Bukit Gadog, Menikmati Landscape Purwokerto Dari Ketinggian

|

Bukit Gadog Sunyalanyu Kabupaten Banyumas, menyimpan daya tarik wisata tersendiri bagi penggemar camping,  hiking atau off road. Tempat refreshing yang ada di ketinggian ini cukup digemari pengunjung karena suasananya yang masih asri tepat untuk melepas stress.

Beberapa tahun yang lalu Bukit Gadog selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin refreshing, namun saat ini kondisinya sedikit berbeda sudah tidak seramai dulu namun tetap indah.

Hal tersebut mungkin dikarenakan karena Bukit Gadog Purwokerto belum dikelola secara maksimal, misalnya saja track jalannya yang terjal dan curam. Namun untuk sebagian orang menjadi tantangan tersendiri.

berwisata ke bukit gadog
berwisata ke bukit gadog. google maps. sumber: rahmat aleksander

simak juga: new small world baturraden

Pemandangan alam yang indah ditumbuhi lebatnya pepohonan menjadikan udara di Bukit Gadog sangatlah bersih dan menyejukkan. Belum lagi gemericik air sungai yang berada tak jauh dari area Bukit Gadog semakin membuat syahdu suasana.

Bawa persediaan makanan dan alat camping yang lengkap saat akan berkunjung ke Bukit Gadog, agar kamu tidak perlu susah payah  untuk turun jauh ke bawah.

Lokasi Bukit Gadog

Bukit Gadog beralamat di Dusun III, Sunyalanyu, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Rute Menuju Bukit Gadog

Tempat wisata Bukit Gadog lokasinya berjarak 16 km dari Alun-alun Kota Purwokerto, menghabiskan waktu perjalanan sekitar 16 menit.

Jika Kamu berangkat dari Alun-alun Kota Purwokerto arahkan kendaraanmu ke Jalan Bumiayu-Purwokerto/Jalan Jenderal Sudirman/ Jalan Raya Tegal-Purwokerto. Terus lurus ke Jalan Ajibarang Secang.

Belok kanan ke Jalan Kertawibawa dan tetap dijalan tersebut sejauh 2,8 km. Lewati Pasar Pahing Purwokerto di sebelah kanan. Lalu arahkan kendaraanmu ke Jalan Raya Kedungbanteng.

Setelah itu masuklah ke Raya Dawuhanwaten, tak berapa lama lagi kamu akan segera sampai ke tempat wisata Bukit Gadog Sunyalanyu.

Perjalanan untuk sampai ke Bukit Gadog memang tidaklah mudah, bahkan pengunjung tidak disarankan datang pada saat musim hujan karena jalannya akan licin dan membahayakan.

Namun begitu, perjalanan yang sulit ini akan segera terbayar setelah sampai di puncak Bukit Gadog. Kamu bisa melihat keindahan alam Kabupaten Banyumas dari atas sini.

jalur menuju bukit
jalur menuju bukit. google maps. sumber: Adya Tama

simak juga: the village purwokerto

Jam Buka Bukit Gadog

Wisata Bukit Gadog buka dari Senin sampai Minggu, dengan jam operasional selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk Bukit Gadog

  • Harga tiket wisata Bukit Gadog Rp. 5.000,- per orang.
  • Harga parkir kendaraan Rp. 2.000,-

Fasilitas Bukit Gadog

Ada beberapa fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berkunjung ke Bukit Gadog, diantaranya:

  • Camping Ground
  • Spot Foto Selfie
  • Toilet
fasilitas di bukit
fasilitas di bukit. google maps. sumber: Muhammad Syaiful Akmal

simak juga: pancuran telu baturraden

Daya Tarik Bukit Gadog

1. Uphill Cycling dan Tracking di Bukit Gadog

Bukit Gadog menjadi pilihan yang tepat bagi kamu pencinta Uphill Cycling, kebanyakan pengunjung yang datang ingin menjajal kemampuannya dalam bersepeda di terjalnya akses jalan menuju Bukit Gadog.

Selain itu, Tracking di Bukit Gadong juga menjadi pilihan yang menarik. Kamu bisa menelusuri jalan terjal yang naik turun sambil menikmati pesona alam Bukit Gadog.

2. Pesona Alam yang Masih Terjaga

Bukit Gadog dikenal dengan pesona alam yang masih asri karena lokasi wisata ini belum banyak dilakukan pengembangan infrastuktur modern.

Pemandangan alam yang serba hijau ditambah view Gunung Slamet akan semakin memanjakan matamu saat berada di Bukit Gadog.

Selain itu, di Bukit Gadog ini juga kamu bisa melihat suasana perkotaan Purwokerto dari ketinggian. Jika malam tiba kerlap kerlip lampu kota terlihat seperti bintang malam yang bertaburan.

view yang epic
view yang epic. google maps. sumber: masdain trizeronine

simak juga: telaga sunyi

3. Camping Ground

Camping ceria di Bukit Gadog juga hingga saat ini selalu menjadi piliihan bagi wisatawan. Areanya yang luas serta tidak terlalu ramai pengunjung akan memberikan kesan tenang dan nyaman selama camping di tempat wisata ini.

Siapkan alat camping  pribadi saat kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu di Bukit Gadog karena belum ada peralatan camping khusus yang disediakan di sini.

4. Spot Foto Selfie

Hulang-healing ke Bukit Gadog rasanya kurang lengkap tanpa mengabadikan foto keindahan alamnya yang tersaji. Di area Bukit Gadog banyak spot-spot foto selfie yang Instagramable yang bisa dijadikan latar belakang foto kerenmu.

Kamu bisa berfoto di jembatan, berfoto di bawah pohon-pohon rindang dengan view Gunung Slamet, atau berfoto dengan memamerkan city light saat malam hari.

Jangan lupa abadikan setiap momen kebersamaanmu dengan orang-orang tersayang saat berada di Bukit Gadog.

hunting foto keren
hunting foto keren. google maps. sumber: Ade Setiawan

simak juga: museum jenderal sudirman

Penutup

Itulah informasi lengkap seputar Bukit Gadog. Ditengah keindahan alamnya yang mempesona, sayang sekali jika mulai ditinggalkan. So, sesekali sempatkan berkunjung ke tempat wisata ini.

Tetap jaga kebersihan dan keamanan saat bekunjung ke Bukit Gadog Purwokerto. Selamat menikmati keindahannya!