Pantai Jogan, Harmoni Antara Air Terjun Dan Laut Biru

Pantai Jogan berada di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Disini tak ada hamparan pasir putih ataupun pasir coklat, yang ada hanyalah tebing indah dengan hiasan air terjunnya.

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Pengantin, karena konon katanya jika kamu mandi di bawah air terjun tersebut bisa cepat dapat jodoh.

Pantai Jogan menjadi deretan pantai unik yang ada di Gunung Kidul, informasi mengenai pantai-pantai lain yang ada dapat kamu temukan di NativeIndonesia.com.

panorama di pantai jogan
panorama di pantai jogan. google maps. sumber: wisata Jogja21

Pantai ini termasuk pantai tebing, layaknya Pantai Kesirat yang ada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Hanya bedanya di Pantai Jogan kamu bisa mendekat ke arah pantainya, sedangkan di Pantai Kesirat tidak.

Lokasi Pantai Jogan berada sekitar 10 hingga 15 menit dari Pantai Siung ke sebelah barat, meski begitu pantai ini belum begitu populer di kalangan wisatawan.

Baca: daftar tempat liburan di Yogya yang populer

Berikut deskripsi mengenai Pantai Jogan yang dapat kami sajikan untuk anda:

Lokasi & Alamat Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan berada diantara Pantai Nglambor dan Pantai Siung di sisi timur, dan Pantai Timang di sisi sebelah barat.

Alamat Pantai Jogan sendiri terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta.

batu karang yang menghiasi pantai jogan
batu karang yang menghiasi pantai jogan. google maps. sumber: Theresia Dew

Rute Menuju Pantai Jogan

Simak: review seputar Benteng Vredeburg

Untuk menuju Pantai Jogan jika dari pusat Kota Jogja akan menempuh jarak sekitar 79 km dengan estimasi waktu kira-kira 2 jam perjalanan.

Rute yang dapat dituju yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, ketika tiba di perempatan jalan ambil ke arah selatan melewati Jl. Brigjen Katamso.

Kemudian tetaplah berada di jalur Pantai Selatan Jawa, sebelum tiba di Pantai Jogan kamu akan melewati Pantai Siung terlebih dahulu.

Pantai Jogan berada di sebelah kiri, ketika memasuki jalur Pantai Jogan kondisi jalan tak begitu mulus. Keadaan jalannya masih berbatu, hingga akhirnya kamu tiba di parkiran Pantai Jogan.

jalur menuju pantai jogan
jalur menuju pantai jogan. google maps. sumber: milla 805

Tiket Masuk Pantai Jogan

Ketika berada di Pantai Jogan sendiri, ada beberapa biaya yang harus kamu keluarkan, yakni:

  • Ketika menuruni tangga menuju aliran air terjun dengan membayar Rp. 4.000,-
  • Biaya parkir motor Rp. 3.000,-
  • Biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Lihat juga: menikmati keindahan Air Terjun Srigethuk

Jam Buka Pantai Jogan

Tidak ada ketentuan jam operasional dari Pantai Jogan ini, artinya pantai ini dibuka selama 24 jam nonstop mulai hari Senin hingga Minggu.

Namun, mengingat jalan menuju lokasi belum dilengkapi lampu penerangan jalan maka sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar.

menikmati indahnya pantai di atas air terjun
menikmati indahnya pantai di atas air terjun. google maps. sumber: Alisa Yunita

Fasilitas Pantai Jogan

Fasilitas di Pantai Jogan masih belum banyak, bukan berarti tidak tersedia apa-apa. Fasilitas yang ada di Pantai Jogan diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet
  • Warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Spot foto

Daya Tarik Pantai Jogan

Meski belum seterkenal Pantai Siung dan Pantai Nglambor, meski begitu Pantai Jogan memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menjadi magnet bagi pengunjung. Diantaranya:

1. Air Terjun Pengantin Atau Gojogan Pengantin

grojogan penganten
grojogan penganten. google maps. sumber: Fitriana Fitriana

Simak: info wisata Candi Prambanan

Daya tarik pertama dari Pantai Jogan ialah adanya sebuah air terjun alami yang mengalirkan air dari sumber mata air, untuk terus melanjutkannya hingga ke lautan lepas.

Aliran airnya akan jatuh dari ketinggian sekitar 10 meter secara melebar, semakin banyak air di sungai semakin deras pula air terjunnya.

Namun jika dalam keadaan musim kemarau yang berkepanjangan khususnya, air terjun tersebut akan kering hingga tak mengalirkan air sedikitpun.

Air terjun ini selalu menjadi lokasi favorit pengunjung untuk bermain-main air, karena memang harmoni antara air terjun dan birunya laut memang sangat langka.

Deburan ombak di Pantai Jogan sendiri cukup kencang, apalagi jika keadaan laut sedang pasang. Di sekitar pantainya terdapat bebatuan dengan beragam ukuran.

rappeling
rappeling. google maps. sumber: Ana

2. Ragam Wisata Seru Dan Menantang

Lihat juga: liburan ke Pantai Wediombo

Keseruan yang dapat dilakukan ketika berada di Pantai Jogan diantaranya ialah:

  • Rappeling

Rappeling merupakan aktivitas menuruni tebing dengan menggunakan perlengkapan tali. Hampir sama dengan panjat tebing, bedanya terletak pada jalur yang dilalui.

Kegiatan rappeling ini dapat kamu lakukan di Air Terjun Pengantin, keadaan akan semakin seru ketika tubuh kamu terkena aliran airnya. Apalagi jika musim penghujan tiba, debit air terjunnya akan bertambah besar sehingga aliran airnya pun akan semkin deras.

Keseruan tersebut hanya dapat dilakukan oleh kamu yang menyukai tantangan, dimana kamu akan menuruni tebing yang memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan derasnya aliran air yang mengalir.

  • Bermain Air

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ialah dengan bermain aliran air yang mengalir di Air Terjun Pengantin, segarnya air membasuh tubuh yang sedang lelah dan penat. Atau bisa juga dengan bermain air lautnya yang biru.

serunya bermain air
serunya bermain air. google maps. sumber: Amatiran Project

3. Spot Foto Yang Instagramable

Baca: review wisata Taman Pintar Jogja

Untuk menikmati keindahan Pantai Jogan, sangat mudah sekali. Di sekitar lokasinya terdapat beberapa gardu pandang yang terbuat dari bambu, bahkan ada yang berupa perahu.

Di ujung gardu pandang tersebut kamu dapat menyaksikan birunya Pantai Jogan, deburan ombak menyatu dengan deburan aliran air terjunnya.


Tinggalkan komentar