Pantai Jogan, Keindahan Yang Istimewa di Gunung Kidul

Pantai Jogan menempati posisi yang istimewa dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah pesisir pantai Gunung Kidul. Pantai Jogan unik karena memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut Pantai Jogan.


Ketinggian air terjun ini sekitar 10 m dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Selama ini lokasi ini belum begitu populer, padahal posisi pantai ini berada persis di sebelah barat pantai populer, Pantai Siung.

Untuk bisa menikmati guyuran air terjun unik ini, pengunjung harus turun dengan melewati jalan setapak licin dan basah. Untuk membantu pengunjung yang akan menuruni tebing, telah disediakan kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh.

Setelah itu anda akan melewati sedikit tantangan yaitu melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Penduduk sekitar sudah biasa mengambil bayi kepiting tersebut untuk dimasak untuk menjadi teman makan nasi hangat.

Pantai Jogan
Pantai Jogan. Image via: travelingyuk.com

Setelah sampai ke bawah, pengunjung dapat menikmati keramahan air terjun dengan percikan air dan guyuran bagai tirai. Di guyur segar air terjun di perbukitan karst membuat seakan tak percaya bahwa ini di daerah Gunung Kidul. Mengingat kesan selama ini kalau di Gunung kidul terdapat banyak kegersangan.

Baca: daftar tempat liburan di Yogya yang populer

spot foto
Spot foto. Image via: @tiaramuu_

Lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul

Alamat Pantai Jogan tepatnya berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pantai ini berada di tengah antara Pantai Nglambor dan Pantai Siung di timur, dan Pantai Timang di barat.

Rute Menuju Pantai Jogan Jogja

Rute menuju Pantai Jogan ini mudah untuk dijangkau. Dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9. Sampai di perempatan ambil arah ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lanjutkan jalan terus menuju Jalan Pantai Selatan Jawa. Ikuti Jalan Pantai Selatan Jawa sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Pantai Siung, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Jogan.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Jogan cukup jauh yaitu sekitar 79 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Jogan sekitar 2 jam.

Pantai jogan 2
Pantai tak berpasir. Image via: @badrolyusof

Simak: review seputar Benteng Vredeburg

Tiket Masuk Pantai Jogan Jogja

Tiket masuk pantai Jogan menjadi 1 dengan tiket masuk pantai siung dan Pantai Nglambor. Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Jogan tergolong murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya RP 10.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Jogan yaitu: Sepeda Motor : Rp 3000, Mobil : Rp 5000, dan Bus : Rp 20000

Jam Buka Pantai Jogan Gunung Kidul

Pantai Jogan Yogyakarta di buka setiap hari Senin s/d Minggu dan tanpa mengenal kata tutup alias 24 jam nonstop.

Fasilitas Pantai Jogan Yogyakarta

Fasilitas di Pantai Jogan masih termasuk minim karena masih tergolong pantai yang baru. Bagi para pengunjung yang berminat datang ke Pantai Jogan, fasilitas yang tersedia diantaranya: Gazebo, Kamar mandi, Warung makan dan minum, dan Tempat parkir

Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul

Ketinggian air terjun di pantai ini mencapai 10 meter dengan sumber air yang mengalir berasal dari perbukitan di sebelah utara Pantai Jogan. Air terjun ini memiliki keunikan, yaitu airnya langsung mengalir ke laut yang tidak memiliki garis batas laut.

turun
Turun ke air terjun. Image via: spotunik.com

Simak: info wisata Candi Prambanan

Untuk menikmati Air terjun yang ada, pengunjung harus siap turun ke bawah dulu dengan memilih dua cara yaitu, cara yang pertama  adalah melalui teknik canyoning atau rappeling di air terjun.  Cara yang kedua adalah dengan cara menapaki turunan yang licin dan basah. Untuk cara kedua ini pengunjung harus  hati-hati, Karena jalur Air Terjun di Pantai Jogan ini sangat curam.

Setelah batuan yang curam dan licin, pengunjung akan disambut tantangan yang ngeri-ngeri geli. Pengunjung harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berukuran sekitar 5 mm dan berwarna transparan. Maka dari itu pengunjung disarankan untuk memakai alas kaki yang menutupi seluruh telapak kaki (sepatu).

Kadang- kadang ada banyak kupu-kupu yang bergerombol di bebatuan kering yang sangat indah untuk dilihat.

foto cantik
Tirai air. Image via: pantainesia.com

Baca: review wisata Taman Pintar Jogja

Dengan berada di atas air terjun, pengunjung dapat menyaksikan ombak yang sangat besar. Pengunjung tidak perlu merasa ngeri, karena ombak besar itu akan tertahan oleh kukuh nya batu karang pantai. Pada saat senja para pengunjung juga dapat menikmati warna ungu langit yang sangat indah.

Air sungai yang jatuh dari tebing setinggi 10 m tak berbahaya untuk tubuh, mengingat debit air yang tak begitu deras. Usai puas menikmati kesegaran air terjun, jangan lewatkan kesempatan berfoto di bawah tebing.

Bagi yang tak ingin bermain air terjun, pengunjung bisa menceburkan kaki ke air jernih yang menyegarkan. Selain itu juga bisa duduk santai di batu karang sambil berfoto. Sebaiknya tidak buru-buru pulang. Tunggulah momen matahari terbenam di sini dan saksikan keindahan sunset di pantai ini.

Rappelling di Pantai Jogan

canyoning
Rappelling Air Terjun Pantai Jogan. Image via: asokatour.com

Lihat juga: liburan ke Pantai Wediombo

Salah satu cara untuk turun ke bawah air terjun, adalah dengan teknik canyoning atau rappeling. Cara ini memerlukan keberanian dan kemampuan serta harus didukung dengan peralatan tali temali yang memadai.

Rappelling adalah aktivitas menuruni tebing dengan menggunakan perlengkapan tali temali. Biasanya, rappelling dilakukan oleh para pencinta alam di tebing yang tak begitu tinggi atau ekstrem. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan tebing yang ada di Pantai Jogan untuk melakukan aktivitas seru ini. Yang unik di sini adalah saat rappelling akan mendapat pengalaman baru menuruni tebing, sekaligus air terjun.

Rappelling akan lebih menantang jika kamu melakukan aktivitas ini pada musim hujan. Hal ini disebabkan karena debit air terjun yang mengalir dari sungai akan bertambah besar, sehingga alirannya pun akan semakin deras. Jadi, bagi yang berjiwa petualang, pastikan sesekali mencoba rappelling di Pantai Jogan.

sunset
Sunset di pantai jogan. Image via: @riosmemories

Lihat juga: menikmati keindahan Air Terjun Srigethuk

Tips Wisata di Pantai Jogan Gunung Kidul

  • Alas Kaki. Pakai  yang agak tinggi saat akan turun ke bawah air terjun. Karena disana banyak sekali kepiting transparan yang siap untuk menggigit anda.
  • Bawa Bekal Makan. Karena warung makanan dan minuman yang kurang menarik maka pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.
  • Datang Ketika Musim Hujan. Untuk dapat melihat curahan air terjun yang deras. Karena debit air terjun akan maksimal dan terlihat lebih sempurna di musim hujan.
  • Perhatikan Keselamatan. Medan yang curam dan licin, rawan kecelakaan jika melakukan tindakan gegabah atau kewaspadaan yang rendah.
  • Tidak Membuang Sampah Sembarangan. Pastikan pantai tetap bersih dan bisa tetap dinikmati oleh orang-orang yang berkunjung setelah kita, atau bahkan anak cucu kita nanti.
foto cantik
Foto cantik. Image via: @januarika__elisa

Objek Wisata di Dekat Pantai Jogan Jogja

Letak pantai-pantai di Indonesia umumnya saling berdekatan. Apalagi, untuk wilayah Indonesia bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pengunjung bisa menikmati keindahan gugusan pantai yang saling berdekatan.

Kondisi tersebut juga berlaku pada Pantai Jogan yang merupakan salah satu bagian dari gugusan pantai di Gunung kidul. Saat berkunjung ke Pantai Jogan, pengunjung bisa mengunjungi pantai lainnya yang letaknya berdekatan.

Salah satu pantai yang berdekatan dengan Pantai Jogan dan cukup populer di Gunung kidul adalah Pantai Siung. Lokasi pantai siung sekitar 2 km di sebelah timur Pantai Jogan dan dapat ditempuh sekitar 27 menit. Selain itu, ada juga Pantai Nglambor yang hanya berjarak sekitar 200 m dari Jogan.

Jika punya waktu cukup banyak, bisa juga sekalian mengunjungi Pantai Muncar. Lokasi pantai ini juga berdekatan dari Pantai Jogan, hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk tiba di Pantai Muncar.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment