desa Karang Patihan, Balong, Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Tiket: RP. 5.000,-
Jam Buka : 06.00-18.00

5. Alun-Alun Ponorogo

Alun-Alun Ponorogo merupakan sebuah tempat wisata yang selalu menjadi pusat perhatian tersendiri bagi para pengunjung yang datang dari luar daerah.

Lokasinya yang berada di tengah kota diantara pemandangan gedung pemerintahan Kabupaten Ponorogo, yang di setiap sudutnya terdapat patung singa dan macan yang mengisyaratkan sebagai Kota Reog.

icon alun alun ponorogo
icon alun alun ponorogo. google maps. sumber: muhammad choiruddin azis

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Kamu dapat bersantai sejenak di Alun-Alun Ponorogo sambil mencicipi jajanan khas Ponorogo. Disini juga tersedia akses wifi dan terdapat colokan listrik yang dapat kamu gunakan untuk ngecas hp.

Lokasi: Jl. Alun-Alun Timur Barat, Ponorogo, Mangkujayan, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

6. Bukit Mloko Sewu

Mloko Sewu merupakan sebuah bukit yang berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, dengan banyak ditumbuhi pohon Malaka, yakni sebuah pohon yang menyerupai Ceremai dan ketinggiannya bisa mencapai hingga 15 meter.

Mloko Sewu berada di lahan Perhutani seluas 2 ha, dengan menampilkan taman bunga yang cantik, serta beberapa spot foto yang kece badai.

salah satu spot foto yang ada di mloko sewu
salah satu spot foto yang ada di mloko sewu. google maps. sumber: Mr Don

Dimana setiap spot foto yang ada akan menampilkan keindahan dari Telaga Ngebel, karena Mloko Sewu ini berada di bagian atas dari danau tersebut.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Mloko Sewu diantaranya menikmati hamparan keindahan alam yang tersaji kemudian mengabadikan beberapa spot foto yang ada, serta menyaksikan sunset yang sangat cantik.

Lokasi: Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jawa TImur.
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 09.00-18.00

7. Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk merupakan salah satu air terjun yang ada di Ponorogo, dengan ketinggian yang mencapai 30 meter. Air yang dialirkannya sangat jernih juga bersih, mengalir dengan derasnya.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan selain bermain air diantaranya, melakukan olahraga panjat tebing, bermain flying fox serta mengunjungi jembatan gantung.

air terjun pletuk
air terjun pletuk. google maps. sumber: Dwi14 Janarko

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Fasilitas yang ada di sekitar Air Terjun Pletuk pun sudah memadai, karena destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu lokasi liburan favorit di Ponorogo.

Lokasi: Dusun Dukuh Kranggan, Desa Jurug, Kec. Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

8. Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dengan aliran air yang sangat deras menyentuh bebatuan besar yang ada di bawahnya.

Airnya mengalir melalui tebing batu yang kokoh dengan hiasan pepohonan di kiri dan kanannya, sehingga menambah kesan asri dan menyejukkan.

air terjun sunggah
air terjun sunggah. google maps. sumber: christian lie

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika mengunjungi Air Terjun Sunggah ialah yang pastinya bermain air dan merasakan kesegaran airnya menyentuh badanmu.

Fasilitas yang ada pun sudah memadai sehingga kamu tak perlu khawatir jika hendak pergi ke kamar mandi. Meskipun untuk menuju Air Terjun Sunggah kamu harus berjalan menuruni pematang sawah milik warga sekitar.

Lokasi: Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponororgo, jawa TImur
Tiket: Rp. 3.000,-
Jam Buka: 08.00-18.00

9. Coban Lawe

Coban Lawe merupakan tempat wisata air lainnya yang ada di Ponorogo, air terjun yang satu ini memiliki 4 tingkatan yang jaraknya tak begitu berjauhan.

Airnya mengalir dengan cukup deras melalui tebing batu yang berwarna hitam. Di sekitar aliran airnya banyak dihiasi bebatuan yang berserakan tak karuan dengan ukuran yang beragam.

coban lawe
coban lawe. google maps. sumber: christian lie

Simak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Suasana hening dan menenangkan akan dapat kamu rasakan ketika berada di Coban Lawe. Meskipun untuk mendapatkannya kamu harus melakukan perjalanan yang tak mudah.

Jalur akses menuju Coban Lawe dari jalan raya hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, kemudian kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki menembus hutan.

Lokasi: Desa Krisik, Kec. Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

10. Air Terjun Kokok

Air Terjun Kokok merupakan air terjun yang dibilang masih alami dan belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Hal tersebut mungkin dikarenakan akses menuju lokasi air terjun yang masih agak susah dan cukup jauh.

Hanya mereka para petualang sejati yang datang untuk menikmati keindahan Air Terjun Kokok ini. Air yang dialirkannya berasal dari Sungai Kokok, dengan ketinggian mencapai 30 meter.

air terjun kokok
air terjun kokok. google maps. sumber: Ventian Sopespian

Tipe dari air terjun ini ialah terdapat empat aliran air yang mengalir melalui celah bebatuan yang tertata sangat alami dan indah.

Kamu dapat bermain segarnya Air Terjun Kokok dan membasuh ragamu yang lelah. Jangan lupa untuk berfoto bersama aliran airnya yang sangat cantik.

Lokasi: Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Tiket: Rp. 8.000,-
Jam Buka: 24 Jam

11. Makam Batoro Katong

Makam Batoro Katong merupakan kawasan cagar budaya karena berisikan bangunan yang masih asli warisan zaman dulu serta terdapat makam salah seorang penyebar Agama Islam di wilayah tersebut, dan merupakan salah satu pendiri Ponorogo.

makam batoro katong
makam batoro katong. google maps. sumber: Mutia Sabita

Simak juga: 11 tempat wisata Pemalang

Untuk dapat berziarah ke makam tersebut kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada kuncen setempat. Makam Batoro Katong selalu ramai dikunjungi para peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi: Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, jawa Timur
Tiket: Kamu hanya perlu membayar seikhlasnya
Jam Buka: 08.00-17.00


Tinggalkan komentar