6 Tempat Wisata Di Cilacap, Lengkap Dengan Petilasan Tentang Pancasila

Tempat wisata di Cilacap yang penulis sajikan meliputi tempat wisata bersejarah, wisata pantai, curug, hingga tempat wisata kekinian yang sedang hits di Cilacap.

Bahkan salah satu tempat wisata di Cilacap, konon dianggap sebagai cikal bakal lahirnya Pancasila, karena tempat tersebut pernah dijadikan sebagai petilasan Bung Karno.

Wisata Cilacap sangat beragam, dan menyentuh semua usia, serta mengikuti perkembangan, dan kebutuhan jaman. Jadi, wisata Cilacap patut dijadikan list rencana liburan anda selanjutnya.

Tempat wisata di Cilacap yang sudah buka, tetap memberlakukan protokol kesehatan bagi para pengunjungnya. Dan pengunjungpun diharapkan untuk tetap mentaati protokol kesehatan dimanapun, dan kapanpun.

6 Tempat Wisata Di Cilacap

1. Benteng Karang Bolong

benteng karang bolong
benteng karang bolong. google maps. sumber: Ri Ve

Simak juga: 11 tempat wisata Pasuruan

Benteng Karang Bolong adalah tempat wisata Cilacap yang sangat populer, dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Selain itu, Benteng Karang Bolong menyandang status sebagai satu-satunya benteng jenis 1811 model tower di Indonesia.

Benteng Karang Bolong memiliki banyak ruangan, dengan fungsi-fungsi yang berbeda di jamannya. Bahkan jika dilihat dari fungsi per lokasi, bisa disiratkan bahwa Benteng Karang Bolong adalah benteng tangguh, dan tergolong sistem pertahanan yang maju di jamannya.

Adapun ruangan, serta bangunan yang ada di Benteng Karang Bolong adalah sebagai berikut:

  • Aula,
  • Ruang absen prajurit,
  • Tempat meriam,
  • Gudang aminisi,
  • Barak prajurit,
  • Ruang tahanan,
  • Bangunan pengintai.

Selain itu, Benteng Karang Bolong menjadi saksi bisu terkait pembantaian para pekerja yang sudah tidak mampu bekerja, baik itu karena sakit, maupun umur.

  • Lokasi Benteng Karang Bolong terletak di Pulau Nusa Kambangan.
  • Alamat Benteng Karang Bolong berada di Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Benteng Karang Bolong Rp. 5.000 per orang.

2. Curug Penampen

curug mandala
curug mandala. google maps. sumber: Flavianus R. D. Dore

Simak juga: 11 tempat wisata Pacet

Salah-satu curug, atau air terjun yang populer di Cilacap bernama Curug Penampen. Sebuah air terjun yang menawarkan panorama air yang mengalir melalui tebing batuan hitam yang berundak, sehingga menjadi sebuah view alam yang spektakuler.

Tebing batu tersebut sangat lebar, sehingga air yang mengalir melalui undakan tersebut terlihat menjadi istimewa. Kunjungan wisata ke Curug Penampen tidak disarankan saat puncak musim penghujan ya…

Selain itu, Curug Penampen dekat dengan wisata curug lainnya di Cilacap yang memiliki pesona yang tak kalah menarik dari Curug Penampen, namanya adalah Curug Mandala.

  • Lokasi Curug Penampen berada di alamat Mendala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Curug Penampen Rp. 5.000 per orang.

3. Pantai Jetis

pantai jetis
pantai jetis. google maps. sumber: saif samudra

Simak juga: pantai jetis

Wisata pantai Cilacap salah-satunya adalah Pantai Jetis. Sebuah pantai cantik yang memiliki ombak khas pantai laut selatan yang besar. Oleh karena itu, jangan heran jika di Pantai Jetis terdapat struktur batuan pemecah ombak.

Batuan pemecah ombak tersebut sering juga dijadikan sebagai spot selfie para pengunjung, dengan latar berupa laut lepas. Kunjungan wisata ke Pantai Jetis hindari saat puncak musim hujan ya…

Selain itu, panorma di sekitra Pantai Jetis adalah bukit-bukit hijau, yang menghadirkan perpaduan panorama alam yang memanjakan mata.

Pantai Jetis juga dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata, untuk menyempurnakan aktivitas wisata para pengunjung. Dan akhiri keseruan wisata di Pantai Jetis dengan hunting kuliner.

  • Lokasi Pantai Jetis terletak di ujung timur Cilacap.
  • Alamat Pantai Jetis berada di Desa Jetis, Kecamatan Nasawungu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Pantai Jetis Rp. 3.000 per orang.

4. Benteng Pendem

benteng pendem
benteng pendem. google maps. sumber: Jenal Sodikin

Simak juga: benteng pendem

Satu lagi benteng bersejarah yang terdapat di Kabupaten Cilacap, yang dibangun pada abad ke 18, dan memerlukan waktu 18 tahun pembangunan, yang bernama Benteng Pendem.

Jangan heran jika benteng-benteng yang dibangun pada masa penjajahan Belanda lokasinya terletak dekat pantai, atau laut. Hal tersebut dikarenakan pada saat itu pantai, atau laut menjadi gerbang awal, sekaligus pertahanan yang sangat menentukan.

Begitupun dengan Benteng Pendem lokasinya dekat dengan Pantai Teluk Penyu. Sehingga saat Belanda sudah tidak menjajah lagi, benteng tersebut menjadi terbengkalai, dan terendam pasir pantai.

Penamaan Benteng Pendem dikarenakan lokasinya berada di bawah tanah. Benteng Pendem sangat direkomendasikan menjadi tujuan wisata keluarga saat liburan tiba.

  • Lokasi Benteng Pendem terletak dekat dengan Pantai Teluk Penyu.
  • Alamat Benteng Pendem berada di Jl. Benteng, Sentolokawat, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Benteng Pendem Rp. 5.000 per orang.

5. Kemit Forest

kemit forest
kemit forest. google maps. sumber: Saraswati S.B.

Simak juga: 11 tempat wisata Ambarawa

Tempat wisata di Cilacap yang kekinian, memiliki ragam spot yang instagramable, dan cocok untuk semua usia, bernama Kemit Forest.

Kemit Forest adalah sebuah kawasan hutan pinus, yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana wisata, serta berbagai macam spot selfie yang instagramable.

Wahana wisata di Kemit Forest juga beberapa di antaranya memiliki nilai edukatif. Oleh karena itu, Kemit Forest sangat layak dijadikan destinasi wisata keluarga di Cilacap yang hits.

  • Lokasi Kemit Forest berada di alamat Jalan Srikaya Karanggedang, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Kemit Forest Rp. 5.000 – Rp. 20.000.

6. Gunung Selok

gunung selok
gunung selok. google maps. sumber: Clodi Murah Pekanita

Simak juga: 11 tempat wisata Ubud Bali

Tempat wisata di Cilacap yang satu ini konon diduga menjadi tempat petilasan Ir. Soekarno, serta diduga menjadi tempat “wahyu” tentang Pancasila kepada Bung Karno.

Dari dulu, memang Gunung Selok sangat identik dengan wisata alam yang memiliki tempat-tempat petilasan yang dikeramatkan.

Namun, saat ini Gunung Selok bukan hanya sekedar tentang itu saja. Gunung Selok mampu menghadirkan nuansa wisata alam kekinian, dengan menyajikan spot selfie instagramable, dan salah-satu latarnya adalah Samudera Hindia.

  • Lokasi Gunung Selok berada di alamat Karangbenda, Adipala, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Gunung Selok Rp. 8.000 per orang.

shopee