Waduk Kubangkangkung, Wisata Hits Keluarga Di Cilacap

|

Waduk Kubangkangkung salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup hits di Cilacap, tepatnya di Desa Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten.

Kawasan wisata Waduk Kubangkangkung berada di tengah hutan karet dan pinus, sehingga memiliki udara yang tidak terlalu panas. Pas banget kan untuk mengajak anak-anak berlibur. Apalagi banyak wahana yang dapat kamu coba.

Wisata di Cilacap yang satu ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2014, dan berdiri di lahan milik pemerintah. Konon katanya air di Waduk Kubangkangkung tidak pernah mengering meski kemarau melanda.

waduk kubangkangkung
waduk kubangkangkung. google maps. sumber: Alfi Fatkhurani

simak juga: kemit forest education

Berbicara tentang sejarah Waduk Kubangkangkung, berkaitan dengan nama danau atau waduknya yang  sekilas ada nama kangkung nya, hal tersebut konon katanya pada zaman dulu tempat ini banyak ditumbuhi kangkung.

Berikut ulasan lengkap dari Waduk Kubangkangkung untuk kamu yang sedang mencari referensi wisata keluarga di sekitar Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Lokasi Waduk Kubangkangkung

Lokasi Waduk Kubangkangkung berada di Desa Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute Menuju Waduk Kubangkangkung

Jalan menuju Waduk Kubangkangkung jika berangkat dari Alun Alun Cilacap yakni dengan melalui Jl. Tegal – Cilacap untuk menuju Jl. Lengkong atau Jalan Raya Jeruklegi.

Setelah itu arahkan kendaraanmu ke Jl. Raya Cikembulan hingga tiba di Jl. Raya Kubangkangkung, untuk selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Waduk Kubangkangkung itu sendiri. Rute tersebut memakan waktu sekitar 44 menit dengan jarak tempuh kurang dari 30 km.

eksplor waduk kubangkangkung
eksplor waduk kubangkangkung. google maps. sumber: Robith Fikry

simak juga: gunung selok

Jam Buka Waduk Kubangkangkung

  • Jam operasional Waduk Kubangkangkung setiap hari Senin hingga Minggu
  • Buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00
  • Sedangkan untuk yang mau camping terbuka selama 24 jam ya…

Harga Tiket Masuk Waduk Kubangkangkung

Tiket masuk Waduk Kubangkangkung sangat murah, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Waduk Kubangkangkung

Beberapa fasilitas yang ada di kawasan wisata Waduk Kubangkangkung diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Gazebo atau saung,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Tempat bermain anak,
jembatan kayu
jembatan kayu. google maps. sumber: Robith Fikry

simak juga: waterpark tirtamas indah

Daya Tarik Waduk Kubangkangkung

1. Tempat Piknik Keluarga Yang Adem

Telah disebutkan di atas, bahwa Waduk Kubangkangkung merupakan tempat wisata keluarga yang cukup hits di Cilacap. Kenapa? Karena areanya yang adem dengan rindangnya pohon karet dan juga pohon pinus.

Kamu dapat menggelar tikar di beberapa spot adem, salah satunya di area taman dinosaurus atau Dyno Park. Selain sejuk, di sekitarnya juga terdapat beberapa patung dinosaurus yang dapat dijadikan spot untuk berfoto juga.

Selain kamu, anak-anak juga pasti seneng banget. Secara dinosaurus merupakan binatang purba yang paling disukai anak-anak.

2. Ragam Wisata Di Waduk Kubangkangkung

Wahana atau ragam wisata menjadi daya tarik yang selalu dicari wisatawan, untuk membuat liburanmu lebih menyenangkan dan memorable untuk anak-anak. Waduk Kubangkangkung memiliki beberapa wahana seperti:

  • Bebek-bebekan,
  • Perahu kayu,
  • Kano,
  • Flying fox,
  • Rumah balon,
  • Mengunjungi taman dinosaurus (Dyno Park),
spot dengan view waduk
spot dengan view waduk. google maps. sumber: Robith Fikry

simak juga: bukit gadog

Wahana – wahana di atas membutuhkan biaya khusus di setiap permainannya, kecuali ketika memasuki Dyno Park. Tapi sekali lagi, harganya masih aman di kantong dan nggak bikin jebol.

3. Spot Foto Instagramable

Waduk Kubangkangkung sebagai wisata kekinian memiliki beragam spot foto yang sayang untuk dilewatkan yakni:

  • Jembatan kayu,
  • Landmark Waduk Kubangkangkung,
  • Lambang dan tulisan love,
  • Sayap kupu-kupu yang cantik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Camping

Di Waduk Kubangkangkung, camping atau berkemah pun dapat dilakukan. So, untuk kamu yang memiliki rencana kemping dapat mengajukan pilihan tempat camping di sini ya….

5. Memancing

Nah kalau daya tarik yang satu ini pasti membuat para mancing mania merasa happy, apalagi kalau bukan kegiatan memancing. Ketika mengunjungi Waduk Kubangkangkung jangan heran jika banyak pengunjung yang sedang memancing di sekitar danaunya.

mancing di waduk kubangkangkung
mancing di waduk kubangkangkung. google maps. sumber: Robith Fikry

simak juga: wisata hutan payau

6. Wisata Kuliner

Mengunjungi sebuah daerah nggak akan lengkap jika tidak mencoba wisata kuliner makanan khas dari daerah yang kamu kunjungi. Ketika mengunjungi Waduk Kubangkangkung sudah banyak restoran atau rumah makan yang menawarkan berbagai macam makanan khas dari Cilacap, Jawa Tengah.

Penutup

Waduk Kubangkangkung merupakan satu-satunya waduk yang dimiliki kota yang berjuluk “bercahaya” ini. So, ketika mengunjungi Cilacap jangan hanya mengunjungi pantainya aja ya….