Pantai Carita, Banyak Ragam Wisata Seru Dan Menyenangkan

|

Pantai Carita ialah salah satu pantai indah dan cukup populer di Pandeglang, Banten. Dan selalu menjadi pilihan wisatawan selain Pantai Anyer .

Objek wisata bahari yang satu ini terkenal hingga ke mancanegara, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya turis asing yang mengunjungi pantai dengan nama lain Carita Anyer ini.

Pantai Carita memiliki luas sekitar 2,5 hektar, maka tak heran jika banyak penginapan, cafe atau restoran di sepajang pantainya.

Lokasinya yang tidak jauh dari Ibukota menjadikan Pantai Carita menjadi tujuan ketika berlibur bersama keluarga ataupun acara gathering.

pantai carita
pantai carita. google maps. sumber: agus widjaja

Pantai Carita sempat ditutup beberapa waktu lalu, dengan maksud mencegah penyebaran virus covid-19 di wilayah Carita khususnya, dan Banten pada umumnya.

Saat ini, Pantai Carita sudah dibuka kembali dengan beberapa keterbatasan sesuai dengan aturan PPKM yang berlaku. Berikut beberapa info yang berkaitan dengan Pantai Cerita:

Lokasi & Alamat Pantai Carita

Lokasi Pantai Cerita tidak begitu jauh dari Pantai Anyer dan Pantai Tanjung Lesung. Alamatnya berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Rute Menuju Pantai Carita

Rute menuju Pantai Carita sangat mudah untuk dituju meski letaknya berada di pesisir utara Banten, kondisi jalan yang akan kamu laluipun dalam keadaan sudah bagus.

Untuk kamu yang berangkat dari Jakarta dapat menuju jalan Tol Jakarta-Merak. Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk yang mengarah ke Pantai Anyer, karena memang berada satu jalur dengan Pantai Carita. Estimasi waktu yang akan ditempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari Bogor, yakni dengan mengambil rute menuju Pandeglang atau bisa juga lewat jalur Serang. Sekarang ini zamannya teknologi, kamu bisa menggunakan aplikasi GPS untuk menuju Pantai Carita.

self healing di pantai carita
self healing di pantai carita. google maps. sumber: Eva Hosito

Simak juga; review wisata Pantai Sawarna

Tiket Masuk Pantai Carita Anyer

  • HTM Pantai Carita sekitar Rp. 15.000,- per orang
  • Parkir motor sebesar Rp. 10.000,-
  • Parkir mobil dengan membayar Rp. 30.000,-

Jam Buka Pantai Carita Anyer

Jam operasional Pantai Carita Anyer ini dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam penuh.

Fasilitas Pantai Carita Anyer

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Carita diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Toko souvenir, oleh-oleh dan juga toko pakaian
  • Penginapan
desiana cottages coffee and mini shop
desiana cottages coffee and mini shop. google maps. sumber: Arif Adul

Simak juga: daftar tempat wisata di Banten

Penginapan Di Sekitar Pantai Carita

Ketika berkunjung ke Pantai Carita, kamu akan mudah menemukan beberapa penginapan dengan menawarkan fasilitas yang beragam. Beberapa penginapan yang berdekatan dengan Pantai Carita diantaranya:

  • Lucia Cottages (Pondok Lucia), harga per malamnya sekitar Rp. 142.500,-
  • Carita Asri Villas & Resort, dimana harga permalamnya kira-kira Rp. 247.978,-
  • Lippo Carita Selatan, Rp. 327.600 merupakan kisaran harga per malamnya.

Semua penginapan tersebut telah dilengkapi akses langsung menuju Pantai Carita. Itu artinya lokasinya tak begitu jauh dari pantai.

Ragam Wisata di Pantai Carita Anyer

Keindahan Pantai Carita sudah tak dapat diragukan lagi, hamparan pasirnya yang berwarna putih merupakan magnet tersendiri bagi wisatawan.

Apalagi ditambah dengan panorama Gunung Anak Krakatau, semakin menambah data tarik yang dimiliki oleh Pantai Carita, Pandeglang ini.

Selain menikmati keindahan alam yang tersaji, berikut beberapa ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Carita.

1. Bermain Pasir

memiliki hamparan pasir yang luas
memiliki hamparan pasir yang luas. google maps. sumber: Kondominium Lippo Carita Selatan

Baca: info seputar Telaga Biru Cisoka

Pantai Carita memiliki garis pantai yang panjang, dihiasi dengan pasir yang lembut. Banyak anak-anak yang terlihat sedang berkreasi dengan pasir tersebut. Sesekali badan mereka basah terkena deburan ombak yang mendekat.

Selain panjang, hamparan pasir di Pantai Cerita pun cukup luas sehingga dapat kamu gunakan untuk bermain voli pantai atau bermain bola sepak.

2. Wahana Air

bermain banana boat
bermain banana boat. google maps. sumber: Da Ni

Ini ni yang paling seru dari Pantai Carita, di sini banyak banget wahana air yang dapat kamu coba. Seperti:

  • Bermain air menggunakan ban,
  • Banana boat,
  • Bermain Jetski,
  • Surfing,
  • Snorkeling, dan
  • Memancing.

Untuk menikmati beberapa wahana tersebut, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan berkisar antara Rp. 15.000,- hingga Rp. 150.000,-

2. Camping

Ragam wisata selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengadakan kegiatan berkemah atau camping bersama teman-teman.

Pasti seru dan berkesan banget, apalagi tatkala menyaksikan keindahan sunset yang diiringi dengan deburan ombak. Sunset di Pantai Carita akan nampak sangat cantik.

sunset di pantai carita
sunset di pantai carita. google maps. sumber: Omy Ard

3. Pelayaran Wisata

Selain beberapa keseruan di atas, masih ada satu lagi ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan. Yakni mengarungi Selat Sunda, karena memang Pantai Carita berbatasan langsung dengan Selat Sunda.

Beberapa lokasi yang dapat kamu tuju diantaranya:

  • Taman Laut Kabua (Lost Island),
  • Pulau Burung (Bird Island),
  • dan berlayar mendekati Gunung Anak Krakatau yang tepat berada di tengah-tengah Selat Sunda.