Pantai Carita, Bentang Pasir Putih Di Pesisir Utara Banten

| | ,

Tidak jauh dari Jakarta, terdapat sebuah daerah yang menyimpan pantai indah menawan. Daerah itu adalah kecamatan Carita, di Pandegelang Banten.  Di Kecamatan Carita terdapat objek wisata Pantai Carita yang terkenal hingga manca negara. Pantai ini merupakan salah satu dari bejibunnya pantai indah di pesisir banten. Lokasi pantai ini berada di tengah-tengah antara Pantai Anyer dan Pantai Tanjung Lesung, dengan posisi menghadap Selat Sunda.

Ada begitu banyak sarana akomodasi tersebar di sepanjang kawasan pantai dengan beragam pilihan fasilitas dan harga. Kawasan Wisata Pantai Carita yang terbentang seluas 2.5 hektar ini telah dikelola sejak 20 tahun yang lalu.

Pantai Carita menawarkan panorama hamparan pasir putih yang luas serta lanskap Gunung Krakatau yang indah dari kejauhan. Pantai ini juga mengandung kekayaan satwa yang bisa Anda amati, seperti kera ekor panjang, lutung, biawak, ular sanca, alap-alap, dan burung elang. Kekayaan satwa ini dimiliki karena masih eksisinya butan lindung seluas 95 hektar yang melindungi pantai ini.

Pantai carita
Pantai Carita Anyer. Image via: gomuslim.co.id

Beragam aktivitas pantai dan olahraga air seperti jetski, banana boat, diving, snorkeling, renang, bermain layang-layang, dan voli pantai dapat dilakukan di kawasan pantai Carita.

Simak juga: daftar tempat wisata di Banten

Sejarah Pantai Carita Banten

Sejarah pantai Carita bermula dari eksistensi hutan lindung seluas 95 hektar yang memiliki kekayaan flora dan fauna. Keadaan pantai yang landai disertai ombak yang bersahabat menjadikan pantai di Kabupaten pandeglang ini potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata yang menawan.

Pada tahun 1978, pemerintah setempat meresmikan objek wisata tersebut dengan menamainya kawasan wisata pantai Carita. Hingga saat ini, lokasi pantai cantik ini masih menjadi destinasi wisata terutama dari daerah ibu kota dan sekitarnya.

Voli Pantai
Voli Pantai. Image via: caritacottage

Alamat Pantai Carita

Sesuai namanya, pantai Carita berlokasi di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantai Carita juga tidak begitu jauh dari Pantai Anyer dan Pantai Tanjung Lesung.

Rute Menuju Pantai Carita

Pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan mengenai akses jalan ke tempat wisata Pantai Carita Anyer. Kondisi jalan sudah bagus, walaupun Pantai Carita ini terbilang jauh dari kota.

Mengenai rute yang bisa kita ambil jika kita berasal dari Jakarta, sebaiknya anda menggunakan rute yang melewati tol Jakarta Merak. Dari situ bisa mengikuti petunjuk arah ke Pantai Anyer. Lokasi pantai carita satu jalur dengan Pantai Anyer. Perjalanan ini biasanya hanya ditempuh dalam waktu 3 jam.

Namun Jika kita dari Kota Bogor, bisa mengambil jalur arah Pandeglang atau lewat jalur Serang

Sunset 1
Sunset Pantai Carita. Image via: pergimulu.com

Simak juga; review wisata Pantai Sawarna

Tiket Pantai Carita Anyer

Untuk tiket masuk dan akomodasi yang ada di pantai ini bisa dibilang sangat terjangkau, jika dibandingkan dengan yang ada di Pantai Anyer. Untuk pengunjung perorangan dikenakan tiket Rp 15.000. Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi dikenakan biaya Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 30.000 untuk mobil.

Jam Buka Pantai Carita Anyer

Untuk pembelian tiket, memnag pengunjung hanya bisa membeli di siang hari saja. Namun setelah berada di pantai pengunjung bisa menikmati pantai ini sepuasnya sampai malam. Bisa dikatakan pantai Carita buka 24 Jam.

Fasilitas Pantai Carita Anyer

Fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah lengkap. Hal itu bisa anda lihat dari banyaknya hotel-hotel kecil yang bisa anda temukan di sekitar pantai yang tentunya sangat cocok bagi anda yang datang dengan pasangan, teman maupun keluarga.


Fasilitas lain juga terlihat dengan adanya Life Guard yang senantiasa berjaga mengawasi keselamatan anda selama di pantai ini.

Di samping itu juga tersedia parkir yang luas, toilet bersih, kamar ganti dan musholla untuk beribadah.

Kegiatan Menarik di Pantai Carita Anyer

Ketika telah sampai di kawasan wisata Carita, kita tidak perlu bingung untuk mengisi waktu wisata. Ombak di kawasan Pantai Carita tidak terlalu besar, sehingga aman untuk kegiatan pantai, seperti: Jetsky, banana boat, surfing, berenang dan bermain pasir di bibir pantai, body surfing, volly pantai, berperahu, serta memancing. Dan tidak kalah cantiknya tentu saja melihat keindahan pantai terutama di saat sunset.

Bermain Jetski

Jetski
JetSki. Image via: @bintanglaut.resort

Olah raga air yang tergolong Olah Raga mahal ini, bsia ditemukan di Pantai Carita. Pengunjung bisa menemukan penyewaan jetski di pantai depan resort atau hotel.

Sebelum mengendarai jetski, pengunjung akan diberi instruksi terlebih dahulu. Bila dibandingkan dengan di Bali, harga sewa Jetski di Anyer cukup murah. Tarif yang dikenakan untuk 15 menit sekitar Rp 150 ribu.

Banana Boat

Banana Boat
Banana Boat. Image via: tempatwisataseru.com

Baca: info seputar Telaga Biru Cisoka

Permainan air ini termasuk yang wajib dicoba. Satu banana boat bisa memuat 4 hingga 7 orang. Tidak harus dengan rombngan sendiri, pengunjung bisa saja membentuk kelompok baru dengan sesama pengunjung yang baru ditemui di lokasi. Biayanya Rp 150,000 saja untuk satu kali permainan.

Bagi pengunjung yang menyukai adrenalin, sebaiknya mencoba permainan ini pada sore hari. Pada sore hari laut mulai pasang, sehingga ombak yang datang cenderung lebih besar.

Yang paling seru dari permainan ini adalah ketika kamu jatuh ke air saat tidak kuat berpegangan. Pengemudi perahu motor sengaja menarik dengan kencang banana boat agar penumpang setidaknya terjatuh sebanyak 2x untuk menambah keseruan permainan.

Surfing dan Body Surfing

Berselancar-di-Pantai-Carita-Banten
Surfing. Image via: tempatwisataseru.com

Walaupun Pantai Anyer tidak memiliki ombak yang besar seperti Bali dan Alas Purwo. Namun pada waktu-waktu tertentu ketika ombak sedang besar pengunjung setidaknya bisa lebih menikmati waktu bermain di pantai.

Namun jika kamu tidak bisa atau belum mahir berselancar, ada pilihan untuk mencoba bodysurfing saja. Terdapat penyewaan papan fiber untuk bodysurfing sepanjang 70 cm yang bisa disewa seharga Rp 10,000 saja.

Bermain Pasir di Bibir Pantai

Garis pantai yang panjang, pasir yang lembut dan ombak yang bersahabat jadi suguhan utama di sini. Pasir yang lembut memebuat jadi menyenangkan untuk tempat bermain. Mulai dari mainan anak anak macam benteng bentengan dan berlarian di pasir, sampai kegiatan orang dewasa seperti duduk santai menikmati suasana sambil bercengkerama.

Pelayaran Wisata

krakatau-eco-tour-volcanic-boat
Tur Pelayaran Krakatao. Image via: gogonesia.com

Wisatawan bisa berlayar mengarungi selat sunda menikmati suasana laut dengan aman dan nyaman, menatapi indahnya pegunungan carita sampai anyer dari tengah-tengah laut.  Sungguh sebuah pengalaman yang fantastis.

Pelayaran diantaranya menuu ke taman laut kabua ( lost island ). Gugusan karang ini konon dahulu adalah gugusan perbukitan kadipaten caringin. Perbukitan itu hancur ketika terjadi tsunami krakatau 27 Agustus 1883. Di lokasi ini pengunjung bisa melakukan kegiatan water sport seperti snorkling, diving, fishing dan spearfishing.

