Pantai Jetis, Lahan Tambang Bermetamorfosis Menjadi Pantai Cantik

Pantai Jetis ada di ujung timur lokasi Kota Cilacap. Pantai memiliki karakter gelombang laut selatan yang begitu besar dan panorama pegunungan kapur. Pantai membentang sepanjang nyaris 3 km, dengan ujung timur pantai berada di perbatasan dengan Kabupaten Kebumen.


pantai jetis, Pantai yang memiliki karakter gelombang laut selatan yang begitu besar dan panorama pegunungan kapur.
Pantai Jetis. Image via: krjogja.com

Di Pantai Jetis ada sebuah sungai, yakni sungai Ngijo. Sungai ini adalah bentuk pembatas dari dua kabupaten. Kabupaten Cilacap serta Kebumen. Di tepian sungai itu ada banyak bermacam tumbuhan seperti bakau, pohon kelapa, pohon salak serta yang lain.

Mata terasa begitu dimanja ketika melihat gabungan air, pohon serta pegunungan menyatu membentuk harmoni dalam 1 bingkai pandang.

Di sepanjang pantai, terpasang susunan batu yang berjajar rapi menjorok ke pantai berfungsi sebagai pemecah ombak. Walau batu ini adalah objek buatan, namun keberadaan batu-batu ini menjadikan pemandangan di Jetis ini menjadi indah.

Fungsi asli dari keberadaan pemecah ombak raksasa tersebut dikarenakan ombak pantai Jetis yang besar. Namun dalam perkembangan selanjutnya, ternyata keberadaan batu pemecah ombak itu dapat dijadikan salah satu spot foto menarik di pantai ini.

Berbagai fasilitas wisata dibangun untuk menyempurnakan Pantai Jetis. sebagai lokasi wisata andalan
Berbagai fasilitas Pantai Jetis. Image via: pantai-jetis.business.site

Simak juga: Wisata seputaran Kebumen

Sejarah Pantai Jetis

Pantai jetis sejatinya adalah bekas Area Tambang. Tambang ini dikelola PT ANTAM yang mengakhiri masa baktinya tahun 2007 silam. Pada akhir masa operasional, Antam melakukan reklamasi lahan. Masyarakat ketika itu meminta kawasan pantai dihijaukan dengan ditanami cemara udang dan kelapa serta Lubang-lubang bekas tambang diratakan.

Seiring waktu, masyarakat mulai berpikir bahwa Pantai tersebut bisa dikembangkan untuk pariwisata. Pelan-pelan kawasan itu dibangun, beberapa gazebo didirikan. Pengunjung datang sedikit-sedikit. Setelah itu, barulah perubahan ‘ekstrim’ dilakukan sekitar pertengahan tahun 2016. Mereka memikirkan konsep unik untuk mempercantik Pantai ini.

Dipakailah ide ‘Taman Payung Pantai Jetis’. Mereka mulai memasang ratusan patung di dahan cemara. Membuat beberapa spot untuk bersantai di bawah rimbunnya hutan cemara, arena bermain anak, tempat selfie, gubuk istirahat di tepi pantai hingga gardu pandang setinggi kurang lebih enam meter.

Lokasi Pantai Jetis

Wisata Pantai Jetis berlokasi di desa jetis, kecamatan nusawungu, kabupaten cilacap, provinsi jawa tengah.

Pemecah ombak di pantai jetis terlihat cantik hingga terasa spot foto
Pemecah ombak, rasa spot foto. Image via: @nandaaprilia11

Jarak antara Pantai Jetis dengan Jogja hanyalah 63 kilometer. Jadi pengunjung hanya perlu menempuh 1 setengah jam berkendara. Jika dari Wonosobo, jarak tempuh adalah 74 kilo dengan waktu sekitar 2 jam.

Rute Menuju Pantai Jetis

Untuk sampai di Pantai Jetis, ada tiga rute yang bisa diambil. Pertama, rute Jogja. Jika perjalanan ditempuh dari Jogja, lewatilah rute Wates – Purworejo terlebih dulu. Tepat sebelum gapura selamat datang di Purworejo, belok kiri.

Setelah bertemu dengan jembatan Congot, terus jalan lurus hingga bertemu dengan gapura tanda masuk desa Patutrejo. Pintu masuk Pantai ini tepat berada di sebelahnya.

Kedua adalah rute Wonosobo dan sekitarnya. Jika pengunjung berkendara dari Wonosobo, silakan ambil rute arah Kutoarjo. Lurus saja hingga melewati Jalan Daendels dan bertemu gapura selamat datang. Terus saja lurus sampai masuk desa Patutrejo dan bertemu gerbang pantai Jetis.

Terakhir adalah rute bagi pengunjung yang berasal dari Kebumen. Jalannya tidak terlalu rumit. Cukup lewat arah pantai Petanahan lalu lurus hingga sampai ke gerbang pantai.

berdua di ayunan pantai jetis, menimbulkan ikatan kuat dalam memaknai kebersamaan
Berdua. Image via: pantainesia.com

Simak juga: Pantai Jogan

Sebagai informasi, rute menuju Pantai ini termasuk rute yang padat. Maka dari itu, dianjurkan bagi pengunjung untuk berangkat lebih pagi. Jika ingin menikmati sunset, pengunjung sebaiknya berangkat jam 4 sore ke atas.

Jam Buka Pantai Jetis

Lokasi wisata Pantai Jetis buka seharian penuh. 24 jam sehari.

Hal ini karena selain untuk tempat wisata, pantai ini juga sering digunakan untuk tempat berkemah.

Tiket Pantai Jetis

Untuk masuk ke area wisata pantai jetis yang indah ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk.

Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir kendaraan. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Ada banyak tempat parkir tersedia di sana. Jadi semua pengunjung bebas memilih mana tempat parkir yang paling disukai.

Fasilitas Pantai Jetis

Pantai Jetis telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang kegiatan wisata. Di lokasi ini terdapat Mushola, Kamar mandi, tempat sampah, dan parkir.

Akses jalan menuju lokasi ini juga dalam kondisi baik dan halus. Hal ini tentu memudahkan pengunjung saat menikmati liburan di pantai.

hutan cemara pantai jetis menambah kecantikan pantai ini
Hutan Cemara. Image via: travel.detik.com

Daya Tarik Wisata Pantai Jetis

Ada banyak sekali daya tarik wisata yang dimiliki Pantai Jetis, sehingga lokasi ini layak untuk dikunjungi. Pantai ini tidak hanya memiliki daya tarik wisata berupa debur ombak yang besar. Ada juga obyek-obyek wisata lain yang pantang ditinggalkan.

Berikut ini sebagian dari daya tarik wisata mengagumkan dari pantai ini.

  1. Pasir Hitam

Begitu memasuki area wisata Pantai ini, pengunjung akan langsung disambut pemandangan pasir hitam yang membentang. Pasir ini berwarna gelap karena mengandung banyak mineral. Meskipun demikian, pasir ini begitu halus sehingga cocok dijadikan tempat bermain anak-anak.

Selain halus, pasir hitam di Pantai Jetis juga sangat menarik untuk dijadikan obyek fotografi. Tidak banyak pantai di Indonesia yang punya warna seperti pantai satu ini. Berhasil berfoto di pasir hitam eksotis Jetis merupakan satu kebanggaan tersendiri.

  1. Saung

Saung Pantai Jetis sengaja dibangun utnuk memfasilitasi pengunjung menikmati pantai ini
Saung Pantai Jetis. Image via: jejakpiknik.com

SImak juga: Pantai Batu Bengkung

Di tepian pantai, terdapat saung-saung kecil yang tertata dengan apik. Tidak seperti gardu yang berukuran besar, saung-saung ini berukuran lebih kecil. Meskipun demikian, setiap saung tersebut cukup untuk muat diduduki 4 sampai 5  orang sekaligus

Biasanya, para pengunjung memanfaatkan saung-saung ini untuk beristirahat atau menaruh barang.

Satu lagi yang unik dari keberadaan saung di tepi pantai Jetis adalah struktur bangunannya. Saung ini terbuat dari perpaduan kayu jati dan bambu, dengan atap perpaduan dari genting flat dan daun kelapa kering.

Pemerintah setempat sengaja membangun sedemikian rupa agar tema bangunan saung cocok dengan suasana pantai.

  1. Gardu Pandang

pemandangan dari atas Gardu Menara pantai jetis.
Di atas Gardu Menara. Image via: dolanyok.com

Gardu pandang adalah salah satu daya tarik wisata terlaris di Pantai ini. Daya tarik wisata ini paling terkenal di kalangan pasangan-pasangan muda. Untuk sampai ke gardu pandang, pengunjung perlu naik tangga setinggi 3 meter. Di atas nanti, akan ada spot foto berbentuk hati dikelilingi dedaunan.

Jika ingin berfoto bersama pasangan, para pengunjung tinggal minta tolong kepada penjaga pantai di sekitar. Namun jika ingin mendapat foto tercetak, ada pula jasa fotografer di Pantai Jetis yang siap melayani.

Selain spot foto berbentuk hati, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah pantai dari atas gardu. Dari sini, pengunjung bisa menyaksikan lebih jelas bagaimana eksotisme pasir hitam pantai bertemu debur ombak yang lumayan besar.

  1. Sunset

Sunset mempesona di Pantai Jetis.
Sunset Pantai Jetis. Image via: @dhinyme

Simak juga: Sunset Senggigi

Banyak pengunjung mengakui, Pantai Jetis merupakan salah satu tempat terbaik melihat sunset di Jawa Tengah. Saat senja, pasir hitam di pantai ikut mengkilap. Meski matahari belum sepenuhnya tenggelam, cahaya di sekitar pantai akan mulai meredup.

Suasana tersebut terasa misterius sekaligus sakral. Dengan cahaya yang hanya terpusat pada matahari yang sedang terbenam.

Secara keseluruhan pemandangan menjadi sangat indah. Misterius memang. Tapi indah. Untuk pengunjung yang suka berburu sunset dari pantai satu ke pantai lain, sunset pantai Jetis tidak boleh terlewatkan.

  1. Taman Payung

taman payung dibangun di dalam hutan pinus panta jetis
Taman Payung. Image via: dolanyok.com

Taman Payung juga menjadi daya tarik wisata Pantai Jetis yang paling diminati. Bisa dibilang karena taman inilah Pantai ini menjadi semakin terkenal. Pada awalnya, Taman Payung mulai viral di internet. Sejak saat itu, banyak orang merasa penasaran dengan Taman Payung dan mulai mengunjungi pantai indah ini.

Taman Payung adalah sebuah taman yang dipenuhi pohon pinus. Di tiap ruas jalan di dalam taman, tergantung banyak payung aneka warna. Bukan itu saja, di taman payung juga terdapat berbagai tempat istirahat.

Ada juga pedagang-pedagang yang menyediakan makanan dan minuman. Saat berkunjung ke Taman  Payung, pengunjung akan merasakan sensasi berada di pegunungan.

pengelola pantai jetis terus berbenah meebnagun berbagai fasilitas pendukung wisata
Terus berbenah. Image via: id.foursquare.com

SImak juga: Pantai Carita

Tips Mengunjungi Pantai Jetis

Berikut kami coba berikan beberapa tips liburan, untuk menjamin kenyamanan selama di pantai Jetis.

  • Pastikan memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini. Usahakan datang pada waktu pagi atau siang menjelang sore. Kalau siang ombak sangat besar, plus sangat panas tentunya
  • Untuk anda yang ingin menyaksikan indah mentari tenggelam silahkan datang agak sore
  • Pastikan ikut serta menjaga kebersihan dimanapun berada, buang sampah pada tempatnya agar pantai ini tetap lestari dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak
  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga di pantai ini di setiap spot yang ada.
foto mesra nan romantis bisa dibuat di pantai jetis ini
Selamanya. Image via: tempatwisataseru.com

Objek Wisata Dekat Pantai Jetis

Setelah puas berwisata di pantai Jetis, pengunjung tidak usah khawatir kehabisan tempat wisata.

Dalam jarak 10 km saja, pengunjung bisa menemukan lokasi wisata alam lain. Yakni Gua Jati jajar. Gua ini terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 250 meter, lebar mencapai 15 meter, dan ketinggian sekitar 12 meter. Bagian dalam goa dipenuhi ornamen stalagmit dan stalaktit yang indah.

Bagi yang tertarik dengan  kunjungan lokasi bersejarah, dalam jarak 27 km terdapat benteng Fort Van Der Wijck. Benteng Van Der Wijck adalah benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini merupakan benteng persegi delapan satu-satunya di Indonesia.

Demikian sedikit informasi wisata yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Pantai Jetis. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda berlibur bersama orang-orang tercinta.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment