Curug Penampen, Air Terjun Cilacap Yang Recommended

|

Air Terjun Penampen atau disebut juga Curug Penampen merupakan salah satu curug yang tersembunyi namun populer di Cilacap, dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang cukup diminati.

Curug Penampen, sebuah air terjun yang menawarkan panorama air yang epic dengan tingginya tebing. Meski harus bersusah payah terlebih dahulu, untuk kamu yang menyukai tantangan pasti excited banget.

Kabupaten Cilacap memiliki beberapa curug atau air terjun yang dapat dikunjungi, dan Curug atau Air Terjun Penampen merupakan salah satu diantaranya.

simak juga: tempat wisata di cilacap

Berikut ulasan dari Curug Penampen Cilacap untuk kamu yang sedang eksplor wisata alam berupa curug atau air terjun di Indonesia, Kabupaten Cilacap khususnya.

Lokasi dan Alamat Air Terjun Penampen

Lokasinya cukup dekat dari Curug Mandala, tepatnya berada di alamat Desa Mendala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

seru seruan di curug penampen
seru seruan di curug penampen. google maps. sumber: masdain trizeronine

Rute Menuju Curug Penampen Cilacap

Rute menuju Curug Penampen ialah dengan menuju Jalan Dondong – Ciwuni, lalu belok kanan ke arah Curug Mandala. Terus saja melaju hingga kamu menemukan loket tiket masuk Curug Mandala. Dilanjutkan dengan belok kiri untuk menuju Curug Penampen.

Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua agar lebih mudah bergerak, kemudian titipkanlah di rumah warga yang lokasinya paling ujung atau bisa dibilang paling akhir. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki atau bahasa kerennya trekking.

simak juga: pantai jetis

Jam Buka Curug Penampen

  • Jam operasional Curug Penampen Cilacap buka setiap hari.
  • Dan mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Sebetulnya tidak ada waktu khusus mengenai jam operasional dari Curug Penampen Cilacap ini, hanya saja karena masih terbatasnya lampu penerangan di jalur trekking maka sebaiknya datang dan kembali ketika matahari masih bersinar.

mencoba segarnya air terjun penampen
mencoba segarnya air terjun penampen. google maps. sumber: Dani Alamsyah

Harga Tiket Masuk Air Terjun Penampen

Harga tiket masuk Air Terjun atau Curug Penampen masih gratis.

simak juga: benteng pendem

Fasilitas Curug Penampen Cilacap

Karena belum dikelola secara maksimal membuat fasilitas yang ada di sekitar curug pun masih minim. Namun hal tersebut tidak mengurangi minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Daya Tarik Curug Penampen Cilacap

Sebuah curug biasanya memiliki daya tarik sendiri yang membuatnya memikat hati para pecinta alam, tak terkecuali Curug Penampen Cilacap. Berikut beberapa daya tarik yang dimilikinya:

1. Trekking Yang Seru

akhir trekking
akhir trekking. google maps. sumber: masdain trizeronine

Untuk sampai di Curug Penampen Cilacap kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu, dengan jalur yang masih sangat alami dan didominasi oleh lebatnya pepohonan.

Selain itu kamu juga akan melewati beberapa sungai kecil, hingga jalur yang datar sampai menanjak. Estimasi perjalanan yang akan dilakukan sekitar 40 menit. Hal tersebut sangatlah tergantung pada kekuatan dan kecepatan kamu melangkah.

Sebelum tiba di depan curug kamu harus menyusuri sungai dengan bebatuan yang cukup besar, ujung perjalanan tersebut merupakan Curug atau Air Terjun Penampen yang cukup tinggi.

simak juga: tempat wisata purbalingga

2. Curug Tersembunyi Yang Menawan

curug penampen
curug penampen. google maps. sumber: masdain trizeronine

Curug Penampen adalah Sebuah air terjun yang menawarkan panorama air yang mengalir melalui tebing batuan hitam yang berundak, sehingga menjadi sebuah view alam yang spektakuler.

Tebing batu tersebut sangat lebar, sehingga air yang mengalir melalui undakan tersebut terlihat menjadi istimewa. Adem banget deh pokoknya, ditambah lagi dengan suara air terjunnya.

Trekking yang melelahkan sebanding dengan keindahan alam yang kamu dapatkan. Benar apa kata pepatah, bahwa sebuah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

simak juga: tempat wisata di pekalongan

3. Tempat Piknik Yang Tak Biasa

Setelah puas menikmati segarnya Curug Penampen Cilacap, saatnya kamu mengisi perut dengan membuka hidangan yang telah disiapkan dari rumah.

Dengan menggelar daun pisang atau yang sejenisnya agar lebih terasa vibesnya. Meski membawa bekal menu seadanya namun terasa nikmat banget.

healing bersama bestie
healing bersama bestie. google maps. sumber: Agusee Putra bunton

4. Ragam Wisata

Selain piknik, di sekitar Curug Penampen kamu juga dapat melakukan beberapa ragam wisata seru berikut:

  • Bermain segarnya air, dan
  • hunting foto.

simak juga: tempat wisata di wonogiri

Tips Wisata

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Membawa perbekalan yang cukup.
  • Sebaiknya ditemani yang pernah mengunjungi Curug Penampen sebelumnya, karena di sepanjang jalur trekking belum tersedia petunjuk jalan.
  • Waktu terbaik mengunjungi Curug Penampen ialah pagi hari.
  • Sebaiknya datang di musim penghujan, karena aliran air Curug Penampen sangat dipengaruhi musim.
kondisi ketika musim kemarau
kondisi ketika musim kemarau. google maps. sumber: M Akbar Annas

Penutup

Meski sebaiknya datang di musim hujan, namun tidak disarankan berkunjung ketika puncak musim penghujan. Karena jalur trekking akan sangat licin, dan juga berbahaya ketika melewati aliran sungai.

Curug Penampen dekat dengan wisata curug lainnya di Cilacap yang memiliki pesona yang tak kalah menarik dari Curug Penampen, namanya adalah Curug Mandala.