Pengunjung juga diajak ke tujuan lain, yakni melihat keunikan pulau burung ( bird island ) yang berjarak hanya 1km dari taman laut kabua.

Masih belum puas dengan hanya sekedar berlayar di kawasan laut selat sunda dan pantai carita, pengunjung-pun bisa berlayar menuju kawasan anak gunung krakatau.  Menikmati suasana luar biasa, yaitu gunung merapi yang masih aktip yang berada tepat di tengah-tengah selat sunda

Memancing

memancing
Pancing Tradisional. Image via: travel.kompas

Sepanjang pesisir Pantai Carita banyak terdapat pulau-pulau kecil di lepas Pantai Carita. Pulau-pulau tersebut ada yang nampak ke permukaan dan ada juga yang tidak nampak. Pulau yang tidak nampak ini berada di bawah laut namun dangkal. Spot seperti inilah yang menjadi tempat favorit tujuan para pemancing karena di sana tempatnya ikan bermain.

Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Popole, Pulau Kabua, Pulau Koral, Karang Tanjung, Karang Panjang, dan Pulau Panaitan. Sedangkan teknik mancing yang biasa dilakukan adalah teknik casting, popping, skipping dan juga teknik dasaran.

Biaya sewa kapal untuk Mancing Mania di Wilayah Pantai Carita berkisar 800 ribu untuk perahu kapasitas 5 orang, sampai 2,5 juta untuk Speedboat.

Berburu Sunset

Sunset
Sunset Pantai Carita. Image via: @bintanglaut.resort

pantai carita langsung menghadap ke selat sunda. Banyak juga wisatawan yang menyebutnya dengan nama pantai anyer carita, disini kita bisa melihat sunset dengan backsound suara deburan ombak.

Sunset bisa terlihat jelas di arah barat, mengingat tidak adanya penghalang berupa pulau lain di sebelah barat pantai ini.

Penginapan dan Hotel di Pantai Carita

Tarif penginapan di Pantai Carita Banten berkisar mulai dari Rp 150 ribuan hingga Rp 1,3 jutaan per malam. Perbedaan harga ini tergantung kualitas penginapan yang kita pilih. Jika ingin yang murah, maka menginaplah di hotel-hotel standar saja. Namun jika ingin menikmati fasilitas yang mewah, maka menginaplah di resort atau sebagainya.

Untuk tarif di bawah 200 ribu, pengunjung bis amemilih Hotel Wira Carita dan Hotel Pondok Ciparay. Untuk kisaran harga 500 ribuan, bisa memeilih Cinde Wulung Bed and Resto, Bali De Anyer Hotel, dan Kondomonium Pantai Carita Utara. Sedangkan untuk hotel dengan tarif di atas 1 juta bisa memilih Bintang Laut Resort.

Penginapan
Penginapan di Pantai carita. Image via: tripadvisor.co.id

Tips Liburan di Carita

  • Pergilah pada pagi hari

untuk mengantisipasi kemacetan di beberapa titik kota. Selain itu juga untuk bisa punya waktu lebih lama untuk menikmati wisata Pantai Carita, terutama jika tidak ada rencana menginap.

  • Perhatikan gelombang air laut

Pada kondisi ombak tinggi, pengelola pantai akan mengeluarkan peringatan soal larangan berenang. Jika ada peringatans eperti itu, sebaiknya diikuti. Jangan mencoba menentang muat.

  • Pakailah sunblock

Untuk melindungi kulit Anda dari terik matahari. Serta pakai juga topi dan kacamata UV.

  • Tanya harga sebelum makan

Jangan sungkan bertanya harga makanan di tempat makan yang Anda singgahi, karena kebanyakan rumah makan di sini tidak mencantumkan daftar harga pada menu mereka.

Itulah beberapa ulasan tentang serunya berlibur di Pantai Carita Anyer. Semoga informasi ini dapat membantu kamu yang ingin berlibur di salah satu pantai terkenal di Banten ini. Dan jangan lupa ajak seluruh teman dan keluarga untuk berlibur di Pantai Carita.

 

Pantai Carita, Bentang Pasir Putih Di Pesisir Utara Banten
4.3 (86.67%) 3 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Wisata Guci Tegal, Paket Komplit Wisata Dataran Tinggi

Candi Prambanan, Kisah Mahar yang Tidak Terselesaikan

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment