11 Tempat Wisata Gorontalo, Mengunjungi Pesona Alam Yang Mengagumkan

Tempat wisata Gorontalo memberikan kamu pengalaman dan keseruan yang tak terkira, terdapat beberapa objek wisata yang memberikan keindahan alam yang sangat indah.

Misalnya saja Pulau Cinta yang digadang-gadang keindahanya setara dengan yang ada di Pulau Maldives atau Kepuluan Maladewa yang sudah terkenal hingga ke beragam penjuru dunia.

Sekedar informasi untuk kamu, bahwa Provinsi Gorontalo merupakan salah satu provinsi termuda yang ada di Indonesia, karena baru berdiri sekitar tahun 2000.

Masyarakat Gorontalo mayoritas beragama Islam, sehingga sering disebut sebagai Bumi Serambi Madinah. Hal tersebut diperkuat dengan semboyan “Aadati hula-hula to Sara’, Sara’ to hula-hula to Kuru’ani” yang berarti Adat bersendikan Syara’, Syara’ bersendikan Al-Qur’an”.

Akses menuju Gorontalo pun sangat mudah, dimana kamu dapat melakukannya dengan menggunakan beragam moda transportasi baik itu udara maupun darat.

Berikut 11 tempat wisata di Gorontalo yang dapat kamu kunjungi:

11 Tempat Wisata Gorontalo

1. Bukit Layang Gorontalo

pemandangan dari atas bukit layang
pemandangan dari atas bukit layang. google maps. sumber: blackpacker trip

SImak juga: 11 tempat wisata Pemalang

Destinasi wisata yang pertama ialah Bukit Layang atau Gunung Layang Gorontalo, yang berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Sehingga pastinya kamu akan menyaksikan pemandangan kota Gorontalo yang dibelah oleh sebuah sungai dengan hiasan bukit yang indah.

Selain menikmati keindahan kota dari ketinggian, kamu juga dapat berkemah di atas bukitnya sambil menunggu terbit dan tenggelamnya matahari.

Jangan lupa untuk berfoto bersama dengan keindahan panorama yang tersaji, banyak penunjung yang datang dan berfoto dengan latar panorama kota dari ketinggian dengan dipadukan bukit serta langit yang cerah.

Untuk menuju Bukit Layang Gorontalo ini kamu harus melakukan trekking dengan menaiki bukit, gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin ya..

Lokasi: Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Gorontalo
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

2. Pulau Diyonumo

pulau diyonumo
pulau diyonumo. google maps. sumber: Imran Rizki Dukalang

Simak juga: menikmati sunrise di pulau diyonumo

Pulau Diyonumo merupakan sebuah pulau yang tak berpenghuni, ditambah lagi lokasinya yang masih jarang dikunjungi. Namun menyimpan keindahan yang tiada tara.

Ketika berada di Pulau Diyonumo ini ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, diantaranya:

  • Mendaki Bukit Ilalang yang berada di tepi pantai, untuk menikmati panorama yang lebih baik.
  • Berkemah dan melakukan kegiatan seru lainnya.
  • Menyaksikan sunrise dari puncak Bukit Ilalang.
  • Berjalan dan menikmati suasana tenang di pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut.

Untuk menuju Pulau Diyonumo dapat dituju dengan menyebrangi lautan menggunakan perahu Ketinting yang disewakan penduduk di sekitar Desa Deme II.

Lokasi: Desa Deme II, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

3. Masjid Walima Emas

landscape masjid walima emas
landscape masjid walima emas. google maps. sumber: Dimas Prakasa

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

Sebagai Bumi Serambi Madinah, Gorontalo mempunyai sebuah masjid yang bisa dibilang fenomenal, apalagi terletak di sebuah desa yang mendapat julukan desa keramat.

Masjid yang satu ini terletak di ketinggian yang kurang dari 250 mdpl, dan berada di bibir pantai Teluk Tomini. Sehingga menampilkan suasana yang berbeda.

Dimana kamu akan merasakan suasana religi yang sangat kental dibalut dengan keindahan alam yang berupa pegunungan dan laut yang indah.

Ciri khas dari Masjid Walima Emas ialah sebuah kubah emas dengan ukuran yang besar dengan dikelilingi oleh 4 kubah lainnya dengan ukuran kecil yang melambangkan simbol walima.

