Curug Sibedil di Pemalang, Review Tiket Masuk, Rute dan Trekking Lengkap

Di era new normal ini refreshing merupakan hal yang paling dinanti oleh kamu, iya kan? Minggu ini merupakan minggu yang panjang, karena adanya cuti bersama. Pas banget untuk merefresh jiwa dan raga dengan menikmati keindahan alam.

Untuk kamu yang sedang berada di Pemalang, Jawa Tengah kamu harus mengunjungi wisata air terjun yang bernama Curug Sibedil yang terletak di Desa Sima.

Curug Sibedil sempat ditutup karena merebaknya Covid-19 di Indonesia, namun pada saat H+2 Lebaran area wisata ini dibuka kembali dengan melakukan pembatasan pengunjung dan mengikuti protokol kesehatan yang telah disarankan pemerintah.

Berikut merupakan ulasan lebih jauh mengenai Curug Sibedil ini, check this out!

Trekking Menuju Curug Sibedil

Untuk sampai menikmati keindahan Curug Sibedil, kamu harus mengawalinya dengan berjalan kaki menyusuri pekampungan warga.

Namun, dikarenakan saat ini Indonesia masih dalam keadaan Pandemi Covid-19 sebelum memulai trekking kamu harus melakukan beberapa protokol kesehatan yang sudah disiapkan oleh pengelola.

Seperti mencuci tangan terlebih dahulu, pengecekan suhu tubuh, serta penyemprotan disinfektan. Dan kamu wajib untuk menggunakan masker. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di area Curug Sibedil.

Setelah semua protokol kesehatan kamu lalui, trekking pun dimulai. Untuk sampai menuju lokasi Curug Sibedil medannya mudah bahkan terlalu mudah.

Kamu hanya perlu menyusuri jalan setapak di sekitar perkampungan warga yang sudah tertata dengan rapih. Tidak ada yang namanya jalur menanjak maupun turunan yang curam.

Namun, jarak dari lokasi parkir menuju Curug Sibedil sekitar 100 meter, dan itu cukup untuk membakar lemak yang bersemayam di tubuh kamu.

Sepanjang perjalanan kamu akan menikmati bersihnya suasana perkampungan, dihiasi dengan banyaknya tanaman dan pepohonan yang menimbulkan kesan asri dan menyejukkan.

Kamu juga akan menyebrangi sebuah jembatan yang terbuat dari besi, tidak terlalu besar namun aman dan nyaman untuk dilewati.

Jembatan Yang Menuju Curug Sibedil
Jembatan Yang Menuju Curug Sibedil. Sumber: twitter.com

Akhir trekking kamu adalah sebuah tangga menuju lokasi Curug Sibedil, tangga tersebut masih berupa batu dan tanah. Kamu harus hati-hati saat menuruni tangga tersebut, karena sedikit curam dan licin.

Terdapat aliran air yang keluar dibalik pepohonan membasahi tangga. Tangganya lumayan kecil sehingga kamu harus bergantian dengan para pengunjung yang hendak meninggalkan Curug Bedil.

Pesona Keindahan Curug Sibedil

Curug Sibedil berada di lembah Gunung Slamet dan memiliki ketinggian sekitar 10 meter, aliran airnya bukan hanya satu tapi menyebar di sepanjang tebing yang ada.

Curug Sibedil
Curug Sibedil. Sumber: desasima.blogspot.com

Aliran air terjunnya terdiri dari aliran yang besar diiringi dengan beberapa aliran air yang kecil di sekitarnya.

Airnya mengalir dengan cukup deras dan bersih. Dibawahnya terdapat sebuah kolam penampungan yang cukup besar dan luas.

Keindahan Aliran Curug Sibedil
Keindahan Aliran Curug Sibedil. Sumber: ihategreenjello.com

Dikelilingi dengan pepohonan yang berjajar dengan rapih, suara deburan air terjun yang rame, airnya yang sejuk serta udaranya yang bersih seakan membayar rasa lelah kamu.

Sejarah Penamaan Curug Sibedil

Curug Sibedil terdiri dari dua kata yakni Curug dan Sibedil. Curug artinya adalah air terjun, sedangkan sibedil diambil dari kata Bedil yang artinya senapan.

Tak jauh dari lokasi Curug Sibedil terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti moncong senapan. Oleh karena itu air terjun yang lokasinya tak jauh dari ditemukannya batu tersebut diberi nama Curug Sibedil.

Satu hal lain yang berkembang di masyarakat mengenai batu tersebut ialah konon katanya pada zaman dahulu setiap malam Jum’at Kliwon selalu terdengar suara tembakan dari batu tersebut.

Kejadian tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya, karena sampai saat ini batu tersebut tidak pernah mengeluarkan suara apapun.

Namun, kita harus selalu menghormati dan menghargai apa yang sudah berkembang di masyarakat, dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Ragam wisata Curug Sibedil

Berikut saya ulas mengenai ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Sibedil, diantaranya:

1. Bermain Air

Pergi ke sebuah air terjun atau curug sudah pasti harus menikmati segarnya air yang dialirkan. Dengan duduk-duduk diantara bebatuan sembari memasukkan kaki ke aliran sungainya, rasakanlah sejuk dan dinginnya air Curug Sibedil ini.

Bermain Air di Kolam Curug Bedil
Bermain Air di Kolam Curug Bedil. Sumber: id.pinterest.com

Cara tersebut pas banget untuk kamu yang ingin menikmati kesegaran air Curug Sibedil tanpa harus basah-basahan.

2. Berenang

Untuk akktivitas berenang di sekitar kolam penampungan Curug Sibedil ini aman banget, karena aliran air terjunnya yang tidak terlalu kuat disamping itu kolamnya juga tidak terlalu dalam.

Indahnya Kolam Curug Sibedil
Indahnya Kolam Curug Sibedil. Sumber: wisatalengkap.com

Anak-anak pun dapat ikut berenang di kolam tersebut. Namun tetap harus terus diawasi dan didampingi ya.

Merasakan sejuknya air Curug Sibedil dengan berada tepat di bawahnya, melihat jernihnya air kolam sungguh menyegarkan mata, jiwa dan raga kamu.

3. Melompat Dari Atas Tebing

Kegiatan melompat dari ketinggian ini harus dilakukan dengan hati-hati ya. Kamu bisa memanjat ke tebing yang tak jauh dari aliran air Curug Sibedil, kemudian byuuurrr kamu menjatuhkan dirimu ke kolam.

Tebing yang dapat digunakan untuk melompat
Tebing yang dapat digunakan untuk melompat. Sumber: jalantraveller.blogspot.com

4. Memburu Foto Terbaik

Keindahan pemandangan di sekitar Curug Sibedil selalu menjadi spot foto yang paling diburu para pengunjung.

Berfoto Bersama Keindahan Curug Sibedil
Berfoto Bersama Keindahan Curug Sibedil. Sumber: wisatadipemalang.com

Dengan mengambil latar Curug Sibedil, duduk diatas sebuah batu, atau dengan hamparan keindahan alam, merupakan spot yang harus kamu abadikan.

Lokasi Dan Alamat Curug Sibedil

Lokasi Curug Sibedil berada di lembah Gunung Slamet, Jawa Tengah.

Alamat lengkapnya terletak di Jl. Kyai Abdurrosyid, Desa Sima Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Sibedil

Rute menuju Curug Sibedil ini jalannya sudah bagus dan beraspal. Penanda Curug Sibedil yang berupa baligo terpampang di pinggir jalan raya besar.

Setelah menemukan baligo tersebut lanjutkan perjalananmu sejauh 100 meter, kemudian belok kanan menuju area parkir Curug Sibedil.

Dari Pusat Kota Pemalang kamu akan menempuh perjalanan sejauh 44 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Sibedil

  • Tiket masuk                 : Rp. 5.000,- per orangnya
  • Parkir Motor                : Rp. 2.000,- per unitnya

Karena jalurnya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, jadi area parkirnya pun hanya dikhususkan untuk kendaraan roda dua.

Jam Operasional Curug Sibedil

Jam operasional Curug Sibedil dibuka mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 wib, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Fasilitas Curug Sibedil

Fasilitas yang tersedia di area Curug Sibedil merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar, dengan dibangunnya fasilitas umum seperti:

  • Area parkir motor
  • Kamar mandi umum
  • Warung-warung makanan
  • Tenda kecil yang bisa digunakan untuk bersantai

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Sibedil, yakni:

  • Jika ingin melihat keindahan aliran air Curug Sibedil, hindari datang waktu musim kemarau yang panjang.
  • Berhati-hatilah saat menuruni tangga menuju area Curug Sibedil.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi.
  • Gunakanlah kendaraan roda dua, supaya lebih mudah menjangkau area parkir.
  • Jaga kebersihan dan keasrian lokasi Curug Sibedil.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat melakukan ragam wisata di Curug Sibedil.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Sibedil.

Penutup

Keindahan alam yang Tuhan berikan jika bukan kita yang menjaga dan merawatnya siapa lagi. Apa yang sudah dilakukan oleh warga Desa Sima haruslah ditiru oleh kamu yang didaerahnya terdapat tempat wisata yang harus dikembangkan.

Jika bukan kita siapa lagi, jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita. Keindahan Curug Sibedil sudah menggaung ke seantero jagat maya, kamu harus datang mengunjunginya.

Curug Sibedil merupakan keindahan air terjun yang sangat asri dan indah. Siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Sibedil, ya!

Baca juga:

Leave a Comment