23 Tempat Wisata Di Cilacap, Lengkap Dengan Petilasan Tentang Pancasila

|

Tempat wisata di Cilacap yang penulis sajikan meliputi tempat wisata bersejarah, wisata pantai, curug, hingga tempat wisata kekinian yang sedang hits di Cilacap.

Bahkan salah satu tempat wisata di Cilacap, konon dianggap sebagai cikal bakal lahirnya Pancasila, karena tempat tersebut pernah dijadikan sebagai petilasan Bung Karno.

Wisata Cilacap sangat beragam, dan menyentuh semua usia, serta mengikuti perkembangan, dan kebutuhan jaman. Jadi, wisata Cilacap patut dijadikan list rencana liburan anda selanjutnya.

Tempat wisata di Cilacap yang sudah buka, tetap memberlakukan protokol kesehatan bagi para pengunjungnya. Dan pengunjungpun diharapkan untuk tetap mentaati protokol kesehatan dimanapun, dan kapanpun.

23 Tempat Wisata Di Cilacap

1. Benteng Karang Bolong

benteng karang bolong
benteng karang bolong. google maps. sumber: Ri Ve

Simak juga: 11 tempat wisata Pasuruan

Benteng Karang Bolong adalah tempat wisata Cilacap yang sangat populer, dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Selain itu, Benteng Karang Bolong menyandang status sebagai satu-satunya benteng jenis 1811 model tower di Indonesia.

Benteng Karang Bolong memiliki banyak ruangan, dengan fungsi-fungsi yang berbeda di jamannya. Bahkan jika dilihat dari fungsi per lokasi, bisa disiratkan bahwa Benteng Karang Bolong adalah benteng tangguh, dan tergolong sistem pertahanan yang maju di jamannya.

Adapun ruangan, serta bangunan yang ada di Benteng Karang Bolong adalah sebagai berikut:

  • Aula,
  • Ruang absen prajurit,
  • Tempat meriam,
  • Gudang aminisi,
  • Barak prajurit,
  • Ruang tahanan,
  • Bangunan pengintai.

Selain itu, Benteng Karang Bolong menjadi saksi bisu terkait pembantaian para pekerja yang sudah tidak mampu bekerja, baik itu karena sakit, maupun umur.

  • Lokasi Benteng Karang Bolong terletak di Pulau Nusa Kambangan.
  • Alamat Benteng Karang Bolong berada di Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Benteng Karang Bolong Rp. 5.000 per orang.

2. Curug Penampen

Simak juga: 11 tempat wisata Pacet

Salah-satu curug, atau air terjun yang populer di Cilacap bernama Curug Penampen. Sebuah air terjun yang menawarkan panorama air yang mengalir melalui tebing batuan hitam yang berundak, sehingga menjadi sebuah view alam yang spektakuler.

Tebing batu tersebut sangat lebar, sehingga air yang mengalir melalui undakan tersebut terlihat menjadi istimewa. Kunjungan wisata ke Curug Penampen tidak disarankan saat puncak musim penghujan ya…

Selain itu, Curug Penampen dekat dengan wisata curug lainnya di Cilacap yang memiliki pesona yang tak kalah menarik dari Curug Penampen, namanya adalah Curug Mandala.

  • Lokasi Curug Penampen berada di alamat Mendala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Curug Penampen gratis.

3. Pantai Jetis

pantai jetis
pantai jetis. google maps. sumber: saif samudra

Simak juga: pantai jetis

Wisata pantai Cilacap salah-satunya adalah Pantai Jetis. Sebuah pantai cantik yang memiliki ombak khas pantai laut selatan yang besar. Oleh karena itu, jangan heran jika di Pantai Jetis terdapat struktur batuan pemecah ombak.

Batuan pemecah ombak tersebut sering juga dijadikan sebagai spot selfie para pengunjung, dengan latar berupa laut lepas. Kunjungan wisata ke Pantai Jetis hindari saat puncak musim hujan ya…

Selain itu, panorma di sekitra Pantai Jetis adalah bukit-bukit hijau, yang menghadirkan perpaduan panorama alam yang memanjakan mata.

Pantai Jetis juga dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata, untuk menyempurnakan aktivitas wisata para pengunjung. Dan akhiri keseruan wisata di Pantai Jetis dengan hunting kuliner.

  • Lokasi Pantai Jetis terletak di ujung timur Cilacap.
  • Alamat Pantai Jetis berada di Desa Jetis, Kecamatan Nasawungu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Pantai Jetis Rp. 3.000 per orang.

4. Benteng Pendem

benteng pendem
benteng pendem. google maps. sumber: Jenal Sodikin

Simak juga: benteng pendem

Satu lagi benteng bersejarah yang terdapat di Kabupaten Cilacap, yang dibangun pada abad ke 18, dan memerlukan waktu 18 tahun pembangunan, yang bernama Benteng Pendem.

