Pantai Greweng, Pantai Mistis Pertapaan President Soekarno

Pantai Greweng menyimpan keunikan, salah satunya karena posisinya yang tersembunyi. Kondisi pantai terasa nyaman dan tenang. Suasana pantai didominasi oleh debur ombak dan suara burung pantai. Pengunjung dapat merasakan perbedaan yang mencolok, antara kesibukan sehari hari dengan suasana pantai ini.


Pantai Greweng
Pantai Greweng. Image via: goodnewsfromindonesia.id

Ketika berada di pantai, pengunjung sangat dapat merasakan suasana keterpencilan. Barisan bukit-bukit hijau yang mengapit pantai, dan bentang pasir putih lembut menyempurnakan suasana magis.

Kebersamaan di pantai ini bersama teman dekat sangat cocok untuk bisa menjalin kedekatan dan keterbukaan sesama teman perjalanan.

Misteri Pantai Greweng

Misteri Pantai ini berkaitan dengan adanya timbunan pohon di sekitar pantai. Rimbunan itu berada di jalan setapak sebelum mencapai pantai. Konon, di situ adalah pasar gaib yang penuh dengan jin.  Beberapa pengunjung mengaku merasakan hawa aneh di sekitar pepohonan itu. Ada yang bilang seperti berada ditempat jauh dan sangat sepi. Padahal ada orang di sana.

Pasar gaib tersebut adalah tempat penunggu Pantai Greweng. Sudah ada pembatas tali rafia di sana yang artinya tidak boleh dilewati. Namun demikian, ada juga pengunjung yang belum mengerti tentang ini.

Di tengah rimbunan pohon tersebut ada sungai yang membelah. Sungai itu berasal dari mata air. Di area pepohonan ini ada aturan tidak diperkennakan mengambil sesuatu dari situ. Sebab, sewaktu-waktu bisa dituntut kembalikan oleh penunggu ghaib.

Api Unggun Pantai Greweng
Api Unggun Pantai Greweng. Image Via: goodpiknik.com

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Jogja

Misteri Goa Sukarno Pantai Greweng

Barisan bbukit bebatuan karst membentuk goa di beberapa area pantai. Ada cerita rakyat mengenai goa goa ini, Konon Presiden RI pertama, Ir. Soekarno dulu sempat bertapa tujuh hari tujuh malam di salah satu goa.

Ceritanya, Dulu di goa itu Soekarno pernah bertapa selama 7 hari 7 malam. Bertahan dengan goa yang hanya terdapat meja dan kursi. Dengan pintu masuk yang hanya muat untuk orang dewasa. Konon, siapa aja bisa masuk dalam goa, artinya permintaannya akan ada yang terpenuhi. Menrut cerita lokal, tidak semua orang bisa masuk ke dalam goa. Karena selain sempit, goa ini dipenuhi dengan tajamnya karang.

Lokasi Pantai Greweng

Pantai ini berlokasi di Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sunset Pantai Greweng
Sunset Pantai Greweng. Image via: @ava_sheila

Rute Menuju Pantai Greweng

Untuk menuju Pantaiindah ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Ada beberapa pilihan rute yang bisa dipilih.

Jika ingin melalui piyungan, bisa melalui Patuk-Gading-ambil ke kiri kea rah Wonosari-Siono-Wonosari kota-Jalan Baron-Pertigaan Mulo ambil ke arah Tepus-ambil kiri ke arah Ndakbong-Purwodadi-Balong-Jepitu-ke arah Wediombo-ambil ke kiri ke arah Pantai Jungwok-menuju arah Pantai Greweng.

Jika ingin melalui Jalan Wonosari. Bis amelalui jalur Piyungan-Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari-Semanu-Pasar Munggi-Cuwelo-Giri Panggung-Cikal-Ngawar-awar-Balong ke kiri-Jepitu-Ambil arah menuju Pantai Wediombo-Menuju Pantai Jungwok-Ambil kea rah Pantai Greweng.

Perjalanan untuk mencapai pantai, sekitar 2 hingga 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Jam Buka Pantai Greweng

Pantai ini terbuka untuk penbgunjung sepanjang hari. 24 jam sehari.

Tiket Pantai Greweng

Untuk mengakses ke lokasi, pengunjung cukup membayar karcis seharga Rp 5.000,-. Sedangkan untuk parkir dikenakan Rp 2.000,-.

Pesona Pantai Greweng
Pesona Pantai Greweng. Image via: travelinkmagz.com

Daya Tarik Pantai Greweng

  1. Memancing

Kondisi pantai yang didominasi bebatuan di bibir pantai, membuat banyak spot ideal untuk memancing. Banyak warga lokal maupun pengunjung yang terlihat memancing di sepanjang pantai. Dari penuturan orang yang pernah mancing, ikan di pantai ini cukup melimpah. Sehingga, tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan ikan yang diinginkan.

Namun sayangnya, di pantai belum tersedia jasa penyewaan alat pancing. Karena itu pengunjung harus membawa peralatan pancing sendiri dari rumah. Selain dari warga lokal, beberapa komunitas memancing juga sering menggunakan tempat ini sebagai kawasan menyalurkan hobi memancingnya.

  1. Sungai kecil

Sungai Kecil
Sungai Kecil. Image via: mytrip123.com

Setibanya di pantai ini, pengunjung tidak langsung melihat air laut. Hamparan pasir di pantai seolah terbagi menjadi dua. Sehingga, seolah ada dua pesisir dipisahkan dengan aliran sungai yang bermuara ke pantai. Inilah salah satu keunikan pantai Greweng.

Sungai kecil yang mengarah ke pantai itu, berdampingan dengan padang ilalang. Padang ilalang yang memiliki luas sekitar dua tiga petak sawah ini terlihat subur. Padang akan semakin subur saat memasuki pertengahan musim penghujan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan digunakan sebagai lokasi berfoto sebelum melanjutkan perjalanan.

Aliran sungai ini bersumber dari mata air murni yang sangat jernih. Sungai ini mengalir dari arah rimbun pepohonan “angker” yang ada di utara pantai.

  1. Goa Alam

Goa Greweng
Goa Greweng. Image via: yogyakarta.panduanwisata.id

Di pantai Greweng juga ada sebuah goa pertapaan. Di sekitar goa tersebut diberi tali pembatas agar tidak ada orang yang sembarang masuk. Enurut cerita pengunjung yang pernah nekat menengok ke dalam mulut goa, menceritakan ada nuansa lain yang berbeda dari tempat biasanya. Seperti saat berjalan di rute setapak pantai Greweng juga mungkin ada suasana lain.

Goa ini memang sering dijadikan sebagai tempat bertapa, bahkan sampai sekarang, banyak cerita-cerita mistik yang mengalir dari gua ini. Goa yang juga menjadi habitat landak. Tidak heran jika  beruntung, pengunjung bisa bertemu landak saat menjelajahi goa tersebut. Selain itu, juga ada kelelawar-kelelawar yang bergelantungan di sana. Yang menakjubkan, ketika masuk di goa ini terdapat pemandangan  stalagnit dan stalaktit yangindah.

  1. Lokasi Camping

camping
Camping di Pantai. Iamge via: liburmulu.com

Tapi terlepas dari itu, tidak jarang orang yang tahu pantai ini datang dengan perlengkapan camping mereka, dan memasang tenda di sekitar goa yang kosong.

Lokasi yang masih sepi ini, dijadikan moment yang paling asyik untuk camping. Pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan mengenai persediaan air tawar dan sumber makanan. Untuk persediaan air tawar, sumber air di sebelah utara pantai. Mengenai sumber makanan, bisa didapat dari memancing di pantai. Namun walau demikian, pengunjung sebaiknya tetap membawa bekal dari rumah.

Biasanya sekelompok pengunjung terdiri dari beberapa orang atau mungkin sekeluarga. Ada yang membawa gitar, tenda, tikar, dan perlengkapan makanan dan minuman yang cukup untuk persediaan selama tinggal di pantai. Malam harinya, mereka memasang api unggun dengan membeli kayu dari penduduk setempat. Kayu untuk api unggun dijual seharga Rp 10.000.

Bukit Karang Pantai Greweng
Bukit Karang Pantai Greweng. Image via: paketwisata.id

Tips Mengunjungi Pantai Greweng

Berikut ini beberapa hal kecil yang sebaiknya diperhatikan saat berwisata di Pantai Greweng

  • Sebaiknya datang dengan teman. Pantai ini relatif sepi, keberadaan teman perjalanan menjadi perlu untuk jaga jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Sangat cocok sebagai lokasi camping.
  • Bawalah bekal dari rumah, untuk berjaga jaga jika warung di kawasan Pantai Greweng tidak buka.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor karena kita harus trekking melalui jalan setapak menuju pantai
  • Bagi muslim, jika ingin camping jangan lupa membawa peralatan sholat. Karena di sekitar sini tidaka da mushola.
  • Parkir kendaraan sebaiknya Pantai Wediombo agar lebih aman.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret-coret bebatuan di tebing ya.
Main Air Pantai Greweng
Main air pantai greweng. Image via: jogjaempatroda.com

Objek Wisata Dekat Pantai Greweng

Pantai lain yang sangat dekat dengan Pantai Greweng adalah Pantai Wediombo. Jaraknya hanya 3 menit perjalanan. Salah satu spot paling populer di Pantai Wediombo adalah laguna alaminya.

Pantai Jungwok juga cukup dekat dengan pantai Greweng, hanya 2 menit perjalanan. Pantai Jungwok merupakan pantai paling favorit bagi wisatawan yang ingin camping ceria di pantai, Pantai Jungwok memiliki pemandangan indah dengan suasana yang sepi.

Di dekat Pantai Greweng juga ada destinasi wisata Gunung Kidul lainnya sepeti Pantai Seruni. Lokasi Pantai Seruni Gunung Kidul sekitar dua jam perjalanan. Perjalanan menuju Pantai Seruni ini juga tidaklah mudah. Untuk menuju ke Pantai Seruni, pengunjung bisa melaluinya dengan berjalan kaki atau dengan naik perahu. Ada dua akses yang bisa dilalui untuk menempuh pantai ini yaitu dengan melalui bibir pantai atau bukit.

Demikian pemaparan singkat nativeindonesia.com mengenai pantai terpencil ini. Semoga gambaran dan tips yang kami berikan bisa menjadi bekal untuk menyiapkan kunjungan yang menyenangkan ke pantai ini.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment