Pantai Timang, Memacu Adrenalin Di Atas Deburan Ombak

Pantai Timang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya berada di Desa Purwodadi. Seperti kita ketahui bersama Gunung Kidul memang memiliki banyak sekali pantai dengan segala keunikannya.

Lokasinya yang berada di bagian selatan Provinsi Yogyakarta, tak menyurutkan wisatawan untuk berwisata bahari ke Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Timang memang terdengar asing di telinga, tak seperti pantai-pantai lainnya seperti Pantai Kukup, Pantai Baron, atau juga Pantai Wediombo.

Meski begitu pantai ini layak untuk kamu jadikan sebagai tujuan destinasi wisata bahari ketika berada di Kabupaten Gunung Kidul, khususnya di Kecamatan Tepus.

Pantai Timang memiliki sebuah pulau yang berada di tengah lautan, yang bernama Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari pantai yang satu ini.

daya tarik pantai timang
daya tarik pantai timang. google maps. sumber: fan tae

Simak juga: daftar destinasi wisata di Jogjakarta

Berikut deskripsi lengkap mengenai Pantai Timang yang dapat kami sampaikan:

Sejarah Pantai Timang

Awalnya pantai ini bukanlah merupakan sebuah lokasi wisata, Pantai Timang hanya digunakan nelayan untuk mencari lobster di sekitar pantai khususnya di Pulau Timang atau Watu Panjang.

Karena hewan yang satu ini dikenal hidup di karang dan bebatuan, cocok sekali dengan topografi dari Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang.

Karena pulau tersebut tak seperti pulau kebanyakan yang dihiasi pepohonan yang rindang, pulau ini hanya berupa batuan karang bertebing batu.

Dan untuk mencapai ke pulau tersebut, nelayan setempat membuat sebuah gondola sederhana untuk digunakan sebagai alat transportasi mereka dalam menyebrangi lautan.

memacu adrenalin
memacu adrenalin. google maps. sumber: Horisman Reza

Simak juga: wisata Kalibiru Jogja

Ketenaran Pulau Timang dimulai ketika Running Man, yang merupakan salah satu variety show terkenal asal Korea Selatan berkunjung dengan mengirimkan dua perwakilan anggotanya.

Yakni Lee Kwang Soo dan Jeon So Min, yang datang sekitar tahun 2017 silam. Kemudian mereka mencoba wahana gondola yang terkenal ekstrem apalagi jika ombak sedang ganas.

Lama kelamaan wisatawan banyak yang datang ke Pantai Timang dan mencoba wahana gondola tersebut, untuk memacu adrenalin mereka.

Lokasi & Alamat Pantai Timang

Pantai Timang beralamat di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

eksis di jembatan gantung
eksis di jembatan gantung. google maps. sumber: Roy Bechame

Lokasinya masih satu kecamatan dengan Pantai Jogan.

Rute Menuju Pantai Timang

Untuk menuju Pantai Timang sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewanya, serta lebih disarankan untuk menggunakan sepeda motor.

Jika dari arah pusat kota Yogyakarta rute yang diambil ialah dengan melajukan kendaraan menuju ringroad timur Jogja, kemudian mengikuti petunjuk arah yang akan membawamu ke Wonosari.

Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga tiba di bundaran Wonosari, fokus saja untuk lurus terus hingga kamu melewati Pasar Wonosari.

Nantinya akan ada pertigaan jalan, ambillah arah menuju Pantai Baron. Kemudian sesampainya di pertigaan Mulo belok ke kiri mengikuti arah Pantai Siung.

menikmati keindahan alam
menikmati keindahan alam. google maps. sumber: diansapu

Baca juga: review wisata Hutan Pinus Pengger

Ketika tiba di pertigaan Pantai Siung, ambil jalan ke kanan hingga tiba di Pos retribusi Pantai Timang. Sudah tersedia petunjuk jalan yang akan membawamu menuju lokasi.

Jalan menuju Pantai Timang memang tidak selamanya beraspal, ketika memasuki wilayah Pantai Timang jalurnya masih berupa bebatuan yang cukup terjal.

Setelah itu kamu akan melewati jalur yang sudah di cor, disamping itu jalurnya tak cukup lebar hanya muat untuk satu mobil saja.