Walima sendiri merupakan penganan khas Gorontalo yang biasa disajikan ketika peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Lokasi: Desa Bongo, Kecamatan Batuda’a Pantai, Kab. Gorontalo, Gorontalo
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

4. Wisata Pulau Cinta

pulau cinta eco resort
pulau cinta eco resort. google maps. sumber: Menny Nento

Simak juga: resort rasa maldives di pulau cinta

Tempat wisata selanjutnya ialah Pulau Cinta, yakni sebuah pulau yang awalnya tak berpenghuni namun disulap menjadi sebuah lokasi wisata yang ajib banget.

Dengan dilengkapi Eco Resort yang terdiri dari 15 cottage yang berada di atas air dan saling terhubung dengan menggunakan sebuah jembatan kayu, sehingga jika dilihat dari atas tampak menyerupai bentuk hati.

Kegiatan seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pulau Cinta yakni:

  • Menelajahi hutan yang ada di sekitar pulau
  • Menyusuri Pulau Cinta dengan menggunakan perahu dayung
  • Menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau diving
  • Melakukan hal-hal romantis bersama pasangan dengan suasana yang romantis

Untuk menuju Pulau Cinta harus berlayar dari Kabupaten Boalemo dengan estimasi waktu sekitar 25 menit.

Lokasi: Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

5. Desa Adat Bubohu

desa wisata bubohu
desa wisata bubohu. google maps. sumber: Farid Freedom

Simak juga: wisata religi di desa adat bubohu

Tempat wisata selanjutnya berupa sebuah desa adat yang bernama Desa Adat Bubohu, dimana disini kita akan belajar mengenai sejarah Kerajaan Gorontalo serta mengunjungi pesantren alam yang ada.

ketika memasuki kawasan Desa Adat Bubohu kamu akan kumpulan fosil kayu serta barisan gubuk khas Gorontalo atau biasa disebut Wambohe yang berjajar dengan sangat rapih.

Ragam wisata yang dapat dilakukan ketika berada di Desat Adat Bubohu diantaranya:

  • Menyaksikan perayaan Maulid Nabi Muhammad saw. yang sangat meriah
  • Mengunjungi Masjid Walima Emas
  • Berkunjung ke pesantren alam
  • Mengunjungi Museum Beranda Kebudayaan Gorontalo dan Museum Fosil Kayu

Lokasi: Desa wisata religius bubohu, Bongo, Kecamatan Batuda’a Pantai, Gorontalo.
Tiket: –
Jam Buka: 06.30-18.00

6. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

air terjun didingga
air terjun didingga. google maps. sumber: Update Up SEPASI Fotball

Air Terjun Hiyaliyo Da’a atau biasa disebut juga dengan nama Air Terjun Didingga, merupakan tempat wisata alam yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Gorontalo.

Air terjunnya berundak-undak, mengalirkan air yang putih bersih di tebing hitam yang cukup tinggi. Dimana ketinggiannya diperkirakan mencapai 30 meter.

Lokasi air terjun ini masih dikelilingi kawasan hutan yang masih sangat asri, hal tersebut ditandai dengan masih rindangnya pepohonan di sekitar jatuhnya air.

Kamu harus melakukan trekking yang ga mudah untuk menuju Air Terjun Hiyaliyo Da’a, membelah hutan, menyebrangi sungai kecil, melewati kebun kopi, semuanya itu akan kamu lalui.

Namun semuanya akan terbayar lunas ketika merasakan sejuk dan segarnya Air Terjun Hiyaliyo Da’a ini, dan seakan menhempaskan semua rasa lelah yang dirasakan.

Lokasi: Desa Didingga, Kec. Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo
tiket: 5.000
Jam Buka: 24 Jam

7. Pantai Kurenai

pantai kurenai
pantai kurenai. google maps. sumber: Anggitiyo Prawita wicaksono

Simak juga: 11 tempat wisata Ungaran

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya yang harus kamu kunjungi ialah Pantai Kurenai, yang memiliki hamparan pasir lembut yang berwarna cokelat dihiasi birunya laut.

Meskipun lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota Gorontalo, namun ternyata objek wisata yang satu ini baru diresmikan sebagai objek wisata sekitar tahun 2017 lalu.

Ketika berada di Pantai Kurenai ini kamu dapat bermain lembutnya pasir, dan bermain air lautnya yang cukup tenang. Serta jangan lupa untuk menunggu tenggelamnya matahari yang sangat cantik.

Untuk kamu yang hobi memancing dapat melakukannya di pantai yang satu ini, kegiata berkemah pun dapat kamu lakukan di pasir pantainya.

Lokasi: Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
Tiket: Roda dua Rp. 5.000,- Sedangkan roda empat Rp. 10.000,-
Jam Buka: 24 Jam

8. Pantai Dunu

pantai dunu
pantai dunu. google maps. sumber: Motopacker Indonesia

11 tempat wisata Gorontalo selanjutnya ialah Pantai Dunu, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan wisatawan mancanegara.

Pantai Dunu memiliki hamparan pasir lembut yang cukup landai, serta air laut yang berwarna biru dipadukan dengan hijaunya perbukitan yang ada di sekitar pantai.

Suasana tenang dengan hanya mendengarkan deburan ombak banyak dilakukan oleh wisatawan, ada pula dari mereka yang berenang di pantainya.

yang tak boleh ketinggalan ialah duduk santai di atas pasir sambil menyaksikan matahari tenggelam atau sunset, kemudian mengabadikannya dalam sebuah foto atau video.

Lokasi: Desa Tolitehuyu, Kec. Monano, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo
Tiket: Rp.5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

9. Air Terjun Permai Taludaa

air terjun permai taludaa
air terjun permai taludaa. google maps. sumber: Arif Nur Rahman ZAZG

Simak juga: 11 tempat wisata Bangka

Air terjun selanjutnya yang ada di Gorontalo yakni Air Terjun Permai Taludaa yang memiliki ketinggian sekitar 42 meter. Keindahan alam yang tersaji di sekitar air terjun ini masih sangat alami.

Air yang mengalirnya sangat jernih dan bersih juga menyegarkan. Tempat wisata alam yang cocok untuk kamu yang menginginkan kedamaian serta ketenangan.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Permai Taludaa harus melakukan trekking terlebih dahulu dengan jarak sekitar 2 km dengan menyusuri hutan.

Lokasi: Desa Ilohuuwa, Kec. Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

10. Danau Limboto

menyaksikan danau limboto dari benteng otanaha
menyaksikan danau limboto dari benteng otanaha. google maps. sumber: Melisa Carla

Danau Limboto merupakan sebuah danau yang memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 8 meter, dan merupakan danau terbesar yang ada di Gorontalo.

Serta menjadi muara bagi 23 sungai yang mengalir di sekitarnya, Selain itu Danau Limboto juga memiliki sumber panas bumi atau geothermal.

Hal menarik dari Danau Limboto ini ialah lokasinya yang terhubung langsung ke arah laut serta menjadi habitat bagi beragam ikan dan burung imigran.

Ketika sore mulai menjelang, Danau Limboto selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati indahnya sunset dengan panorama alam yang tersaji.

Kamu juga dapat mengunjungi Benteng Otanaha yang berada tak jauh dari Danau Limboto, dengan menaiki beberapa anak tangga.

Lokasi: Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo
Tiket:-
Jam Buka: 08.00-18.00

11. Taman Laut Olele

snorkeling di taman laut olele
snorkeling di taman laut olele. google maps. sumber: Sony Dwi Fajrian

Simak juga: keindahan bawah air, taman laut olele

Tempat wisata terakhir yang harus kamu kunjungi ketika berada di Gorontalo ialah Taman Laut Olele, yang terkenal akan keindahan bawah lautnya.

Taman laut yang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih meskipun berada tak jauh dari area pemukiman warga, begitupun dengan kejernihan airnya yang sangat terjaga dengan baik.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Taman Laut Olele, diantaranya:

  • Snorkeling atau diving di beberapa spot yang ada
  • Melakukan fotografi bawah laut yang mengagumkan
  • Mengunjungi desa wisata yang bernama Desa Olele

Lokasi: Desa Olele, Kec. Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam


Tinggalkan komentar