Jangan heran jika benteng-benteng yang dibangun pada masa penjajahan Belanda lokasinya terletak dekat pantai, atau laut. Hal tersebut dikarenakan pada saat itu pantai, atau laut menjadi gerbang awal, sekaligus pertahanan yang sangat menentukan.

Begitupun dengan Benteng Pendem lokasinya dekat dengan Pantai Teluk Penyu. Sehingga saat Belanda sudah tidak menjajah lagi, benteng tersebut menjadi terbengkalai, dan terendam pasir pantai.

Penamaan Benteng Pendem dikarenakan lokasinya berada di bawah tanah. Benteng Pendem sangat direkomendasikan menjadi tujuan wisata keluarga saat liburan tiba.

  • Lokasi Benteng Pendem terletak dekat dengan Pantai Teluk Penyu.
  • Alamat Benteng Pendem berada di Jl. Benteng, Sentolokawat, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Benteng Pendem Rp. 5.000 per orang.

5. Kemit Forest

kemit forest
kemit forest. google maps. sumber: Saraswati S.B.

Simak juga: 11 tempat wisata Ambarawa

Tempat wisata di Cilacap yang kekinian, memiliki ragam spot yang instagramable, dan cocok untuk semua usia, bernama Kemit Forest.

Kemit Forest adalah sebuah kawasan hutan pinus, yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana wisata, serta berbagai macam spot selfie yang instagramable.

Wahana wisata di Kemit Forest juga beberapa di antaranya memiliki nilai edukatif. Oleh karena itu, Kemit Forest sangat layak dijadikan destinasi wisata keluarga di Cilacap yang hits.

  • Lokasi Kemit Forest berada di alamat Jalan Srikaya Karanggedang, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Kemit Forest Rp. 6.000,-
  • Jam buka: 09.00 hingga 17.15

6. Gunung Selok

gunung selok
gunung selok. google maps. sumber: Clodi Murah Pekanita

Simak juga: 11 tempat wisata Ubud Bali

Tempat wisata di Cilacap yang satu ini konon diduga menjadi tempat petilasan Ir. Soekarno, serta diduga menjadi tempat “wahyu” tentang Pancasila kepada Bung Karno.

Dari dulu, memang Gunung Selok sangat identik dengan wisata alam yang memiliki tempat-tempat petilasan yang dikeramatkan.

Namun, saat ini Gunung Selok bukan hanya sekedar tentang itu saja. Gunung Selok mampu menghadirkan nuansa wisata alam kekinian, dengan menyajikan spot selfie instagramable, dan salah-satu latarnya adalah Samudera Hindia.

  • Lokasi Gunung Selok berada di alamat Karangbenda, Adipala, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Gunung Selok Rp. 5.000 per orang.
  • Jam buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00

7. Pantai Kali Kencana

pasir di pantai kali kencana
pasir di pantai kali kencana. google maps. sumber: Firman Taruna Nugraha

Pantai Kali Kencana salah satu pantai cantik yang masih tersembunyi, hingga dijuluki hidden germ atau hidden paradise, serta surga tersembunyinya Pulau Nusakambangan.

Pantai Kali Kencana memang tak begitu luas, bentuknya seperti tapak kuda dengan tebing tinggi nan hijau di kiri dan kanannya. Serta sebuah batu karang yang mirip perahu menjadi salah satu ikonnya. Pasir putihnya tak begitu luas, namun cukup luas untuk lari-larian.

  • Lokasi: sebelah selatan Pulau Nusakambangan
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

8. Pantai Widarapayung

pantai widarapayung
pantai widarapayung. google maps. sumber: cit cuit

Pantai Widarapayung atau Pantai Indah Widarapayung, salah satu pantai di Cilacap yang menjadi lokasi favorit warga untuk berlibur. Hampir dikala weekend dan libur sekolah, pantai ini selalu dipadati wisatawan.

Daya tarik utama dari Pantai Widara Payung ialah hamparan pasir yang luas, serta ombaknya yang cukup besar hingga kamu dapat bermain seluncuran di pantai Cilacap yang satu ini.

  • Lokasi: Widarapayung, Kecamatan Binangun, Cilacap, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

9. Pantai Kalipat

ombak di pantai kalipat
ombak di pantai kalipat. google maps. sumber: aski nugraha

Pantai Kalipat memiliki air laut yang masih bersih, jernih, dan berwarna biru. Dikelilingi pepohonan yang masih rindang di setiap titiknya, serta beberapa batuan karang dengan beragam ukuran ikut menghiasi pantai.

Untuk menuju Pantai Kalipat harus melakukan trekking terlebih dahulu, dengan menyusuri jalan setapak di tengah hutan yang masih lebat. Namun, perjuangan tersebut akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

  • Lokasi: sebelah selatan Pulau Nusakambangan
  • Jam buka: 07.00 – 16.00
  • Tiket masuk: gratis

10. Pantai Pasir Putih Cilacap

pantai pasir putih
pantai pasir putih. google maps. sumber: si war

Pantai Pasir Putih atau Pantai yang memiliki daya tarik utama berupa hamparan pasir putih yang lembut. Untuk menuju Pantai Pasir Putih Cilacap lebih seru jika melalui Benteng Karang Bolong, sehingga ibarat sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Pantai Pasir Putih masih jarang dikunjungi, sehingga termasuk ke dalam pantai yang sepi dan sunyi. Hulang-Healing disini enak dan bikin tenang. Hanya suara deburan ombak yang datang silih berganti, yang selalu terdengar di telinga.

  • Lokasi: Kecamatan Tambakreja, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

11. Pantai Permisan

pantai permisan
pantai permisan. google maps. sumber: Tri Hardono

Pantai Permisan salah satu pantai di Kabupaten Cilacap, tepatnya di Pulau Nusakambangan bagian selatan dan sering pula disebut sebagai Pantai Kopassus.

Pantai Permisan memiliki hamparan lautan biru yang sangat indah, berpadu dengan birunya langit yang dihiasi awan putih yang bersih. Pantai ini pun menjadi tujuan wisata bagi mereka yang habis berkunjung ke Lapas.

  • Lokasi: sebelah selatan Nusakambangan
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

12. Pantai Teluk Penyu

view pantai teluk penyu
view pantai teluk penyu. google maps. sumber: Esa Wicaksana

Pantai Teluk Penyu merupakan pantai yang hits di Cilacap, dengan memiliki hamparan pasir hitam yang begitu eskotis, lembut, dan cukup luas. Banyak anak-anak yang senang bermain diatas hamparan pasirnya.

Daya tarik lain dari Pantai Teluk Penyu ialah dimana kamu dapat menyaksikan view dari Pulau Nusakambangan, dan juga hilir mudiknya kapal tanker minyak dari Pelabuhan Tanjung Intan.

  • Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 8.000,-

13. Curug Cimandaway

kemegahan curug cimandaway
kemegahan curug cimandaway. google maps. sumber: Odi

Daya tarik utama dari Curug Cimandaway yakni merupakan air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dengan ketinggiannya yang mencapai 100 meter lebih.

Kamu dapat bermain air di kolam alami penampungan jatuhnya air terjun, serta dapat pula bermain di aliran sungai yang ada di depan Curug Cimandaway. Seger banget, airnya bener-bener jernih dan menyegarkan. Anak-anak dan kamu dapat melakukan keseruan bersama-sama.

  • Lokasi: Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 4.000,-

14. Curug Mandala Cilacap

kereruan di curug mandala
kereruan di curug mandala. google maps. sumber: Bayucandra

Curug Mandala salah satu curug atau air terjun di Kabupaten Cilacap yang cukup populer, meski letaknya berada di tengah hutan nyatanya curug ini dapat dikunjungi oleh semua kalangan usia.

Yang menjadi daya tarik utama dari Curug Mandala ialah bentuk tebingnya yang berundak-undak, sehingga mengalirkan beberapa air terjun yang menarik. Dan kamu dapat bermain air di sekitar kolam alaminya.

  • Lokasi: Desa Mendala, Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

15. Waduk Kubangkangkung

waduk kubangkangkung
waduk kubangkangkung. google maps. sumber: Alfi Fatkhurani

Waduk Kubangkangkung salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup hits di Cilacap, tepatnya di Desa Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten. Banyak ragam wisata yang dapat dilakukan ketika berada di sini.

Dengan banyaknya keseruan yang dapat dilakukan membuat anak-anak betah berlibur di sini. Selain itu, Waduk Kubangkangkung merupakan satu-satunya waduk yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

16. Wisata Hutan Payau Cilacap

gerbang masuk wisata hutan payau
gerbang masuk wisata hutan payau. google maps. sumber:  Sikimo Com

Wisata Hutan Payau rujukan wisata selanjutnya untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata di Cilacap, Jawa Tengah. Selain sebagai tempat wisata, dapat pula dijadikan wisata edukasi.

Banyak banget jenis pohon yang ada di Wisata Hutan Payau Cilacap ini, mulai dari bakau bandul hingga ketapang. Selain itu terdapat pula beberapa fauna sepeti ikan-ikanan, dan udang pistol.

