11 Tempat Wisata Pemalang, Potensi Alam Yang Lengkap

Tempat wisata yang ada di Kabupaten Pemalang cukup beragam, mulai dari suasana pantai yang menenangkan, eksplor kawasan hutan mangrove, bermain serunya rafting, dan lain sebagainya.

Kabupaten Pemalang memang memiliki topografi yang bervariasi, yang mengakibatkan beragam pula potensi wisata yang ada di daerah tersebut.

Dengan berada di jalur pantura Jakarta-Semarang-Surabaya, membuat para wisatawan dapat dengan mudah memasuki wilayah Pemalang.

Berikut 11 tempat wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Pemalang, Jawa Tengah:

11 Tempat Wisata Pemalang 

1. Kedung Bening

kedung bening
kedung bening. google maps. sumber: Zaenur Krismono

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

11 tempat wisata Pemalang yang akan kita bahas pertama kali bernama Kedung Bening, yakni sebuah cekungan yang terbentuk karena proses erosi bebatuan oleh sungai dan air hujan.

Kedung Bening berada di bawah Bukit Isawa, sehingga memiliki pemandangan alam yang hijau serta udara yang sangat sejuk.

Serta untuk menuju Kedung Bening pun harus menyusuri jalan setapak yang masih berupa tanah dan bebatuan, dan akan licin jika setelah turun hujan.

Kedung Bening sendiri memiliki air kolam yang berwarna hijau tosca dengan dikelilingi dinding batu, sehingga banyak pengunjung yang menyebutnya Grand Canyon-nya Pemalang.

Lokasi: Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

2. Kedung Bunder

Tempat wisata selanjutnya masih berupa kedung atau cekungan air bernama Kedung Bunder, yang lokasinya masih berada di Kecamatan Watukumpul dan berada tak jauh dari Kedung Bening.

Kedung Bunder merupakan sebuah cekungan yang berisi air jernih berwarna hijau toska dengan hiasan air terjun mini serta dikelilingi oleh pepohonan yang masih asri.

Kamu dapat merasakan segarnya air dengan berenang atau bahkan melompat dari atas tebingnya, bisa juga hanya dengan duduk-duduk di atas sebuah batu yang cukup lebar dan besar.

Kemudian mengambil beberapa gambar Kedung Bunder. Untuk menikmati semua itu, memerlukan perjuangan yang cukup ekstra dengan trekking menyusuri jalan setapak yang masih alami.

Lokasi: Desa Bodas, Kecamatan Watukumpul, Kab. Pemalang
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-18.00

3. Hutan Mangrove Mojo

hutan mangrove mojo
hutan mangrove mojo. google maps. sumber: Agus Nur Evendi

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Tempat wisata Pemalang selanjutnya yakni berupa kawasan hutan mangrove atau biasa disebut Hutan Mangrove Mojo. Yang memiliki luas sekitar 2.350 ha, dengan kawasan hutan mangrove seluas 410 ha dan mangrove di pertambakan seluas 1.940 ha.

Kamu dapat menyusuri kawasan hutan mangrove ini dengan menyusuri jalan setapak yang berupa kayu, yang dilengkapi dengan beberapa spot foto.

Terdapat beberapa jenis tumbuhan yang ada di kawasan hutan mangrove ini, serta beraneka ragam spesies burung yang menjadikan Hutan Mangrove Mojo ini sebagai habitatnya.

Untuk menuju Hutan Mangrove Mojo kamu harus menyewa sebuah perahu yang sudah tersedia dengan kisaran harga sekitar Rp. 200.000,- per perahu.

Lokasi: Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Propinsi Jawa Tengah
Tiket: Gratis
Jam Buka: 07.00-18.00

4. Rafting di Sungai Comal

rafting di sungai comal
rafting di sungai comal. google maps. sumber: Rocket Rockers

Sungai Comal merupakan sungai atau kali yang berada di Jawa Tengah dan termasuk sungai terbesar yang mengalir dari selatan ke utara berakhir di Laut Jawa dan melintasi Pemalang.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Sungai Comal ialah dengan melakukan rafting atau menyusuri sungai menggunakan perahu karet.

Karena sungai yang satu ini memiliki aliran yang cukup deras meskipun di musim kemarau. Kegiatan rafting di Sungai Comal ada dua jalur track.

Yakni sejauh 6 km dan 9 km, dan tentu saja kegiatan rafting kamu akan dipandu oleh seorang guide yang tentunya sudah berpengalaman.

Lokasi: Jl. Randudongkal-Moga, Desa No.99, Kamulihan, Kecepit, Kec. Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 135.000
Jam Buka: 08.00-16.30

5. Curug Bengkawah

curug bengkawah
curug bengkawah. google maps. sumber: adhi sulistianto

Simak juga: indahnya alam curug bengkawah

Curug Bengkawah biasa atau yang biasa disebut juga Cubeng ini berada di area pesawahan, karena Bengkawah sendiri merupakan singkatan dari Bengkahan Tengah Sawah.

Curug yang satu ini memiliki 3 aliran air yang cukup deras, dengan ketinggian sekitar 20 meter. Dan berdasarkan penuturan warga sekitar airnya tidak pernah surut meskipun musim kemarau.

Ketika berada di Curug Bengkawah kamu tidak diperkenankan untuk berenang di kedungnya, karena selain memiliki arus yang deras kolamnya pun cukup dalam.

Kamu dapat melakukan body rafting atau rafting di aliran sungai yang berada tak jauh dari Curug Bengkawah. Alam di sekitarnya masih terasa sejuk dan menyegarkan.

