Pantai Greweng, Pantai Unik Yang Menyimpan Misteri

Pantai Greweng merupakan salah satu pantai unik nan cantik yang lokasinya berada di Kabupaten Gunung Kidul. Ya, Gunung Kidul memang menyimpan keindahan wisata bahari yang banyak dan semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

Sebut saja Pantai Tanjung Kesirat, Pantai Baron, Pantai Watu Kodok, Pantai Sedahan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

pantai greweng
pantai greweng. google maps. sumber: Muhammad Kemal Al Ashri

Simak juga: Pantai Baron

Kabupaten Gunung Kidul memiliki sekitar 50 pantai dengan landscape yang menakjubkan, dan beberapa diantaranya masih alami serta tersembunyi.

Begitupun dengan Pantai Greweng, lokasinya tersembunyi dibalik hutan dan ladang. Sehingga untuk menuju ke sana kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu.

Meski begitu, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari ada pengunjung yang datang untuk bermain air atau camping.

Misteri Pantai Greweng

Setiap lokasi wisata yang ada pasti menyimpan cerita dan misteri yang sulit untuk dipecahkan serta dibuktikan secara nyata.

Pantai Greweng pun tak luput dengan misteri yang dipercayai oleh warga masyarakat sekitar, dan wajib untuk dihormati oleh pengunjung yang datang.

suasana di malam hari
suasana di malam hari. google maps. sumber: heru prasetyo

Cerita misteri tersebut berawal dari pembatas tali yang berada di sekitar lokasi Pantai Greweng, tepatnya diantara rimbunan pepohonannya.

Konon katanya tempat tersebut merupakan tempat dimana pasar gaib berada, dan pembatas tersebut merupakan tanda dimana kamu tidak boleh melewatinya.

Selain itu, kamu juga dilarang untuk mengambil sesuatu yang ada di sekitar pepohonan tersebut, apapun itu. Jika hal tersebut dilanggar, maka kamu akan diganggu dan diminta untuk mengembalikannya.

Hal tersebut, memang tidak bisa diterima oleh nalar kita. Namun, ada pengunjung yang pernah melanggarnya dan akhirnya merasakan akibatnya.

Sebaiknya kita harus mematuhi serta menghormati aturan yang telah ditetapkan. Ingatlah petuah yang mengatakan, “Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung”.

keseruan di pantai greweng
keseruan di pantai greweng. google maps. sumbe: Niken Ambarwati

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Jogja

Lokasi Pantai Greweng

Lokasi Pantai Greweng tak terlalu jauh dari Pantai Sedahan, tepatnya berada di Jl. Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Greweng

Rute menuju Pantai Greweng dapat ditempuh dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Wonosari. Aksesnya dapat dilalui oleh motor maupun mobil.

Teruskan perjalanan hingga tiba di Desa Balong, kemudian belok ke arah kiri menuju Jepitu. Kemudian ambillah arah yang menuju Pantai Wediombo, lalu Pantai Jungwok, hingga tiba di Pantai Greweng.

Trekking Pantai Greweng

Setelah memakirkan kendaraan, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan trekking atau berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang sudah tercipta secara alami.

Trekking yang dilalui penuh dengan tanjakan, turunan, serta medan yang kurang nyaman. Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, pasti itu bukan merupakan sebuah tantangan.

Sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin, untuk menunjang menapaki medan yang kurang bersahabat. Jika sudah melewati sungai yang beralaskan pasir putih, itu artinya kamu sudah tiba di Pantai Greweng.

landmark pantai greweng
landmark pantai greweng. google maps. sumber; richi yuliavian

Jam Buka Pantai Greweng

Karena sering digunakan berkemah, maka jam operasional Pantai Greweng ini dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam penuh.

Tiket Pantai Greweng

Tiket masuk Pantai Greweng dengan membayar sekitar Rp. 10.000,- per orang, jika hendak camping akan dikenakan biaya tambahan.

Sedangkan untuk biaya parkirnya, sebagai berikut:

  • Motor sebesar Rp. 3.000,- jika menginap menjadi Rp. 6.000,- per unitnya.
  • Sedangkan mobil dengan membayar Rp. 5.000,- jika hendak camping menjadi Rp. 10.000,- per unit.

Daya Tarik Pantai Greweng

1. Alam Yang Unik Nan Indah

pantai unik nan indah
pantai unik nan indah. google maps. sumber: Aprilliani Alwanda

Simak Juga: Pantai Kesirat

Pantai Greweng memang tidak begitu luas, alamnya terdiri dari hamparan pasir putih yang lembut serta batuan karang yang berwarna hijau dan cukup besar.

Di depan pantai terdapat dua buah batu karang yang bertugas seakan melindungi area pantai, dari ganasnya ombak pantai selatan.

Ya, ombaknya cukup kencang, namun agak tenang ketika mendekati area pantai. Sehingga kamu dapat bermain airnya dengan aman.

Sungguh merupakan perpaduan alam yang sangat cantik, yang membuatmu merasa nyaman ketika berada di Pantai Greweng.

2. Sungai Air Payau

aliran sungai di pantai greweng
aliran sungai di pantai greweng. google maps. sumber: Brian Ardya Indrajat

Simak Juga: Pantai Watu Kodok

Inilah yang menjadi keunikan dari Pantai Greweng, adanya sebuah aliran sungai yang membelah pasir putih menjadi dua bagian.

Aliran sungai tersebut berair payau, yakni gabungan antara air asin yang berasal dari pantai dan air tawar yang berasal dari sumber mata air alami.

Keberadaan sungai ini sering digunakan pengunjung yang camping untuk membersihkan diri serta peralatan makan yang mereka gunakan.

3. Area Camping Yang Cukup Luas

camping ground
camping ground. google maps. sumber: Firman van Amstel

Simak Juga: Pantai Sedahan

Pantai Greweng merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang menawarkan kegiatan berkemah bersama kawan atau keluarga.

Sensasi berkemah di pantai tentu berbeda dengan camping di atas puncak gunung. Meski sama-sama menampilkan view alam yang indah dan menakjubkan.

Sensasi yang kamu rasakan ketika camping di pantai ialah, mendirikan tenda di atas hamparan pasir dengan pemandangan alam yang mengarah langsung ke arah laut lepas.

Kamu akan dapat menyaksikan panorama pergantian hari dari balik tenda, dengan ditemani oleh deburan ombak setiap saat.


Tinggalkan komentar