  • Lokasi: Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 12.500,-

17. Waterpark Tirtamas Indah

tempat wisata keluarga di cilacap
tempat wisata keluarga di cilacap. google maps. sumber: Rian Aris Suratam

Waterpark Tirtamas Indah tempat berenang di Cilacap yang lokasinya berada di tengah kota, dan merupakan salah satu tempat bermain air yang sering dikunjungi wisatawan.

Daya tarik yang ada di Waterpark Tirtamas Indah Cilacap salah satunya ialah banyaknya wahana air yang disediakan oleh pengelola, misalnya saja berbagai bentuk seluncuran air.

  • Lokasi: Jl. Rinjani, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 28.000,-

18. Alun Alun Cilacap

alun alun cilacap
alun alun cilacap. google maps. sumber: PendidikNesia dotCom

Alun Alun Cilacap menjadi tempat favorit warga Cilacap untuk berkunjung di akhir pekan, banyak warga yang sedang berolahraga ataupun mengajak bermain anak-anak. Karena merupakan ruang terbuka publik yang ramah anak.

Suasana Alun Alun Cilacap di malam sangatlah berbeda, di malam hari keadaan akan nampak lebih bercahaya dengan hiasan lampu taman di berbagai sudutnya.

  • Lokasi: Desa Sidanegara, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

19. Pantai Kamulyan Cilacap

pantai kamulyan
pantai kamulyan. google maps. sumber: Firman Taruna Nugraha

Karakteristik Pantai Kamulyan ialah ombaknya yang cukup besar, dapat terlihat dari cukup besarnya gulungan ombak yang datang di setiap saatnya. Dengan pasir kehitaman yang lembut di sepanjang bibir pantainya.

Selain menjadi tempat berlibur, Pantai Kamulyan juga sering dimanfaatkan warga sekitar untuk berolahraga, baik itu jogging hingga main sepeda.

  • Lokasi: di jalur lingkar selatan Cilacap
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

20. Pantai Kemiren

deretan pohon cemara
deretan pohon cemara. google maps. sumber: KAMERAD JENDRAL

Pantai Kemiren berada satu jalur dengan Pantai Kamulyan, yakni sama-sama berada di Jalur Lingkar Selatan. Dan merupakan salah satu pantai di Cilacap yang masih sepi pengunjung.

Pantai Kemiren memiliki ombak yang cukup kencang, ditamba lagi dengan hadirnya deretan pohon cemara yang tersusun dengan rapih, selain bikin adem viewnya harus kamu abadikan dalam sebuah foto.

Piknik di antara pohon cemara pun harus banget dilakukan jika tidak membawa alas atau tikar, di sekitar hutan mini tersebut ada kok pedagang yang menyewakan tikar.

  • Lokasi: Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

21. Gunung Srandil

pintu masuk gunung srandil
pintu masuk gunung srandil. google maps. sumber: Say Full

Gunung Srandil sering disandingkan dengan Gunung Selok, yang sama-sama lekat dengan image wisata misteri. Jika Gunung Selok kaya akan goanya, sedang Gunung Srandil banyak Petilasan-Petilasan.

FYI, Gunung srandil ternyata menyimpan cerita sejarah yang banyak dan beragam, salah satunya merupakan tempat penyebaran ajaran Islam dan merupakan pepunden tertua yang ada di Tanah Jawa. Pepunden merupakan sesuatu yang dihormati sekali atau dapat pula disebut junjungan atau pujaan.

  • Lokasi: sebelah timur Gunung Selok
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

22. Kampung Laut Cilacap

transportasi satu satunya
transportasi satu satunya. google maps. sumber: GITA CANDI

Kampung Laut merupakan tempat wisata Cilacap bagi kamu yang menginginkan suasana perkampungan di tengah laut yang jauh dari pusat kota. Merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang kemudian menjadi beberapa desa seperti Desa Ujung Alang, Desa Ujung Gagak, Desa Klaces, dan Desa Panikel.

Keberadaan Kampung Laut Cilacap memiliki sejarah tersendiri, sehingga pas banget untuk kamu yang menginginkan tempat wisata di Cilacap yang anti mainstream.

  • Lokasi: tepi laguna Segara Anakan
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

23. Masjid Batu Taman Hati

masjid batu
masjid batu. google maps. sumber: . google maps. sumber: Nurshal Wicaksono

Masjid Batu Taman Hati dapat menjadi destinasi religi nan unik yang dapat dilakukan ketika mengunjungi Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Karena bentuk bangunannya yang anti mainstream, lain dari yang lain.

Arsitektur di dalam masjid tak kalah kerennya, seperti di dalam goa. Selain tempat untuk beribadah, Masjid Batu Taman Hati juga memiliki fasilitas untuk anak-anak belajar Al-Qur’an.

  • Lokasi: Desa Tritih Kulon, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis