8 Tempat Wisata Bangka, Pesona Di Timur Sumatera

Tempat wisata di Pulau Bangka banyak dikunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Pulau Bangka sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Sumatera, dan termasuk ke dalam Provinsi Bangka Belitung.

Pulau Bangka merupakan salah satu penghasil timah terbesar di dunia sejak tahun 1710, dan kepemilikannya berada di tangan Indonesia sepenuhnya.

Ibukota Provinsi Bangka Belitung berada di Pulau Bangka, yakni Pangkal Pinang. Dan banyak tempat wisata yang tersebar di sekitar kota tersebut.

Berikut beberapa tempat wisata di Bangka yang dapat menjadi pilihan tempat wisata kamu di weekend ini:

8 Tempat Wisata Bangka

1. Pesanggraha Menumbing

pesanggrahan menumbing
pesanggrahan menumbing. google maps. sumber: sahrul bahtiar

Simak juga: 11 tempat wisata Magetan

Tempat wisata Bangka yang pertama mari kita awali dengan kisah sejarah dari sang Proklamator Indonesia, yakni Soekarno-Hatta. Pesanggrahan Menumbing itulah nama dari lokasi tersebut.

Pesanggrahan Menumbing menjadi saksi bisu dari para tokoh Indonesia yang kala itu sedang menjadi tahanan politik oleh kolonial Belanda.

Di Pesanggrahan Menumbing nanti, kamu akan menyaksikan ruang kerja dari Soekarno-Hatta serta terdapat surat tulisan tangan Soekarno untuk Fatmawati. Selain itu alam di sekitar bukit pun sangat indah.

  • Lokasi: Perbukitan Menumbing, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

2. Pulau Pelepas

Selanjutnya ada Pulau Pelepas, atau lebih dikenal dengan nama Pulau Lampu. Karena di pulau tersebut terdapat sebuah mecusuar yang selalu menyorotkan lampu di malam hari, sebagai penerangan bagi pelayaran di Selat Bangka.

Pulau Pelepas atau Pulau Lampu termasuk pulau yang tak berpenghuni, keindahan alam di pulau mungil yang satu ini luar biasa indahnya.

3. Pantai Penganak

pantai penganak
pantai penganak. google maps. sumber: Mei Angreini Dewi

Simak juga: 11 tempat wisata Cilacap

Pantai Penganak merupakan sebuah tempat wisata bahari yang indah di Bangka, hamparan pasir putihnya sangat menyilaukan apalagi ditambah dengan lautnya yang berwarna biru.

Pantai Penganak ini juga terdapat beberapa batuan alam yang tersebar tak beraturan dengan beragam ukuran. Sehingga makin tampak mengagumkan.

Pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, sehingga dapat menjadi lokasi untuk menenangkan diri dan lebih menikmati keindahan alam yang tersaji.

Selain menikmati keindahan pantai, di Pantai Penganak atau Bum Penganak ini kamu juga bisa melakukan kegiatan memancing ikan loh…

  • Lokasi: Dusun Penganak, Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.
  • Tiket masuk: Gratis, hanya membayar parkir saja

4. Pantai Turun Aban

pantai turun aban
pantai turun aban. google maps. sumber: Jenggo

Simak juga: 11 tempat wisata Pasuruan

Masih tentang wisata bahari di Bangka, ada sebuah pantai indah yang tak boleh dilewatkan, yakni Pantai Turun Aban yang berada di sebelah timur Pulau Bangka.

Pantai Turun Aban memiliki pasir putih yang bersih, lautan yang biru, serta batuan alam yang menjadi ciri khas dari pantai di Bangka.

Ragam keseruan yang dapat kamu lakukan di Pantai Turun Aban ini tentunya bermain air dan juga pasirnya. Namun bukan hanya itu saja loh, di sini kamu dapat naik ke bukit atau naik ke batuan granitnya untuk menyaksikan panorama alam yang tersaji.

  • Lokasi: Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-
  • Jam buka: 24 jam

5. Pantai Batu Tambun

pantai batu tambun
pantai batu tambun. google maps. sumber: M Ade S

Simak juga: 11 tempat wisata Pacet

Selanjutnya ada Pantai Batu Tambun yang berada di sisi bagian timur Pulau Pongok. Pantai ini sama halnya dengan beberapa pantai di Bangka pada umumnya.

Yakni memiliki hamparan pasir putih dengan hiasan batuan granit. Namun d Pantai Batu Tambun, jumlah batuan alam tersebut cukup banyak tersebar dari ujung yang satu hingga ujung yang lainnya.

Satu hal yang wajib kamu lakukan ketika berada di Pantai Batu Tambun ialah dengan melakukan kegiatan snorkeling atau diving.

  • Lokasi : Dusun Padang Keladi, Desa Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.
  • Tiket : Rp 10.000
  • Jam buka: 24 jam

6. Gurun Pelawan Namang

gurun pelawan
gurun pelawan. google maps. sumber: Arizal Kyo

Simak juga: 11 tempat wisata Tuban

Gurun Pelawan Namang merupakan tempat wisata yang instagramable, banyak pengunjung khususnya kawula muda yang hunting beberapa foto keren dengan latar gurun pasir yang cantik.

Gurun Pelawan terbentuk diakibatkan timbunan bekas penambangan timah, yang berubah menjadi gurun pasir dan perbukitan. Di sekitar gurun pasir tersebut juga ada danau yang memiliki air yang cukup jernih.

  • Lokasi: Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Gratis, hanya membayar biaya parkir saja

7. Danau Kaolin (Kulong Biru)

danau kaolin
danau kaolin. google maps. sumber: Sefri Hardedy

Tempat wisata Bangka yang wajib kamu kunjungi selanjutnya ialah sebuah danau indah yang bernama Danau Kaolin atau Kulong Biru.

Danau Kaolin memiliki air yang berwarna biru nan jernih, serta di sekitarnya terdapat gundukan tanah berpasir yang berwarna putih. Sehingga terlihat sangat menawan.

Dengan keindahan dan keunikan yang dimilikinya, Danau Kaolin sempat masuk nominasi destinasi unik terpopuler pada anugerah pesona Indonesia pada tahun 2019 silam.

  • Lokasi: Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Rp. 2.000,- per orang
  • Jam buka:

8. Air Terjun Maruyan

air terjun maruyan
air terjun maruyan. google maps. sumber: Zakaria Zaka

Air Terjun Maruyan terletak di gunung tertinggi di Pulau Bangka, yakni Gunung Maras. Untuk menuju Air Terjun Maruyan kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu.

Jarak yang harus ditempuh dari lokasi parkir sekitar 1,6 km dengan estimasi waktu kira-kira 30 menit perjalanan. Namun hal tersebut akan terbayarkan ketika kamu tiba di air terjun.

Lokasi yang cukup tersembunyi, membuat suasana tenang dan juga memiliki udara yang bersih. Air yang mengalir pun sangat jernih, mengalir di tebing yang bertingkat.

  • Lokasi: Gunung Maras, Desa Rambang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Tinggalkan komentar