Tiket Masuk Pantai Timang

  • Harga tiket masuk Pantai Timang sangat murah, yakni dengan membayar Rp. 5.000,- saja per orang.
  • Jika hendak mencoba gondola harus membayar sebesar Rp. 150.000,-
  • Naik jembatan gantung membayar Rp. 100.000,-

Jam Buka Pantai Timang

Jam operasional Pantai Timang dimulai hari Sabtu hingga Kamis, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari Jumat pantai ini ditutup untuk wisatawan.

salah satu spot foto yang ada
salah satu spot foto yang ada. google maps. sumber: Edy Susilo

Simak: info seputar Pantai Drini

Fasilitas Pantai Timang

Fasilitas yang ada di Pantai Timang, diantaranya:

  • Gazebo atau saung sederhana
  • Warung makanan dan minuman
  • Spot foto

Daya Tarik di Pantai Timang

Meski lokasinya sedikit tersembunyi dan membutuhkan perjuangan, Pantai Timang memiliki daya tarik istimewa untuk diperjuangkan, yakni:

1. Alam Yang Indah

keindahan pantai timang
keindahan pantai timang. google maps. sumber: R33n 42m1

Baca juga: review Bukit Panguk Kediwung

Beberapa pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul memang tersembunyi dan masih asri, ada pula yang hadir dengan keunikannya tersendiri.

Begitu pula dengan Pantai Timang, pantai ini tak memiliki bentangan pasir yang luas. Dengan diapit oleh dua bukit karang di kiri dan kanannya.

Pengunjung yang datang tidak disarankan mandi di pantainya karena Pantai Timang memiliki deburan ombak yang cukup kencang apalagi jika sedang pasang.

Terdapat beberapa spot foto yang terletak di atas tebing, sehingga menampilkan panorama alam yang sempurna.

2. Gondola dan Jembatan Gantung

mencoba wahana gondola
mencoba wahana gondola. google maps. sumber: Bernard Rouhi

Yang menjadi ikon dari Pantai Timang ialah kehadiran Gondola serta jembatan gantung yang banyak dijadikan wisatawan sebagai wahana ekstrim yang sangat menantang.

Untuk menuju arah Gondola dan Jembatan gantungnya tinggal mengikuti jalur yang sudah tersedia, nantinya kamu akan melihat jembatan gantung yang bersebelahan dengan gondola.

Gondola di Pulau Timang memiliki panjang sekitar 100 meter dengan berada di ketinggian antara 9 hingga 11 meter. Dengan terbuat dari besi yang dibentuk sedemikian rupa, dan hanya muat untuk satu orang saja.

Kemudian akan ditarik hingga berjalan diantara tali temali yang telah disusun. Jika ombak sedang menggila, kamu akan terkena cipratannya.

Selain gondola ada pula jembatan gantung yang terbuat dari tali tambang beralaskan kayu, ketegangan yang berbeda akan kamu rasakan ketika melewati jembatan gantung.

Tentu saja, jika angin laut sedang kencang jembatan akan ikut bergoyang. Wah..pokoknya ekstrim banget deh!

3. Pulau Timang

pulau timang
pulau timang. google maps. sumber: saudaramitra perkasa

Apalah artinya gondola jika tidak ada Pulau Timang, atau bisa disebut juga Pulau Watu Panjang karena bentuknya memang berupa batuan karang yang panjang.

Pulau Timang atau Watu Panjang ini dahulunya merupakan tempat nelayan memancing lobster, dan saat ini pulau tersebut digunakan wisatawan untuk mencoba wahana ekstrim.

Tidak ada pohon sama sekali di pulau ini, yang ada hanyalah batuan karang yang terletak di tengah lautan dengan terdapat batuan yang seakan longsor di salah satu sisinya.

4. Lobster Pantai Timang

Lobster merupakan komoditi utama dari para nelayan di Pantai Timang, untuk itu jangan lewatkan kesempatan tersebut dengan menikmati lobster Pantai Timang.

Menikmati sajian yang enak dan bergizi ditemani deburan ombak serta alam yang masih asri merupakan pengalaman yang tak boleh kamu lewatkan.


Tinggalkan komentar