Lokasi: Jl. Sikasur Simpur, Desa Sikasur, Kec. Belik, Pemalang, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 08.00-18.00

6. Telaga Rengganis

telaga rengganis
telaga rengganis. google maps. sumber: Hendra Soewarno

Simak juga: 11 tempat wisata Bangka

Selanjutnya ialah Telaga Rengganis, yang berada di Kecamatan Watukumpul. Telaga ini memiliki luas sekitar 1 ha, airnya yang tampak tenang dikelilingi pohon pinus yang berderet dengan rapih serta bukit-bukit yang masih asri.

Kegiatan seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Telaga Rengganis, diantaranya camping ataupun hiking ke bukit yang ada.

Kegiatan camping akan semakin seru dengan menanti tenggelamnya matahari yang sangat cantik sambil membakar ikan yang kamu pancing sendiri, wah,,,pasti seru dan tak terlupakan.

Lokasi: Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah.
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.00-18.00

7. Telaga Indah Gambuhan

Tempat wisata indah lainnya bernama Telaga Indah Gambuhan yang berada di perbatasan Desa Gambuhan dan Desa Walangsanga, memiliki luas sekitar 2,5 ha.

Kamu akan dapat menikmati pemandangan indah ketika berada disini, dengan air telaganya yang tenang serta hiasan lahan pertanian yang menjadi latar dari Telaga Indah Gambuhan.

Merupakan tempat yang tenang untuk kamu yang ingin mengistirahatkan jiwa dan raga dari kebisingan kota yang membuat kita jenuh.

Lokasi: Desa Gambuhan, Kec. Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
Tiket: Rp. 3.000
Jam Buka: 24 Jam

8. Taman Langit Pulosari

taman langit bukit tangkeban
taman langit bukit tangkeban. google maps. sumber: Marifatul Khikmi

Taman Langit atau biasa disebut juga Bukit Tangkeban ini merupakan lokasi wisata favorite di Pemalang saat ini, gimana tidak disini tersedia jembatan kaca yang kekinian dengan panorama Gunung Slamet yang gagah.

Banyak hal seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Bukit Tangkeban atau Taman Langit ini, yakni:

  • Bermain ATV
  • Mencoba Sky Bike
  • Hunting spot-spot foto yang kece parah
  • Menikmati sunrise dan sunset

Fasilitas yang ada di Taman Langit pun sangat lengkap, apalagi dengan hadirnya sebuah cafe yang membuat kita betah dan enggan untuk beranjak pulang.

Lokasi: Nyalembeng, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah.
Tiket: Rp. 3.000,-
Jam Buka: 07.00-17.30

9. Pantai Joko Tingkir

pantai joko tingkir
pantai joko tingkir. google maps. sumber: Mohammad Abror

Simak juga: 11 tempat wisata Magetan

Setelah kita bahas perbukitan dan telaga yang ada di Pemalang, sekarang saatnya mengunjungi lokasi pantai yang ada, salah satunya ialah Pantai Joko Tingkir.

Di Pantai Joko Tingkir kamu dapat melihat deretan perahu nelayan yang sedang bersandar, karena pantai ini merupakan tempat bersandarnya perahu nelayan setelah mencari udang rebon di lautan.

Kamu dapat bermain lembutnya pasir dengan anak-anak dan biarkan mereka membangun imajinasinya. Selain itu ada pula ayunan, perosotan, serta wahana lainnya yang akan membuat mereka betah dan gembira ria.

Satu lagi yang tak boleh tertinggal, yakni menyaksikan proses tenggelamnya matahari atau sunset yang akan membuat alam berwarna sangat cantik.

Lokasi: Desa Nyamplungsari, Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 3.000,-
Jam Buka: 24 Jam

10. Bukit Kukusan

salah satu spot foto di bukit kukusan
salah satu spot foto di bukit kukusan. google maps. sumber: ZEEN

simak juga: update terbaru bukit kukusan

Bukit Kukusan berada di ketinggian sekitar 956 mdpl, membuatnya menjadikan spot terbaik untuk menikmati panorama alam dari ketinggian.

Untuk menuju puncak Bukit Kukusan kamu harus melakukan trekking dengan menaiki tangga yang sudah disusun sangat rapih dengan jarak dari loket masuk kira-kira sejauh 200 meter.

Ketika berada di Puncak Bukit Kukusan kamu akan menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan kehadiran pegunungan serta pepohonan yang menyejukkan pandangan.

Selain itu banyak tersedia spot foto yang instragamable untuk kamu gunakan dengan percuma, dengan beragam bentuk dan sensasi yang berbeda-beda.

Lokasi: Cikadu, Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-17.00

11. Curug Sibedil

bermain air di curug sibedil
bermain air di curug sibedil. google maps. sumber: Zila Mufid

Simak juga: review lengkap curug sibedil

11 tempat wisata Pemalang yang terakhir saya bahas ialah Curug Sibedil, yang memiliki tinggi sekitar 10 meter dan berada di lembah Gunung Slamet.

Air terjunnya mengalir dari setiap sisi tebingnya sehingga memiliki aliran air yang tidak terlalu besar, menuju sebuah kedung atau kolam yang berada tepat di bawahnya.

Kamu dapat berenang atau hanya bermain air di sekitar kolamnya, karena kedalamannya hanya sekitar pinggang orang dewasa saja.

Untuk menuju lokasi Curug Sibedil dari area parkir, dengan berjalan kaki menyusuri area pemukiman warga dengan jarak tempuh sekitar 100 meter saja.

Lokasi: Jl. Kyai Abdurrosyid Rt.01 / Rw.03, Desa Sima, Kec. Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.00-17.00


Tinggalkan komentar