Taman Nasional Ujung Kulon, Pesona Di Ujung Barat Pulau Jawa

Taman Nasional Ujung Kulon tentunya bukanlah nama yang asing di tengah masyarakat Indonesia. Ciri khas Taman Nasional Ujung Kulon selalu identik dengan Badak Jawa.

Padahal, di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon terdapat beberapa tempat wisata alam yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi.

Hewan yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon, memang yang paling identik ialah Badak Jawa, sebagai hewan yang terancam punah populasinya.

kawasan perlindungan badak bercula satu
kawasan perlindungan badak bercula satu. google maps. sumber: Akang Banten

Keberadaan pulau-pulau kecil di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, juga menjadi sebuah penegasan bahwa hewan di Taman Nasional Ujung Kulon masih ada yang lainnya. Seperti:

  • Rusa,
  • Python,
  • Monyet,
  • Buaya,

Meskipun Taman Nasional Ujung Kulon terdapat di Provinsi Banten, yang notabene sebagai lokasi paling ujung sebelah barat Pulau Jawa, namun dalam kondisi normal kunjungan wisatanya selalu dipadati oleh para wisatawan nasional, maupun luar negeri.

Dan kunjungan wisata ke Taman Nasional Ujung Kulon bisa anda lakukan saat kebijakan PPKM, khususnya untuk wilayah Pulau Jawa, dan Bali dicabut ya…

Simak juga: review wisata Pantai Sawarna

Daya Tarik Taman Nasional Ujung Kulon

keindahan alam di t.n. ujung kulon
keindahan alam di t.n. ujung kulon. google maps. sumber: Yosef Mario Chalim

1. Natural World Heritage Site

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki status sebagai salah-satu Taman Nasional tertua yang ada di Indonesia. Dan selain itu, Taman Nasional Ujung Kulon menyandang predikat sebagai Natural World Heritage Site dari UNESCO.

Status tersebut diberikan khusus oleh Komisi Warisan Dunia UNESCO. Bukan tanpa alasan, status diberikan untuk tetap menjaga kelestarian Taman Nasional Ujung Kulon sebagai rumah yang nyaman bagi Badak Jawa.

Luas Taman Nasional Ujung Kulon secara keseluruhan adalah 122.956 ha. Dari luas tersebut, 44.337 merupakan kawasan yang berbentuk perairan.

2. Aktivitas Wisata

eksplor dengan menggunakan perahu
eksplor dengan menggunakan perahu. google maps. sumber: abdul malik

Lihat juga: keindahan Pantai Tanjung Lesung

Aktivitas wisata yang paling terkenal di Taman Nasional Ujung Kulon adalah wisata edukatif. Bukan hanya sekedar tentang hewan Badak, serta hewan-hewan lainnya saja.

Taman Nasional Ujung Kulon mampu menjadi rumah besar bagi berbagai macam vegetasi. Bahkan sebagian vegetasinya memiliki khasiat untuk pengobatan.

Adapun aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten adalah sebagai berikut:

  • Wild Life Viewing,
  • Camping,
  • Tracking.

Semua kegiatan wisata akan dipandu oleh petugas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Taman Nasional Ujung Kulon.

3. Dekat Dengan Objek Wisata Lainnya

salah satu pulau indah
salah satu pulau indah. google maps. sumber: Whay Wake

Sejarah Taman Nasional Ujung Kulon sangat terkait erat dengan sejarah letusan Krakatau yang maha dahsyat. Salah-satu dampaknya, muculah beberapa pulau kecil yang ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, atau disingkat TNUK.

Secara garis besar, karakteristik objek wisata alam yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Provinsi Banten memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Ekosistem daratan,
  • Ekosistem rawa,
  • Ekosistem laut.

Dari karakteristik tersebut, muncullah objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Seperti:

  • Air terjun,
  • Taman laut,
  • Sumber air panas,
  • Pantai pasir putih

Bahkan terdapat juga objek wisata yang bernilai sejarah di Taman Nasional Ujung Kulon, yaitu Arca Ganesha yang terletak di Gunung Raksa, di Pulau Panaitan.

Setiap lokasi wisata di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon memiliki karakter, serta keunikkan tersendiri, termasuk dengan habitat yang ada di dalamnya.

Baca: info seputar Pantai Anyer

Lokasi Dan Alamat Taman Nasional Ujung Kulon

Lokasi Taman Nasional Ujung Kulon terdapat di ujung bagian barat Pulau Jawa. Adapun alamat Taman Nasional Ujung Kulon berada di Kecamatan Sumur, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

lokasi wisata yang sangat lengkap
lokasi wisata yang sangat lengkap. google maps. sumber: Omyud Jalan

Taman nasonal ini bisa dijadikan salah satu tujuan wisata, diantara berbagai tujuan wisata di banten.

Rute Menuju Taman Nasional Ujung Kulon

Rute yang dapat kamu tempuh ialah dengan menyusuri jalan antar provinsi hingga tib ado Kecamatan Sumur. Apabila kamu berangkat dari Banten, akan menghabiskan waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Jika berangkat dari dari Kota Tangerang. Perjalanan untuk jalur darat diperlukan kurang lebih sekitar 4 jam dengan menggunakan bus atau kendaraan bermotor.

Tiket Masuk Taman Nasional Ujung Kulon

Tiket masuk ke kawasan Taman Nasional ini juga sangat murah. D hari kerja tiketnya hanya Rp. 5.000,-. Sedangkan diakhir pekan dikenakan biaya Rp. 7.500,-.

Jika datang secara rombongan, dengan jumlah minimal 10 orang, biaya karcis turun menjadi hanya Rp. 3.000,- di hari kerja dan Rp. 4.500 di akhir pekan.

Lokasi ini terbuka 24 jam untuk berbagai macam aktifitas. Mulai dari perkemahan, hiking, menyelam, pengambilan gambar, sampai penelitian ilmiah.

panorama yang cantik
panorama yang cantik. google maps. sumber: Fauzia Yudanti

Simak: info wisata Pantai Carita

Fasilitas Taman Nasional Ujung Kulon

Untuk fasilitas wisata, mengingat luasnya area ini tentu saja tidak tersedia dengan merata di seluruh area. Namun untuk area tertentu, yang ramai dengan kunjungan wisatawan telah tersedia fasilitas memadai.

Seperti misalnya di pulau Peucang dan Pulau Handeuleum telah tersedia fasilitas penginapan dengan kisaran harga Rp 150.000 – Rp 450.000,- per malamnya.


Tinggalkan komentar